Ini Dia Pantai-Pantai Luar Biasa Dari Seluruh Dunia!

LiburMulu.Com – Diantara kalian, pasti nggak ada yang bosan dengan yang namanya liburan ke pantai. Karena pantai ini selalu bisa menghapus rasa penat dari yang namanya rutinitas! Di pantai semuanya bisa bergembira, menghabiskan waktu sambil ditemani deburan ombak lengkap dengan hembusan semilir udara laut yang menyegarkan.

Nggak cuma itu saja, di tepi pantai juga merupakan tempat yang tempat untuk menikmati senja juga pemandangan matahari terbit dari ufuk timur. Nah, kalian tentu penasaran, kalau di dunia ini ada banyak pantai-pantai luar biasa yang bisa kalian kunjungi kalau ada kesempatan nantinya.

Beberapa pantai ini ada di luar negeri, namun beberapa pantai luar biasa ini juga ada yang di Indonesia. Kalau ada kesempatan, ayok mampir deh :)

 

1. Shell Beach, Pantai Yang Pasirnya Penuh Dengan Cangkang Kerang!

Shell Beach, Pantai Yang Pasirnya Penuh Dengan Cangkang Kerang!
Shell Beach, Pantai Yang Pasirnya Penuh Dengan Cangkang Kerang!

Pantai berpasir putih mungkin sudah biasa, namun kalau pantai yang berpasir kerang bagaimana? Hmm, tentu menarik dan unik! Karena tentu saja pantai seperti ini nggak terlalu banyak keberadaannya di dunia ini. Salah satunya adalah Shell Beach, pantai berpasir kerang yang ada di Australia. Shell Beach ini adalah pantai yang berada di kawasan Shark Bay di Western Australia, atau 45 kilometer selatan-timur dari Kota Denham.

Pantai yang satu ini meamng keren! Sesuai namanya, pantai ini memang hammpir seluruhnya berupa kulit kerang. Kuit kerang ini sebenarnya berasal dari makhluk hidup yang disebut dengan nama Hamelin Cockle, yang biasa hidup di daerah sekitarnya. Sedikit demi sedikit, kulit kerang ini terkumpul menjadi tumpukan yang besar hingga ketebalan sekitar 10 Meter, dengan panjang hingga 1 KM! Wow, kalau ke Australia harus mampir yak!

 

2. Pantai Ngurbloat Pantai Berpasir Putih Dari Maluku Tenggara

Pantai Ngurbloat Pantai Berpasir Putih dari Maluku Tenggara
Foto Drone Pantai Ngurbloat, Pantai Berpasir Putih dari Maluku Tenggara via virustraveling.com

Ada yang bilang kalau Pantai Ngurbloat ini adalah pantai berpasir putih terhalus di dunia. Dan kalian patut berbangga, karena Pantai Ngurbloat ini berada di Indonesia. Pantai ini berada di Maluku Tenggara, kali aja kalian ingin pergi kesana.

Pantai Ngurbloat ini oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Pantai Pasir Panjang. Disebutkan kalau nama lokal tersebut berasal dari bentang pesisir pantainya yang panjangnya hingga mencapai 5 kilometer. Pantai ini membentang mulai dari Pantai Ngurbloat di Desa Ngilngof hingga Pantai Ngursamadan di Ohoililir, Kecamatan Kei Kecil.

Untuk bisa sampai ke Pantai Ngurbloat yang ada di Kepulauan Kei, kalian bisa terbang dulu ke Ambon dari beberapa kota besar di Indonesia. Setelah sampai di Ambon, lanjutkan dengan penerbangan dengan pesawat kecil menuju Tual, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara.

Dari Tual kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Ngurbloat menggunakan mobil sewaan atau bisa juga kendaraan umum yang tersedia di Pasar Ohoijang, Tual. Lama perjalanan menuju pantai sekitar 1 jam.

Pantai Ngurbloat ini terletak di area barat laut Pulau Kei Kecil. Alternatif lainnya, kalian bisa berangkat dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon menuju Pelabuhan Tual dengan menumpang kapal PELNI. Namun akan memerlukan waktu perjalanan yang lebih memakan waktu, yaitu 18 jam.

Baca Juga: Hey, Mau Liburan Ke Jawa Timur? Ini Dia Pantai Seksi Di Jember Dan Banyuwangi Yang Wajib Kalian Kunjungi

 

3. Pink Beach, Pantai Berpasir Pink Yang Menawan

Pink Beach, Pantai Berpasir Pink Yang Menawan
Pink Beach, Pantai Berpasir Pink Yang Menawan via catperku.com

Kalau kalian bosan dengan pasir yang berwarna putih, bagaimana dengan pantai berpasir pink? Di Indoesia sendiri ada dua pantai yang memiliki pasir berwarna pink. Sudah pada tahu kan ada dimana saja pantai berpasir pink di Indonesia ini? Iya, satunya ada di Lombok Timur, dan pantai berpasir pink yang satunya lagi ada di Pulau Komodo, Flores.

 

4. Red Beach, Uniknya Pantai Berwarna Merah Di China

Red Beach, Uniknya Pantai Berwarna Merah Di China
Red Beach, Uniknya Pantai Berwarna Merah Di China

Pantai berwarna merah ini ternyata memang ada! Iya pantai berwarna merah ini ada di Kota Dawa, Panjin, Liaoning, Cina. Pantai ini terkenal sebagai pantai berwarna merah karena keberadaan tanaman merah Suaeda salsa dari keluarga Chenopodiaceae. Well, jadi sebenarnya bukan karena pasirnya beneran berwarna merah! Tetapi karena ada tanaman yang berwarna merah, tumbuh banyak sekali disekitar sini!

Baca Juga: Cara Lain Menikmati Pantai Parangtritis Dari Ketingian Bukit Parang Endog

 

5. Pantai Kolbano, Pantai Dengan Batu Berwarna Warni Di Nusa Tenggara Timur!

Pantai Kolbano Pantai yang Berwarna Warni di Nusa Tenggara Timur
Pantai Kolbano Pantai yang Berwarna Warni di Nusa Tenggara Timur via virustraveling.com

Pulau Timor di Nusa Tenggara Timur (NTT) memang belum banyak terekspose keberadaannya. Namun daerah ini memiliki beberapa tempat wisata untuk liburan yang tak kalah dengan beberapa tempat wisata keren lainnya di Indonesia.

Salah satu dari beberapa tempat wisata yang menarik di Pulau Timor adalah Pantai Kolbano dengan batu-batuannya yang unik nan apik. Pantai ini sendiri berada di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Untuk mencapai Pantai Kolbano ini cukup memerlukan perjuangan. Pertama, kalian akan memerlukanh waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk mengunjungi lokasi Pantai Kolbano ini bila berangkat dari Kota Kupang, ibu kota Provinsi NTT. Namun perjuangan itu akan terbayarkan begitu sampai ke tempat ini dan menikmati keindahan Pantai Kolbano! Terutama keunikan pantainya dengan batu yang berwarna-warni!

 

6. Aneh Tapi Nyata! Pantai Berpasir Kaca Di Amerika!

Aneh Tapi Nyata! Pantai Berpasir Kaca Di Amerika!
Aneh Tapi Nyata! Pantai Berpasir Kaca Di Amerika!

Mungkin ini akan sulit kalian percaya! Namun faktanya memang beneran ada pantai berpasir kaca di Amerika! Iya disana pantai berpasir kaca yang berada di daerah Fort Bragg, Kalifornia, Amerika Serikat.

Dulunya pantai ini sama dengan pantai pada umumnya. Namun ketika pada tahun 1960-an daerah di sekitar pantai yang ada di Fort Bragg ini dijadikan tempat pembuangan sampah dari kota-kota di sekitarnya, pantai ini lansekapnya pun berubah.

Dari puluhan tahun terkumpul pecahan gelas yang terpoles secara alami oleh ombak, sampah pecahan kaca tadi ternyata berubah menjadi cantik. Tidak lagi berupa pecahan kaca tajam, tetapi berubah menyerupai kristal cantik dengan berbagai warna. Oleh warga setempat, pantai ini kemudian dikenal sebagai Glass Beach.

Baca Juga: Liburan Ke Yogyakarta? Pantai Di Yogyakarta Ini Bisa Jadi Ide Liburanmu Selanjutnya!

7. Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Yang Penuh Dengan Bebatuan Raksasa

Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Yang Penuh Dengan Bebatuan Raksasa
Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Yang Penuh Dengan Bebatuan Raksasa

Paantai yang luar biasa ini bernama Tanjung tinggi, berada di Belitung. Ini sebenarnya adalah sebuah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Nama tanjung tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi.

Untuk kalian yang mungkin belum tahu, Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan salah satu tempat liburan favorit di pulau Belitung. Letaknya juga tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan hanya berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan.

Yang membuat pantai Tanjung Tinggi menjadi luar biasa adalah keberadaan ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran batu granit disini mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah!! Nggak percaya? Coba saja datang kesana :)

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: