Mie Atep Belitung, Cita Rasa Tiada Duanya!

Mie Atep Belitung, Cita Rasa Tiada Duanya! Iya, salah satu aktifitas yang tidak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke Pulau Belitung adalah berwisata kuliner. Cukup berwisata kuliner di kota Tanjung Pandan saja sudah bisa sangat menyenangkan dan memuaskan loh. Salah satu kuliner yang wajib kalian coba yakni Mie Atep Belitung yang letaknya berada di pusat Kota Tanjung Pandan.

Di kedai legendaris ini dijual Mie Belitung, berupa mie kuning yang disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan taoge. Mie Belitung menjadi kuliner yang sangat khas, karena baik rasa dan warungnya hanya ada di kota ini.

Belitung tak hanya terkenal dengan wisata alamnya, tetapi juga wisata kuliner khasnya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Belitung tak hanya terkenal dengan wisata alamnya, tetapi juga wisata kuliner khasnya

Kedai atau warung Mie Atep Belitung dikelola oleh Nyonya Atep secara langsung, yang saat ini usianya sudah mencapai 67 tahun. Ia mengaku telah 39 tahun berjualan mie belitung dengan racikan bumbunya sendiri, Nyonya Ateppun hingga saat ini masih melayani sendiri pembelinya yang datang dari berbagai kota.

Cara penyajian kuliner ini sangatlah sederhana, yakni mie kuning yang ditata dengan taburan taoge, irisan timun, potongan kentang rebus, emping melinjo, disiram kuah udang kental yang khas berwarna kecoklatan. Kalian akan menemukan seekor udang utuh dalam penyajiannya. Aroma kuah kaldunya yang begitu khas dan berbau udang sangat mudah menggugah selera apalagi jika dinikmati selagi hangat.

(Baca Juga : Kuliner Bandung Emang Nggak Pernah Bikin Kecewa Pengunjung! Seperti Beberapa Tempat Kuliner Yang Ini!)

Mie Atep Belitung ini cita rasanya unik, tiada duanya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mie Atep Belitung ini cita rasanya unik, tiada duanya

Yang membuat rasa mie Atep belitung ini menjadi sangat enak tentu saja kuah kentalnya. Karena kuah tersebut berasal dari kaldu udang asli ditambahi bumbu-bumbu. Kuah mie yang berwarna sedikit kecoklatan seperti gula aren terasa manis dan gurih campuran dari kuah rebusan udang dan gula aren serta bumbu merica, laos dan daun salam. Kuahnya kental dan segar sehingga dijamin cocok untuk makan siang rasanya terasa pas mengalir di lidah.

Meskipun kedainya saat ini sudah sangat ramai, Nyonya Atep tidak membuka cabang di tempat lain selain di Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan, Belitung. Mungkin inilah yang membuatnya menjadi begitu legendaris, dan juga sebagai penggagas mie belitung karena sudah 39 tahun berjualan.

Kalian dapat menemukan banyak bingkai foto yang dipajang di dinding restoran, yang mengabadikan beberapa tokoh penting yang pernah makan di kedai ini. Nyonya Atep juga sempat bercerita kepada, bahwa beliau asli kelahiran Belitung dan mendapatkan resep bumbu masak mie belitung dari leluhurnya. Namun sayangnya anak-anaknya tidak memiliki niatan untuk membuka cabang di kota lain karena telah memiliki pekerjaan lain.

Kedai restoran Mie Atep Belitung begitu sederhana. Di kedai inihanyalah berupa ruko bisa yang dapat menampung lima puluh tamu secara bersamaan. Penyajian mie belitung baru akan dibuat saat ketika tamu datang, sehingga kalian dapat menikmati mie yang hangat dan baru dimasak.

(Baca Juga : Danau Kaolin Belitung, Salah Satu Keindahan Yang Melukai Bumi?!)

Mie Atep Belitung, Dikenal Juga Sebagai Mie Artis Di Belitung

Harga Mie Atep Belitung ini cukup murah yakni sekitar IDR 10.000 per porsi. Selain mie belitung, menu lainnya yang dapat kalian pesan yakni nasi tim ayam yang dijual dengan harga IDR 11.000 per porsi. Dikarenakan banyak dikunjungi oleh artis dan tokoh terkenal, banyak yang menyebut mie belitung ini dengan mie artis. Karena memang kebanyakan pengunjungnya adalah wisatawan dari luar kota yang telah mendapat rekomendasi salah satu tujuan wisata kuliner.

Olahan udang di dalam mie belitung membuktikan bahwa Pulau Belitung ini dikenal dengan makanan hasil lautnya. Makadari itu, bahan baku mie belitung identik dengan olahan laut. Karena jika di kota lain ada mie ayam, mie kocok, mie rebus, maka di mie Belitung memang terbuat dari kuah udang dan bakwan udang. Kerupuk pendamping makannya juga berbahan hasil laut antara kerupuk udang, kerupuk cumi dan kerupuk ikan.

Seporsi mie atep pastilah kurang, biasanya sih nambah
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Seporsi mie atep pastilah kurang, biasanya sih nambah

Lokasinya tepat berada di tengah kota Jalan Sriwijaya, Tanjung Pandan. Kedai Mie Atep Belitung ini menempati sebuah ruko yang sederhana dan bermeja kayu panjang dengan kursi plastik. Dari kursi tamu kalian dapat menyaksikan penyajiannya secara langsung.

Mie kuning diseduh sebentar air panas, setelah disaring airnya diberi pelengkapan lauknya. Setiap meracik mie belitung bisa langsung disiapkan sepuluh piring porsi. Jadi mie belitung di kedai ini selalu fresh karena baru disiapkan setelah pembeli memesan.

Jika kalian tertarik untuk berwisata kuliner di kota ini, tidak hanya mie belitung saja yang dapat kalian temukan. Pulau Belitung memiliki banyak kuliner lain yang tidak kalah lezat seperti; sop gangan ikan, otak-otak, tekwan, empek-empek, martabak bangka, rajungan masak asam manis atau saus tiram. Kegiatan minum kopi khas Belitung juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu liburan kalian loh!

Jadi siapa yang sudah pernah mencoba Mie Atep Belitung ketika sedang liburan di Belitung? Bagaimana rasanya? Enak? Share dong pengalaman kalian di kolom komentar :)

Peta Lokasi Mie Atep Belitung

Mie Atep Belitung
Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan,
Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411
Telp : (0719) 21464
Jam Buka : 8:00 Pagi – 8:00 Malam

Incoming search terms:

  • mie rebus belitong
  • tentang mie belitung atep

Comments

comments

1 Response

  1. Wah mantabh ikiii … Nti pas ke Babel nyoba dehhhh :9

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: