Pantai Sarangan Gunungkidul, Tempatnya Pemandangan Pantai dan Sunset yang Indah

Berwisata ke pantai-pantai di Yogyakarta seperti ke Pantai Sarangan Gunungkidul mungkin menjadi salah satu hobi yang menyenangkan bagi penduduk kota. Selain jadi tempat pelarian sementara dari hiruk- pikuk kota, suasana pantai yang beda dengan mall atau tempat-tempat ramai lain membuat pantai jadi alternatif yang menyenangkan.

Salah satu dari obyek yang menarik adalah Pantai Sarangan Gunungkidul. Pantai dengan pasir putih yang lembut ini tampak bersih. Garis pantainya hanya sekitar 200 meter, dengan bentuk yang agak melengkung. Pun begitu, ini adalah salah tempat liburan di Yogyakarta yang direkomendasikan.

Pantai Sarangan Gunungkidul ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta terbaru! via IG @jogjakartaid
Pantai Sarangan Gunungkidul ini adalah salah satu pantai di Yogyakarta terbaru! via IG @jogjakartaid

Siapa sih yang enggak suka menikmati keelokan pantai dengan suara deburan ombak menenangkan hati? Pastinya bakal ada banyak orang yang mau main ke pantai ini bersama keluarga dan teman bukan?

Yang Menarik dari Pantai Sarangan

Ombak di pantai ini sepertinya memungkinkan pengunjung yang suka bermain air atau berenang, karena tidak sebesar ombak di Pantai Baron dan Pantai Krakal. Tapi jika kamu perhatikan lagi, ternyata di sekitar pantai terdapat karang-karang yang berserakan, yang baru akan terlihat dengan jelas ketika air laut surut. Sebagian orang memang tetap saja ada yang memilih berenang. Hanya memang harus lebih berhati-hati, dan siap-siap terluka jika terkena bentur karang yang keras atau tajam.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Sarangan Gunungkidul adalah berjalan kaki di sepanjang pantai!via IG @tedyunike
Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Sarangan Gunungkidul adalah berjalan kaki di sepanjang pantai! via IG @tedyunike

Mungkin kamu bertanya, bagaimana nantinya bisa menikmati pemandangan sunset ataupun sunrise, yang sering menjadi agenda para pengunjung pantai. Pantai Sarangan Gungungkidul diapit oleh dua buah bukit yang cukup tinggi, yang ditumbuhi oleh tumbuhan liar. Nah, untuk keperluan yang satu ini, kamu bisa naik ke puncak Bukit Giri atau Bukit Jujugan.

BACA JUGA :  Pantai Trisik, Lokasi Wisata Edukasi yang Tepat dan Menghibur

Dari puncak Bukit Giri yang tak jauh dari pantai, kamu memang bisa menikmati keindahan beberapa pantai lain seperti Pantai Sundak dan Pantai Krakal, yang memperlihatkan pemandangan eksotis di Gunungkidul. Bahkan bukan hanya itu, bukit ini juga kadang dimanfaatkan pasangan yang sedang membuat foto prewedding.

Siapa sudah pernah liburan ke Pantai Sarangan Gunungkidul ini! via IG @anggameiggie
Siapa sudah pernah liburan ke Pantai Sarangan Gunungkidul ini! via IG @anggameiggie

Lain halnya dengan Bukit Jujugan, selain menyaksikan pemandangan indah, kamu juga bisa memancing dari pinggir tebing karangnya. Bahkan kamu bisa bersantai dengan menggelar tikar, menanti sunset yang romantis dengan langit dan mataharinya yang berwarna keemasan.

Yang pasti, fasilitas di kawasan pantai ini ternyata cukup lengkap, dengan adanya toilet dan MCK, area parkir, mushola, gazebo, warung makan dan penginapan.

Cara Pergi Ke Pantai Sarangan

Pantai ini tepatnya beralamat di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, yogyakarta. Ada beberapa rute yang bisa kamu coba dari Kota Jogja, tapi rata-rata perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Pertama, kamu bisa lewat Wonosari, lewat Tepus, lalu melalui jalur Pantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Krakal baru kemudian Pantai Sarangan. Cara paling mudah adalah dengan mengikuti petunjuk lokasi Pantai Sarangan di Google Maps disini.

Yuk pada liburan ke Pantai Sarangan Gunungkidul! Jangan lupa ajak semua temannya! via IG @brgt2304
Yuk pada liburan ke Pantai Sarangan Gunungkidul! Jangan lupa ajak semua temannya! via IG @brgt2304

Rute kedua yang bisa kamu melalui Wonosari, kemudian ke Pantai Baron. Dari sana kamu akan menemukan papan penunjuk arah menuju Pantai Krakal, Pantai Kukup lalu Sarangan.

Tidak ada kendaraan umum menuju Pantai Sarangan ini, jadi yang bisa kamu gunakan selain kendaraan pribadi adalah menyewa. Dan sekadar info, jalan yang akan kamu lewati relatif mulus.

Harga Tiket Masuk Pantai Sarangan

Mengenai retribusi untuk masuk pantai ini, cukup murah yaitu sekitar Rp10.000 per orang. Tiket yang kamu bayarkan sudah termasuk tiket masuk ke Pantai Baron dan Pantai Poktunggal, yang bisa kamu jelajahi juga. Mengenai biaya parkir, pantai ini menetapkan tarif Rp3.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

BACA JUGA :  Sensasi Wisata Pantai Goa Cemara Yang Meneduhkan
Senja menawan dari Pantai Sarangan Gunungkidul yang bisa kalian nikmati! via IG @bagascahyoko
Senja menawan dari Pantai Sarangan Gunungkidul yang bisa kalian nikmati! via IG @bagascahyoko

Tips Wisata Ke Pantai Sarangan

Ingin liburan ke kawasan pantai ini? Agar perjalanan berjalan dengan cukup nyaman, coba simak beberapa tips yang cukup penting berikut ini!

  • Ingin bermain air di pinggiran pantai? Wah… Hati-hati terhadap karang-karang di sekitar pantai!
  • Selain bawa pakaian ganti, bawa pula antiseptik untuk antisipasi luka, sunglass untuk melindungi mata dari terik, topi, dan yang pasti payung untuk antisipasi hujan.
  • Karena Pantai Sarangan Gunungkidul ini minim pepohonan, kamu akan merasakan panas yang lebih menyengat dari pantai lain. Bawa selalu air minum untuk mengatasi rasa haus yang muncul kapanpun.
  • Selalu sediakan uang receh dalam tas, untuk mempermudah pembayaran seperti parkir, pembelian makanan, dan menyewa jasa yang ditawarkan.
  • Jangan lupa untuk mengisi penuh daya paterai ponsel, kamera dan powerbank, agar kamu selalu siap berfoto di setiap angle yang menarik!
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar