Puncak Becici Keindahannya Sungguh Memikat Hati!

Puncak Becici, sepertinya tak ada yang tak tau dengan tempat ini. Salah satu tempat wisata pemikat hati di Jogja. Tempat ini terkenal dengan pemandangan yang indah di Yogyakarta ini pastinya punya daya tarik bagi para pecinta wisata alam. Maka, selain wisatawan lokal yang berasal dari seputar Kota jogja, ada pula wisatawan dari luar D.I Yogyakarta yang mengunjungi lokasi ini.

Merupakan puncak yang berada di sebuah hutan pinus, yaitu hutan lindung dengan nama Hutan Sudimoro I, pengunjung bisa menyaksikan hamparan pohon pinus yang rapat, menyuguhkan keindahan alam dengan aroma pohon pinus yang khas. Dan bukan hanya itu ternyata, keindahan hutan ini juga berlatarkan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kamu masak gak tertarik main kesini?

Puncak Becici di Hutan Pinus Becici Jogja via @haifid_
Puncak Becici di Hutan Pinus Becici Jogja via @haifid_

Berikut ini beberapa yang ada di kawasan wisata hutan Becici Asri, yang bisa kamu manfaatkan:

Puncak Becici Dengan Gardu Pandang Yang Fotogenik!

Buat kalian yang belum tahu, awalnya gardu pandang Puncak Becici ini dibuat sebagai pos jaga, maka dibuat sedemikian rupa supaya bisa menyaksikan pemandangan luas dari atas. Saat ini fasilitas gardu pandang sudah bukan Cuma sebagai alat jaga saja, tapi juga untuk dimanfaatkan wisatawan menikmati wisata alam. Begitu juga dengan gardu pandang yang tersedia di bukit Hutan Pinus Becici Asri ini.

Dengan memanfaatkan puncak gardu pandang ini, hamparan hutan hijau dan jajaran gunung dari kejauhan merupakan keistimewaan yang nggak akan mudah kamu lupakan. Dan kalau kamu beruntung, kamu bisa juga menyaksikan bentangan garis pantai selatan Yogyakarta.

Namun tentunya kamu perlu berhati-hati, untuk mengantisipasi kecelakaan yang mungkin saja bisa terjadi karena keteledoran. Tanpa adanya alat pengaman, kamu yang takut dengan ketinggian sebaiknya menghindari gardu pandang.

Puncak Becici ini adalah salah satu tempat wisata Jogja yang instagramable via @puncakbecici
Puncak Becici ini adalah salah satu tempat wisata Jogja yang instagramable via @puncakbecici

Camping Ground Di Dekat Puncak Becici

Setelah menghentikan penyadapan getah pinus di kawasan hutan lindung, lalu menyediakan puncak gardu pandang untuk wisatawan, pengelolaan kawasan hutan lindung ini juga menyediakan area untuk camping. Dengan mengajak serta keluarga camping di kawasan ini akan menambah pengalaman yang seru dan menyenangkan untuk dikenang.

Photo Landscape Di Puncak Becici

Di kawasan yang indah dan segar ini, kamu bukan hanya bisa menikmati kesegaran alam dan melepaskan penat dari aktivitas yang menegangkan. Kamu juga bisa menyalurkan hobimu yaitu fotografi, baik dengan mengambil foto-foto alam yang indah, melakukan selfie, bahkan mengambil foto untuk pre wedding di kawasan ini. Untuk pemotretan pre-wedding wisatawan wajib membayar Rp 30.000.

Kamu bisa berwisata kesini siang hari atau malam hari. Pun kalau malam hari kamu bisa menikmati kerlip lampu Jogja dari Becici via @hri_808
Kamu bisa berwisata kesini siang hari atau malam hari. Pun kalau malam hari kamu bisa menikmati kerlip lampu Jogja dari Becici via @hri_808

Rute Cara Menuju Puncak Becici

Cara menuju kawasan Puncak Becici, salah satu tempat wisata untuk pecinta ketinggian di Jogja ini tidak terlalu susah. Kawasan wisata alam yang letaknya di Desa Gunung Cilik, Desa Muntuk Kecamatan Dlingo ini bisa kamu capai dari arah Yogyakarta, dengan melalui Jl, Imogiri Timur sampai kamu menemukan petunjuk arah ke Kebun Buah Mangunan.

Mengikuti jalan itu, kamu akan bertemu pertigaan. Dari situ ambillah jalan ke kiri menuju Hutan Pinus. Setiba di hutan pinus pada pertigaan pertama ambil jalan ke kiri, dan kamu akan mendapati papan penunjuk arah ke Bukit Becici ini. Untuk lebih gampang, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Puncak Becici di Google Maps disini.

Biaya tiket masuk ke Puncak Becici

Untuk masuk ke dalam kawasan hutan pinus ini, kamu tidak harus membayar tiket masuk. Hanya saja ada beberapa aktivitas yang mengharuskan wisatawan membayar. Seperti memanfaatkan gardu pandang, kamu akan dikenakan retribusi Rp2.000, sementara untuk camping, per orang akan dikenakan Rp5.000. Selebihnya, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan. Untuk parkir motor Rp3.000 dan parkir mobil Rp10.000.

Kadang di tempat wisata Jogja yang satu ini juga terdapat pertunjukan seperti ini via @gumbikid
Kadang di tempat wisata Jogja yang satu ini juga terdapat pertunjukan seperti ini via @gumbikid

Tips Wisata Ke Puncak Becici

Nah, agar acara liburanmu menyenangkan, berikut ini beberapa tips yang penting kamu perhatikan:

  • Kenakan sepatu yang benar-benar nyaman di kaki! Menaiki bukit dengan berjalan kaki bisa membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Jangan kenakan sepatu yang melelahkan kaki seperti yang terlalu longgar, sempit, bahkan sepatu berhak yang kurang luwes. Gunakan saja sepatu jenis flat shoes atau sport shoes!
  • Bawalah uang tunai yang cukup! Lebih baik sedia dana terlebih dulu daripada batal mengikuti kegiatan menyenangkan hanya karena uang masih di ATM.
  • Isi semua ponsel, kamera dan powerbank dengan daya penuh sebelum berangkat! Sayang dong, ada momen bagus terlewat.
  • Bagaimanapun, selalu berhati-hati, seperti jika menggunakan Gardu Pandang yang tidak berpengaman!

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: