Liburan Sambil Belajar Di Pantai Samas Bantul

Rate this post

Kamu pengen wisata alam pantai yang mengedukasi juga, supaya bisa membawa serta anak atau keponakan? Ada, lho! Memang, Yogyakarta kaya akan destinasi wisata alam yang menyenangkan. Sudah pernah dengar dengan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang namanya Pantai Samas kan?

Namun orang tua memang tetap perlu pintar-pintar menyusun itinerary perjalanan agar sang anak menikmati. Agak beda dengan orang dewasa, yang lebih bisa menyesuaikan diri di medan yang agak berbahaya, dan lebih membutuhkan momen yang merilekskan selain yang mengandung tantangan. Ya, untuk berlibur bersama anak usia sekolah, Pantai Samas Bantul adalah pilihan yang tepat.

Apa Saja yang Menarik di Pantai Samas Bantul Ini?

Liburan Sambil Belajar Di Pantai Samas Bantul! Sudah ada yang pernah liburan ke Pantai di Yogyakarta ini! via IG @anismanto
Liburan Sambil Belajar Di Pantai Samas Bantul! Sudah ada yang pernah liburan ke Pantai di Yogyakarta ini! via IG @anismanto

Pantai Samas termasuk salah satu pantai di selatan Jawa yang berpasir putih, yang menarik hati para peselancar dengan angin yang kencang serta ombak laut yang besar. Namun tak hanya itu, di area pantai ini juga terdapat laguna atau danau yang terbentuk dari dia aliran sungai dengan air yang sejuk.

Kawasan telaga ini dimanfaatkan untuk budidaya ikan dan udang galah, dan penakaran berbagai jenis penyu. Selain itu, terdapat berbagai wahana permainan yang menarik, termasuk gardu pandang. Di area yang sejuk ini juga kamu akan menemukan pusat kuliner, pemancingan dan juga tempat berkumpulnya perahu-perahu nelayan setempat. Kamu bisa bayangkan, bagaimana serunya pemandangan yang ada, dan bagaimana rasa penasaran anak-anak pada semua hal yang ia saksikan secara langsung.

Beda dengan di pantai, pasir di sekitar delta berwarna hitam. Dan jika kamu naik kapal berkeliling danau dan laut dengan kapal, kamu akan melihat dari jauh pegunungan Gunungkidul yang berderet, perumahan penduduk setempat, dan hamparan sawah menghijau. Terlebih pada sore hari, pemandangan akan menjelma romantis dengan langit keemasan.

Selain adanya wisata alam yang mengagumkan, di area wisata ini kamu bisa menyaksikan bagaimana Sub Dinas Perikanan Propinsi DIY mengembangkan usaha pemeliharaan ikan dan udang. Selain itu di kawasan ini juga masih dilakukan beberapa upacara adat, seperti  Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, dan Pentas Seni Budaya saat musim liburan atau lebaran.

Cara Pergi Ke Pantai Samas Bantul

Pantai Samas Bantul berada di sebelah barat dari Pantai Parangtritis, tepatnya berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Dari pusat kota kabupaten, letak pantai ini berjarak sekitar 14 km. Namun kabar baiknya, berkendaraan ke pantai ini sekarang sudah cukup mudah, dengan infrastruktur yang sudah dibangun dengan baik. Selain itu, sepertinya pemandangan sawah yang membentang hijau sepanjang perjalanan, dengan pohon-pohon kelapa akan memancing rasa antusias mereka.

Rutenya, dari Kota Yogyakarta, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke Bantul. Tiba di perempatan Palbapang, lurus ke arah selatan, melewati Jl. Samas. Nah, dari sini kamu bisa mengikuti papan penunjuk sampai tiba di lokasi pantai. Atau kalau mau lebih gampang lagi, pakai saja aplikasi peta digital. Setelah itu tinggal menggunakan petunjuk lokasi Pantai Samas di Google Maps disini.

Tarif dan Fasilitas Pantai Samas Bantul

Masuk ke kawasan Pantai Samas, kamu perlu membayar tiket seharga IDR 4.000 per orang, berikut tarif tiket parkir IDR 2.000 untuk motor, IDR 5.000 untuk mobil, atau IDR 15.000 untuk bis.

Untuk fasilitas, untungnya pengelola pantai ini sudah mulai mengembangkan ketersediaan berbagai keperluan pengunjung. Selain lahan parkir, di pantai ini juga sudah terdapat Toilet (dengan retribusi IDR 2.000), MCK, SAR, jaringan listrik, mushola, warung makan, bahkan penginapan.

Tips Wisata Ke Pantai Samas Bantul

Agar liburan kalian lebih menyenangkan, sebaiknya memperhatikn beberapa tips wisata ke Pantai Samas Bantul ini ya!

  • Meskipun indah, pada beberapa titik di kawasan terbuka ini terdapat area yang cukup berbahaya jika diabaikan. Seperti terjalnya area sekitar delta, juga area pinggir pantai yang rawan ombak besar dan angin kencang. Bersahabat dengan alam berarti berhati-hati dengan segala kemungkinan terburuk, terlebih kalau kamu membawa serta anak.
  • Bawalah pakaian ganti, dan makanan & minuman yang cukup. Siap sedia selalu dengan sunglass dan topi jika matahari sedang terik, dan payung untuk mengantisipasi hujan. Bersenang-senang bukan berarti mengabaikan kesehatan.
  • Gunakan sepatu yang nyaman dengan sol yang tidak licin.
  • Bawa uang tunai yang cukup, untuk menikmati kuliner dan berbagai wahana menarik di Pantai Samas Bantul.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: