Persiapan Liburan Akhir Tahun? Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan!?

Liburan akhir tahun adalah salah satu moment yang paling ditunggu. Setelah hampir setahun penuh bekerja keras, tubuh perlu relaksasi bukan? Apalagi akhir tahun ini adalah salah satu moment yang pas untuk menhabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. Seperti misalnya menikmati malam pergantian tahun di tempat romantis seperti berlibur ke Kota Sydney.

Untuk tahun ini, kira-kira kamu mau liburan akhir tahun kemana? Persiapanmu sendiri sudah sampai mana agar rencana liburan berjalan lancar. Seperti mengatur jadwal cuti dari kantor, menyamakan jadwal liburan bersama partner jalan-jalan, hingga ke masalah persiapan budget liburan jalan-jalan liburan akhir tahun!

Yang jelas, agar semuanya berjalan dengan lancar tanpa halangan, kamu harus mulai mempersiapkannya dari sekarang. Mumpung masih ada waktu lumayan lama lho. Daripada dipersiapkan terlalu mendadak, menjelang hari “H”, bisa membuat rencana berantakan atau malah bisa  membuat rencana liburan akhir tahun batal!

Jadi, Untuk Persiapan Liburan Akhir Tahun? Apa Saja sih Yang Perlu Diperhatikan!?

Tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan liburan. Mulai dari tujuan liburan, dana, liburan sama siapa, berburu tiket promo hingga printilan-printilan kecil yang mungkin bila tidak diperhatikan bisa menjadi ganjalan liburanmu. Nah, untuk itu, kira-kira beberapa hal dibawah ini perlu kamu perhatikan untuk mempersiapkan liburan akhir tahun agar semuanya berjalan dengan lancar. Simak baik-baik ya!

1. Tentukan Tujuan Liburan Akhir Tahun

Tentukan Tujuan Liburan Akhir Tahun
Tentukan Tujuan Liburan Akhir Tahun

Biasanya paling bingung itu menentukan mau kemana liburan akhir tahun. Terutama jika kamu enggak pergi sendirian. Misal pergi sama teman atau pasangan, bisa saja muncul perdebatan mau pergi kemana ketika libur akhir tahun tiba. Yang jelas, tujuan liburan akhir tahun yang akan kamu pilih haruslah sesuai dengan kemampuan budget kamu. Lalu baru kemudian cari tahu apakah tujuan liburanmu itu sesuai dengan yang kamu inginkan. Minimal, pilih yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

2. Persiapkan Sumber Dana Liburan Akhir Tahun. Manfaatkan Fitur Seperti PayLater dari Traveloka

Persiapkan Sumber Dana Liburan Akhir Tahun. Manfaatkan Fitur Seperti PayLater dari Traveloka.
Persiapkan Sumber Dana Liburan Akhir Tahun. Manfaatkan Fitur Seperti PayLater dari Traveloka.

Tanpa ada dana liburan, tentu kamu nggak akan bisa kemana mana. Jadi, kamu harus rajin menabung jauh-jauh hari agar liburan akhir tahun bisa terwujud. Kalau perlu cari side project untuk menambah pundi-pundi tabungan persiapan liburan. Dengan begitu, ketika musim liburan tiba, kamu nggak akan pusing dengan masalah dana.

Memanfaatkan fitur PayLater dari Traveloka juga merupakan salah satu tips yang perlu kamu perhitungkan. Dengan fitur PayLater, kamu bisa membeli tiket sekarang dan membayarnya kemudian dengan cicilan. Jadi, kamu nggak bakal shock karena tabungan langsung ludes sepulang liburan. Apalagi, adanya promo Traveloka PayLater Sale of the Day dengan potongan harga langsung 50%. Untuk informasi mengenai promo flash sale PayLater ini kira-kira sebagai berikut ya :

  • Periode:  28 November – 19 Desember 2018 (Jam 10 pagi), setiap hari Rabu
  • 1 akun PayLater untuk 1 kali penggunaan kupon flash sale
  • Potongan harga 50% sampai dengan Rp700.000 untuk pembelian minimum Rp1 juta, dengan kuota transaksi terbatas (hanya 500 transaksi pertama di hari itu, terhitung dari pukul 10:00 WIB)

Jadi biar nggak ketinggalan promo flash sale, daftar PayLater sekarang ya!

3. Tentukan Mau Liburan Sendiri Atau Rame-Rame Bareng Teman!

Tentukan Mau Liburan Sendiri Atau Rame-Rame Bareng Teman!
Tentukan Mau Liburan Sendiri Atau Rame-Rame Bareng Teman!

Biasanya kalau mau lebih murah sih liburan rame-rame bareng teman. Karena beberapa biaya seperti penginapan dan transportasi selama liburan bisa berbagi. Makanya, mulai dari sekarang mulai tuh ajakin beberapa teman yang kelihatannya juga lagi kurang piknik, dan lagi pengen liburan akhir tahun. Cuma kalau misalnya nggak ada temen yang jadwalnya cocok, kamu bisa coba ikutan tur di destinasi tujuan.

4. Berburu Tiket Promo!

Berburu Tiket Promo!
Berburu Tiket Promo!

Harusnya berburu tiket promo ini dilakukan sejak lama ya. Tapi kalau mau dilakukan dari sekarang, masih bisa kok. Biasanya menjelang liburan akhir tahun ini lagi banyak promo bertebaran. Kesempatan tuh untuk mendapatkan harga tiket promo termurah!

5. Mulai Berhemat Dari Sekarang

 Mulai Berhemat Dari Sekarang
Mulai Berhemat Dari Sekarang

Mungkin kamu adalah pekerja kantoran yang hanya mengandalkan gaji bulanan, tapi tetap ingin bisa liburan. Tenang saja, hal itu sangat mungkin dilakukan kok. Salah satu caranya ya mulai berhemat! Mulai kurangi belanja dan nongkrong yang gak perlu. Kalau biasanya ngopi di cafe, mungkin bisa dimulai dengan membuat kopi sendiri. Bisa juga disiasati dengan membuat bekal makan siang sendiri, jadi nggak perlu keluar uang banyak untuk makan siang di mall.

6. Riset Itinerary Liburan Akhir Tahun Sejak Dini

Riset Itinerary Liburan Akhir Tahun Sejak Dini
Riset Itinerary Liburan Akhir Tahun Sejak Dini

Itinerary yang efektif biasanya bisa menghemat budget liburan. Karena itu sebaiknya kamu mulai melakukan riset untuk itinerary liburan akhir tahun kamu. Misalnya, mulai dari menentukan berapa lama kamu akan liburan, dan ingin mengunjungi kota atau tempat wisata mana saja. Riset mengenai moda transportasi selama liburan juga penting agar waktu liburanmu lebih efektif.

7. Selalu Jaga Kesehatan

Selalu Jaga Kesehatan
Selalu Jaga Kesehatan

Meski terlihat sepele, ini adalah salah satu hal yang penting untuk menentukan sukses atau enggak liburan akhir tahun kamu. Ya meskipun manusia hanya bisa berusaha, tuhan yang menentukan sih. Tapi paling enggak kamu bisa mulai menerapkan gaya hidup sehat, biar ketika musim liburan akhir tahun tiba, kamu tetap fit. Rugi banget kan kalau semua sudah direncanain, tapi kamu malah sakit karena tidak menjaga kesehatan diri sendiri?

8. Booking Cuti Sejak Lama

Booking Cuti Sejak Lama
Booking Cuti Sejak Lama

Pada beberapa kantor mungkin yang namanya cuti bisa rebutan. Apalagi pada musim liburan akhir tahun, akan ada banyak orang yang ingin berlibur. Karena itu, sebaiknya kamu booking cuti dari sejak lama. Kalau perlu bilang ke bos jauh-jauh hari kalau kamu lagi perlu liburan, dan ingin mengambil cuti untuk liburan akhir tahun. Cepetan aja, biar nggak keduluan temen kantormu!

9. Bereskan Pekerjaan Sebelum Liburan Akhir Tahun

Bereskan Pekerjaan Sebelum Liburan Akhir Tahun
Bereskan Pekerjaan Sebelum Liburan Akhir Tahun

Ini masih berkaitan dengan tips sebelumnya nih. Biasanya pekerjaan yang cepet beres akan memudahkanmu untuk mendapatkan cuti. Lagian, kalau pekerjaan belum beres, nggak mungkin juga kan kamu mengambil cuti. Yang ada waktu liburan kamu malah teringat-ingat terus dengan pekerjaan. Siapa sih yang mau liburan sambil keingat terus sama pekerjaan?

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: