Pantai Gesing, Desa Nelayan yang Nyaman dan Indah

Kalau kamu ingin menikmati suasana pantai bersama keluarga, dan menikmati kuliner khas pantai di Kawasan Gunungkidul – Yogyakarta, Pantai Gesing adalah pilihan yang tepat. Pastinya kamu akan kagum menyaksikan suasananya yang tenang dan indah. Iya, pantai ini berada di sebuah teluk yang indah lho.

Permukaan air laut di pantai ini tampak tenang sehingga memperlihatkan gradasi warna alam yang indah, mulai dari hijau terang di tepiannya, ke warna biru. Selain itu, karena pantai ini berada di sebuah teluk, kamu akan menyaksikan tebing tinggi di kiri dan kanan, yang mengapit pantai.

Keberadaan tebing di pantai berpasir putih ini melengkapi keindahan pantai yang eksotis, dan pastinya menarik bagi penggemar wisata pantai. Angin yang bertiup membuat pengunjung pantai merasa rileks menikmati suasana alam terbuka, yang sudah tertata demikian indah.

Namun, di pantai ini kamu tidak hanya akan menikmati keindahan pantai saja. Kamu juga akan menyaksikan aktivitas nelayan yang akan melaut atau baru pulang dari menangkap ikan. Para nelayan itu menjadikan Pantai Gesing sebagai pelabuhan perahu-perahu mereka

 

Pantai Gesing Dekat Pantai Buron Drone Video [ Pantai Di Gunungkidul ]
Watch this video on YouTube.

 

Main Ke Pantai Gesing Dan Pantai Buron [ Wisata Pantai Gunung Kidul ]
Watch this video on YouTube.

 

Jadi, di sekitar pantai ini kamupun akan berjumpa dengan para nelayan dan penduduk yang hobi memancing. Memang, di kawasan ini terdapat spot memancing yang disediakan. Tak jauh dari pantai juga terdapat pelelangan ikan.

Buat kamu yang hobi berwisata kuliner, di sekitar pantai ini kamu dengan mudah akan menemukan beragam olahan seafood di sekitar pantai. Olahan yang lezat, ditambah suasana yang sangat mendukung untuk makan sambil ngobrol dan menikmati angin pantai, pastinya sangat menggoda pengunjung pantai.

BACA JUGA :  Destinasi Terbaik Dunia Untuk Cewek Yang Suka Traveling Sendiri!

Mengenai harganya, pada umumnya para penjual tidak mematok harga yang mahal. Misalnya, untuk seekor ikan kakap sawo berukuran sedang dijual seharga Rp35.000 oleh seorang pemilik warung.

Pantai Gesing, Desa Nelayan yang Nyaman dan Indah! via @tiarazin
Pantai Gesing, Desa Nelayan yang Nyaman dan Indah! via @tiarazin

Spot Selfie Pantai Gesing Bernama Jembatan Cinta

Memang, sangat disarankan agar kamu tidak sendirian datang ke lokasi pantai ini. Alasannya, agar kamu bisa berlama-lama menikmati suasana pantai yang indah dan juga kulinernya yang lezat. Memang, tidak masalah kalau kamu sedang ingin jalan sendiri. Hanya saja, mungkin acara seperti berfoto, berkeliling spot-spot bagus mungkin akan terasa ada yang kurang.

Spot Selfie Pantai Gesing Bernama Jembatan Cinta! via @siscaang
Spot Selfie Pantai Gesing Bernama Jembatan Cinta! via @siscaang

Jembatan Cinta yang sangat panjang adalah obyek lain yang juga tersedia di sini. Banyak pasangan atau grup perjalanan yang menghabiskan waktu dengan berfoto dari berbagai angle, dengan background yang sangat keren tentunya.

Jembatan Cinta yang dimanfaatkan untuk sesi foto-foto atau menyaksikan sunset ini terbuat dari kayu. Berada di bukit batu, dengan dominasi semak belukar yang tumbuh liar.

Cara Pergi Ke Pantai Gesing

Cara Pergi Ke Pantai Gesing. via @pantai.jogja
Cara Pergi Ke Pantai Gesing. via @pantai.jogja

Nah, alamat Pantai Gesing ini adalah Dusun Panjolomulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Rute yang bisa kamu lalui dari kota Jogja adalah lewat Ringroad Selatan ke arah Jl. Imogiri Timur, lalu Tanjakan Siluk. Dari sana arahkan kendaraanmu ke Panggang, lalu pada pertigaan SDN Sawah ambil jalan ke kanan, ke arah Warak Girikarto. Sampai Pertigaan Bolang belok kanan, menuju kawasan Pantai Gesing.

 

Solo Touring Ke Pantai Gesing Gunungkidul [ Travel Motovlog Wisata Pantai Gunung Kidul ]
Watch this video on YouTube.

 

Waktu tempuh yang dibutuhkan dari kota Jogja ke pantai ini sekitar 1,5 jam dengan kendaraan pribadi. Alternatifnya kamu bisa menggunakan aplikasi peta untuk menuju ke pantai ini. Petunjuk lokasi Pantai Gesing di Google Maps sendiri bisa kamu temukan disini. Dengan menggunakan petunjuk lokasi tadi, pastinya kamu nggak akan nyasar lagi kalau main ke pantai ini.

BACA JUGA :  Pesona Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara ala Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Gesing

Teras Kaca di Pantai Gesing yang bisa kamu gunakan untuk foto selfie! via @uniemey
Teras Kaca di Pantai Gesing yang bisa kamu gunakan untuk foto selfie! via @uniemey

Untuk masuk ke kawasan Pantai Gesing, pengunjung dikenakan retribusi. Harga tiket masuk ke pantai gesing adalah sebesar IDR 10.000 sementara parkir dikenakan retribusi sebesar IDRv5.000 untuk mobil, dan IDR 2.000 untuk motor.  Cukup terjangkau, kan?

Yang menarik kawasan pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas penting lain selain parkir, seperti toilet (MCK), mushola, tempat istirahat, penyewaan perahu, hingga penginapan.

Tips Wisata ke Pantai Gesing

Tips Wisata ke Pantai Gesing! via @caturarianto20
Tips Wisata ke Pantai Gesing! via @caturarianto20

Berikut ini adalah beberapa tips menarik yang perlu kamu perhatikan sebelum mengunjungi pantai ini.

  • Datang bersama sejumlah kawan lebih asyik, kalau kamu ingin mencoba beberapa aktivitas seperti naik perahu, dan selfie di bukit batu.
  • Buat yang alergi makanan laut, sebaiknya bawa makanan dan minuman, antisipasi tidak menemukan makanan lain.
  • Bawa kamera, ponsel dan powerbank dengan baterai penuh.
  • Bawa uang receh juga penting, untuk keperluan bayar beberapa fasilitas yang nggak gratis.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar