Pantai Trisik, Lokasi Wisata Edukasi yang Tepat dan Menghibur

Kalau di Pantai Congot terdapat hutan mangrove, maka berwisata ke Pantai Trisik kamu akan menemukan agrowisata buah naga yang bisa kamu petik buahnya dari pohon. Selain itu, kamu akan menemukan tempat konservasi penyu. Tentu saja kamu tidak diperkenankan mengambil penyu.

Jadi liburan ke Pantai Trisik ini selain untuk bisa bersantai, kamu juga bisa sambil belajar. Belajar melestarikan alam dan belajar bagaimana menjaga alam yang indah ini. Makanya, pantai ini cocok banget untuk liburan bersama keluarga, terutama untuk yang sudah punya anak.

Di Pantai Trisik juga bisa melihat konservasi penyu. via IG @pantaitrisikjogja
Di Pantai Trisik juga bisa melihat konservasi penyu. via IG @pantaitrisikjogja

Wisata Edukasi Bersama Anak Di Pantai Trisik

Datanglah ke pantai ini bersama kawan atau keluarga. Mengajak anak berwisata alam sekaligus memperkenalkan mereka pada hal penting yang jarang mereka saksikan sendiri tentunya sangat penting. Pantai ini memang sangat alami dan indah, dengan pasir putih dan ombaknya yang bergulung-gulung memecah karang. Kalau kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan beragam jenis burung yang bermigrasi singgah di sini, membentuk kawanan burung yang ramai.

Telur penyu yang belum menetas di Pantai Trisik Jogja. Via IG @pantaitrisikjogja
Telur penyu yang belum menetas di Pantai Trisik Jogja. Via IG @pantaitrisikjogja

Sebagai bagian dari desa, kamu akan menyaksikan aktivitas masyarakat di Desa Banaran ini. Seperti nelayan dengan perahu-perahunya di tepi pantai, dan sawah-sawah penduduk dengan kerbau yang dimanfaatkan untuk membajak, dengan pohon-pohon kelapa dan burung-burung sawah. Dan yang tidak ketinggalan adalah pelelangan ikan, di mana kamu bisa ikut mendapatkan ikan dengan harga lebih murah dan lebih segar dari yang sudah dibawa ke pasar.

Yang agak disayangkan bagi sebagian orang adalah bangunan-bangunan yang dibiarkan dan terlihat rusak. Bagi sebagian yang lain mungkin keadaan yang demikian justru terasa sangat apa adanya dan bisa menjadi obyek wisata yang sangat alami. Di mana perumahan warga, pantai, sawah, warung makan hingga tempat pelelangan ikan ada di satu tempat dan saling berdekatan.

BACA JUGA :  Hat Yai Bukan Kota Transit Biasa di Selatan Thailand, Ada Lebih Dari 10 Tempat Liburan Menarik Di Hat Yai Bisa Kalian Kunjungi!
Sebaiknya sih enggak liburan ke Pantai Trisik sendirian. Rame-rame bareng temen sepertinya lebih seru! via IG @aksatriou
Sebaiknya sih enggak liburan ke Pantai Trisik sendirian. Rame-rame bareng temen sepertinya lebih seru! via IG @aksatriou

Sebenarnya keadaan yang demikian, temasuk pengadaan fasilitas yang mengakomodasi kebutuhan sektor wisata ini hanya butuh pengelolaan bersama yang baik, antara Pemda dan penduduk. Fasilitas pantai ini memang belum lengkap. Tapi jangan khawatir untuk kamu yang suka menikmati kuliner lokal. Karena keberadaan warung makan bisa kamu temukan di sekitar pantai ini.

Cara Pergi Ke Pantai Trisik Jogja

Secara administratif, pantai ini berada di Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya di Dusun Trisik, Desa Banaran, Kecamatan Galur / Brosot. Dari Kota Jogja, dengan menuju Bantul lalu ke Kecamatan Sandrakan. Setelah melewati Jembatan Kali Progo, terus ke Pertigaan Brosot, kamu akan menemukan papan penunjuk arah ke pantai ini.

Pantai Trisik, Lokasi Wisata Edukasi yang Tepat dan Menghibur via IG @najmutsaqib
Pantai Trisik, Lokasi Wisata Edukasi yang Tepat dan Menghibur via IG @najmutsaqib

Dan perlu kamu tahu, pantai ini berada dalam jajaran pantai lainnya, yaitu Pantai Congot, Pantai Bugel, dan Pantai Glagah. Pantai di mana kamu bisa menunggu datangnya sunset yang romantis, ditemani perahu-perahu nelayan dan kuliner segar di warung tepi pantai dengan harga terjangkau. Agar lebih gampang, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Trisik di Google Maps disini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Trisik

Pantai ini dibuka untuk wisatawan yang ingin berkunjung, dengan menetapkan retribusi yang terjangkau. Yaitu hanya Rp2.000. Sementara, di pantai ini brlaku jam buka untuk wisatawan yaitu mulai pukul 05.00 sampai malam. Untuk parkir kendaraan yang berlaku di pantai ini adalah Rp3.000 untuk motor, dan Rp10.000 untuk mobil.

Selain itu senja di Pantai Trisik Jogja juga cantik luar biasa seperti ini! via IG @luckyalvi
Selain itu senja di Pantai Trisik Jogja juga cantik luar biasa seperti ini! via IG @luckyalvi

Tips Wisata Ke Pantai Trisik

  • Jangan lupa untuk membawa minuman terutama, karena hawa yang panas.
  • Mau bermain-main air di pantai? Sayangnya, di pantai ini terdapat larangan mandi di pantai, yang tertulis pada papan di pintu masuk. Ombak yang besar, sebagaimana layaknya pantai di selatan Jawa cukup membahayakan.
  • Pegang selalu anak-anak agar jangan sampai bermain-main ke pinggir pantai.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera dan ponsel, dengan baterai yang sudah diisi penuh!
  • Sebenarnya wisata edukasi sangat banyak di desa ini. Alih-alih mengajak anak ke pantai, anak lama-lama akan bosan. Sebaiknya sebelum sore kamu bisa mengajak mereka menyaksikan konservasi penyu dan mengajaknya ke lokasi agrowisata. Berjalan-jalan di kebun buah naga, dan mengijinkannya memetik sendiri buah yang sudah layak dipetik adalah rekreasi tersendiri.
  • Pada sore hari, ketika sudah cukup lelah, dan matahari mulai condong ke barat, kamu bisa mengajak mereka ke pantai, beristiahat dan menikmati kelapa muda sambil menunggu alam memperlihatkan sunset terindahnya.
BACA JUGA :  Upside Down World Jogja, Tempat Wisata Baru Yang Tak Biasa
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar