Pantai Buron, Pantai Nelayan Sekaligus Obyek Wisata Gunungkidul

Pantai Buron, Pantai Nelayan Sekaligus Obyek Wisata Gunungkidul
5 (100%) 14 votes

Jogja sebagai tempatnya pantai-pantai asri di selatan Jawa. Pantai asri yang dimiliki bukan hanya yang hening dan masih belum tersentuh saja. Justru sebagian dari pantai di daerah Jogja sudah cukup ramai dikunjungi, terutama pada musim liburan dan weekend. Misalnya saja Pantai Indrayanti, Pantai Parang Tritis dan Pantai Baron. Namun, tahukah kamu bahwa di Kabupaten Gunungkidul ini ternyata ada lagi pantai yang cukup banyak peminatnya baru saja diresmikan pada akhir 2016 lalu, yaitu Pantai Buron.

Selain jumlah wisatawan yang meningkat drastis pada musim liburan, pantai ini cukup ramai dikunjungi pada akhir pekan. Dan kebanyakan pengunjung datang menjelang sore, saat matahari sudah condong ke barat. Sambil menunggu sunset, di lokasi ini pengunjung bisa menikmati kuliner pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut dengan antusias.

Mengunjungi pantai ini, sudah pasti kamu akan menyaksikan keindahan laut dan pantai yang indah. Pantai dengan pasir putih yang landai dan bebatuan karang ini memiliki ombak yang khas pantai selatan Jawa. Dan tebing karang yang indah dengan jalan setapak.

Namun yang lebih menarik lagi, pantai ini sejatinya adalah tempat kapal-kapal nelayan transit, bersandar setelah selesai menangkap ikan. Mengunjungi pantai dengan aktivitas penduduk setempat berarti mengunjungi pantai yang sebenarnya. Eksotisme justru lebih terasa. Aktivitas tetap berjalan apa adanya, dengan adanya transaksi jual-beli ikan segar yang bisa kamu lakukan juga.

Pantai Buron, Pantai Nelayan Sekaligus Obyek Wisata Gunungkidul. via @anis.lily
Pantai Buron, Pantai Nelayan Sekaligus Obyek Wisata Gunungkidul. via @anis.lily

Namun, mengembangkan sektor pariwisata pantai ini tentunya sebuah kebijaksanaan. Karena pantai ini memiliki keindahan yang pantas untuk dinikmati wisatawan, baik dalam maupun luar negeri yang tertarik dengan kehidupan masyarakat lokal. Dengan adanya pengelolaan berbagai sektor, Gunungkidul justru akan berkembang tanpa menghilangkan ciri khasnya.

Untuk kenyamanan wisatawan, pengelola pantai ini sudah menyediakan sejumlah rest area serta warung untuk menikmati hidangan khas laut. Yang hobi memancing bisa juga melakukannya di pantai ini. Dan kamupun bisa menapaki jalan ke atas tebing karang tepi laut, untuk menyaksikan lautan dari ketinggian. Jalan itu diberi nama jembatan cinta untuk menyesuaikan selera kaum muda yang banyak datang berlibur ke sini.

Pantai Buron, pantai di kecamatan panggang, gunungkidul yang dapat untuk berlabuh perahu nelayan! via @forlann_
Pantai Buron, pantai di kecamatan panggang, gunungkidul yang dapat untuk berlabuh perahu nelayan! via @forlann_

Cara Pergi Ke Pantai Buron

Berminat datang ke pantai di Jogja ini? Lokasi pantai ini memang di luar kota Jogja. Tepatnya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat kota Jogja, pantai ini kira-kira bisa dicapai dalam waktu tempuh 1 jam 45 menit, melalui Panggang. Di sana kamu akan menemukan papan penunjuk arah, menuju Pantai Gesing. Pantai Buron berada di sebelat barat Pantai Gesing. Alternatifnya kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Buron di Google Maps disini.

Pantai Buron yang bertebing karang lokasi yang cocok untuk Rock fishing. via @forlann_
Pantai Buron yang bertebing karang lokasi yang cocok untuk Rock fishing. via @forlann_

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Buron

Untuk masuk kawasan pantai, kamu harus membayar tiket IDR 2.000 per orang. Untuk parkir kendaraan, tarif yang berlaku adalah IDR 3.000 untuk motor, dan IDR 5.000 untuk mobil.

Tips Wisata Ke Pantai Buron

Lokasi dari Pantai Buron ini persis berada di sebelah Pantai Gesing! via @singmetosleepy
Lokasi dari Pantai Buron ini persis berada di sebelah Pantai Gesing! via @singmetosleepy

Nah, buat kamu yang ingin jalan-jalan ke lokasi Pantai ini, berikut ini tips agar liburanmu terasa menyenangkan:

  • Jangan lupa, charge daya ponsel dan kameramu supaya bisa kamu bebas berfoto.
  • Datang beramai-ramai dengan teman tentunya jauh lebih menarik daripada sendirian. Kecuali kalau kamu lagi ingin menikmati sunset sendiri.
  • Dengan membawa uang cash dalam jumlah yang cukup, kamu bisa menikmati kuliner khas pantai yang dijajakan di pinggir pantai.
  • Di pantai ini, kamu masih diijinkan bermain air hingga pinggir pantai. Namun karena ombak yang cukup besar, tidak diperkenankan lebih jauh lagi.
  • Agar pantai yang sudah resmi menjadi obyek wisata ini tetap indah, tentu pengunjung juga diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: