Perlu Ide Liburan? Tempat – Tempat Di Indonesia Ini Adalah Tempat Yang Sempurna Untuk Berlibur!

LiburMulu.com – Pengen liburan tapi bingung mau kemana? Nggak usah bingung, karena di Indonesia ini ada banyak sekali tempat liburan yang menyenangkan. Mulai dari tempat wisata berupa pantai, alam bebas hingga gunung yang menjulang tinggi. Kalian tinggal memilih dan menyesuaikan dengan budget liburan yang kalian miliki.

Nah, sekarang simak baik-baik ya!? Tempat – tempat di Indonesia ini adalah yempat yang sempurna untuk berlibur! Pilih satu atau dua tempat agar liburan kalian makin seru!

1. Bukit Asah, Bugbug, Karangasem, Bali

Bukit Asah, Bugbug, Karangasem, Bali
Bukit Asah, Bugbug, Karangasem, Bali via instagram @tanyabaracchi

Bukit yang menghijau ditambah hamparan eksotisme laut biru menjadi pemandangan apik yang disuguhkan di Bukit Asah, Desa Bugbug Karangasem – Bali. Ditambah lagi segarnya hembusan semilir angin nan sejuk menambah kenikmatan bersantai sambil mendengar deru ombak laut di bukit ini.

Bukit Asah yang berada di Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem, Bali Timur ini memang letaknya cukup tersembunyi. Suasananya pun juga masih cukup sepi karena tempat ini belum banyak diketahui oleh khalayak ramai. Itu juga membuat tempat ini menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menyepi dari hingar bingar perkotaan.

Dari Kota Denpasar, menuju Desa Bugbug, lokasi Bukit Asah ini berada, kalian akan menempuh waktu sekitar 1 jam 45 menit perjalanan. Dan ketika kalian sampai di Desa Bugbug, Karangasem, untuk menuju lokasi tepat Bukit Asah masih membutuhkan waktu tempuh tambahan sekitar 15 menit.

2. Bukit Bintang, Batu, Jawa Timur

Bukit Bintang, Jawa TimurBukit Bintang, Jawa Timur
Bukit Bintang, Jawa Timur via FB https://www.facebook.com/ulun.irfansyah

Bukit Bintang ini berada di Kota Batu yang berdekatan dengan Kota Malang. Jadi jika kalian ingin berkunjung ke Bukit Bintang, sebaiknya mencari penginapan di Kota Malang atau di Kota Batu. Bukit Bintang juga berada di lokasi yang sudah terkenal dengan nama Paralayang. Salah satu tempat favorit bagi para wisatawan di Kota Batu dan sekitarnya.

3. Bukit Merese, Tanjung Aan, Lombok

Bukit Merese, Tanjung Aan, Lombok
Bukit Merese, Tanjung Aan, Lombok via instagram https://instagram.com/lalurossi/

Bukit Merese? Mungkin nama salah satu bukit dengan pemandangan indah di Lombok ini masih belum begitu terkenal. Namun sebenarnya Bukit merese ini lokasinya masih berada jajaran Pantai Selatan Pulau Lombok, dan masuk ke wilayah area Lombok Tengah. Lokasinya sendiri sih nggak terlalu jauh dari Pantai Tanjung Aan.

4. Bukit Pergasingan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Bukit Pergasingan, Lombok, Nusa Tenggara Barat
Bukit Pergasingan, Lombok, Nusa Tenggara Barat via instagram https://instagram.com/destiariian/

Bukit Pergasingan ini terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur. Jika kalian ingin pergi ke Bukit Pengasingan, waktu yang diperlukan untuk menuju Desa Sembalun dari Pusat Kota Mataram adalah sekitar 2-3 jam. Begitu sampai, udara sejuk khas Desa Sembalun yang berada di lereng Gunung Rinjani akan menyapa kalian.

Pintu masuk menuju Bukit Pergasingan sendiri berada di Desa Sembalun Lawang. Tak perlu mahal untuk menikmati keindahan Bukit Pengasingan. Karena kalian hanya perlu membayar tiket masuk tak lebih dari Rp 15.000 kepada pengelola Bukit Pergasingan yang tergabung dalam Sembalun Development Community Centre (SCDC). Uang tiket masuk ke Bukit Pengasingan ini akan dipergunakan duntuk menjaga kelestarian Bukit Pengasingan ini.

5. Gili Labak, Madura, Jawa Timur

Gili Labak, Madura, Jawa Timur
Gili Labak, Madura, Jawa Timur via instagram https://instagram.com/aliviafpp/

Pulau Gili Labak yang berada di Sumenep sekarang ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Madura. Kecantikan pulau kecil nan mungil ini memang tidak diragukan lagi. Panoramanya seolah menyihir pandangan pada para pengunjungnya untuk datang dan menikmati keindahannya secara langsung. Pulau Gili Labak tak hanya mengandalkan pasir putih yang menarik, namun Gili Labak juga mempunyai kecantikan alam bawah laut yang tidak bisa diremehkan.

6. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Suasana menyenangkan di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat
Suasana menyenangkan di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat via instagram https://instagram.com/yixski_/

(Baca Juga : Ini Dia Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Ketika Akan Traveling Ke Lombok!)

Senja di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat
Senja di Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat via instagram @izzatsw

Gili Trawangan adalah surga yang bereputasi global, sekelas dengan Bali dan Borobudur. Gili Trawangan ini adalah sebagai salah satu tujuan utama berlibur di Indonesia. Jalanan Gili Trawangan dipenuhi dengan sepeda, gerobak kuda Cidomo. Pantai-pantai Gili Trawangan pun dipenuhi dengan turis yang ingin bersanti, menghabiskan hari hanya dengan berjemur dibawah matahari.

7. Gunung Agung, Bali

Gunung Agung, Bali
Gunung Agung, Bali via instagram https://instagram.com/ulises.mardi/

Gunung Agung ini adalah gunung tertinggi yang ada di pulau Bali dengan ketinggian totalnya 3.031 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem – Bali. Gunung Agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano yang menjadi salah satu favorit para pendaki gunung. Iya, banyak yang mendaki gunung ini karena pemandangan dari puncanya begitu indah tiada duanya.

8. Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani, Lombok
Gunung Rinjani, Lombok via instagram http://instagram.com/rizkiaamr

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT. Gunung Rinjani ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia yang cinta dengan ketinggian. Selain lokasinya berada di Pulau lombok yang begitu indah, keindahan pemandangan dari puncaknya juga merupakan pemandangan indah yang tiada duanya di Indonesia!

9. Kalibiru, Bukit Menoreh, Yogyakarta

Kalibiru, Bukit Menoreh, Yogyakarta
Kalibiru, Bukit Menoreh, Yogyakarta via instagram http://instagram.com/terebutarbutar

Kalibiru adalah salah satu tempat wisata yang juga memiliki destinasi wisata alam di Yogyakarta yang sedang menghangat belakangan ini. Lokasinya pun masih sangat terjangkau, yaitu berada di Perbukitan Menoreh, yang masih berada di daerah Kulon Progo. Memang dengan keberadaan tempat wisata keren seperti Kalibiru, Pegunungan Menoreh makin menjadi tempat yang ramah bagi siapapun. Apalagi tempat ini hanya berjarak satu jam berkendara dari Yogyakarta. (Baca Juga : Senja Kalibiru Yang Begitu Syahdu!)

10. Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur

Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur
Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur via instagram https://instagram.com/firdausmfebrian/

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah paling asam terbesar di dunia dengan dinding kaldera setinggi 300-500 meter dan luas kawahnya mencapai 5.466 hektar. Kawah di tengah kaldera tersebut merupakan yang terluas di Pulau Jawa dengan ukuran 20 km. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter. Kawah tersebut terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera. Kawah Ijen ini terkenal dengan fenomena “blue fire” yang terlihat begitu cantik, juga kehidupan para penambang belerang di Kawah Ijen yang menarik untuk diamati.

11. Liliboi, Ambon, Maluku

Liliboi, Ambon, Maluku
Liliboi, Ambon, Maluku via instagram https://instagram.com/singgihx/

Liliboi adalah desa di kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia. Nah, sudah pada tahu kan kalau Maluku ini salah satu surga pantai di Indonesia? Yak, nggak salah lagi, kalau kalian liburan ke Maluku, kalian akan menemukan keindahan pantai Indonesia seperti yang terlihat pada foto diatas.

12. Nusa Lembongan, Bali

Nusa Lembongan, Bali
Nusa Lembongan, Bali via instagram https://instagram.com/skinnymonkey/

Daya tarik utama dari Nusa Lembongan sendiri adalah banyak titik sekitar pulau yang baik untuk menyelam dan snorkeling. Apalagi didukung dengan kehidupan biota laut yang melimpah dan juga karang yang sehat. Surfing juga bisa dilakukan ketika ombak sedang baik dan bersahabat. Kalaupun ombak sedang tenang, aktivitas seperti paddle boarding bisa dilakukan sebagai alternatif. Karena itu, perlahan tapi pasti, Nusa Lembongan menjadi salah satu destinasi yang menarik dikunjungi selain pulau utama Bali. (Baca Juga : Kabur Sejenak, Berlibur Ke Nusa Lembongan)

13. Omah Kayu, Batu, Malang, Jawa Timur

Omah Kayu, Batu, Malang, Jawa Timur
Omah Kayu, Batu, Malang, Jawa Timur via instagram https://instagram.com/ade.amirum/

Tempat Wisata Rumah Pohon atau Omah Kayu ini berada di Gunung Banyak. Alamat lengkapnya ada di lokasi Paralayang Kota Wisata Batu. Lokasinya sendiri berada sekitar 25 km dari kota Malang, dan berada tidak terlalu jauh dari destinasi wisata lainnya di kota Batu. Jika kalian ingin liburan ke Omah Kayu, kalian bisa menggunakan koordiat di Google Maps ini sebagai panduan (-7.85494, 112.49728).

14. Pantai Iboih, Aceh

Pantai Iboih, Aceh
Pantai Iboih, Aceh via instagram https://instagram.com/nenkyala/

Pantai Iboih juga dikenal dengan nama Teupin Layeu. Lokasinya yang berada di ujung barat Pulau Sumatera, Pantai Iboih menawarkan panorama alam yang masih alami. Pantai Iboih ini memeiliki air laut yang begitu jernih. Ditambah lagi jika kalian menyelam, kalian akan disambut dengan kehidupan bawah laut yang begitu cantik.

15. Pantai Liang, Ambon, Maluku

Pantai Liang, Ambon, Maluku
Pantai Liang, Ambon, Maluku via instagram https://instagram.com/ilhamarch/

Pantai di Ambon memang sudah tidak di ragukan lagi keindahannya, salah satunya adalah Pantai Liang. Nama Pantai Liang diambil karena memang pantai ini berada di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. O iya, pantai ini pernah dinobatkan oleh UNDP-PBB sebagai pantai terindah di Indonesia pada tahun 1990 loh! Tentu saja, sampai sekarang pun, pantai ini tetap pantai yang indah untuk dikunjungi.

16. Pantai Punai, Belitung Tenggara

Pantai Punai, Belitung Tenggara
Pantai Punai, Belitung Tenggara via instagram https://instagram.com/asokaremadja/

Pantai Punai Belitung adalah salah satu pantai cantik yang berada di bagian ujung selatan Pulau Belitung. Alamat tepatnya adalah di Desa Tanjung Kelumpang, Simpang Pesak, Kecamatan Dendang. Pantai Punai dapat dicapai dari Kota Tanjungpandan yang berjarak sekitar 93 km. Dan akan meneempuh selama 2 jam perjalanan melalui jalan darat. Nama pantai Punai berasal dari salah satu nama jenis burung yang banyak hidup bebas di pepohonan hijau yang ada di kawasan wisata pantai ini yaitu Burung Punai. (Baca Juga : Danau Kaolin Belitung, Salah Satu Keindahan Yang Melukai Bumi?!)

17. Pantai Sungkun, Lombok Timur

Pantai Sungkun, Lombok Timur
Pantai Sungkun, Lombok Timur via instagram https://instagram.com/Alamsyahnoor/

Pantai Sungkun adalah salah satu pantai tersembunyi di Lombok Timur. Belum banyak pejalan yang mengetahui keberadaannya, padahal untuk menuju ke pantai ini hanya memerlukan waktu 2-3 jam perjalanan dari Mataram. Pantai Sungkun ini juga memiliki keunikan lain, yaitu keberadaan batu yang berbentuk kura-kura. Untuk yang berjiwa petualang, berkunjung ke pantai ini akan menjadi tantangan tersendiri.

18. Pulau Marak, Pesisir Pantai, Sumatra Barat

Pulau Marak, Pesisir Pantai, Sumatra Barat
Pulau Marak, Pesisir Pantai, Sumatra Barat via instagram https://instagram.com/eykiwt/

Pulau Marak secara administrasi terletak di daerah Kecamatan Koto IX Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tepatnya di desa Nagari Sungai Pinang. Pulau ini sendiri tidak berpenghuni, hanya sebagai tempat singgah nelayan. Tipe Pulau Marak ini berbukit dengan kondisi pantai berpasir putih bersih yang menyenangkan untuk bermain pasir.

19. Pulau Pisang, Lampung

Pulau Pisang, Lampung
Pulau Pisang, Lampung via instagram https://instagram.com/bayupratama_agn/

Pulau Pisang adalah salah satu pulau paling barat yang ada di Propinsi Lampung yang langsung menghadap Samudera Hindia. Pulau ini merupakan satu kecamatan sendiri dalam Kabupaten Pesisir Barat, Propinsi Lampung. Pulau ini mempunyai karakteristik yang sangat alami, yaitu di area lautnya yang terdapat banyak lumba-lumba. Pulau yang ada di Lampung ini pun semakin alami karena belum adanya listrik dan penginapan disana.

20. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Ranu Kumbolo, Jawa Timur
Ranu Kumbolo, Jawa Timur via instagram https://instagram.com/bimohendarto/

Ranu Kumbolo ini sebenarnya sebuah danau vulkanik yang berada di jalur pendakian lereng dari Gunung Semeru, dengan luas kurang lebih 16 hektar. Lokasi Wisata Ranu Kumbolo tepat berada pada titik ketinggian 2.400 mdpl. Danau Ranu Kumbolo ini juga masih bagian dari kawasan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. (Baca Juga : Setiap Pendaki Pasti Jatuh Hati, Jika Menyaksikan Pemandangan Terbaik Dari Puncak Gunung Di Indonesia Ini!)

21. Snorkeling Point, Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda

Snorkeling Point, Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda
Snorkeling Point, Gunung Anak Krakatau, Selat Sunda via instagram https://instagram.com/sukatidur_/

Yap, nggak cuma Anak Gunung Krakatu saja yang menarik untuk dilihat disini. Tetapi, Snorkeling Point yang berada di dekat Gunung Anak Krakatau pun juga bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk berlibur!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: