Pantai Nguyahan yang Mulai Dikenal Wisatawan

Mungkin nama Pantai Nguyahan ini agak asing bagi sebagian orang. Namun, kalau kamu melakukan perjalanan wisata alam di sekitar Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Pantai Nguyahan adalah salah satu destinasi yang menarik, yang jangan sampai kamu lewatkan begitu saja.

Gunungkidul bukan hanya punya Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Kukup, atau pantai-pantai di Yogyakarta yang populer lainnya. Sebagai wilayah pesisir yang indah, mulai banyak pantai-pantai di kabupaten ini yang dikembangkan sehingga mendatangkan income dari sektor pariwisatanya.

Pantai Nguyahan terkenal dengan sunsetnya yang indah! via IG @zain_nal
Pantai Nguyahan terkenal dengan sunsetnya yang indah! via IG @zain_nal

Nguyahan, Pantai Indah dan Nyaman

Mungkin dari sekian nama pantai di sini kamu bertanya tentang asal-usulnya? Nah, mengenai pantai ini, ternyata ada ceritanya sendiri. Nguyahan berasal dari bahasa Jawa: uyah, yang berarti garam. Dahulu, di daerah ini ada seseorang bernama Mbah Sarem, yang mengajari penduduk membuat garam secara tradisional.

Saat ini Nguyahan yang indah dan masih tampak alami sudah mulai dimanfaatkan untuk industri pariwisata. Garis pantainya tidak begitu lebar, dan pantainya tampak bersih. Di kanan dan kiri pantai ini terdapat bukit karang yang tinggi, yang ditumbuhi tanaman sehingga tampak sekali kealamiannya.

Pantai Nguyahan ini termasuk salah satu pantai yang populer di Jogja via @infoseputarjogjakarta
Pantai Nguyahan ini termasuk salah satu pantai yang populer di Jogja via @infoseputarjogjakarta

Berkunjung ke pantai ini, kamu akan menikmati suasananya yang relatif hening. Tapi bukan berarti pantai ini sepi pengunjung, lho! Cukup banyak pengunjung pantai yang datang. Sekadar melakukan aktivitas selfie, beristirahat di gazebo sambil menikmati kuliner, memancing ikan pada spot yang tersedia, atau bahkan camping. Di pinggir laut, kamu bisa mendapati bintang laut, landak laut, gurita dan berbagai kerang.

Pantai ini ditumbuhi terumbu karang yang bisa kamu saksikan dari atas perairan di dekat pantainya. Karena ini pula, aktivitas berenang di sekitar pantai ini tidak bisa leluasa. Tapi di kawasan pantai ini ada juga beberapa orang yang melakukan body surfing, dengan menggunakan papan handplane yang disewakan di pantai ini. Mungkin kamupun berminat juga?

Payung warna-warni ini adalah salah satu ciri khas dari Pantai Nguyahan ini! via @leonardleo625
Payung warna-warni ini adalah salah satu ciri khas dari Pantai Nguyahan ini! via @leonardleo625

Oya, buat kamu yang hanya ingin bersantai, di pantai ini kamu juga akan menemukan warung yang menyajikan makanan khas pantai, berikut kelapa muda yang menyegarkan. Warung makan ini dan berbagai usaha penyewaan yang muncul merupakan usaha penduduk desa sekitar.

Pantai ini memang belum begitu lama dikelola lebih serius. Namun fasilitasnya sudah cukup mengakomodasi untuk keperluan-keperluan seperti mushola, warung makan, tempat istirahat, area camping, dan toilet/MCK. Dengan tersedianya fasilitas ini, tentunya pengunjung semakin merasa nyaman berlibur, bersama keluarga atau teman-teman.

Cara Pergi Ke Pantai Nguyahan

Tepatnya, pantai ini beralamat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Waktu tempuh dari kota Jogja menuju Pantai Nguyahan ini sekitar 2 jam. Jalur yang kamu lalui adalah lewat Imogiri, lalu ke arah Panggang, Saptosari, sampai ke Desa Kanigoro. Dari desa ini kamu mengarahkan kendaraan ke Pantai Ngobaran, baru kemudian ke Nguyahan. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Nguyahan di Google Maps disini.

Kalian bisa menikmati senja yang indah seperti ini di Pantai Nguyahan Jogja! via @ninayusab
Kalian bisa menikmati senja yang indah seperti ini di Pantai Nguyahan Jogja! via @ninayusab

Harga Tiket Masuk Pantai Nguyahan

Pantai Ngrenehan, Ngobaran, Torohudan dan Nguyahan adalah sepaket. Jadi kamu cukup membayar sekitar Rp 5.000 saja per orang, dan kamu bisa mengeksplor ke semua pantai ini. Lahan parkirnya juga cukup luas. Kamu hanya perlu membayar sekitar Rp 2.000 untuk motor atau Rp 5.000 untuk mobil. Harga tiket masuk ke pantai ini tidak terlalu mahal bukan?

Liburan ke Pantai Nguyahan sebaiknya ajak teman-teman se-geng biar lebih seru! via @sunuyogo
Liburan ke Pantai Nguyahan sebaiknya ajak teman-teman se-geng biar lebih seru! via @sunuyogo

Tips Wisata Ke Pantai Nguyahan

Nah, supaya liburanmu di terasa makin menyenangkan, berikut ini tips yang perlu kamu simak! Siapa tahu tips wisata ke pantai keren di Yogyakarta ini bisa berguna untukmu!

Kalian juga bisa loh berburu foto Instagram keren di pantai ini! via @mubarak_yk
Kalian juga bisa loh berburu foto Instagram keren di pantai ini! via @mubarak_yk
  • Isi penuh baterai ponsel, kamera dan powerbank! Banyak sekali spot-spot alami yang menarik.
  • Bawa uang dalam bentuk receh, dengan jumlah yang cukup, buat memudahkan transaksi.
  • Sebelum memesan makanan, atau menggunakan fasilitas, ada baiknya kalau kamu tanyakan dulu berapa tarifnya. Dan, nggak ada salahnya koq, kalau kamu bawa makanan dan minuman sebelum melakukan perjalanan, untuk mengurangi pengeluaran.
  • Sebaiknya kamu bawa pakaian ganti, karena tentu akan sayang kalau kamu nggak ikutan menikmati permainan di sekitar Pantai Nguyahan.
  • Jangan lupa juga untuk bawa perlengkapan-perlengkapan penting lain. Seperti payung, sunglass dan sunblock.
  • Perhatikan petunjuk dari penjaga pantai, untuk tidak melewati garis pantai. Apalagi jika ombak pantai cukup besar. Biasanya siang hari air akan naik, dan sore hari akan surut.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: