Kedung Simin Air Terjun Mini Dari Tulungagung

Kedung Simin itu tempat wisata di Tulungagung ya? Iya, kalau membicarakan mengenai tempat wisata tulungagung itu sepertinya tidak akan ada habisnya deh. Terutama untuk tempat wisata yang cukup instagram-genik. Sebutin saja beberapa objek wisata Tulungagung yang sudah populer duluan seperti Bukit Jomblo atau Telaga Ngambal di Tulungagung. Kedung Simin melengkapi deretan daftar tempat wisata di Tulungagung ini.

Meskipun sebenarnya untuk sebuah tempat wisata, fasilitas di Kedung Simin ini masih jauh dari memadai. Namun karena keunikannya, kedung simin ini sempat menjadi viral di media sosial instagram. Berbeda dengan kebanyakan air terjun lainnya, Kedung Simin ini memiliki air terjun mini dengan kolam kecil dibawahnya.

Kedung Simin ini memang memiliki kolam kecil seperti salah satu tempat wisata pantai yang hits di Tulungagung, yaitu Pantai Kedung Tumpang. Namun kolam kecil itu bukanlah kolam dengan air asin, dan jumlahnya tidak banyak. Selain itu pengunjung juga dilarang untuk berenang di kolam ini, karena kabarnya sempat menelan korban jiwa.

Meski tidak bisa berenang di tempat ini, bukan berarti kalian tidak bisa menikmati keindahannya secara maksimal. Karena dengan mengunjunginya saja kalian bisa menikmati dan mengagumi keindahan Kedung Simin plus kesegaran udara pedesaan. Di kota besar, kalian tak akan bisa mendapatkan kesegaran udara seperti di salah satu tempat wisata terbaru Tulungagung ini.

Kedung Simin objek wisata Tulungagung berupa air terjun mini by @bendottetapsemangat
Kedung Simin objek wisata Tulungagung berupa air terjun mini by @bendottetapsemangat

Selain itu, karena tempat wisata ini tergolong baru, belum banyak orang mengetahui keberadaannya. Jadi bisa dipastikan tempat wisata ini tidak akan penuh sesak seperti tempat wisata lain pada umumnya. Berkunjung ke Kedung Simin ini, kalian juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata Tulungagung yang ada di dekatnya, Gua Selomangleng.

Memang lokasi Kedung Simin ini berada di salah satu perbukitan di daerah Tulungangung dan berada tak jauh dari Gua Selomangleng. Maka dari itu, untuk menuju ke tempat ini mungkin akan memerlukan tenaga lebih. Jadi harap persiapkan saja kondisi tubuh dalam keadaan fit. Namun, meski lelah, kalian akan dibayar dengan keindahan dari tempat wisata Kedung Simin di Tulungagung ini.

Cara Menuju Lokasi Kedung Simin Bagaimana?

Cara paling gampang untuk ke tempat ini adalah dengan mencari lokasi Gua Selomangleng. Karena wisata kedung di Tulungagung ini berada tak jauh dari sana @ris_yuan
Cara paling gampang untuk ke tempat ini adalah dengan mencari lokasi Gua Selomangleng. Karena wisata kedung di Tulungagung ini berada tak jauh dari sana @ris_yuan

Karena masih baru, belum ada lokasi pasti Kedung Simin di Google Maps. Namun karena lokasi tempat wisata di Tulungagung ini berada tak jauh dari Gua Selomangleng, jadi cara paling gampang adalah dengan pergi ke arah Gua Selomangleng saja. Untuk alamatnya sendiri berada di Desa Pucung Kidul, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Lokasi Desa Pucung Kidul tempat keberadaan Kedung Simin bisa kalian temukan di Google Maps disini.

Kalaupun nanti setelah sampai disana kalian kebingungan, jangan sungkan untuk langsung bertanya kepada masyarakat sekitar. Karena tempat ini cukup populer bagi penduduk sekitarnya. Kalau kalian bertanya dengan baik, sudah pasti mereka akan dengan senang hati memberitahukan arah menuju lokasi Kedung Simin ini.

Biaya Tiket Masuk Ke Kedung Simin Tulungagung

Tempat ini adalah salah satu tempat wisata gratis di Tulungagung, jadi tiket masuk ke Kedung Simin ini gratis. Kalaupun ada biaya yang dikeluarkan untuk berkunjung ke tempat ini kemungkinan hanya biaya bahan bakar, perbekalan dan biaya parkir. Pada umumnya biaya parkir di tempat wisata itu tidak lebih dari IDR 5000 saja. Mungkin nanti kalau sudah dikelola dengan baik, fasilitas yang ada sudah dibuat dengan memadai, baru deh ada biaya tiket masuk ke tempat wisata ini.

Tips Berkunjung Ke Kedung Simin Tulungagung!

Suasana segar dan pepohonan hijau mengelilingi tempat wisata ini by @hamba_alloh1
Suasana segar dan pepohonan hijau mengelilingi tempat wisata ini by @hamba_alloh1

Demi kenyamanan kalian, ada baiknya kalian membaca beberapa tips penting saat berkunjung ke tempat ini. Apalagi tempat wisata ini tergolong baru, jadi mempersiapkan sesuatu dengan lebih baik tidak ada salahnya.

  • Tidak ada fasilitas seperti layaknya tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik disini. Fasilitas toilet, tempat makan, tempat berteduh, tempat beristirahat juga tempat ibada belum ada. Jadi sebaiknya sudah bersiap sebelum berkunjung kesini. Seperti misalnya sudah pergi ke toilet terlebih dahulu, kecuali kalia mau menggunakan toilet alam.
  • Bawalah perbekalan makanan dan minuman sendiri, karena disini belum ada yang berjualan makanan dan minuman. Namun di desa tempat wisata ini berada, sudah ada yang menjual makanan dan minuman.
  • Tetap jaga etika baik selama berkunjung kesini, jangan menggangu kegiatan warga sekitar. Karena bagaimanapun juga kalian adalah tamu ketika berkunjung kesini.
  • Lokasi tempat wisata ini berada di area terbuka yang lumanya terik. Jadi sebaiknya persiapkan sun block agar kulit tidak terbakar nantinya.
  • Gunakan alas kaki yang bagus, karena jalur menuju ke tempat ini adalah berupa jalan setapak dengan bebatuan.
  • Sebaiknya tidak berenang di tempat ini karena berbahaya. Cukup berkunjung dan nikmati keindahannya saja. Hal yang direkomendasikan ketika berkunjung kesini adalah selfie atau groufie.
  • Terakhir, masih banyak orang yang ingin menikmati keindahan tempat ini. Jadi pengunjung yang bijak adalah yang tidak merusak, melakukan vandalisme dan tidak membuang sampah secara sembarangan. Akan lebih baik lagi jika kalian membawa sampah kalian pulang lagi.

Nah, bagaimana? Keren bukan tempat wisata di Tulungagung ini! Jadi mungkin nantinya jika kalian memiliki waktu luang, bisa deh berkunjung ke Kedung Simin ini. Bisa ketika akhir pekan, hari biasa, maupun ketika musim liburan tiba! Yuk, kapan kita kemana?

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: