Kalau Nusa Penida Di Bali Punya Kolam Renang Alami Angel’s Billabong, Tulungagung Juga Punya Pantai Kedung Tumpang Dengan Kolam Alaminya Yang Enggak Kalah Cakep!

Pantai Kedung Tumpang? Dimana sih itu!? Sebelum dijawab, kalian pasti sudah baca tulisan LiburMulu.Com tentang Destinasi Anti Mainstream Bali Yang Pasti Bisa Bikin Kalian Ketagihan buat main kesana kan? Pada tulisan itu ada yang namanya Angel’s Billabong, sebuah kolam renang alami yang sebenarnya adalah muara sungai. Ternyata, di Tulungagung yang berada di Jawa Timur memiliki hal yang mirip loh!

(Baca Juga : Liburan Ke Bali? Ini Dia Pantai – Pantai Di Bali Yang Bisa Kalian Kunjungi!)

Orang setempat mengenalnya dengan nama Pantai Kedung Tumpang, meskipun Wisata Kedung Tumpang ini tidak terlalu pas kalau disebut dengan pantai. Karena disini kalian tidak akan menemukan pasir pantai sehalus tepung seperti layaknya di pantai yang lainnya. Jadi pantai ini akan kurang cocok untuk kalian yang ingin bermain pasir.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Pantai Kedung Tumpang Ngehits Di Instagram.
Pantai Kedung Tumpang Ngehits Di Instagram (sumber).

(Baca Juga : Tulungagung Ini Ternyata Keren! Ada Banyak Tempat Liburan Menarik Yang Bisa Kalian Kunjungi Disana!)

Sejatinya tempat wisata Kedung Tumpang yang ada di Tulungagung ini hanyalah sebuah gugusan karang dengan beberapa kolam yang terbentuk secara alami saja. Kolam alami tersebut terbentuk karena hempasan gelombang laut selatan yang kuat, sehingga melubangi karang yang ada dan terbentukklah kolam alami.

Wisata Pantai Kedung Tumpang ini berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban Tulungagung. Bisa diakses dari beberapa kota terdekatnya seperti dari Blitar ataupun Kediri. Namun, paling enak jalan menuju wisata Kedung Tumpang adalah dari Kota Tulungagung atau dari Kota Blitar. Selain berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang, kalian bisa juga lho berkunjung ke salah satu tempat wisata terbaru Tulungagung. Namannya sih Bukit Jomblo. Sudah pernah berkunjung atau belum? :)

(Baca Juga : Daftar 43 Wisata Pantai Di Tulungagung Lengkap Untuk Para Pecinta Pantai!)

Pantai Kedung Tumpang ini memang keren tapi, ada beberapa yang perlu dicatat!

Wisata Kedungtumpang sebenarnya bukan pantai, tapi berupa gugusan tebing karang indah dengan kolam alami.
Wisata Kedungtumpang sebenarnya bukan pantai, tapi berupa gugusan tebing karang indah dengan kolam alami (sumber).

1. Jalannya agak curam jadi sebaiknya pakai sepatu dan kostum yg memadai bukan kostum ala anak mall, atau bahkan dengan sendal jepit.

2. Karena masih sangat alami, parkirnya di lahan pertanian orang Jadi harus hati – hati jangan ngerusak tanaman orang, atau bahkan buang sampah sembarangan. Ingat, kalian main kesitu berarti cuma sekedar bertamu. Harus sopan :)

3. Jangan sampai bikin tulisan yg alay – alay apalagi vandalisme di batu karang yang ada, jaga keasriannya jangan sampai rusak, sayang kan tempat secakep ini jadi rusak?

4. Selamat berlibur ke Pantai Kedung Tumpang ya teman – teman! Tetapi ingat selalu untuk menjaga kebersihan pantai, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Agar teman – teman yang lain juga tetap bisa menikmati keindahan Pantai Kedung Tumpang ini ^^

(Baca Juga : Liburan Ala Petualang Ke Tulungagung? Jangan Lupa Untuk Berkunjung ke Pantai Favorit Petualang Di Tulungagung Yang Ini Ya!)

Petunjuk Menuju Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung :

Pesona Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Pesona Pantai Kedung Tumpang Tulungagung (sumber)

Lokasi wisata Pantai Kedung Tumpang masih searah dengan searah dengan Pantai Molang, karena itu untuk menemukannya paling gampang adalah dengan cara mencari Pantai Molang, Tulungagung. Belok kanan saja pada pertigaan sebelum Pantai Molang (lokasi Pantai Molang di google maps), dan tinggal mengikuti jalan makadam dan beberapa ladang penduduk.

Tips Berkunjung Ke Pantai Kedung Tumpang

Agar kunjungan ke pantai di Tulungagung ini lebih berkesan, sebaiknya kalian memperhatikan beberapa hal penting seperti dibawah ini:

  • Jalan menuju ke lokasi pantai masih dalam keadaan kurang bagus, jadi harap mempersiapkan diri. Rekomendasi kendaran yang bisa dipakai untuk pergi kesana adalah dengan sepeda motor.
  • Karena pantai berupa bebatuan karang, sebaiknya menggunakan sepatu khusus untuk berjalan diatas karang atau menggunakan sepatu. Pastinya tidak disarankan berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang dengan sendal jepit atau bahkan tanpa alas kaki.
  • Jangan lupa memakai sunblock karena ketika sedang cerah matahari akan panas sekali dan bisa membakar kulit.
  • Perlu kalian ingat, pantai ini berbatasan langsung dengan samudera hindia dengan ombaknya yang ganas. Sebaiknya selalu waspada dan berhati hati selama di pantai ini. Ketika cuaca kurang bagus, sebaiknya urungkan untuk bermain di pantai.
  • Nikmati pantai dengan penuh tanggung jawab, jangan sampai membuang sampah sembarangan atau kegiatan yang bisa berpotensi merusak alam.

Perkiraan Lokasi Pantai Kedung Tumpang Di Google Maps

Mungkin perlu ketelitian dan banyak tanya sana-sini jika kalian berkunjung ke salah satu panta tersembunyi di Tulungagung ini tanpa GPS. Jadi sebaiknya kalian mencatat lokasi pantainya di Google Maps yang ada di bawah ini. Kalian bisa mencari lokasi pantai dengan smartphone yang sudah terdapat aplikasi Google Maps.

Peta Lokasi Pantai Kedung Tumpang
Peta Lokasi Pantai Kedung Tumpang (detail di google maps klik disini)

Foto Pantai Kedung Tumpang Yang Sedang Hits Di Instagram

Untuk masuk ke dalam pantai dan berfoto tidak dikenakan tiket masuk khusus. Setiap pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya parkir sepeda motor sebesar IDR 5000 saja. Perlu kalian catat, moda transportasi paling cocok untuk berkunjung ke Pantai Kedung tumpang yang ada di Tulungagung ini adalah sepeda motor. Soalnya jalan menuju ke pantai masih dalam kondisi kurang baik.

Keunggulan pantai ini adalah laguna alaminya yang cantik
Keunggulan pantai ini adalah laguna alaminya yang cantik
Kedung Tumpang adalah salah satu pantai tersembunyi di Tulungagung
Kedung Tumpang adalah salah satu pantai tersembunyi di Tulungagung
Karena berbatasan langsung dengan laut bebas, sebaiknya berhati-hati ketika main di pantai ini
Karena berbatasan langsung dengan laut bebas, sebaiknya berhati-hati ketika main di pantai ini

(Baca Juga : Destinasi Di Malang Dan Sekitarnya Ini Begitu Instagramable Hingga Membuatmu Pengen Liburan Kesana!)

Selamat menikmati pantai yang indah ini ya
Selamat menikmati pantai yang indah ini ya
Lebih seru kalau menikmati keindahan pantai di Tulungagung ini bersama teman-teman
Lebih seru kalau menikmati keindahan pantai di Tulungagung ini bersama teman-teman

Banyak Dicari

  • kedung tumpang tulungagung
  • Pantai tulungagung
  • pantai di tulungagung
  • gambar kedung tumpang
  • kedung tumpak
  • pantai kedu
  • pantai kedung tumpak
  • tumpang sewu

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips – tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

6 Responses
%d bloggers like this: