Panduan Mudah Cara Buat Visa Turis Australia Untuk Traveler

LiburMulu.Com – Jika teman – teman traveler adalah seorang pejalan mandiri yang suka mengurus segalanya sendiri, tips mengurus visa turis negara Australia sendiri ini pasti akan sangat bermanfat. Pun konon katanya mengurus visa itu adalah sesuatu yang ribet bin sulit. Tetapi kalau kalian membaca tulisan cara membuat visa australia ini dengan seksama, semua akan terlihat mudah kok.

Apalagi sekarang ini beberapa negara sudah menunjuk beberapa agent untuk masalah menbuat visa turis. Seperti halnya Australia, dalam hal ini menunjuk AVAC (PT VFS) sebagai agent utama untuk mengurus masalah visa Australia di Indonesia. Jadi teman – teman yang akan membuat visa australia akan langsung berurusan dengan mereka, bukan ke kedutaan besar australia. PT VFS ini akan bertugas sebagai perantara antara teman – teman traveler dengan pihak kedutaan besar Australia. Untuk informasi lebih detail tentang PT VFS ini teman – teman traveler bisa mengunjungi www.vfs-au-id.com.

Tips mudah Cara Mudah Membuat Visa Turis Australia.
Tips mudah Cara Mudah Membuat Visa Turis Australia.

Jadi sekarang itu mengurus visa turis Australia semakin mudah. Teman – teman traveler hanya perlu menyiapkan syarat – syarat untuk mengajukan visa australia seperti dibawah ini :

Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
Tahun baru bingung mau kemana? Ikut open trip tahun baru liburmulu Ke Singapura saja! (klik banner untuk detail)
  • Formulir Pengajuan Visa Turis yang telah diisi, Formulit visa turis (Subclass 600) dapat didownload disini (http://www.immi.gov.au/forms/Documents/1419.pdf). Ceklist dokumen yang diperlukan dan dipersiapkan bisa dilihat disini(http://www.immi.gov.au/Visas/Pages/checklists/600-tourist.aspx).
  • Paspor Asli yang masih berlaku minimal 6 bulan kedepan.
  • Paspor lama yang sudah tidak berlaku (jika ada paspor lama).
  • Foto Copy KTP.
  • Foto Copy Kartu Keluarga.
  • Foto Copy Akte Kelahiran.
  • Foto Copy Surat Nikah (jika sudah menikah).
  • Foto Copy NPWP.
  • Copy ID Card/Driving License pembuat Invitation Letter.
  • Copy Birth Certificate pembuat Invitation Letter.
  • Copy Passport pembuat Invitation Letter.
  • Surat Izin Asli  dari Suami/Istri, jika bepergian sendiri tanpa Suami/Istri
    Surat Sponsor Asli Dari Perusahaan Tempat Bekerja. Isi surat ini adalah menerangkan bahwa kita benar-benar bekerja di tempat tersebut. Dan memastikan kita akan kembali bekerja dan tidak untuk menetap di Australia dengan visa turis ini. Untuk istri atau suami yang ikut dan bekerja, sebaiknya juga menyertakan Surat Sponsor Asli Perusahaan, jika istri atau suami tidak bekerja, bisa dicantumkan nama istri/suami/anak yang berada di bawah tanggungannya untuk dicantumkan dalam surat sponsor perusahaan.
  • Pasfoto 3×4 dan 4×6, latar belakang putih, masing-masing 1 lembar, tampak zoom wajah.
  • Foto copy Rekening Koran Tabungan, selama 3 bulan terakhir. Tidak ada jumlah pasti mengenai rekening koran ini, entah harus berapa puluh juta untuk bisa diapprove. Yang pasti pihak kedutaan hanya akan memastikan bahwa kita mempunyai cukup dana selama di Oz. Paling aman biaya hidup disana per hari 100-200 AUD. Tinggal kalikan masa waktu liburan di Australia berapa lama.
  • Asli Invitation Letter dari teman/saudara yang berada di Australia (Jika Ada). Pastikan mengirimkan scan invitation letter terlebih dahulu sebelum mengirimkan via pos, dan kirimkan dengan registered pos. Kebanyakan jika dikirim via regular mail ternyata tidak sampai tujuan. Hasil scan invitation letter tadi bisa dipakai terlebih dahulu jika yang asli masih dalam pengiriman. Akan lebih meyakinkan jika Invitation Letter dibuat oleh seorang Native Australian (Asli warga negara Australia) atau paling tidak Permanent Resident.
  • Asli Surat Kuasa di atas materai, jika mewakilkan pengurusan visa ke orang lain.
  • Biaya visa turis Australia Subclass 600 adalah AUD 130 (Untuk data yang selalu update bisa dilihat disini : http://www.immi.gov.au/Help/Pages/fees-charges/visa.aspx).

Contoh Beberapa Dokumen Yang Diperlukan :

  1. Contoh surat sponsor untuk visa turis Australia
  2. Contoh surat keterangan suami atau istri untuk pengajuan visa Australia
  3. Contoh Surat Kuasa Untuk Pengajuan Visa Turis Australia
  4. Contoh Invitation letter untuk pengajuan visa turis Australia
Kalau pengajuan visa turis australia sudah disetujui, tinggal menikmati liburan di Australia deh.
Kalau pengajuan visa turis australia sudah disetujui, tinggal menikmati liburan di Australia deh.

Untuk proses permohonan visa turis Australia di AVAC (www.vfs-au-id.com) sendiri secara umum seperti ini :

  • Tahap 1 : Hanya permohonan pengajuan Visa Australia tipe tertentu diterima di Australia Visa Application Centre (AVAC). Visa turis Australia Subclass 600 adalah salah satunya.
  • Tahap 2  : Sebelum mengajukan permohonan Visa, pastikan bahwa teman – teman traveler telah mengetahui tujuan kunjungan ke Australia. Harap dimengerti bahwa pihak AVAC siap untuk membatu teman – teman traveler dalam proses pengajuan permohonan Visa, namun pihak AVAC tidak berwenang untuk memberikan saran maupun konsultasi dalam pemilihan kategori Visa yang teman – teman traveler butuhkan. Pihak AVAC hanya memegang peranan administratif yang tidak berhubungan sama sekali dalam penentuan hasil permohonan Visa maupun berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam memproses permohonan, karena semuanya adalah murni wewenang prerogative dari Kedutaan Australia.
  • Tahap 3 : Silahkan mencari informasi detail mengenai visa yang teman – teman traveler perlukan di website immigrasi Australia untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai kategori Visa.
  • Tahap 4 : Harap dipastikan bahwa teman – teman traveler telah membaca dan mengerti dengan jelas aturan keamanan sebelum mengunjungi AVAC.

Nah, setelah semua siap dan teman – teman traveler tahu apa yang akan dilakukan, maka inilah yang perlu diingat dan diperhatikan ketika membuat visa turis Australia :

  • Biaya yang telah dibayarkan tersebut tidak akan dikembalikan! Jika memang visa teman – teman traveler ditolak biaya akan hangus. Pastikan dengan benar kalau persyaratan yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dan dilengkapi semuanya.
  • Ada beberapa jenis visa Australia, diantaranya single entry dan multiple entry. Jika memang teman – teman traveler tidak merencanakan untuk pergi ke Australia beberapa kali dalam setahun, dan baru pertama kali melamar visa Australia, sebaiknya kalian memilih tipe visa single entry.
  • Jangan ragu untuk bertanya – tanya pada petugas VFS pada waktu menyerahkan berkas, apakah berkas anda sudah lengkap atau masih ada yang kurang untuk kelancaran pengajuan visa turis australia teman – teman.
  • Status pengajuan visa turis australia teman – teman bisa dilacak online di ~> http://www.vfs-au-id.com/trackapplication.html.
  • Sebaiknya jangan membeli tiket pesawat atau booking hotel terlebih dahulu sebelum visa teman – teman approved. Karena pengajuan visa turis Australia VFS tidak membutuhkan anda membeli tiket pesawat atau hotel. Cukup memberi info dimana teman – teman traveler akan tinggal selama di sana. Atau kalau memang ingin telihat meyakinkan menyertakan bukti booking hotel dan pesawat sudah cukup. Jika teman – teman tinggal di tempat keluarga atau teman, maka cukup disebutkan di invitation letter.

Informasi ini hanyalah bersifat membantu informasi yang lebih jelas, dan tidak bisa menjamin bahwa visa kalian akan 100% diterima. Karena proses validasi dan approval berada di tangan kedutaan besar. Jadi hanya tuhan dan pihak immigrasi australia saja yang tahu. Banyak – banyak saja berdoa agar pengajuan visa turis australia kalian disetujui.

PS: Untuk menuju australia dari Indonesia, biasanya ada banyak penerbangan murah dari Jakarta Ke Australia atau dari Denpasar Ke Australia jika memang keberangkatan dari Pulau Bali dan Jakarta.

Banyak Dicari

  • pengalaman buat visa australia
  • pengurusan visa australia sendiri
  • visa australia
  • visa australia ditolak

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: