Pantai Slili, Si Pantai Mungil yang Inspiratif

Rate this post

Pantai Slili yang mungil ini ada di antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan yang dipisahkan oleh 2 buah bukit. Kalau kamu singgah di pantai ini dalam perjalanan menyusuri pantai Jogja, kamu akan menyaksikan bebatuan karang yang mendominasi pantai. Dan di pantai ini kamu akan menemukan sebuah pulau kecil dengan lorong di bagian bawahnya.

Situasi di pulau kecil ini tak mengecewakan pengunjung, dengan suasananya yang tenang dan bersih. Deburan ombaknya yang terhadang karang yang melindungi sekitar pantai memecah kesunyian. Ini adalah pantai di Yogyakarta yang sempurna untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk keramaian kota.

Mungkin sebagian pengunjung akan merasa bosan dengan ketenangan yang terjadi di sini, karena sudah terbiasa dengan pantai yang cukup ramai dengan berbagai kegiatan rekreasi yang cukup seru. Namun, sebenarnya dengan mengamati sekitar pantai mungil ini, di pantai yang hanya bergaris pantai 100 meter ini kamu akan memperoleh hal yang menarik. Situasinya yang indah dan nyaman menjadikan pantai ini tempat menggali inspirasi yang pas.

Pada dasarnya, sebuah pantai adalah bagian dari lingkungan desa yang ada di pesisir. Banyak dari penduduk desa yang berprofesi sebagai petani, beralih menjadi petani rumput laut di sekitar pantai pada saat musim kemarau tiba. Saat yang bersamaan air laut yang tadinya biru berubah agak kehijauan. Selain itu, karena mereka tinggal di pinggir laut, mereka juga ada yang mencari hasil laut seperti udang atau kerang untuk mereka konsumsi sendiri, atau bahkan mereka jual sebagai mata pencaharian sementara.

Pantai Slili adalah salah satu pantai di Jogja yang asik untuk berburu foto. via @aznan_arifin
Pantai Slili adalah salah satu pantai di Jogja yang asik untuk berburu foto. via @aznan_arifin

Kamu ingin menyaksikan ritual turun temurun yang masih dilakukan oleh penduduk? Datang saja pada saat menjelang musim tanam. Pada hari Minggu Pahing, kamu akan menyaksikan Pantai Slili yang mendadak ramai oleh penduduk dari desa-desa yang hendak mengadakan ritual sadranan atau nyadran. Peristiwa ini diadakan setiap tahun sebagai bentuk harapan warga, agar diberi keselamatan dan juga hasil panen yang melimpah.

Sebenarnya kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang tak mungkin dilakukan di sini, dengan mengunjungi pantai sebelah. Hal ini yang membuat sebagian warga terinspirasi untuk membantu wisatawan yang ingin snorkeling di pantai sebelah, dengan menyewakan kelengkapan snorkeling sekitar IDR 35.000 – IDR 50.000 di Pantai Sadranan yang kaya akan biota bawah laut yang tumbuh indah. Dengan jasa pemandu kamu bisa mendatangi spot dengan pemandangan laut yang indah, dan berair jernih. Kebetulan Pantai Slili tak cocok untuk snorkeling, karena dangkalnya pantai sehingga terumbu karang tak tumbuh.

Pantai Slili, Si Pantai Mungil yang Inspiratif! via @markuswinarto
Pantai Slili, Si Pantai Mungil yang Inspiratif! via @markuswinarto

Fasilitas, Lokasi dan Rute ke Pantai Slili

Pantai ini memang kecil dan cenderung tenang. Tapi sebagai pantai yang inspiratif, pantai ini tidak minim fasilitas. Setidaknya, kamu bisa agak lega dengan disediakannya toilet, MCK dan lahan parkir yang tak jauh dari pinggir pantai.

Untuk bermalam kamu juga dengan mudah menemukan berbagai penginapan murah atau yang full fasilitas. Mengenai kuliner, sekitar pantai ini juga banyak warung seafood yang dikelola penduduk setempat. Buat yang alergi makanan laut tentu bisa memesan menu lain yang tak kalah lezat dengan harga yang tak harus mahal.

Fasilitas, Lokasi dan Rute ke Pantai Slili! @markuswinarto
Fasilitas, Lokasi dan Rute ke Pantai Slili! @markuswinarto

Berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, dari Wonosari kamu arahkan saja kendaraan ke Pantai Baron, dan membayar tiket masuk tepat di pintu masuk Pantai Baron. Lalu kamu harus melalui beberapa pantai di kawasan wisata ini, seperti Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Drini, Ngandong dan Krakal.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Slili

Tiket yang harus kamu bayar kawasan wisata pantai sekitar Rp10.000 per orang.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Slili! via @reksoprojosastrosasmito
Harga Tiket Masuk Ke Pantai Slili! via @reksoprojosastrosasmito

Tips Wisata Pantai Slili

  • Jangan buang sampah di sembarang tempat. Sebaiknya simpan sampah seperti kemasan makanan atau minuman dalam kantong sebelum menemukan tong sampah yang disediakan.
  • Menjelajah pantai-pantai lain di sekitar Pantai Slili tentu juga sangat menyenangkan, karena tarif masuk yang kamu bayar adalah untuk wisata di beberapa pantai sekaligus.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: