Chogosonshiji: Kuil Harimau dan Gulungan Kertas Bersejarah

Chogosonshiji adalah sebuah kuil yang penuh dengan harimau. Namun, jangan khawatir, harimau-harimau ini bukanlah jenis yang menakutkan dan pemakan manusia, melainkan hewan-hewan roh yang memberikan berkah kepada para pengunjung. Di kuil ini juga terdapat sebuah gulungan kertas yang dapat dianggap sebagai salah satu manga pertama di dunia.

Sejarah Kuil Chogosonshiji

Chogosonshiji Temple

Kuil Chogosonshiji adalah sebuah kuil yang unik di daerah Shigi, prefektur Nara, Jepang.

Kuil ini didedikasikan untuk Bishamonten, dewa yang dihubungkan dengan harimau, sehingga kuil ini dipenuhi dengan patung-patung harimau yang megah.

Namun, patung-patung tersebut tidak menakutkan, melainkan bersahabat dan berikan berkah kepada para pengunjung.

Keunikan kuil ini tidak hanya terletak pada patung-patungnya, tetapi juga pada gulungan kertas yang dianggap sebagai salah satu manga pertama di dunia.

Kisah di Balik Gulungan Kertas

Gulungan kertas di Kuil Chogosonshiji dikenal sebagai salah satu gulungan gambar Shigisan-engi.

Meskipun dibuat pada zaman kuno, gulungan ini terlihat sangat kontemporer dan menampilkan gerakan dinamis yang menjadi ciri khas seni manga modern.

Dengan teknik-tekniknya yang inovatif, gulungan gambar ini telah menjadi contoh penting dari perkembangan seni tradisional Jepang.

Pengunjung yang melihatnya dapat mengagumi keindahan dan keterampilan seniman yang menghasilkan karya yang begitu berharga ini.

BACA JUGA :  Osumi Peninsula

Pengalaman Spiritual di Kuil

Pengalaman Spiritual di Kuil Chogosonshiji Temple

Selain keindahan seni dan budaya, Kuil Chogosonshiji juga menawarkan pengalaman spiritual yang mendalam bagi para pengunjungnya.

Di dalam aula utamanya, terdapat lorong gelap yang dikenal sebagai Kaidan Meguri.

Mengikuti lorong ini adalah pengalaman yang menggetarkan, dirancang untuk membantu pengunjung merenungkan kehidupan mereka dan membersihkan diri dari dosa.

Dengan suasana yang tenang dan penuh hikmat, pengunjung dapat menemukan kedamaian batin mereka di tengah-tengah kuil yang sakral ini.

[ Baca Juga: Panduan Wisata Ala Backpacker Ke Singapura ]

Eksplorasi di Sekitar Kuil

Kuil Chogosonshiji terletak di daerah Gunung Shigi, sebuah tujuan wisata populer di prefektur Nara.

Gunung Shigi terkenal dengan pemandangan alam yang indah, jalur pendakian menarik, dan situs-situs sejarah yang menarik.

Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitarnya dengan menjelajahi Kuragari Pass, sebuah jalan setapak yang tenang dan sejuk yang menghubungkan berbagai kuil dan candi di daerah Gunung Shigi.

Selain itu, Gunung Shigi juga memiliki jalur pendakian yang menantang dan pemandangan spektakuler dari puncaknya.

Wisata Sejarah di Sekitar Kuil

Wisata Sejarah di Sekitar Kuil Chogosonshiji Temple

Di sekitar Kuil Chogosonshiji, terdapat berbagai situs bersejarah yang layak untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Kuil Horyuji, salah satu kuil tertua di Jepang yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Selain itu, pengunjung juga dapat menemukan pasir yang dikumpulkan dari semua 88 kuil di sepanjang Pemberhentian 88 Kuil Shikoku.

Tradisi ini merupakan bagian dari perjalanan ziarah kekuil yang terkenal di pulau Shikoku, yang menjadi tujuan wisata religius yang populer di Jepang.

[ Baca Juga: Kuil Hozanji: Sejarah, Keindahan, dan Pengalaman Spiritual ]

Aksesibilitas ke Kuil Chogosonshiji

Untuk mencapai Kuil Chogosonshiji, pengunjung dapat mengaksesnya dengan mudah dari Stasiun Oji di Jalur Kintetsu.

BACA JUGA :  Glover Garden

Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus menuju Shigi-sammon, diikuti dengan berjalan kaki sejauh lima menit dari halte bus Shigi-ohashi.

Selain itu, pengunjung juga memiliki opsi untuk naik kereta gantung dari Stasiun Shigisanguchi, yang memberikan pemandangan indah sepanjang perjalanan menuju puncak gunung.

Eksplorasi Spiritual dan Sejarah di Kuil Chogosonshiji

Chogosonshiji Temple in Nara, Japan🐅 #shorts #003
Dengan keunikan patung-patung harimau dan gulungan kertas bersejarahnya, Kuil Chogosonshiji adalah tempat yang memadukan keindahan seni, keajaiban spiritual, dan sejarah yang kaya.

Pengunjung dapat menemukan kedamaian batin di tengah-tengah lorong gelap Kaidan Meguri, mengagumi keindahan alam Gunung Shigi, dan menjelajahi situs-situs sejarah di sekitar kuil.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kuil Chogosonshiji saat kamu berada di prefektur Nara, Jepang, dan rasakan sendiri pesona dan keajaibannya.

Alamat dan Peta Lokasi

2280-1 Shigisan, Heguri-cho, Ikoma-gun, Nara-ken

Temukan Peta Lokasinya Di Google Maps Sekarang!

Subscribe, follow @liburmuluid and liburmulu.com