12 Hal Penting Perlu Disiapkan Sebelum Liburan ke Jepang

Berikut Adalah Panduan Mengenai Berbagai Hal Penting Perlu Disiapkan Sebelum Liburan ke Jepang Di February 2024 Agar Pengalaman Traveling Makin Menyenangkan!

Jepang, dengan segala pesonanya yang unik, menjadi salah satu tujuan wisata yang paling diminati di dunia.

Dari pesona tradisional Kyoto hingga gemerlap Tokyo yang futuristik, Jepang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pelancong.

 

Liburan Ke Jepang Lagi!? 4X! [ Travel Vlog Jalan Jalan Di Jepang ]

 

Namun, sebelum Anda memulai petualangan ke negeri Sakura ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda siapkan agar perjalanan Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Dalam artikel liburmulu.com ini, kami akan membahas dengan lebih rinci tentang apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum pergi jalan jalan ke Jepang.

1. Paspor dan Visa

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki paspor yang masih berlaku setidaknya enam bulan sebelum tanggal keberangkatan liburan Anda ke Jepang.

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki paspor yang masih berlaku setidaknya enam bulan sebelum tanggal keberangkatan liburan Anda ke Jepang.

Paspor adalah dokumen identitas utama yang akan Anda gunakan saat memasuki dan meninggalkan Jepang, jadi pastikan untuk memeriksanya beberapa bulan sebelum Anda berencana untuk berangkat.

Selain paspor, Anda juga perlu memeriksa persyaratan visa.

Kebijakan visa Jepang berbeda-beda tergantung pada negara asal Anda.

Beberapa negara memungkinkan pemegang paspor mereka untuk masuk ke Jepang tanpa visa, sedangkan negara lain memerlukan visa kunjungan wisata.

Anda dapat mengajukan visa Jepang di kedutaan atau konsulat Jepang setempat.

Pastikan Anda telah menyelesaikan semua dokumen yang diperlukan dan mendapatkan visa sebelum tanggal keberangkatan Anda.

Jika Anda adalah pemegang e-paspor, Anda dapat mengajukan visa waiver.

Visa waiver ini memungkinkan Anda untuk masuk ke Jepang tanpa visa dan biasanya memiliki periode tinggal yang cukup lama, tergantung pada negara asal Anda.

Namun, jika Anda masih menggunakan paspor biasa, Anda perlu membuat visa setiap kali Anda pergi ke Jepang.

Dalam hal ini, pertimbangkan untuk meng-upgrade paspor Anda menjadi e-paspor jika Anda sering bepergian ke Jepang.

Contoh visa Jepang kunjungan wisata yang sudah jadi.

2. Tiket Pesawat dan Booking Hotel

Setelah Anda memastikan bahwa dokumen perjalanan Anda dalam kondisi yang baik, langkah berikutnya adalah memesan tiket pesawat dan akomodasi hotel lewat aplikasi.

Tiket pesawat dan penginapan adalah dua hal yang paling penting untuk Anda atur jauh-jauh hari sebelum keberangkatan liburan ke Jepang.

Pertama, mari kita bahas tiket pesawat. Pemesanan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan Anda dapat membantu Anda menghemat banyak uang.

Biasanya, tiket pesawat lebih murah jika Anda memesannya beberapa bulan sebelum keberangkatan daripada jika Anda memesannya secara mendadak.

Selain itu, dengan memesan tiket lebih awal, Anda memiliki lebih banyak pilihan penerbangan dan kursi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Saat memesan tiket pesawat, pastikan Anda memeriksa juga aturan bagasi dan batasan berat bagasi.

Ini akan membantu Anda menghindari biaya tambahan yang tidak perlu dan memastikan bahwa Anda membawa barang yang sesuai dengan ketentuan maskapai penerbangan.

Kemudian, untuk akomodasi, sebaiknya Anda melakukan booking hotel atau tempat menginap Anda juga jauh-jauh hari sebelumnya.

Jepang adalah tujuan wisata yang populer, terutama di musim tertentu seperti musim sakura, jadi hotel-hotel terbaik seringkali cepat terisi penuh.

Dengan memesan hotel lebih awal, Anda dapat memastikan Anda mendapatkan pilihan terbaik dengan harga yang sesuai dengan anggaran Anda.

BACA JUGA :  Kongosenji Temple (Yatadera)

3. JR Pass

JR Pass, atau Japan Rail Pass, adalah kartu yang memungkinkan Anda untuk naik transportasi umum di seluruh wilayah Jepang dengan harga yang sangat terjangkau.

Ini adalah salah satu opsi terbaik jika Anda berencana untuk menjelajahi Jepang dengan menggunakan kereta api, yang merupakan salah satu sistem kereta api terbaik dan paling efisien di dunia.

JR Pass memiliki beberapa varian yang berbeda, termasuk JR Pass 7 hari, 14 hari, dan 21 hari ( Harga Termurah Mulai dari JPY 50.000).

Ini berarti Anda dapat memilih kartu yang sesuai dengan durasi perjalanan Anda.

JR Pass memiliki beberapa varian yang berbeda, termasuk JR Pass 7 hari, 14 hari, dan 21 hari ( Harga Termurah Mulai dari JPY 50.000).

JR Pass mencakup penggunaan kereta shinkansen (kereta cepat), kereta lokal, dan bus yang dioperasikan oleh Japan Railways Group di seluruh Jepang.

Dengan memiliki JR Pass, Anda dapat menghemat banyak uang dibandingkan dengan membeli tiket perjalanan satu per satu.

Anda dapat membeli JR Pass sebelum keberangkatan Anda, dan Anda akan menerima kode redeem.

Kode ini harus ditukarkan dengan JR Pass fisik ketika Anda tiba di Jepang. Anda dapat melakukannya di loket pembelian tiket transportasi di bandara atau stasiun kereta api utama di Jepang.

Harga JR Pass bervariasi tergantung pada masa aktifnya, jadi pastikan Anda memilih yang paling sesuai dengan rencana perjalanan liburan ke Jepang Anda.

4. Tokyo Pass

Jika Anda berencana untuk menghabiskan sebagian besar waktu Anda di Tokyo, Tokyo Pass bisa menjadi pilihan yang bagus.

Jika Anda berencana untuk menghabiskan sebagian besar waktu Anda di Tokyo, Tokyo Pass bisa menjadi pilihan yang bagus.

Sama seperti JR Pass, Tokyo Pass adalah kartu transportasi yang memungkinkan Anda mengakses transportasi umum di Tokyo dengan harga yang lebih terjangkau.

Anda dapat menggunakan Tokyo Pass untuk naik kereta dan bus di seluruh wilayah Tokyo.

Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang dan membuat perjalanan Anda di Tokyo lebih nyaman.

Harga Tokyo Pass bervariasi tergantung pada masa aktifnya, dengan pilihan berdurasi 24 jam, 48 jam, atau lebih.

Dengan memiliki Tokyo Pass, Anda dapat dengan mudah menjelajahi semua tempat wisata dan atraksi yang Tokyo tawarkan, seperti Menara Tokyo, Istana Kekaisaran, dan Kuil Senso-ji di Asakusa.

5. Adaptor untuk Colokan Charger dan Power Bank

Adaptor untuk Colokan Charger dan Power Bank

Ketika Anda bepergian ke luar negeri, penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki adaptor yang sesuai untuk colokan charger Anda.

Di Jepang, mereka menggunakan colokan tipe A dengan voltase 100 V.

Ini berarti bahwa jika Anda membawa perangkat elektronik, Anda perlu memiliki adaptor yang sesuai agar dapat mengisi daya perangkat Anda tanpa masalah.

Selain adaptor, power bank juga merupakan salah satu barang yang perlu Anda bawa saat bepergian ke Jepang.

Mengingat betapa pentingnya perangkat mobile dalam perjalanan modern, menjaga daya baterai Anda tetap terisi adalah hal yang sangat penting.

Anda tidak ingin kehabisan daya di tengah perjalanan dan kehilangan akses ke peta, pesan, atau aplikasi penting lainnya.

Untuk menjaga semua barang elektronik dan aksesori Anda tetap teratur dan aman, Anda bisa mempertimbangkan untuk membawa tas kecil khusus yang dirancang untuk menyimpan adaptor, charger, dan power bank Anda.

Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan barang-barang ini di dalam tas Anda, dan Anda dapat mengaksesnya dengan mudah ketika Anda membutuhkannya.

6. Router WiFi atau SIM Card

Saat pergi liburan ke Jepang, terhubung dengan internet menggunakan Router WiFi atau SIM Card bisa sangat bermanfaat.

Saat pergi liburan ke Jepang, terhubung dengan internet bisa sangat bermanfaat.

Anda dapat menggunakan internet untuk mencari informasi tentang tempat-tempat wisata, menavigasi dengan bantuan aplikasi peta, atau sekadar menjaga kontak dengan keluarga dan teman-teman di rumah.

Di Jepang, meskipun merupakan negara maju, tidak semua tempat menyediakan WiFi gratis.

Untuk menjaga konektivitas Anda, ada dua opsi yang bisa Anda pertimbangkan: router WiFi sewa atau membeli SIM Card Jepang.

Router WiFi sewa adalah pilihan yang baik jika Anda bepergian bersama kelompok atau jika Anda memiliki beberapa perangkat yang perlu terhubung ke internet.

BACA JUGA :  Chidorigafuchi Moat

Anda dapat menyewa router WiFi sebelum keberangkatan Anda dan mengambilnya di bandara ketika Anda tiba di Jepang.

Router ini akan memberikan akses WiFi pribadi di mana pun Anda pergi di Jepang.

Alternatifnya, Anda juga dapat membeli SIM Card Jepang setelah tiba di Jepang.

SIM Card ini akan memberikan Anda akses internet selama masa tinggal Anda di Jepang.

Pastikan untuk memeriksa jaringan dan tarif yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum membeli SIM Card.

7. Uang Tunai dalam Mata Uang Yen

Uang Tunai dalam Mata Uang Yen

Meskipun banyak tempat di Jepang menerima pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit internasional, masih disarankan untuk membawa uang tunai dalam mata uang Yen.

Beberapa tempat, terutama di pedesaan atau di toko-toko kecil, mungkin tidak menerima kartu kredit atau kartu debit, jadi memiliki uang tunai selalu berguna.

Sebelum berangkat, pastikan Anda menukar sejumlah uang tunai dalam mata uang Yen di bank atau penukaran uang terdekat.

Anda juga dapat menggunakan mesin ATM internasional di Jepang untuk menarik uang tunai, tetapi pastikan untuk memeriksa dengan bank Anda terkait biaya penarikan uang tunai di luar negeri.

Uang tunai dalam mata uang Yen akan berguna untuk membayar makanan, transportasi lokal, belanja di pasar tradisional, atau untuk pengeluaran sehari-hari lainnya selama Anda berada di Jepang.

8. Itinerary Selama di Jepang

Membuat itinerary atau rencana perjalanan sebelum Anda berangkat liburan ke Jepang adalah langkah yang sangat bijak.

Membuat itinerary atau rencana perjalanan sebelum Anda berangkat liburan ke Jepang adalah langkah yang sangat bijak.

Dengan memiliki itinerary, Anda dapat mengatur dan merencanakan perjalanan Anda dengan lebih baik.

Berikut beberapa tips untuk membuat itinerary yang efektif:

  • Identifikasi tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi di Jepang. Apakah Anda lebih tertarik pada wisata budaya, alam, atau kuliner?
  • Tentukan berapa lama Anda akan menghabiskan di setiap destinasi. Hal ini dapat membantu Anda memprioritaskan tempat yang paling penting untuk dikunjungi.
  • Periksa jarak antara destinasi Anda dan bagaimana Anda akan mencapainya. Ini penting untuk merencanakan rute perjalanan Anda.
  • Cek jam operasional tempat-tempat wisata yang Anda rencanakan kunjungi. Beberapa tempat mungkin memiliki jam buka dan tutup yang berbeda.
  • Pertimbangkan cuaca dan musim selama kunjungan Anda. Cuaca dapat memengaruhi pengalaman perjalanan Anda, terutama jika Anda berencana untuk melakukan aktivitas luar ruangan.

Dengan itinerary yang baik, Anda dapat memaksimalkan waktu Anda di Jepang dan menghindari kerepotan perencanaan last-minute.

Ini juga akan membantu Anda merasa lebih terorganisasi dan dapat fokus pada menikmati pengalaman perjalanan Anda.

9. Topi, Payung dan Handuk Kecil

Jepang memiliki iklim yang bervariasi sepanjang tahun, jadi selalu bijaksana untuk membawa topi, payung dan handuk kecil dalam perjalanan Anda.

Jepang memiliki iklim yang bervariasi sepanjang tahun, jadi selalu bijaksana untuk membawa topi, payung dan handuk kecil dalam perjalanan Anda.

Payung akan berguna ketika cuaca tiba-tiba hujan, sementara handuk kecil akan sangat berguna di toilet atau tempat cuci tangan.

Tempat cuci tangan atau toilet di Jepang seringkali tidak menyediakan tisu atau pengering tangan.

Oleh karena itu, memiliki handuk kecil di tas Anda akan membantu Anda menjaga kebersihan dan kenyamanan Anda.

Ini adalah salah satu detail kecil yang sering diabaikan oleh wisatawan, tetapi dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam pengalaman perjalanan Anda.

10. Obat-obatan Pribadi

Kesehatan selalu menjadi prioritas utama saat pergi liburan ke Jepang, dan memiliki obat-obatan pribadi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat membantu Anda mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul selama perjalanan.

Kesehatan selalu menjadi prioritas utama saat pergi liburan ke Jepang, dan memiliki obat-obatan pribadi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat membantu Anda mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul selama perjalanan.

Meskipun Jepang dikenal memiliki sistem perawatan kesehatan yang sangat baik, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Pastikan Anda membawa obat-obatan pribadi yang mungkin Anda butuhkan selama perjalanan. Ini bisa termasuk obat sakit kepala, obat perut, atau obat alergi.
  • Selalu membawa obat resep Anda jika Anda mengonsumsinya secara teratur. Pastikan obat tersebut dalam kemasan asli dan Anda memiliki surat dokter atau resep yang sesuai.
  • Jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau alergi tertentu, pastikan Anda membawa kartu informasi medis yang menjelaskan kondisi Anda dalam bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Ini dapat membantu petugas medis atau apoteker di Jepang memahami kebutuhan Anda dengan lebih baik.
BACA JUGA :  Hozenji Temple

Selain obat-obatan, penting juga untuk memiliki asuransi perjalanan yang mencakup perlindungan kesehatan selama Anda berada di Jepang.

Meskipun Jepang memiliki sistem perawatan kesehatan yang berkualitas, perawatan medis di luar negeri dapat menjadi mahal.

Asuransi perjalanan akan memberikan Anda ketenangan pikiran dan perlindungan finansial jika Anda menghadapi situasi darurat kesehatan.

11. Pakaian Sesuai Musim

Pakaian Sesuai Musim Yang Ada Di Jepang

Musim di Jepang dapat berpengaruh besar pada pengalaman perjalanan Anda, jadi penting untuk memilih pakaian yang sesuai dengan musim saat Anda mengunjungi.

Berikut adalah beberapa tips tentang pakaian yang perlu Anda siapkan berdasarkan musim:

  • Musim Panas (Juni hingga Agustus): Jika Anda mengunjungi Jepang selama musim panas, persiapkan pakaian ringan yang nyaman seperti kaos, celana pendek, dan sandal. Juga, jangan lupa membawa topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari yang kuat.
  • Musim Gugur (September hingga November): Musim gugur adalah waktu yang indah untuk mengunjungi Jepang karena cuacanya sejuk dan nyaman. Anda dapat mengenakan pakaian seperti sweater, jaket ringan, dan celana panjang. Jangan lupa membawa pakaian yang lebih hangat untuk malam hari.
  • Musim Dingin (Desember hingga Februari): Jika Anda berencana mengunjungi Jepang selama musim dingin, persiapkan pakaian yang sangat hangat. Jaket tebal, syal, sarung tangan, dan mantel adalah kebutuhan. Pastikan juga untuk membawa sepatu yang nyaman dan tahan air, terutama jika Anda berencana untuk mengunjungi area pegunungan yang bersalju.
  • Musim Semi (Maret hingga Mei): Musim semi adalah saat bunga sakura (cherry blossom) mekar, dan cuacanya biasanya sejuk. Pakaian yang sesuai termasuk jaket ringan, kemeja, dan celana panjang. Anda juga bisa membawa payung kecil untuk melindungi diri dari hujan ringan yang sering terjadi pada musim ini.

Dengan memilih pakaian yang sesuai dengan musim, Anda akan merasa lebih nyaman selama perjalanan Anda dan dapat menikmati pengalaman wisata dengan lebih baik.

12. Uang yang Banyak

Uang yang banyak akan berguna untuk situasi darurat atau jika Anda menemukan barang-barang atau pengalaman yang tidak ingin Anda lewatkan selama liburan ke Jepang.

Terakhir, meskipun Anda telah menyusun anggaran perjalanan dengan baik, selalu bijaksana untuk membawa lebih banyak uang tunai daripada yang Anda perkirakan Anda butuhkan.

Hal ini berguna untuk situasi darurat atau jika Anda menemukan barang-barang atau pengalaman yang tidak ingin Anda lewatkan selama liburan ke Jepang.

Menyimpan uang tunai dalam mata uang Yen juga dapat membantu Anda menghindari biaya tambahan yang mungkin timbul dari penggunaan kartu kredit atau kartu debit internasional Anda.

Beberapa pedagang atau restoran kecil mungkin hanya menerima pembayaran tunai.

Pastikan untuk menyimpan uang tunai dengan aman dan hindari membawanya semua dalam satu tempat.

Gunakan brankas di hotel Anda atau gunakan dompet yang memiliki fitur keamanan tambahan, seperti sleting tersembunyi, untuk melindungi uang Anda.

Dalam hal ini, penting untuk mengatur anggaran Anda dengan bijak selama perjalanan Anda. Cobalah untuk membagi uang Anda menjadi beberapa sumber, seperti uang saku harian dan uang cadangan darurat.

Dengan cara ini, Anda dapat menjaga keuangan Anda tetap terorganisir dan menghindari pengeluaran yang tidak terduga.

Kesimpulan

Sebelum Anda berlibur ke Jepang, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan agar perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan.

Mulai dari persiapan dokumen perjalanan seperti paspor dan visa, hingga perencanaan transportasi, akomodasi, dan kebutuhan harian seperti adaptor colokan dan uang tunai, semuanya penting untuk dipertimbangkan.

Membuat itinerary perjalanan yang baik juga akan membantu Anda merencanakan pengalaman wisata Anda dengan lebih baik dan memastikan Anda tidak melewatkan tempat-tempat menarik.

Selain itu, pastikan Anda membawa pakaian yang sesuai dengan musim saat Anda mengunjungi, dan jangan lupa membawa obat-obatan pribadi serta asuransi perjalanan untuk keamanan dan kesehatan Anda.

Dengan persiapan yang cermat dan perencanaan yang baik, Anda akan dapat menikmati Jepang dengan sepenuh hati dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan selama perjalanan Anda ke negeri Sakura ini.

Semoga artikel panduan liburan ini membantu Anda dalam merencanakan perjalanan Anda ke Jepang dengan sukses!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Leave a Reply