Itinerary Jelajah Sumatera Barat 2 Hari 1 Malam Ala Traveler Paruh Waktu

Hayo, sudah pada tahu belum kalau Sumatera Barat punya banyak destinasi wisata yang seru? Belum tahu ya? Makanya jangan main ke timur terus dong, sesekali main ke Indonesia bagian barat yuk. :D ..

Dalam tulisan kali ini, saya akan merekomendasikan tempat-tempat populer di Sumatera Barat yang bisa dikunjungi hanya dalam waktu 2 hari saja. Biar lebih seru dan lebih efisien, itinerary ini menggunakan sepeda motor sewaan. Karena dalam 2 hari ini akan mengunjungi banyak tempat wisata dan lokasinya cukup berjauhan, jadi pastikan badan dalam keadaan benar-benar bugar.

Itinerary ini cocok buat para traveler paruh waktu seperti saya, yang hanya punya waktu libur di hari Sabtu dan Minggu. Jadi, jatah cuti bisa untuk liburan ke tempat lain.

Saya sarankan mengambil penerbangan paling pagi dari Jakarta dan meninggalkan Padang dengan pesawat paling malam, atau paling tidak paling cepat berangkat jam 20.30 wib dari Padang.

Lalu, dari sekian banyak tempat keren di Sumatera Barat, kemana saja ya kalau cuma punya waktu 2 hari?? Nah, ini dia tempat-tempat paling populer di Sumatera Barat yang bisa dikunjungi dalam waktu 2 hari saja.

Berikut, Itinerary Jelajah Sumatera Barat 2 Hari 1 Malam Ala Traveler Paruh Waktu!

Day 1

07.30 – Sewa sepeda motor, isi bensin, sarapan.

Paling lambat sehari sebelumnya, pastikan sudah menghubungi jasa sewa sepeda motor di Padang (cek di google). Cari penyedia jasa penyewaan sepeda motor yang bisa mengantar motor ke bandara. Pastikan tangki bensin diisi penuh sebelum melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu. Banyak penjual makanan untuk sarapan di sepanjang jalan Padang – Bukittinggi, menu yang disajikan sebagian besar adalah lontong sayur dan lontong pical (pecel).

08.00 – Menuju air terjun lembah anai.

Air terjun lembah anai
Air terjun lembah anai

09.30 – Sampai di air terjun lembah anai.

Air terjun ini sangat cantik dan ikonik. Terletak tepat di pinggir jalan raya Padang – Bukittinggi, air terjun ini seolah oasis di padang pasir setelah sepanjang jalan disuguhi pemandangan pemukiman penduduk. Jarak dari bandara sampai ke air terjun sekitar 45 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Luangkan waktu 30 menit di sini untuk berfoto dan melepas lelah.

10.00 Menuju Istano Basa Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung
Istano Basa Pagaruyung

11.30 Sampai di Istano Basa Pagaruyung

Perjalanan dari air terjun lembah anai menuju ke istano basa pagaruyung menempuh jarak 43 km atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Ketika sampai di kota Padang Panjang, ambil arah ke Solok. Lalu sebelum sampai danau singkarak nanti akan ada petunjuk menuju Kota Pagaruyung, Kabupaten Limapuluh Kota, tempat di mana Istano Basa Pagaruyung berada.

Istana ini merupakan jejak peninggalan kerajaan pagaruyung yang konon merupakan leluhur masyarakat minangkabau. Di sini kita bisa melihat berbagai peninggalan sejarah kerajaan pagaruyung. Selain itu, terdapat fasilitas penyewaan pakaian kerajaan pagaruyung.

Luangkan waktu 2 jam untuk istirahat, makan, dan menjelajahi istana ini.

13.30 Menuju Lembah Harau

Lembah Harau
Lembah Harau

15.15 Sampai di Lembah Harau

Selanjutnya beranjak ke lembah harau di Kabupaten Limapuluh Kota. Jarak dari Istana Pagaruyung ke lembah harau sekitar 55 km yang memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit.

Di sini, kalian bakal disuguhi pemandangan tebing-tebing indah yang menjulang tinggi mengelilingi sebuah lembah. Di sini juga terdapat beberapa spot keren lainnya seperti misalnya air terjun.

Luangkan waktu 1,5 jam untuk menelusuri sudut-sudut terindah di lembah harau.

16.45 Menuju Kelok 9

Kelok Sembilan
Kelok Sembilan

17.15 Sampai di Kelok 9

Jarak dari lembah harau ke kelok 9 sekitar 18 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Luangkan waktu 30 untuk berfoto dan menikmati keelokan kelok sambilan.

17.45 Menuju Bukittinggi

Jam Gadang di Bukittinggi
Jam Gadang di Bukittinggi

19.30 Sampai di Bukittinggi

Perjalanan ke Bukittinggi ditempuh dengan jarak 56 km dan memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Di sepanjang perjalanan dan di Kota Bukittinggi sendiri akan banyak dijumpai rumah makan dan sebagian besar rumah makan padang.

Sumatera Barat itu relatif aman kok walau berkendara selepas maghrib. Apalagi jalur menuju Bukittinggi di hari Sabtu dan banyak melewati pemukiman, rame banget kendaraan dari Riau yang berwisata ke Sumbar. Jadi jangan khawatir, semua aman terkendali.

Carilah penginapan di sekitar jam gadang, karena akan mudah pergi kemanapun dari sana. Sebaiknya memesan beberapa hari sebelumnya secara online karena di hari libur terkadang susah mendapatkan penginapan di Bukittinggi.

Nikmatilah suasana jam gadang di malam hari sebelum beristirahat. Malam minggu, jam gadang akan sangat ramai oleh wisatawan dan para penjual. Jam gadang sudah menjadi ikon Sumatera Barat. Tak lengkap ke Sumbar kalau tak datang ke jam gadang.

Day 2

06.00 Bersih-bersih dan Sarapan di hotel

07.00 Menuju benteng fort de kock dan taman satwa

Benteng Fort De Kock
Benteng Fort De Kock

Kunjungan pertama di pagi hari paling tepat menuju benteng fort de kock. Letaknya di tengah kota.

Benteng ini terletak di sebuah bukit kecil, sehingga dapat melihat sekeliling kota Bukittinggi. Banyak pepohonan rimbun di sekitar benteng ini, sehingga kita dapat menghirup udara bersih yang segar sebelum melakukan aktivitas yang padat.

Pemandangan kota Bukittinggi dari Benteng Fort De Kock
Pemandangan kota Bukittinggi dari Benteng Fort De Kock

Di seberang benteng terdapat kebun binatang kecil yang terhubung oleh jembatan limpapeh.  Kalau mau, bisa menyeberang untuk melihat beberapa koleksi hewannya yang tak seberapa banyak. Kalaupun tak menyeberang, kita bisa bersantai di taman sekitar benteng.

07.30 Menuju jam gadang

Walaupun telah dikunjungi malam hari, tapi datanglah kembali di pagi hari karena suasananya berbeda. Datanglah sebentar untuk sekedar berfoto. Jarak dari benteng fort de kock menuju jam gadang sekitar 700 meter.

Foto Jam Gadang di Siang Hari
Foto Jam Gadang di Siang Hari

08.00 Menuju taman panorama dan  lobang jepang

Jarak dari jam gadang menuju taman panorama dan lobang jepang adalah sekitar 1 km.

Di taman panorama, kita bisa melihat pemandangan ngarai sianok yang menakjubkan. Ngarai Sianok adalah tebing-tebing setinggi 100m dengan panjang 15 km di kedua sisi sungai batang sianok. Kecantikannya semakin sempurna dengan latar belakang gunung singgalang dan gunung marapi.

Lobang Jepang
Lobang Jepang

Masih di lokasi yang sama, terdapat lobang jepang. Lobang jepang merupakan sebuah terowongan yang dibuat oleh penjajah Jepang dengan mempekerjakan para romusha. Terowongan ini berada di salah satu tebing ngarai sianok.

09.30 Ngarai Sianok, Janjang Koto Gadang, dan Tabing Takuruang

Selanjutnya kita turun menuju lembah di ngarai sianok dan menuju janjang koto gadang atau juga disebut great wall of koto gadang. Great Wall of Koto Gadang merupakan replika dari tembok besar china. Lokasinya di sisi lain ngarai sianok. Terdapat ratusan anak tangga untuk mencapai puncak ngarai. Pemandangan yang disajikan di area ini juga menawan.

Pemandangan ngarai sianok dari taman panorama
Pemandangan ngarai sianok dari taman panorama

Jangan pakai GPS untuk menuju ke janjang koto gadang, karena rute yang ditunjukan akan memutar keluar dari kota Bukittinggi. Penyebabnya adalah GPS tidak bisa mendeteksi jalan tanah yang panjangnya hanya beberapa ratus meter dari jalan aspal di ngarai sianok. Jadi sebaiknya bertanya ke tukang parkir atau warga sekitar.

Selanjutnya menuju ke tabing takuruang (tebing terkurung), yakni sebuah bukit kecil yang tinggi di tengah-tengah lembah yang dikelilingi bukit-bukit besar lainnya. Lokasinya masih di ngarai sianok. Jaraknya sekitar 2 km dari janjang koto gadang. Terdapat cafe taruko di sekitar tebing, pas juga untuk makan siang sambil menikmati keindahan lembah dan tebing.

12.00 Menuju Puncak Lawang dan Danau Maninjau

Pemandangan danau maninjau dari puncak lawang
Pemandangan danau maninjau dari puncak lawang

12.45 Sampai di Puncak Lawang

Berikutnya menuju puncak lawang yang jaraknya sekitar 20 km dari cafe taruko dan dapat ditempuh dalam waktu 45 menit.

Pemandangan yang ditawarkan adalah keindahan danau maninjau yang dikelilingi oleh tebing-tebing dan perbukitan hijau yang dipenuhi pohon pinus. Kalau ada uang lebih, bisa sekalian memacu adrenalin menaiki paralayang di sini.

14.00 Menuju Padang

17.00 Sampai di Kota Padang

Perjalanan dari Puncak Lawang menuju Padang menempuh jarak 311 km selama lebih kurang 3 jam. Di Padang, langsung menuju jembatan siti nurbaya untuk berfoto di jembatan ikonik dengan latar belakang kota tua padang dan bukit siti nurbaya.

17.20 Menuju masjid raya

Selanjutnya menuju Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid terbesar di Sumatera Barat dengan desain yang luar biasa indah dan sangat mencirikan Sumbar.

18.00 Menuju pantai padang

Destinasi terakhir yaitu menikmati sore dan sunset di kawasan pantai padang atau biasa orang padang menyebutnya taplau (tepi laut).

18.40 Menuju Bandara

19.30 Sampai di bandara

Mengembalikan motor dan makan malam

Sampai jumpa kembali di kesempatan berikutnya.

Estimasi Biaya Jelajah Sumatera Barat Dalam 2 Hari 1 Malam

Berikut estimasi biaya perjalanan (diluar tiket pesawat)

No Hal Biaya Keterangan
1. Sewa motor 2 hari 100.000 Sewa motor kisaran 40.000 – 50.000 per hari
2. Bensin 150.000 Estimasi total perjalanan menempuh jarak 600 km. Asumsi konsumsi bbm 1:30 dan menggunakan pertalite.
3. Makan 5x 150.000 Harga makanan di rumah makan padang tak sampai Rp20.000, tapi di cafe taruko harganya lebih mahal dari rumah makan padang
4. Penginapan 250.000 Penginapan dengan fasilitas standar di kawasan jam gadang.
5. Keluar masuk bandara 8.000
6. Tiket masuk air terjun lembah anai 3.000
7. Parkir di air terjun lembah anai 2.000
8. Tiket masuk Istano Basa Pagaruyung 15.000
9. Parkir di istano basa pagaruyung 2.000
10. Tiket masuk kawasan lembah harau 5.000
11. Parkir motor di beberapa lokasi di kawasan lembah harau 6.000
12. Parkir motor di kelok 9 2.000
13. Parkir di jam gadang 4.000
14. Tiket masuk benteng fort de kock dan taman satwa 15.000
15. Parkir di benteng fort de kock 2.000
16. Tiket masuk taman panorama & lobang jepang 15.000
17. Parkir di panorama 2.000
18. Parkir di ngarai sianok 2.000
19. Tiket masuk puncak lawang 10.000
20. Parkir di puncak lawang 3.000
21. Parkir di masjid raya 2.000
22. Parkir di pantai padang (taplau) 2.000
23. Snack, minuman dan lain-lain 50.000
TOTAL 800.000

Artikel ini dikirim oleh: Bara Anggara – Traveler Paruh Waktu

Seorang PNS yang sangat suka menikmati keindahan alam.  Karena hanya punya waktu di akhir pekan untuk menjelajah, Saya menyebut diri saya sebagai seorang Traveler Paruh Waktu. Saat ini sedang mempersiapkan diri menjelajah keindahan Indonesia timur dengan menggunakan sepeda motor.

Yuk kenal lebih dekat:

Instagram : @barrabaa_
Twitter : @barra_baa
Email : [email protected]
Blog : barrabaa.blogspot.com

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: