Kabur Sejenak, Berlibur Ke Nusa Lembongan

LiburMulu.com – Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang berada di lepas pantai di tenggara Pulau Bali. Sekarang ini dengan cukup cepat sudah menjadi salah satu destinasi liburan populer di Bali. Ada yang menyebutkan kalau Nusa Lembongan ini adalah surga dunia yang jauh dari keramaian dan sibuknya Bali Selatan. Memang, ini adalah tempat yang baik untuk bersantai dan rileks. Kegiatan utama yang bisa dilakukan di Nusa Lembongan ini meliputi berselancar, menyelam dan snorkeling.

Nusa Lembongan sendiri luasnya sekitar 8km² nomor dua dari dua pulau lainnya. Pulau yang paling besar adalah Nusa Penida, dan yang satunya adalah Nusa Ceningan yang terhubung langsung dengan Nusa Lembongan melalui sebuah jembatan. Jadi kalau liburan ke Nusa Lembongan juga bisa sekalian menjelajah di Nusa Ceningan yang terkenal dengan Cliff Jump Point-nya itu.

Bemain di laut dekat Nusa Lembongan adalah kegiatan yang menyenangkan!
Bemain di laut dekat Nusa Lembongan adalah kegiatan yang menyenangkan!

Daya tarik utama dari Nusa Lembongan sendiri adalah banyak titik sekitar pulau yang baik untuk menyelam dan snorkeling. Apalagi didukung dengan kehidupan biota laut yang melimpah dan juga karang yang sehat. Surfing juga bisa dilakukan ketika ombak sedang baik dan bersahabat. Kalaupun ombak sedang tenang, aktivitas seperti paddle boarding bisa dilakukan sebagai alternatif.

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)

Nusa Lembongan juga mempunyai pantai pasir putih yang berada tidak jauh dari pusat penginapan yang ada disini. Alternatifnya di Nusa Lembongan juga bisa melihat budidaya rumput laut yang juga menjadi salah satu mata pencaharian penduduk nusa lembongan. Bisa berlibur sekaligus menambah pengetahuan bukan? Jadi liburan teman – teman traveler bisa lebih bermakna.

Bagaimana Cara Menuju Nusa Lembongan?

Satu-satunya cara yang mudah untuk mencapai Nusa Lembongan Bali adalah dengan perahu, entah dengan public boat atau fast boat. Karena memang ada beberapa pilihan sesuai dengan budget dan kecepatan tempuhnya. Sebagian besar layanan kapal cepat atau fast boat sendiri dijadwalkan berangkat dari Pantai Sanur di ujung Jalan Hangtuah. Kekurangannya kalau dari sanur keberangkatan dan kedatangannya tergantung pada kondisi air pasang.

Selain itu menyeberang ke Nusa Lembongan juga bisa ditempuh dari Pelabuhan Benoa, yang terkenal adalah dengan Bounty Cruise. Altenatifnya ada layanan perahu umum dari dan ke Padang Bai juga Kusamba di Bali Timur. Namun yang satu ini tidak dianjurkan karena alasan keamanan dan kenyamanan.

Bounty Cruies salah satu kapal yang nyaman untuk menyeberang ke Nusa Lembongan dari Pelabuhan Benoa.
Bounty Cruies salah satu kapal yang nyaman untuk menyeberang ke Nusa Lembongan dari Pelabuhan Benoa.

Membeli tiket fast boat menuju Nusa Lembongan pun enggak terlalu ribet juga, bisa langsung datang ke kantor masing – masing penyedia kapal, lewat hotel tempat menginap atau lewat agen yang bertebaran di Kuta. Buat yang kebanyakan uang atau budget berlebih, kalian juga bisa menyewa helikopter yang akan mengantarkan dengan cepat ke Nusa Lembongan.

List Operator Kapal Yang Menyeberang Ke Nusa Lembongan Dari Pantai Sanur :

  • Bali fast boat, Jl.Basangkasa No 9 X Seminyak-Kuta-Bali, ☎ +62 361 911-2299 ([email protected]). Berangkat tiap hari dari Pantai Sanur ke Nusa Lembongan. IDR 200.000 Sekali jalan. Harga termasuk antar jemput.
  • Mushroom Lembongan Paradise, harga termasuk antar jemput, berangkat dari Pantai Sanur, ☎ + 62 361 – 281974, 62 87 760460499 ([email protected]), [1]. Kapasitas kapal untuk 45 orang dilengkapi jaket pelampung dan asuransi. Berangkat dari Pantai Sanur ke Mushroom Bay pukul 09:30, 13:00, 16:30. Dan sebaliknya dari Mushroom Bay ke Pantai Sanur pukul 08:00, 11:00, 15:30. IDR 250.000/orang/pulang pergi.
  • Public Boat yang lebih lambat berangkat setiap hari dari Pantai Sanur setiap jam 10:30, berangkat dari depan Ananda Hotel atau dekat Grand Inna Bali Beach Hotel, pun lokasi bisa berubah tergantung kondisi pasang. Pembelian tiket di di ujung Jalan Hang Tuah. Dari Nusa Lembongan sendiri kapal umum ini berangkat jam 8:00 Pagi dan menempuh perjalanan sekitar 90 menit dengan harga IDR 100,000 per orang.
Peta petunjuk berkeliling di Nusa Lembongan.
Peta petunjuk berkeliling di Nusa Lembongan.

List Operator Kapal Yang Menyeberang Ke Nusa Lembongan Dari Pelabuhan Benoa :

  • Bali Hai Cruises, ☎ +62 361720331 ([email protected]). Bali Hai cruises bisa mengatur perjalanan ke dan dari Nusa Lembongan. Mereka juga menyediakan aktifitas selama di Nusa Lembongan di Dermaga Ponton mereka. Akivitas yang bisa dilakukan adalah seperti Parasailing, Diving, dan Snorkling. Harga yang ditawarkan adlaah mulai dari USD 60 untuk malam makan malam kapal hingga USD 100 untuk berlayar menuju Nusa Lembongan.
  • Bounty Cruises, ☎ +62 361 443765. Jika Anda memiliki waktu terbatas untuk berkunjung ke Nusa Lembongan, salah satu pilihannya adalah mengambil paket satu hari pelayaran ke dermaga ponton milik Bounty Cruise yang berada di Nusa Lembongan. Selama di dermanga ponton kalian bisa memilih beberapa aktifitas air seperti banana boat, water slide, kayak, snorkeling dan glass bottom boat rides. Harganya USD 35 satu arah dan USD 70 pulang pergi. Sementara berlayar seharian adalah USD 95 termasuk makan siang.

Apa Saja Yang Menarik Di Nusa Lembongan :

Dream beach salah satu pantai yang tenang untuk bersantai seharian di Nusa Lembongan.
Dream beach salah satu pantai yang tenang untuk bersantai seharian di Nusa Lembongan.
  • Paradise Beach adalah pantai yang indah dengan pemandangan Gunung Agung, yang memiliki pasir putih dan pohon bakau pohon, terletak di ujung pantai dekat mangrove di desa Jungutbatu, Nusa Lembongan.
  • Mushroom Beach yang juga tempat di mana sebagian besar kapal tiba di Nusa Lembongan. Indah bersih, tenang putih pantai yang ideal untuk berenang, snorkeling, diving, surfing, atau bahkan hanya makan dan tidur di pinggir pantai.
  • Dream Beach adalah pantai terpencil indah dengan pasir putihnya berada di salah satu sudut Nusa Lembongan. Di dekat ini ada cafe menyenangkan untuk bersantai sambil menunggu sunset tiba. Ombak di Dream Beach cukup besar, jadi tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.
  • Sandy Bay ini juga dikenal sebagai Sunset Beach yang lokasinya berdekatan dengan The Devil’s Tear. Meski ini adalah pantai  yang kecil tetapi cukup menyenangkan dengan pasir putih dan ombaknya. Yang paling menyenangkan adalah menikmati matahari terbenam secara perlahan di tempat ini.
  • Tamarind Beach adalah antai yang berada di antara Playground Surfbreak dan Mushroom Bay. Pemandangan dari Tamarind Beach adalah salah satu pantai di Nusa Lembongan yang mempunyai pemandangan menakjubkan kearah Bali, terutama pemandangan Gunung Agung.
  • The Devil’s Tear, bisa ditempuh dengan berjalan kaki beberapa menit ke arah utara dari Dream Beach atau dari selatan Sunset Beach. Suara ombak terdengar begitu menderu di tempat ini, dan ketika ombak menabrak karang terpecah akan terlihat cantik dengan cipratan buih – buihnya.
  • Pantai Scoobydoo. Pantai indah agak terpencil dengan pasir putihnya yang sehalus tepung, terletak di barat laut dari Nusa Lembongan, di dekat Desa Jungutbatu.
  • Hutan Mangrove, berada di utara, mengikuti jalanan yang ada hingga ketemu hutah bakau. Memang Nusa Lembongan memiliki hutan bakau yang cukup luas untuk dapat dieksplorasi dengan perahu jukung. Jangan sampai dilewatkan menjelajah Hutan Mangrove yang ada selama disana.
The devil's tear best moment! Salah satu destinasi paling menarik di Nusa Lembongan.
The devil’s tear best moment! Salah satu destinasi paling menarik di Nusa Lembongan.

Nah, kira – kira itulah yang ada di Nusa Lembongan. Siapapun yang ingin berlibur ke Nusa Lembongan harus tahu mau ngapain saja selama disana. Dan juga bagaimana cara menuju ke Nusa Lembongan tanpa perlu ribet meski harus merencanakan sendiri.

Sebelumnya, untuk menuju ke Nusa Lembongan kalian juga harus terbang dulu menuju Bali, baru menyeberang ke Nusa Lembongan entah lewat Pantai Sanur atau Pelabuhan Benoa. Bali bisa dicapai dengan penerbangan dari Surabaya, Yogyakarta atau Jakarta dengan berbagai macam maskapai.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
1 Response
%d bloggers like this: