Hey Anak IG Sekalian!! Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya Yang Instagramable Ini Pasti Bisa Bikin Feed Instagram Kalian Makin Cantik Deh!

LiburMulu.Com Kalau disuruh nyebutin wisata di Semarang, kira-kira apa sih yang bakal terlintas di kepala kalian? Lawang Sewu, Tugu Muda dan mungkin, kulinernya lumpia Semarang yang begitu aduhai menggonda! Weits, tapi sebenarnya wisata di Semarang dan sekitarnya yang menarik itu nggak cuma itu saja loh!

Terutama buat kalian yang suka buat foto cantik nan kece di Instagram, ada banyak tempat wisata di Semarang yang instagramable. Salah satu tempat wisata instagramable di Semarang yang cukup terkenal sih mungkin Brown Canyon ya!

22 Tempat Wisata Di Semarang Dan Sekitarnya Yang Instagramable

Psst, jangan kasih tau yang lain, kalau sebenarnya, selain Brown Canyon yang sudah ngehits, ada 21 tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang begitu instagramgenik nan instagramable! Gak percaya, coba cek deh disini!

1. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo, salah satu wisata di Semarang yang keren pake banget! by IG @rianpict
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gunung Telomoyo, salah satu wisata di Semarang yang keren pake banget! by IG @rianpict

Gunung Telomoyo ini mungkin nggak terlalu tinggi, ketinggiannya hanya sekitar 1.894 mdpl saja. Tetapi itu bukan berarti Gunung Telomoyo ini nggak punya pemandangan cantik ya! Gunung yang terletak di dua kabupaten, yaitu kabupaten Magelang dan kabupaten Semarang ini memiliki pemandangan yang bisa bikin seger mata!

Tapi ingat ya, naik gunung itu bukan main-main, paling nggak kalian bisa sedikit skill survival, dan tentunya jangan jadi pendaki alay yang suka nyampah! Setuju kan semuanya!? Kalau setuju, share ke temen kalian yang mau diajak kesini deh :D

2. Air Terjun Kalipancur

Ada yang mengenalnya dengan nama Grojogan Kaliancur, ada juga yang mengenalnya dengan nama Air Terjun Kalipancur, namun apalah arti sebuah nama, yang jelas tempatnya bakal keren! Wisata Semarang Air Terjun Kalipancur ini lokasinya berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Atau, hanya sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga.

Sayangnya, untuk menuju ke lokasi wisata air terjun di Semarang ini tidak ada transportasi umumnya, jadi kalian harus membawa kendaraan sendiri. Sedih nggak sih? Untuk menuju Air Terjun Kalipancur, kalian bisa menuju jalur Kopeng – Salatiga, hingga sampai di Desa Wates Kecamatan Getasan. Dari situ, untuk menuju Air Terjun Kalipancur hanya berjarak sekitar 3 KM saja dengan jalan yang lumayan bagus (Peta Lokasi Air Terjun Kalipancur di Google Maps).

(Baca Juga : Beragam Kuliner Semarang Yang Nikmat)

3. Benteng Pendem

Berkunjung ke tempat wisata di Semarang yang berhubungan dengan sejarah atau heritage itu memang menyenangkan. Untuk yang sedang pengen alternatif lain berwisata sejarah di Semarang, mungkin bisa coba berkunjung ke Benteng Pendem. Lokasinya nggak jauh dari Kota Semarang, yaitu di Ambarawa yang masih masuk Kabupaten Semarang.

Nama aslinya adalah Fort Willem 1, sementara orang sekitar lebih mengenalnya dengan nama Benteng Pendem. “Pendem atau Pendhem” sendiri sebenarnya adalah bahasa jawa yang kalau diartikan “terpendam atau terkubur”. Mungkin benteng ini pernah terkubur makanya dikenal dengan nama Benteng Pendem oleh orang sekitar?

Lokasi Benteng Pendem ini dekat dengan museum Kereta Api, yang berada dibelakang RSUD Ambarawa dan juga berada di Kompleks Lapas Kelas II Ambarawa. Jadi sekalian bisa mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa deh kalian! Untuk yang belum tahu, Benteng Pendem ini juga pernah digunakan sebagai setting film Soekarno yang di sutradarai oleh Hanung Bramantyo itu loh!

Sayangnya, karena lokasinya berada di Lapas, nggak sembarangan orang bisa masuk ke area Benteng Pendem. Kalian perlu minta ijin baik-baik dulu sebelum bisa masuk ke dalam area benteng. Atau, paling gampang, kalian harus punya kenalan orang lapas deh~

4. Brown Canyon

Pasti sudah pada tahu kalau Brown Canyon ini adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang begitu instagramable! Bahkan, wisata yang satu ini sudah ngehits duluan sejak lama. Tetap saja, nggak ada bosannya untuk berburu foto instagram disini kan?

Brown Canyon sendiri terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang, Semarang (Lokasi Brown Canyon Di Google Maps) . Lokasinya berada agak di luar kesibukan kota semarang namun masih bisa terjangkau dengan kendaraan pribadi.

(Baca Juga : Brown Canyon, Salah Satu Tempat Wisata Yang Instagram Able Di Semarang)

5. Amanda Hills

Amanda Hills ini sebenarnya sebuah hotel berbintang dua bukan wisata di Semarang pada umumnya. Pun begitu, ini adalah salah satu tempat yang asik untuk staycation sambil berburu foto instagram di Semarang. Yah, buat kalian yang males berwisata alam, bisa deh coba staycation di Amanda Hills :D

6. Bukit Diponegoro

Bukit diponegoro, wisata di Semarang asik untuk hunting foto instagram! by IG @maulana.fitri
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bukit diponegoro, wisata di Semarang asik untuk hunting foto instagram! by IG @maulana.fitri

Mungkin ini bukan tempat wisata yang terkenal, atau malah bukan tempat wisata umum ya? tetapi yang jelas, tempatnya cukup asik untuk berburu foto! Kalian nggak mupeng pengen tambahin feed instagram kalian dengan foto keren di Bukit Diponegoro?

7. Bukit Patah Hati

Siapa sih sebenarnya yang kasih nama bukit ini? Apakah memang benar yang kasih nama bukit ini sedang galau? Makanya namanya jadi dikenal dengan nama Bukit Patah Hati? Entahlah, tetapi Bukit Patah Hati di Semarang ini belakangan makin ngehit di Semarang. Semoga saja, bukan karena lagi banyak yang patah hati di semarang ya!

8. Bukit VW Semarang

Bukit VW Semarang ini memang sedang ramai dibicarakan di media sosial Instagram. Dikenal dengan nama Bukit VW karena memang di tempat ini dipenuhi dengan puluhan mobil bekas tahun 70-an bergaya retro yang berjajar rapi diatas bukit yang lokasinya berada di Jl. Sambiroto Raya, Tembalang, Kota Semarang.

Lokasinya nggak jauh kok! Untuk mencapai lokasi, kalian hanya perlu mengambil rute dari arah Tembalang kemudian menuju Sigar Bencah. Dari situ kalian ambil arah Kedung Mundu sampai menemukan Jl. Sambiroto Raya hingga tiba di lokasi Bukit VW yang terletak sebelum Citra Grand Semarang.

Tidak ada tiket masuk, tetapi ada tarif parkir yaitu untuk parkir motor dengan tarif IDR 2.000 dan untuk mobil IDR 5.000. Sebaiknya berkunjung ke tempat ini pada saat pagi atau sore hari, karena ketika itu sinar matahari belum terlalu tinggi intensitasnya. Tentunya dengan begitu kalian bisa mendapatkan moment foto yang bagus lengkap dengan suasana pemandangan matahari terbit dan terbenam.

(Baca Juga : Nggak Cuma Wisata Di Semarang, Ini dia Beberapa Pesona Wisata Jawa Tengah Yang Memang Begitu Indah!)

9. Curug Benowo

Curug Benowo ini lokasinya berada di Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Air Terjun Benowo di Semarang ini masih begitu alami. Jalannya berupa setapak, dan sedikit naik turun. Karena itu, tempat wisata di Semarang ini hanya direkomendasikan untuk pecinta alam yang suka tantangan. Untuk liburan santai bersama keluarga, Curug Benowo ini kurang cocok.

Cara menuju ke Curug Benowo adalah, kalian harus menuju Unggaran terlebih dahulu. Petunjuknya adalah, dari Alun Alun Ungaran ambil arah Mapagan (Jalan ke arah gunungpati). Setelah menemukan gapura “Selamat datang Kampus Di Sekaran Gunungpat” terus lagi sekitar 1.700m, di sisi kanan jalan ada Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumurgunung belok kiri masuk ke Jalan Dukuh Sumur Gunung, Terus saja sampai pada koordinat Google map -7.14213, 110.36022.

10. Curug Lawe

Curug Lawe ini sebenarnya tetanggaan dengan Curug Benowo, jadi kalau kalian berkunjung ke Curug Benowo, kalian bisa datang ke Curug Lawe Juga deh! Lokasinya sendiri berada di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Utara. Untuk menuju ke Curug Lawe ini, kalian akan melewati jalir yang berada di dalam kawasan perkebunan cengkih milik PT Cengkih Zanzibar. Tiket masuknya hanya IDR 4000 per orang kok.

Curug Lawe ini adalah air terjun yang masih berada di Kawasan Gunung Ungaran di Semarang. Di Curug Lawe ini airnya benar-benar bersih dan tentunya kondisi alam di sekitarnya sangat indah. Cocok untuk yang suka dengan alam deh!

Dinamakan dengan Curug Lawe karena memang air yang jatuh dari tebing curam itu terlihat bagai benang-benang putih. Memang benang putih tadi yang dalam bahasa jawa disebut “lawe”. Ada juga versi lain menjelaskan, nama Curug Lawe ini diberikan karena konon jumlah air terjun yang ada adalah berjumlah 25 buah yang dalam bahasa jawa adalah “Selawe”. Kalau menurut kalian, kira-kira yang benar seperti apa?

11. Danau Bukit Semarang Baru

Danau Bukit Semarang Baru by @nurina.rina
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Danau Bukit Semarang Baru by @nurina.rina

Bukit Semarang Baru ini sebenarnya adalah kawasan perumahan dengan konsep kawasan kota terbaru. Lokasinya berada di Jalan Semarang-Boja, atau sekitar empat belasan kilometer dari pusat kota semarang. Iya, ini bukan tempat wisata di Semarang deh. Namun, untuk berburu foto Instagram di Semarang, kalian bisa coba deh main kesini.

12. Gunung Kendil

Kalian bisa menikmati pemandangan Rawa Pening dari Gunung Kendil. Karena memang lokasi Gunung Kendil ini nggak terlalu jauh dari tempat wisata Rawa Pening. Karena ketinggiannya cuma sekitar 800-an mdpl, sebenarnya nggak cocok juga kalau disebut gunung. Namun, oleh masyarakat sekitar dikenal dengan nama Gunung Kendil.

Lokasi tepat Gunung Kendil ini berada tepat di sebelah utara Gunung Telomoyo dan di sebelah barat daya Danau Rawa Pening. Cara menuju Gunung Kendil paling gampang adalah, jika dari arah Salatiga kalian bisa menuju ke arah Banyubiru, dan akan melewati wisata Bukit Cinta. Terus saja, sampai melintasi Sekolah Polisi Negara Banyubiru. Setelah itu kalian akan menemukan sebuah pertigaan. Di pertigaan itu, kalau ke kanan adalah ke arah Ambarawa dan yang ke kiri adalah arah Gunung Kendil.

13. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran ini adalah sebuah gunung api yang mempunyai ketinggian sekitar 2.050 mdpl. Lokasinya masih berada di kabupaten Semarang, dan merupakan sebuah gunung di Kabupaten Semarang yang mempunyai banyak daya tarik wisata. Puncak Gunung unggaran berjumlah tiga, yang dikenal dengan Puncak Gendol, Puncak Botak, dan Puncak Ungaran. Puncak tertingginya adalah Puncak Ungaran.

Ada banyak tempat wisata menarik di gunung ini. Misalnya, di lereng Gunung Ungaran sendiri terdapat sebuah situs arkeologi berupa Candi Gedongsongo. Ada juga beberapa air terjun atau curug di gunung ini, seperti Curug Semirang dan Curug Lawe. Sebuag gua, yang dikenal dengan nama Gua Jepang juga ada. Lokasinya berada di sekitar 200 meter sebelum puncak, atau di sekitar perkampungan Promasan yang merupakan perkampungan para pemetik teh. Tertarik buat kesini?

(Baca Juga : Bukan Gereja Ayam, Gereja Yang Tersembunyi Di Magelang Ini Sebenarnya Berbentuk Burung!)

14. Hutan Pinus Kanyon

Hutan Pinus Kayon, Desa Batur, Kec Getasan, Kab Semarang by IG @akbarbinrasyid
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hutan Pinus Kayon, Desa Batur, Kec Getasan, Kab Semarang by IG @akbarbinrasyid

Untuk pemburu foto keren di IG dan juga suka camping, sebaiknya kalian berkunjung ke Hutan Pinus Kanyon ini deh! Hutan pinus yang berada di sisi utara Gunung Merbabu, ini memang keren dan begitu instagram able! Disini kalian bisa menikmati pemandangan yang menyejukkan mata dan udara yang menyegarkan jiwa!

Lokasi tepat Hutan Pinus Kanyon ini adalah di Dusun Krangkeng, Desa Batur, Kec. Getasan, Kab. Semarang. Apabila dari arah Salatiga, kalian bisa menuju ke Desa Jampelan Getasan. Sesampainya di pertigaan Desa Jampelan Getasan (atau di depan Koramil), belok kiri di jalur alternatif ke Sruwen atau Tengaran.

Kurang lebih sekitar 6 km, sampai di perempatan Wonosari, kalian beloklah ke kanan ke arah Desa Krangkeng yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit untuk sampai kesana. Hutan Pinus Kayon ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu.

15. Kawasan Wisata Candi Gedong Songo

Kawasan Wisata Candi Gedong Songo by IG @ighfifi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kawasan Wisata Candi Gedong Songo by IG @ighfifi

Candi Gedong Songo ini berada di kawasan lereng Gunung Ungaran. Atau lokasi tepatnya adalah di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi.

O iyak Gedong Songo sendiri dinamaka dari kata yang berasal dari bahasa Jawa. “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan kelompok bangunan. Berkunjung kesini, itu artinya kalian bisa berburu foto Instagram, sekaligus belajar sejarah deh!

16. Pantai Baruna

Mungkin belum banyak orang tahu ya mengenai keberadaan Pantai Baruna di Semarang ini ya? Memang, mungkin itu karena jalan menuju Pantai Baruna kurang begitu bagus. Pun begitu, keindahan salah satu wisata pantai di Semarang ini layak diacungi jempol! Terutama untuk mengabadikan moment sunrise atau sunset!

17. Pantai Marina

Layaknya Pantai Baruna, Pantai Marina di Semarang ini juga merupakan pantai keren untuk berburu foto Instagram, terutama moment sunset. Namun, wisata pantai di Semarang yang satu ini sudah lebih terkenal.

Lokasi Pantai Marina berada tak jauh dari Puri Maerokoco atau Taman Mini Jawa Tengah. Untuk menuju ke pantai ini kalian bisa melewati Perumahan Puri Marina. Tiap pengunjung harus membayar retribusi sebesar IDR 3.000,00.

Sayang air pantai ini keruh, jadi nggak terlalu cocok untuk bermain air. Namun untuk para pemburu foto sunset, salah satu tempat wisata di Semarang yang berupa pantai ini adalah salah satu yang direkomendasikan.

18. Pantai Moro

Lokasi pantainya sebenarnya bukan di Kota Semarang, tetapi di kota sebelahnya yaitu kota kendal. Daya tarik utamanya adalah sebuah mercusuar dengan latar pemandangan yang keren. Yak, pemandangan dari Puncak Mercusuar Pantai Moro, Rowosari, Weleri, Kendal ini memang keren untuk foto Instagram. Iya nggak?

19. Pondok Kopi Semarang

Bersantai dengan segelas kopi panas di Pondok Kopi Semarang tentu pengalaman yang menyenangkan. Ditambah, berburu foto instagram yang keren untuk memenuhi feed instagram kalian juga nggak kalah seru!

Lokasi Pondok Kopi ini berada sekitar 1KM di atas lokasi wisata Umbul Sido Mukti. Disini ada tempat duduk untuk pengunjung yang terbagi menjadi tiga. Yaitu di di dalam ruangan, di teras, dan di halaman samping juga bawah Pondok Kopi. Asiknya, tempat ini buka selama 24 jam loh.

Menu minuman yang tersedia di Pondok Kopi Semarang adalah : kopi panas atau dingin, teh, susu, jus, minuman tradisional seperti bajigur, skoteng, bandrek, dan wedang jahe. Jangan lupa untuk mencoba minuman spesial Pondok Kopi yaitu coklat panas, kopi jahe, teh poci, dan kopi susu.

Untuk menu makanan yag ada disini adalah : roti bakar, pisang bakar, nugget, kentang, sosis, singkong, tape, nasi goreng, bakmi goreng, bakmi jawa kuah, dan menu paket nasi. Untuk harga makanan dan minuman di Pondok Kopi Semarang ini masih ramah dengan kantong kok, yatu antara IDR 3000 sampai IDR 35.000. Ditambah lagi, kalian bisa mendapat foto Instagram yang keren. Tertarik?

20. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco ini juga dikenal sebagai Taman Mini dari Jawa Tengah Indah. Ini adalah tempat wisata di Semarang yang berada di Jalan Yos Sudarso Semarang. Atau kurang lebih sekitar 5 Km dari Tugu Muda, yang merupakan salah satu bagian taman dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah.

Sebagai taman mini Jawa Tengah yang merangkum semua rumah adat di jawa tengah, tempat wisata ini memiliki berbagai jenis rumah adat dari dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Di dalam rumah tersebut juga digelar hasil–hasil industri dan kerajinan yang diproduksi oleh masing–masing daerah.

Selain menampilkan rumah– rumah adat, objek wisata di Semarang ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Dibuka untuk umum dari jam 08.00 sampai 18.00. Puri Maerokoco bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

21. Rawa pening

Rawa Pening adalah salah satu tempat wisata Instagramable yang berada di Kabupaten Semarang. Nama rawa pening sendiri berasal dari kata “rawa” dan “pening”. Kata “pening” berasal dari “bening”. Danau ini adalah sebuah tempat wisata air di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dengan luas 2.670 hektar.

Saking luasnya, danau ini membentang luas di wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening sendiri juga terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Menurut legenda, Rawa Pening terbentuk dari muntahan air yang mengalir dari bekas cabutan lidi yang dilakukan oleh Baru Klinthing. Cerita Baru Klinthing yang berubah menjadi anak kecil yang penuh luka dan berbau amis sehingga tidak diterima masyarakat dan akhirnya ditolong janda tua ini sudah berlalu.

22. Umbul Sidomukti

Kawasan wisata umbul Sidomukti merupakan salah satu wisata alam keren dan Instagramable di Semarang. Lokasinya sendir berada di Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Disini ada empat buah kolam bertingkat yang bisa kalian pilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, segar dan begitu jernih. Atau, kalau nggak mau berenang, kalian bisa sekedar bersantai dan berburu foto Instagram deh!

Incoming search terms:

  • wisata semarang
  • Bukit vw
  • wisata di semarang
  • wisata daerah tembalang
  • tiket masuk brown canyon semarang
  • tempat tempat untuk foto paling indah di sambiroto 2017
  • tempat hunting paling keren di semarang
  • sunrise di sekitar getasan
  • explore semarang
  • wisata yg lagi tren di daerh jawa

Comments

comments

111 Responses

  1. Coleek aahh my brother Bayu Hanggara II Khoirun Najib kali ajah pas mudiik bisa ngayaap kesinii yaak

  2. Mas Chikungg D. Luffy ..
    Referensi yg bgus ….

  3. Zuraida says:

    Rike Dwi Pratiwi

  4. Sisy Yoesca sempet gak ya

  5. Eko Hafiez says:

    udah sampe getasan kok kopeng g disebutin…kn deket tu

  6. Mak Yanna Maulina :D

  7. Mauuu yangg..Rudy Widhayaka

  8. Plat N says:

    Ea tpi jauh…

  9. Pace Wins says:

    Mben pan sambang omah kulon mampiro rene boss Aidhzien IkuhWong Jhowoe , pan sik Ken Faried Tunggal Ametung rewel keplaki ae..hhahHaa..

  10. Allonk Regal says:

    Bandungan bro :V itu juga ngehits

  11. Perlukah kita memperpanjang jadwal di Semarang Dwi Novilia Suyono hahaha secara tiket pergi aja blm dpt wkwkw

  12. Edysuharyanto, Nicholas Pujobasuki dan istri..yuk marii

  13. Sk jgn lp di sebutin jg,,,

  14. Yono Mei says:

    Saya sudah pernah kesitu

  15. Dewi Farhan says:

    Hazel Sri iank kaakak

  16. Hazel Sri says:

    Apo my lop ….. xixi bar macul iki

  17. Verihezl says:

    Citradewi, pesona3, kok raono

  18. Ubet's Woyo says:

    Waduh air terjun semirang kik plah gk ada ???

  19. Yuuukks Arkham Maulana Dedi Mulyadi Layang Sworo Raiso Ngobati Zakki Zie Zou Advaya Adhideva Irawan Joko S Wonx Surobohing Zaq Al Ihsany Muhammad Fadhlullah Zainal Muttaqin اصلح نوفا اولي ارتا Ali Shaqiri Es Arif Naylis Sa

  20. Tikha Desta let’s go

  21. Phoet Nhaa Ichyoko pengen rene ra

  22. Ayo Muhammad Abdullah Amnan

  23. Resa Safitri says:

    Nih gimana kapan Korie Pabayo Tarigas Mimi Irawan Dyan Febriani

  24. Resa Safitri….ayuuuuuk mumpung libur

  25. Mimi Irawan says:

    Ayo kapan ? Siaap berangkat, malang ikut ndak ?? Daftar siswa sa. :D

  26. Resa Safitri says:

    Wkwkwk aku belum libur :(
    Masih kejar target :/ Korie Pabayo Tarigas Mimi Irawan

  27. Yoo Mat says:

    Aliff Saidi Aliff EIzzuddin PaAn Azhar Akram Harith Asyraf Aziz

  28. itu mah yg gunung di magelang

  29. Den Mas Pono says:

    Susan spa ko ngga ada pdahal disana indah banget

  30. Agung Hdyt says:

    dan msh byk lg yg blm di explore
    #semarangkeren

  31. Fianta Dafa Yoseph Peter Chrystiawan Octavianus Yudha Ivan Yulianto Kenny Yeremia

  32. Ayoo ndree dolannn. Tp mendung men.

  33. Yoseph Peter Chrystiawan yo ora saiki wkwkw

  34. Erna says:

    Jelajah, wani porak?! Putri Panca Putri Panca Eko Krish Tri Alqurtubi Aini Rahma Ditya

  35. Eko Krish says:

    Erna#Wani tok tow ya…mangkat

  36. iwak teri sambel bothok dadi tok

  37. Bagus Andrew says:

    Sunan kuning,JBL,TI kok gak ada

  38. Raden Agustinus Amadeus Mozart Bagaskara Wahyu Danu Andry Wijaya Gabriell Fascha Rivaldino Andre Edo Ekky Rahatmadi P Albertus Gandung

  39. Dewa Dew jelajah yok :””v

  40. Semarang emang ga ada matinyee.. (y)

  41. Semarang bukanya lg banjir rob skrg?

  42. rizka says:

    Wah seru-seru juga ya yang ada di list. Wajib nyobain nih nanti! Thanks for sharing :)

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: