Rasakan Kehangatan Alami Air Panas Cibolang Untuk Kalian Yang Perlu Relaksasi!

Rasakan Kehangatan Alami Air Panas Cibolang Untuk Kalian Yang Perlu Relaksasi!
5 (100%) 14 votes

LiburMulu.Com – Mungkin belum banyak yang dengar tentang Pengalengan. Padahal, Pengalengan ini adalah salah satu tujuan wisata yang pemandangannya nggak kalah aduhai dengan yang lain. Salah satunya adalah Mata Air Panas Cibolang, tempat untuk relaksasi sekaligus salah satu tempat wisata paling asyik di daerah Pangalengan, Bandung. Yak, kalau kalian kebetulan datang ke Pengalengan, jangan lupa mampir ke Pemandian Air Panas Cibolang ya!

Memang, tempat wisata di Pengalengan yang satu ini sudah lama menjadi tempat liburan favorit. Entah untuk wisata keluarga, atau para anak muda yang ingin bersantai di kala liburan tiba. Udara disekitar tempat wisata Pengalengan yang satu ini memang sejuk. Ditambah lagi dengan keberadaan fasilitas pemandian air panas, membuat tempat ini adalah tempat sempurna untuk melepas penat, menghilangkan kebosanan dari segala rutinitas.

Karena lokasinya memang dekat dengan Kota Bandung, Pemandian Air Panas Cibolang ini memang banyak dikunjungi oleh warga sekitar Bandung. Namun itu bukan berarti nggak ada pengunjung kota lain yang tertarik dengan wisata Pengalengan. Ada banyak juga wisatawan yang datang dari kota lain, bahkan dari luar Jawa Barat seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, ataupun kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Serunya liburan ke Pemandian Air Panas Cibolang
Serunya liburan ke Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang, Tempat Yang Tepat Untuk Melepas Penat

Seperti yang dijelaskand iatas, daya tarik utama berupa wisata air panas Cibolang memang cukup menarik perhatian. Namun selain itu, pemandangan alamnya yang masih tampak natural dan indah sudah cukup untuk dijadikan alasan kenapa kalian harus berlibur kesini.

Ditambah lagi, wisata di Pengalengan yang satu ini lokasinya berdekatan dengan gunung Windu yang kawahnya dapat dicapai sekitar 600 meter dari lokasi pemandian air panas Cibolang tadi. Jadi, sekali datang, bisa langsung dapat beberapa tempat wisata sekaligus!

(Baca Juga : Bosen Dengan Suasana Perkotaan? Cobain Liburan Dan Berkemah Di Gunung Puntang Yuk!?)

Pemandian air panas Cibolang ini berdiri di area yang luasnya sekitar 2 hektar. Berada pada ketinggian di 1450 meter di atas permukaan laut membuat suhu disekitar pun menjadi sejuk. Suhu setiap hari hanya berkisar antara 22-25 derajat celcius saja.

Sumber dari pemandian air panas ini adalah sumber alami yang berasal dari Gunung Windu. Karena dekat dengan pegunungan, makanya terdapat mata air yang mengeluarkan air panas mengandung belerang. Tentunya belerang dan mineral lain dengan kadar yang cukup ini baik untuk kesehatan kulit.

Bahkan, menurut masyarakat setempat, air yang dikeluarkan dari mata air panas ini sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti salah satunya adalah penyakit rematik. Namun, kalian percaya atau tidak, silahkan datang sendiri dengan datang ke Pengalengan.

Ada bumi perkemahan juga loh di dekat Pemandian Air Panas Cibolang
Ada bumi perkemahan juga loh di dekat Pemandian Air Panas Cibolang

Pun sebenarnya objek wisata pemandian air panas ini telah ada sejak tahun 1985, namun sayangnya baru pada tahun 1987 dibuat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Hingga sekarang, Pemandian Air Panas Cibolang adalah salah satu tempat wisata favorit di Pengalengan.

Itu semua bisa terjadi salah satunya adalah karena pada tahun 1990 tempat ini diperluas lagi dengan menambah kolam tambahan. Kolam itu dibuat untuk menampung wisatawan yang kian tahun makin bertambah banyak. Berbagai fasilitas umum juga sudah disiapkan untuk membuat tempat wisata di Pengalengan ini makin nyanyan untuk pengunjungnya.

(Baca Juga : Butuh Liburan? Situ Gunung, Wisata Sukabumi Yang Keren Ini Adalah Tempat Yang Tepat Untuk Kalian!)

Memang, pada akhirnya wisata pemandian air panas Cibolang ini fasilitasnya menjadi lengkap. Disini sudah tersedia sarana umum seperti tempat parkir, tempat ibadah, tempat-tempat makan serta penyewaan alat pancing untuk kalian yang suka dengan aktifitas memancing.

Pemandian air panas Cibolang sebenarnya sebuah tempat pemandian air panas yang minimalis, namun manis. Tempat ini terkenal dengan suasananya yang sangat tenang, dengan didukung pemandangan alam Pengalengan yang indah. Tempatnya yang jauh dari hingar bingar bising kota membuat acara berendam di air hangat di pemandian air panas terasa semakin nikmat.

Kalau kabut lagi turun, di Cibolang itu serasa di dunia fiksi
Kalau kabut lagi turun, di Cibolang itu serasa di dunia fiksi

Setelah puas mandi di pemandian air panas yang ada di Pengalengan, kalian bisa berjalan-jalan melihat ke sekeliling. Akan terlihat hamparan kebun teh bak karpet alam yang sengaja dibentangkan luas. Warnanya hijau, hingga kadang berubah menjadi kuning keemasan ketika sang surya mulai tenggelam dan beristirahat di peraduan. Pemandangan yang bakal jarang disaksikan jika kalian tinggal di kota besar.

Perlu kalian ketahui kalau pemandian air panas Cibolang memiliki ini memiliki beberapa buah kolam renang. Tingkat kepanasan atau suhu dari beberapa kolam tersebut sebenarnya hampir sama, perbedaannya hanya terletak di kedalaman dan fungsi kolamnya saja.

Jika kalian ingin berenang dengan bebas, silahkan memilih kolam yang terdalam dan paling luas. Namun jika kalian hanya ingin bersantai sambil menikmati kehangatan air panas Cibolang, pilih saja kolam yang memang khusus disediakan untuk berendam. Ada satu kolam dangkal di Cibolang, yang memang khusus untuk berendam saja. Cibolang ini memang tempat wisata di Pengalengan yang cocok untuk anak-anak. Pasalnya ada juga kolam khusus untuk anak-anak dengan kedalaman yang sudah disesuaikan demi keamanan anak.

(Baca Juga : Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang! Untuk Para Petualang)

Selain menikmati hangatnya mata air panas alami, disini juga terdapat kolam yang sengaja dibuat untuk aktivitas ngagogo. Ngagogo ini adalah kegiatan menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong. Bagi kalian yang membawa anak kecil, cobalah untuk mengajak anak kalian ke area ini. Tentunya ini akan menjadi pengalaman seru dan menyenangkan buat mereka.

Dengan daya tariknya yang menggoda, akses ke tempat wisata Pengalengan ini nggak susah. Untuk mencapai Cibolang, kalian bisa memilih dua rute utama. Rute tadi tergantung dari arah mana kalian berangkat. Jika kalian dari arah Barat seperti dari Ibu Kota Jakarta, Bogor, Cianjur, atau bahkan Sukabumi, kalian bisa melewati jalur yang melewati Kota Soreang. Dari Kota Soreang Setelah itu kalian mengambil arah ke Banjaran, untuk selanjutnya terus ke desa Pangalengan.

Namun jika kalian datang dari arah timur seperti Kota Garut, Tasik, atau Sumedang, maka kalian harus melewati kecamatan Majalaya, lalu menuju Pacet-Kertasari, baru kalian dapat mencapai Pengalengan. Tips untuk kalian yang mau liburan ke Pengalengan, sebaiknya lewat jalur timur saja. Karena jalur timur lebih nyaman untuk dilewati, tidak terlalu macet dan pemandangannya indah.

Rasakan Kehangatan Alami Air Panas Cibolang Untuk Kalian Yang Perlu Relaksasi!
Rasakan Kehangatan Alami Air Panas Cibolang Untuk Kalian Yang Perlu Relaksasi! (Sumber)

Sepanjang perjalanan menuju Pengalengan adalah jalur menanjak, karena jalurnya yang mengikuti alur perbukitan di Bandung Selatan. Namun, tentunya itu dibarengi dengan pemandangan yang semakin terlihat indah saat melewati jalan ini. Jangan berkedip. Gunung Manglayang, Gunung Geulis, dan Gunung Tangkuban Perahu dapat terlihat dengan jelas dari jalur ini.

Belum lagi ditambah dengan kabut-kabut tipis yang kadang turun, ditambah suhu udara yang semakin sejuk akan membuat perjalanan kalian akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

Kalau beruntung dan cuaca sedang cerah, dari rute tersebut kalian akan bisa melihat kota Bandung seakan-akan seperti sebuah mangkuk besar yang diatasnya terdapat rumah dan gedung-gedung seperti mainan karena bentuknya yang kecil dilihat dari ketinggian.

Pemandangan indah yang bisa kalian dapatkan kalau liburan ke Pengalengan
Pemandangan indah yang bisa kalian dapatkan kalau liburan ke Pengalengan

Untuk tambahan, jika kalain mungkin mau menjelajah lebih lanjut setelah berkunjung ke pemandian Cibolang, cobalah untuk berpetualan ke arah kebun teh Malabar. Perjalanan ini bisa kalian lakukan dengan berjalan kaki sambil melihat hijaunya perkebunan dan udara yang sejuk.

Atau, kalian juga bisa mencoba untuk melanjutkan perjalanan ke Kawah Burung yang terletak tidak jauh dari Air Panas Cibolang ini. Bagaimana? Tempat wisata di Pengalengan itu ternyata lumayan banyak dan menarik bukan. Coba deh datang ke Pemandian Air Panas Cibolang, dan juga jelajahi wisata Pengalengan yang lain!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: