Candi Ratu Boko, Sisa Kejayaan Masa Kerajaan Di Indonesia

LiburMulu.Com – Candi Ratu Boko adalah salah satu wisata di Yogyakarta yang banyak dikunjungi oleh para traveler. Terutama yang sedang berkunjung ke Candi Prambanan. Soalnya lokasi Candi Ratu Boko memang tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan. Lokasinya ada di dekat perbatasan Klaten Dan Sleman, Yogyakarta

Jadi bisa dibilang juga kalau Candi Ratu Boko adalah salah satu bangunan sejarah yang berlokasi di sekitar candi Prambanan. Meskipun mungkin, sebagian orang lebih mengenal candi Prambanan daripada keberadaan Candi Ratu Boko.

Namun, sekarang ini keindahan candi Ratu Boko ini pun tidak kalah dengan candi Prambanan. Menurut para ahli sejarah dan para peneliti, candi Ratu Boko sebenarnya mempunyai banyak fungsi selain sebagai candi pada umumnya. Beberpa yaitu terdiri dari beberapa fungsi utama, seperti misalnya sebagai benteng istana dan bahkan juga sebagai gua.

Bagian depan Candi Ratu Boko
Bagian depan Candi Ratu Boko

Disebutkan awal mula diketahuinya keberadaan Candi Ratu Boko ini ketika pertama kali ditemukan oleh seorang arkeolog dari Belanda bernama Van Boeckholzt pada abad ke-17, tepatnya pada tahun 1790. Bentuk dari candi Boko sendiri berupa bangunan seperti gapura utama, kawasan candi, juga kolam dengan luas sekitar 20 x 50 meter berkedalaman 2 meter.

Bangunan lain yang terlihat jelas adalah bagian pagar dan alun-alun, gua, paseban dan juga candi untuk pembakaran. Disamping itu, ada juga bangunan pendopo, tiga candi kecil, kolam, balai-balai serta kaputren yang berada di sebelah tenggara candi Ratu Boko. Terdapat pula kolam, arca Budha, gua Lanang, gua Wadon, dan gua lainnya di sebelah timur.

Sejak penemuan candi Ratu Boko pertamakali, akhirnya penelitian pun selanjutnya pun terus dilakukan untuk menggali sisa reruntuhan candi. Misalnya para peneliti seperti Makenzic Junghun dan Brumun juga ikut meneliti pada tahun 1814. Ada juga seorang peneliti FDK Bosch yang pernah melakukan observasi di candi Ratu Boko dan menulisnya dalam sebuah buku berjudul Kraton van Ratoe Boko. Ada yang pernah baca buku ini?

(Baca Juga : Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar Di Yogyakarta)

Kalau hari sedang cerah, pasti akan bagus sekali
Kalau hari sedang cerah, pasti akan bagus sekali

Lokasi Candi Ratu Boko ini tepatnya terletak sekitar 3 km di sebelah selatan candi Prambanan, atau berjarak 18 km sebelah timur Sleman Yogyakarta, dan 50 km barat daya kota Solo, Jawa Tengah. Memerlukan waktu sekitar 30 menit jika kalian berkunjung kesini dari arah pusat kota Yogyakarta.

Jalan paling gampang untuk menuju ke candi ini adalah melewati jalan raya Yogyakarta-Solo. Karena jika melewati jalan itu, jarak candi Ratu Boko ini hanya kurang lebih 17 km dari pertigaan Prambanan berbelok ke arah kanan yang jauhnya sekitar 3 km.

Dari informasi yang didapatkan, luas keseluruhan area candi Ratu Boko ini adalah sekitar 25 hektar sehingga candi ini termasuk candi di Yogyakarta yang cukup luas. Jadi jika kalian ingin mengelilingi keseluruhan candi, sebaiknya menyiapkan kondisi tubuh yang prima.

Area Candi Ratu Boko sangat luas sekali
Area Candi Ratu Boko sangat luas sekali

Mobil atau motor yang kalian kendarai bisa diparkir ditempat parkir yang sudah disediakan di area Candi Ratu Boko. Biaya yang dikenakan oleh pengelola adalah IDR 10.000, dan IDR 2.000 untuk retribusi parkir sepeda motor. Selanjutnya, setelah memarkir kendaraan kalian dapat melanjutkan perjalanan mengelilingi candi Ratu Boko. O iya, jangan lupa beli tiket masuknya terlebih dahulu ya!?

Candi Ratu Boko, juga dikenal sebagai salah satu peninggalan sejaray yang mempunyai bentuk cukup berbeda dari candi-candi lain yang pernah ada pada zaman Jawa kuno. Dimana pada waktu itu biasanya candi adalah tempat yang identik dengan bangunan untuk tujuan keagamaan. Sementara Candi Ratu Boko ini bisa dikatakan sebagai komplek keraton yang lengkap dengan penunjang lainya seperti adanya gerbang masuk, tempat tinggal, pendopo, tempat pemandian serta pagar pelindung.

(Baca Juga : Candi Prambanan Dan 6 Candi Lain Di Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi)

Bagian ini ketika sunset dan hari sedang cerah akan sangat cantik sekali

Selain itu, Candi Ratu Boko ini juga dibangun diatas bukit yang letaknya lumayan tinggi dan menjadikan tempat ini sebagai salah satu candi sekaligus keraton yang dapat memberikan udara segar dan sejuk juga  pemandangan alam dari atas bukit yang sangat mempesona.

Selain itu keberadaan candi yang berada di atas bukit juga memunculkan spekulasi bahwa hal ini berkaitan untuk keamanan keraton agar tidak mudah diserang oleh musuh yang ingin menguasi keraton. O iya, ketika di jalan masuk, kalian akan bisa melihat candi prambanan yang ada di kejauhan ya. Kalau lagi cerah juga kalian bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu yang berdiri tegak di utara.

Jika kalian berkeliling di candi Ratu Boko, dan menyaksikan dengan seksama kalian pasti akan menyaksikan sebuah tempat kremasi yang berada disebelah kiri gapura. Tempat kremasi itu berbentuk persegi yang cukup luas. Namun, penggunaan dari tempat kremasi ini sebenarnya masih diteliti. Karena konon bisa saja kalau tempat ini sebenarnya adalah tempat untuk sesajen, altar persembahan, atau kegiatan tertentu.

Tempat yang diduga sebagai tempat kremasi
Tempat yang diduga sebagai tempat kremasi

Dan jika mungkin kalian mengamati lebih jauh lagi dari keberadaan dan tata letak candi Ratu Boko, kalian akan bisa melihat bahwa jika dilihat dari tata letaknya, bangunan di candi ini dikelompokan menjadi lima bagian, yaitu bagian gapura utama, bagian paseban, bagian pendopo, bagian kaputren, dan bagian gua.

Di Candi Ratu Boko, yaitu pada bagian gapura utama, letaknya tepat berada disebelah barat yang terdiri dari gapura utama 1, 2, talud, pagar, candi pembakaran dan sisa-sisa reruntuhan bangunan. Pada bagian paseban, terdiri dari 2 batur paseban, talud, dan pagar paseban.

(Baca Juga : Menyapa Matahari Pagi Sunyi, Berburu Sunrise Di Borobudur)

Sistem irigasi atau pagar ya?
Sistem irigasi atau pagar ya?

Pada bagian pendopo, terdiri dari batur pendapa dan pringgitan yang dikelilingi oleh pagar batu dengan tiga gapura untuk pintu masuk, candi miniatur, dan beberapa kolam penampung air dengan bentuk bula dan dikelilingi pagar dan gapura. Pada bagian kaputren, letaknya berada di sebelah tenggara dengan halaman yang lebih rendah dan terdiri dari dua batur, kolam persegi empat, pagar, dan gapura. Dan pada bagian gua, terdiri dari Gua Lanang dan Gua Wadon.

Candi ini adalah candi yang cukup terawat dengan baik. Pasalnya, Candi Ratu Boko dikelola dengan sistem otoritas khusus bersama dengan pengelolaan candi Borobudur dan candi Prambanan. Dan dengan penataan yang baik, diharapkan kalau candi Ratu Boko ini dapat menjadi salah satu tempat wisata pendidikan sejarah dan budaya terbaik di Yogyakarta.

Candi Prambanan terlihat samar di kejauhan dari Area Candi Ratu Boko
Candi Prambanan terlihat samar di kejauhan dari Area Candi Ratu Boko

Karena sudah dikelola dengan baik, maka para pengunjung juga semakin dimanjakan dengan banyak fasilitas yang ada disini. Misalnya di Candi Ratu Boko sudah terdapat pusat informasi, ruang pamer, gardu pandang untuk menikmati pesona alam candi Ratu Boko di atas bukit. Kamar mandi yang bersih, tempat parkir, tempat untuk kemah, taman makin membuat liburan ke sini menjadi menyenangkan. Infrastruktur jalan yang sangat mendukung juga membuat akses menuju ke candi Ratu Boko menjadi semakin mudah.

Kamera sepertinya juga merupakan baraang yang wajib di bawa agar kalian bisa menikmati dan mengabadikan pemandangan alam yang asri di sekitar candi Ratu Boko. Disini kalian bisa banyak mengambil gampar sampai puas. Nah, jadi siapa yang ingin liburan ke Candi Ratu Boko sekarang?

Ada yang tahu gunung apa ini, terlihat jelas dari Ratu Boko
Ada yang tahu gunung apa ini, terlihat jelas dari Ratu Boko

Candi Ratu Boko
Harta Tiket :
Rp. 25.000 (dewasa)
Rp. 10.000 (anak)
USD 13 (WNA) Buka setiap hari

Jam Buka Candi Ratu Boko
06:00 – 17:00 WIB

No Telp Pengelola Candi Ratu Boko
(0274) 496 510

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: