Bosen Dengan Suasana Perkotaan? Cobain Liburan Dan Berkemah Di Gunung Puntang Yuk!?

LiburMulu.Com – Gunung Puntang adalah salah satu tujuan liburan di Bandung untuk kalian yang menyukai wisata alam yang segar. yaitu Gunung Puntang. Ya, biasanya tempat wisata ini memang sering dijadikan sebagai tempat untuk berkemah. Pun tiap harinya juga banyak orang yang datang kesini untuk sekedar berlibur.

Memang liburan ke Gunung Puntang, melepas penatan dan sekedar berjalan menyusuri alam bersama teman dan keluarga adalah kegiatan yang menyenangkan. Sekali-kali melupakan rutinitas dan menikmati Gunung Puntang yang berada kurang lebih pada 1300 meter di atas permukaan laut akan terasa sangat menyenangkan.

Gunung Puntang adalah salah satu tempat wisata gunung keren di Bandung
Gunung Puntang adalah salah satu tempat wisata gunung keren di Bandung via https://www.instagram.com/p/_WJY_0Q-yw/

Kalian tak perlu kaget jika udara di pegunungan ini sangatlah sejuk, normalnya adalah belasan derajat celcius saja. Karena itu, Gunung Puntang juga sangat populer buat kalangan pecinta alam. Pada hari-hari tertentu, mungkin ketika berkunjung kesini kalian akan banyak menemui kelompok-kelompok pecinta alam yang memanggul ransel di punggung mereka.

Itu memang cara piknik mereka di tempat wisata dekat Bandung ini. Mereka akan melakukan pendakian dan kemudian berkemah di Gunung Puntang. Para pecinta sepeda gunung juga menjadikan tempat wisata ini salah satu tempat favoritnya. Karena areal Gunung Puntang ini juga sangat mendukung untuk melatih keterampilan bersepeda gunung mereka.

(Baca Juga : Destinasi Liburan Di Bandung Ini Menyenangkan, Dan Cocok Untuk Liburan Sekeluarga!)

Memacu sepeda kalian disini juga boleh banget!
Memacu sepeda kalian disini juga boleh banget! via https://www.instagram.com/p/BA7YmhAJzQJ/

Jalur sepeda di Gunung Puntang naik dan turun, yang pasti memompa adrenalin. Disana juga terdapat banyak tantangan yang makin membuat para pesepeda senang. Siapkan saja sepeda khusus untuk dipakai di gunung, jika kalian ingin mencoba tantangan jalur sepeda gunung di gunung ini.

Atau, jika kalian memang tidak ingin capek dan sekedar ingin bersantai, datang saja bersama keluarga dan berjalan-jalan di sekitar kaki pegunungan sambil menikmati sejuknya hawa khas Bandung. Tentunya sambil menikmati pemandangan yang super kece disekitar sini.

Sedari dulu, Gunung Puntang memang terkenal akan suasananya yang seru untuk bertualang, juga asik untuk liburan. Nggak heran lagi kalau para petualang dan pecinta wisata alam selalu suka untuk berkunjung kesini.

Yaking nggak mau liburan kesini
Yaking nggak mau liburan kesini? via https://www.instagram.com/p/BAziiYFSfdz/

Namun, dibalik semua itu, ada nilai sejarah yang juga menarik untuk ditelusuri mengenai keberadaan gunung ini. Konon, Gunung Puntang pada zaman penjajahan dahulu adalah salah satu jalur komunikasi yang strategis. Disebutkan kalau pada tahun 1923, mereka juga pernah membangun stasiun radio yang pernah sebagai stasiun radio terbesar di dunia.

Karena letaknya yang strategis itu juga, siaran radio dari Gunung Puntang ini bisa terdengar bahkan sampai ke negeri Belanda yang jauh disana. Err, kalau namanya gelombang radio, biasanya memang bisa sampai jauh sih. Engak aneh! Memang, dari lokasinya disebutkan kalau Gunung Puntang memiliki titik yang ideal untuk tempat didirikan stasiun radio.

Kebenaran keberadaan stasiun radio pada masa penjajahan Belanda ini diperkuat dengan keberadaan sumber pembangkit tenaga listrik yang ada di daerah Dago, Dayeuh Kolot dan Pangalengan. Selain untuk menyokong keberadaan stasiun radio, namun juga untuk menyokong sumber listrik perumahan untuk para pegawainya.

(Baca Juga : Panduan Dan Tips Ke Tebing Keraton, Wisata Keren Di Bandung!)

Pagi hari di Puncak Mega 2223 mdpl
Pagi hari di Puncak Mega 2223 mdpl via https://www.instagram.com/p/-yWewMjsB5/

Namun sayangnya, sekarang ini hampir tidak terlihat sama sekali bekas-bekas kebereadan stasiun radio di sekitar Gunung Puntang. Yang masih sedikit terlihat hanyalah lapangan yang terhampar luas bekas pemukiman, dan beberapa temboknya yang masih tersisa.

Selain stasiun radio, disini juga terdapat sebuah kolam besar yang disebut dengan kolam cinta. Pemberian namanya nggak jauh-jauh dari bentuk dari kolam tersebut yang memang menyerupai bentuk hati. Namun sekali lagi sayang, seperti halnya bekas bangunan stasiun radio tadi, kolam tadi juga tak terawat.

Gunung Puntang ini berada tak jauh dari Kota Bandung. Lokasinya berada di Bandung Selatan dan masih termasuk dalam gugusan Gunung Malabar. Alamat lengkapnya berada di Desa Cimaung, Banjaran atau berada sekitar 40 km dari pusat kota Bandung.

Curug Siliwangi adalah salah satu tempat wisata yang wajib didatangi disini
Curug Siliwangi adalah salah satu tempat wisata yang wajib didatangi disini via https://www.instagram.com/p/_TLC80RneQ/

Untuk kalian yang ingin liburan ke tempat wisata dekat Bandung ini dengan kendaraan pribadi, kalian bisa mengendarai kendaraan lewat tol lalu keluar dari pintu tol Soreang, dan menuju ke Desa Cimaung. Alternatifnya, kalian bisa juga keluar dari tol Buah Batu untuk menuju Banjaran terlebih dahulu, baru mengambil arah ke Cimaung. Keduanya bisa dilewati untuk menuju tempat wisata Gunung Puntang.

Sementara itu, untuk kalian yang ingin mencapai Gunung Puntang dengan kendaraan umum juga bisa kok. Kalian bisa menggunakan angkot dengan tujuan akhir Soreang atau Dayeuh Kolot. Setelah itu kalian harus melanjutkan lagi dengan naik angkutan lokal yang menuju ke arah Cimaung. Tarif atau biaya naik angkot ini sekitar IDR 5000-7500. Untuk lama perjalanan yang akan ditempuh adalah sekitar 30 menit dari terminal Dayeuh Kolot atau terminal Soreang.

(Baca Juga : Bukit Moko, Menikmati Malam Hari Bandung Dari Ketinggian)

Kalian bisa menghabiskan waktu dengan kemping seru di Gunung Puntang
Kalian bisa menghabiskan waktu dengan kemping seru di Gunung Puntang via https://www.instagram.com/p/_A97J9DFUv/

Tempat wisata dekat Bandun ini memberlakukan tiket masuk, meski nggak terlalu mahal. Disana kalian bisa membeli tiket masuk yang harganya sekitar IDR 10.000 rupiah. Namun jika kalian membawa kendaraan pribadi, kalian akan dikenakan biaya masuk lagi sekitar IDR 3.000-15.000 rupiah, tergantung dari jenis kendaraan yang kalian bawa.

Tenang saja, harga tiket segitu akan sepadan dengan pemandangan indah yang kalian dapatkan disana. Sesaat setalah masuk ke areal Gunung Puntang, kalian akan disambut dengan suara gemericik air segar yang merdu juga pohongyang tinggi nan rindang. Udara yang sejuk dan segar secara perlahan akan membelai kulit secara perlahan. Semua itu tentu akan menambah keseruan liburan di tempat wisata ini.

Wisata gunung ini adalah alternatif liburan seru di dekat Kota Bandung
Wisata gunung ini adalah alternatif liburan seru di dekat Kota Bandung via https://www.instagram.com/p/BBP8KsooCwM/

Bagi kalian yang datang membawa keluarga dan ingin menginap, kalian bisa mengajak mereka berekreasi di area Bougenville. Di area ini terdapat sebuah villa untuk menginap yang juga terdapat kolam renang untuk keluarga. Namun bagi kalian yang hanya ingin liburan tanpa menginap, kalian bisa berkeliling di sekitar kaki Gunung Puntang.

Salah satu daya tarik Gunung Puntang yang menarik lainnya adalah keberadaan dari air terjun Siliwangi. Tentunya ini adalah salah satu air terjun di Banding yang sangat indah. Namun lokasi air terjun ini lumayan jauh dari tempat parkir, atau sekitar 4 kilometer dari areal parkir mobil. Sementara itu daya tarik lainnya adalah situs peninggalan gunung api Malabar, kolam cinta yang sudah disebutkan diatas, hingga serta Gua Belanda yang misterius.

(Baca Juga : Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung Yang Penuh Misteri)

Gunung Puntang dengan pemandanganya yang indah
Gunung Puntang dengan pemandanganya yang indah via https://www.instagram.com/p/__Nh-EpUWJ/

Disebutkan kalau Gua Belanda di Gunung Puntang ini panjang lorongnya hanya sekitar 20 meter. Kabarnya gua ini sebenarnya lebih dalam, namun sisanya memang sengaja ditutup akibat banyak pengunjung yang tersesat saat memasuki gua ini. Menurut cerita yang tersebar, jika gua ini tidak ditutup, maka ujung gua akan tembus hingga ke Pangalengan dimana terdapat sumber tenaga listrik untuk pemancar stasiun radio tersebut.

Untuk pengalaman yang lebih seru, disarankan kalian berkemah di sini. Kalian bisa datang ke areal berkemah yang lokasinya terletak tidak jauh dari tempat ini. Iya, rugi banget dong kalau sudah datang ke Gunung Puntang namun nggak menyempatkan untuk berkemah barang satu atau dua malam. Tapi ingat! Jangan sampai mengotori lingkungan atau merusak alam disekitar Gunung Puntang ya!

Lokasi Gunung Puntang Di Google Maps

Peta Lokasi Gunung Puntang di Google Maps
Peta Lokasi Gunung Puntang di Google Maps

Gunung Puntang yang berada di selatan Kota Bandung ini sangat mudah untuk dicapai dengan berbagai moda transportasi. Untuk kalian yang ingin pergi kesana dengan panduan Google Maps, kalian bisa melihatnya disini.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: