Cara Liburan Seru di Pantai Ngandong

Di antara banyak pantai yang bertebaran di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Ngandong merupakan salah satu pantai yang direkomendasikan. Apalagi buat kamu yang berjiwa muda dan menyukai perjalanan ala backpacker. Memang pantai ini cocok melepas letih dari pekerjaan yang terasa monoton dan kembali menyegarkan semangat.

Pantainya relatif sepi, tapi terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman membuatmu dapat menjalani liburanmu dengan santai. Alamnya juga indah, dengan pantai yang menghadap lautan lepas, dan terdapat batuan karst di sana sini. Buat kamu yang gemar olahraga di pantai, sebenarnya kamu bisa juga melakukan beberapa aktivitas olahraga seperti surfing dan snorkeling.

Berlibur ke Pantai Ngandong bersama orang tersayang tentu akan lebih menyenangkan! via IG @dwisurti
Berlibur ke Pantai Ngandong bersama orang tersayang tentu akan lebih menyenangkan! via IG @dwisurti

Berlibur di Pantai Ngandong yang Indah

Memang perjalanan menuju pantai ini agak berbatu, dengan pepohonan di kiri dan kanan jalan. Namun Kalau niatmu memang berlibur sambil berwisata alam, rasanya perjalanan ini tidak akan membebanimu. Karena kelelahanmu akan segera terbayar dengan pemandangan alam yang sangat indah dan menyegarkan pikiranmu juga. Apalagi kalau kamu sempat menyaksikan sunset. Alhasil kamu nggak akan kapok dengan perjalanan yang lumayan menghasilkan keringat.

Bawa saja perlengkapan, seperti minuman dan gunakan sepatu yang nyaman dan tidak licin. Untuk melindungi matamu, jangan lupa gunakan sunglass pada siang hari. Gunakan pakaian yang sportif, agar selama perjalanan kamu merasa lebih nyaman dan bebas bergerak.

Jangan lupa untuk berburu foto terbaikmu di Pantai Ngandong! via IG @anagatourjogja
Jangan lupa untuk berburu foto terbaikmu di Pantai Ngandong! via IG @anagatourjogja

Di sini juga terdapat penyewaan perahu nelayan yang menjadi sumber pemasukan tambahan bagi nelayan setempat. Jasa penyewaan perahu ini tentunya dimanfaatkan oleh banyak wisatawan yang datang.

Nah, buat kamu yang mengincar view yang memukau, cobalah mendaki puncak bukit di pantai ini. Disarankan agar kamu berhati-hati karena banyak batu yang cukup tajam. Namun sesampainya di puncak, kamu bisa menunggu menyaksikan sunset yang dramatis dan indah.

Cara Pergi Ke Pantai Ngandong

Kamu bisa menghabiskan waktu di Pantai Ngandon dengan berenang! via IG @ejp_official
Kamu bisa menghabiskan waktu di Pantai Ngandon dengan berenang! via IG @ejp_official

Secara administratif, Pantai Ngandong beralamat di Desa Sidoharjo, Kecamatan tepus, Gunungkidul. Untuk sampai di pantai ini, kamu dan para pengunjung memang harus memarkir dahulu kendaraan di Pantai Sundak, lalu meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter. Untuk lebih memudahkanmu, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Ngandong di Google Maps disini.

Dari kota Jogja, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Kamu bisa menggunakan kendaraan sewaan ataupun kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Dari Jogja, arahkan saja kendaraanmu menuju Gunungkidul, setelah di sana itu kamu akan menemukan papan penunjuk arah ke Pantai Sundak, yang bersebelahan dengan pantai ini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai Ngandong

Mau canoeing di Pantai Ngandong juga bisa loh! via IG @pantai_ngandong
Mau canoeing di Pantai Ngandong juga bisa loh! via IG @pantai_ngandong

Retribusi atau tiket masuk kawasan pantai yang perlu kamu bayarkan sebesar IDR 10.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraanmu, kamu harus membayar sebesar IDR 3.000. Mengunjungi kawasan pantai ini, kamu harus memarkir kendaraanmu di kawasan Pantai Sundak, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tips Wisata Ke Pantai Ngandong

Senja di Pantai Ngandong pun suasananya menyenangkan. Pemandangannya juga cantik luar biasa! via IG @pantai_ngandong
Senja di Pantai Ngandong pun suasananya menyenangkan. Pemandangannya juga cantik luar biasa! via IG @pantai_ngandong

Agar perjalanan liburanmu menarik, berikut ini tips wisata ke Pantai Ngandong untuk kamu perhatikan :

  • Jangan lupa untuk bawa uang pecahan dalam jumlah yang cukup. Maksudnya, agar mempermudah transaksi kalau kamu harus membayar makanan, minuman, atau menggunakan fasilitas berbayar di sekitar pantai, tanpa harus merasa ribet dengan uang kembalian.
  • Bawa pula makanan dan minuman terutama air putih, karena aktivitas pantai, terutama siang hari akan menguras tenaga dan kamu butuh air untuk mencegah dehidrasi.
  • Untuk kamu yang tinggal cukup jauh, sesekali menginap di penginapan sekitar pantai juga OK, lho! Sebelum bersenang-senang di pantai, ada baiknya kamu mencari penginapan yang sesuai dengan budgetmu. Dengan menginap di sekitar pantai, kamu tidak hanya bisa menikmati sunset yang dramatis, tapi juga sunrise yang tak kalah indah!
  • Untuk mencegah matinya ponsel karena kehabisan daya, sebaiknya dari rumah kamu sudah me-recharge penuh baik baterai ponsel, kamera sekaligus powerbank. Isi kembali daya begitu kamu mendapatkan tempat pengisian, misalnya di penginapan. Kesiapan ponsel sangat perlu, agar kamu tetap bisa dihubungi dan menghubungi di saat-saat urgent.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: