Pesan Hotel Yang Benar? Baca Dulu Tips Sebelum Booking Hotel Ini!

Pesan Hotel Yang Benar? Baca Dulu Tips Sebelum Booking Hotel Ini!
5 (100%) 16 votes

LiburMulu.com – Penginapan atau akomodasi adalah salah satu faktor penting dalam sebuah perjalanan atau liburan. Nah, tentunya buat kalian yang mau liburan atau melakukan perjalanan, sebaiknya mengetahui beberapa tips tentang booking hotel atau pesan hotel yang benar.

Minimal, kalian nanti bisa mendapatkan harga penginapan yang murah atau menemukan hotel yang nyaman. Jadi, agar liburan kalian lebih maksimal, sebaiknya kalian menyimak beberapa tips tentang bagaimana memesan hotel agar lebih optimal ini.

Yuk simak 8 tips memesan hotel dan penginapan untuk liburan berikut ini:

Memilih penginapan atau hotel yang benar akan membuat liburan kalian lebih maksimal dan menyenangkan!
Memilih penginapan atau hotel yang benar akan membuat liburan kalian lebih maksimal dan menyenangkan!

1. Jika Memungkinkan Pergilah Ketika Sedang low-season

Nggak ada salahnya kalian pergi jalan-jalan ketika musim liburan. Namun itu berarti kalian akan menemui sebagian besar harga hotel dan penginapan dengan harga yang melonjak tinggi. Nah, kalau sudah begitu sebaiknya pilihlah ketika Low-season atau ketika bukan musim liburan.

Biasanya low season ini adalah  merupakan waktu di luar libur sekolah, yaiut pada bulan Juni – Agustus. Hindari juga memesan hotel atau penginapan pada beberapa libur nasional seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Karena harganya pasti melonjak naik. Namun kalau harus tetap pergi ketika high season, sebaiknya kalian segera berburu promo penginapan dari jauh-jauh hari ya!

(Baca Juga : Hei Traveler! Hotel Dan Penginapan Di Dekat Malioboro Ini Direkomendasikan Untuk Kalian!)

2. Berburulah Penawaran Promo Penginapan

Jaman sekarang ini mencari segala hal yang berbau promo itu nggak susah. Termasuk berburu promo penginapan atau hotel. Soalnya sekarang ini ada banyak travel agent online seperti misalnya Agoda dan lainnya yang sering menawarkan berbagai macam diskon. Kuncinya, rajin-rajin saja berburu di internet.

Kalau beruntung, kalian bisa menemukan penginapan atau hotel yang nyaman dengan harga murah. Perlu kalian ketahui, promo ini bentuknya bisa bermacam-macam. Kadang hanya diskon spesial hotel, sama tiket pesawat, atau bahkan kadang bisa juga promo dari kartu kredit tertentu. Biar nggak ketinggalan informasi, kalian coba berlangganan saja banyak info promo newsletter dari travel agent.

3. Selalu Perhatikan Lokasi Hotel Atau Penginapan Yang Sesuai Kebutuhan Kalian

Lupa cek lokasi hotel atau penginapan, terus dapat yang lokasinya nggak strategis gak lucu kan pastinya? Bisa-isa liburan bakal berantakan. Hal-hal sederhana seperti apakah hotel memiliki koneksi internet, business centre, dan dekat bandara juga perlu dipertimbangkan. Y

ang paling penting adalah, untuk kalian yang liburan, pastikan hotel dekat dengan objek wisata. Misalnya, kalau kalian ke Bali, paling enak adalah menginap di sekitar Legian atau di Poppies Lane! Terus kalau di Yogyakarta, menginap di penginapan murah sekitar Malioboro adalah pilihan yang pas.

4. Cari Informasi Apakah Harga Yang Kalian Bayar Sudah Termasuk Sarapan Pagi

Meskipun sarapan pagi biasanya adalah fasilitas standard dari sebuah hotel atau penginapan, pastikan lagi dengan benar apakah memang sudah termasuk atau belum. Soalnya, setiap hotel itu memiliki kebijakan berbeda untuk paket sarapan pagi. Terutama jika kalian menginap di hostel budget. Ada kalanya mereka tidak memberikan fasilitas sarapan pagi gratis.

Caritahu tentang hotel dengan detail sebelum akhirnya memutuskan untuk memesan kamar itu wajib hukumnya!
Caritahu tentang hotel dengan detail sebelum akhirnya memutuskan untuk memesan kamar itu wajib hukumnya!

(Baca Juga : Ini Dia Hotel Termurah Di Dunia! Kalian Pasti Kaget Kalau Tahu Harganya!)

5. Cari Tahu Tentang Keberadaaan Dan Kebijakan Parkir Hotel

Hal ini penting sekali untuk kalian yang traveling dengan mobil atau ala road trip. Mengetahui tentang kondisi tempat parkir di hotel adalah penting sekali. Jangan sampai, kalian mendapatkan hotel dengan parkir yang penuh, atau kalian harus parkir agak jauh dari hotel.

Terus, selain memastikan hotel tempat menginap nanti memiliki area parkir, cari tahu juga apakah fasilitas tersebut gratis atau berbayar. Terakhir, pastikan juga soal keamanannya. Nggak lucu kalau liburan jadi berantakan karena bermasalah gara-gara parkir kan?

6. Perhatikan Fasilitas Hotel, Apakah Sesuai Dengan Tarif Yang Kalian Bayarkan?

Meski bukan yang utama, tetapi mempertimbangkan apakah harga kamar hotel yang kalian bayar sepadan dengan kelengkapan fasilitas hotel juga perlu. Daripada nanti kalian kecewa setelah sampai disana ternyata fasilitas hotel yang ada tidak sesuai dengan yang kalian harapkan. Terus, ketersediaan resepsionis 24 jam, peralatan mandi gratis, atau layanan cleaning service setiap hari juga perlu kalian cari informasinya terlebih dahulu sebelum memilih menginap di suatu hotel.

(Baca Juga : Liburan Ke Legoland Malaysia? Sebaiknya Menginap Di Hotel Dekat Legoland Malaysia Ini!)

7. Liburan Dengan Anak Kecil, Apakah Hotelnya Family Friendly?

Buat yang sudah berkeluarga, tentu hotel yang ramah dengan anak-anak itu penting sekali bukan? Karena itu haris dicari tahu terlebih dahulu apakah hotel tersebut family-friendly atau tidak. Jika kalian mengajak anak-anak, pastikan apakah hotel tersebut memiliki kolam renang untuk anak-anak dan area bermain anak. Jadinya nggak akan susah nanti jika ingin mengajak anak bermain-main di hotel.

8. Pilih Suasana Hotel Yang Sesuai Selera

Mungkin kalian lebih menyukai hotel bernuansa modern? Jangan sampai memilih hotel yang terlalu klasik, karena kalian pasti nggak akan suka. Atau jika kalian menginginkan hotel dengan sentuhan khas budaya Bali, tentu kalian akan memilihnya dengan jeli bukan? Soalnya, meski berada di Bali, nggak semua hotel yang ada didesain dengan suasana yang Bali banget. Semua terserah kalian sih, yang jelas jangan sampai salah pilih penginapan atau booking hotel ya!

Happy booking dan selamat berlibur!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?
%d bloggers like this: