Cara Buat Visa Kuba Sendiri Untuk Pemegang Passport Indonesia

Kuba adalah salah satu negara komunis di dunia yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, termasuk Indonesia. Belum banyak traveler yang tahu cara kesana karena pernah di embargo oleh Amerika Serikat. Walaupun ini tidak mempengaruhi wisatawan Indonesia untuk pergi kesana, namun tentu saja ada rasa takut. Namun, saat ini Kuba sudah terbuka dan menjadi salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi. Tapi sebelum itu, kamu harus tahu cara buat Visa Kuba terlebih dahulu bukan?

Negara Kuba yang sempat “tertutup” selama 50 tahun, menjadi destinasi yang unik karena kita seperti balik ke masa lalu. Bayangkan saja jalan-jalan di Kuba seperti Indonesia tahun 50an! Lihat mobil – mobil antik berjalan lalu lalang and liburan tanpa akses internet. Bakalan seru banget bukan traveling di Kuba?

Cara Buat visa Kuba dari Amerika:

Lantas bagaimana cara buat visa Kuba ini? Untuk membuat visa Kuba bila Anda sudah berada di Amerika Serikat bisa dibeli langsung di airport transit sebelum tujuan final atau lewat agent. Visa ini cukup berbentuk kertas dan tidak ditempel di passpor.

Jadi pastikan sebelum berangkat kertas ini tidak hilang. Pada saat pembelian, nanti identifikasi Anda, seperti nomor passport akan dicatat oleh petugas. Bila membeli visa di airport, harus melalui maskapai yang kamu gunakan. Contoh dari pengalaman saya, antara melalui jalan beli visa di airport dan via agent:

Cara Buat Visa Kuba di Airport Amerika Serikat:

  1. Berangkat ke Kuba dari New York City. Tujuan final kota Santiago de Cuba.
  2. Menggunakan pesawat JetBlue. New York City (JFK) – Fort Lauderdale Florida (FLL) – Holguin Cuba (HOG)
  3. Check-in di New York airport harus di counter JetBlue / maskapai khusus.
  4. Beri tahu pegawai check-in tiket kalau kamu mau pergi ke Kuba, karena mereka perlu mencatat khusus hal ini.
  5. Saat transit di Fort Lauderdale Florida (FLL), langsung berkunjung ke pihak informasi JetBlue atau maskapai kamu untuk membeli visa Kuba dengan harga $USD 50

Ingat! karena belum banyak orang yang pergi ke Kuba dan saat ini banyak isu atau perubahan regulasi dikarenakan hubungan bilateral antara Kuba dan Amerika Serikat, kita sebagai traveler perlu selalu mengikuti berita dan melakukan semua tahap yang diperlukan.

Beli visa Kuba di Agent:

Setelah mengunjungi Konsulat Kuba di New York, mereka menyarankan aku beli visa di agent. Sebagai Warga Negara Indonesia rata-rata pergi kemanapun kita perlu punya visa sebelumnya tentu saja aku mau menyiapkan semuanya. Daripada ditolak berangkat gara – gara tidak ada visa kan sedih.

Jadi ini proses pembuatan Visa Kuba/Visa Cuba yang harus dilakukan:

  1. Berangkat ke Kuba dari New York City. Tujuan final kota Santiago de Cuba.
  2. Sudah beli tiket pesawat JetBlue. New York City (JFK) – Fort Lauderdale Florida (FLL) – Holguin Cuba (HOG)
  3. Bawa semua dokumen ke agent untuk apply visa. Dokumen:
  • Paspor asli
  • Fotokopi itinerari pesawat dengan nama kamu yang sudah tercantum. Pastikan nama di booking-an tiket pesawat sesuai dengan nama paspor.
  • Datang ke kantor agent dan kamu akan dapat visa dalam 1 hari. Waktu tunggu tergantung ramai atau tidaknya agent tersebut. Karena kebetulan aku sepi, jadi dapat visa dalam waktu 1 jam. Tapi untuk berjaga-jaga siapkan waktu minimal 3 jam.
  • Apabila kamu mau membuat visa untuk teman kamu, bawa paspor asli kamu dan fotokopi berwarna paspor teman kamu. Jangan lupa bawa itinerary pesawat kamu dan teman kamu dengan lengkap masing – masing nama teman kamu.
  1. Bayar visa. Karena melalui agent tentu saja harga lebih mahal, karena ada komisi. Harga bisa berbeda tergantung agentnya, namun rata – rata $75 – $100. Aku via agent yang kudatangi membayar $75.

Ingat! walaupun pihak pesawat atau travel agent tidak menanyakan tentang asuransi travel, kamu tetap harus memiliki dan membawa buktinya. Karena, ini akan ditanyakan saat proses imigrasi di airport Kuba.

Screenshot email konfirmasi pesawat JetBlue
Screenshot email konfirmasi pesawat JetBlue
Screenshot bukti JetBlue-Shabrina Koeswologito
Screenshot bukti JetBlue-Shabrina Koeswologito

Konsulat Kuba di New York, United States

Chancellery of the Republic of Cuba to the United Nations in New York, USA
Alamat: 315 Lexington Avenue 38th Street
New York, NY 10016
USA
Telp: 689 7215, 689 9308

Konsulat Kuba di Indonesia

Alamat: Jl.Logam Blok D/ No. 58 Permata  Hijau, Jakarta 12210.
Telp: (62-21) 548 5902
Website: http://www.cubadiplomatica.cu/indonesia/EN/Home.aspx
Email: [email protected]

Travel Agent Kuba di New York

Caribe Express
Alamat: 6710 B Bergenline Ave
Guttenberg, NJ 07093.I found the Yelp address here:
Jam Buka: Sen – Jum: 9:30AM – 5:30 PM, Kam: 10AM – 6PM, Sab: 9:30AM – 2:30PM

Website: http://www.caribeexpress.com

Cara Buat Visa Kuba di Indonesia:

Tapi saya berangkat dari Indonesia? Bagaimana dong cara buat visa Kuba dari Indonesia? Gampang kok, kamu tinggal datang atau dengan kirim email ke kedutaan Kuba di Jakarta: [email protected]. Gak terlalu susah kalau mau mencoba sendiri. Visa akan diproses selama 7 hari kerja setelah pihak konsulat menerima semua dokumen yang diperlukan.

Visa turis Kuba untuk pemegang passport indonesia akan berlaku selama 30 hari dimulai dari saat kamu tiba di Kuba. Apabila ingin perpanjang visa selama 30 hari harus di lakukan di Kuba dan hanya untuk tujuan wisatawan. Seluruh dokumen dan biaya harus diantarkan langsung oleh masing – masing pihak ke konsulat. Pembayaran dalam bentuh cash dalam Euro. Pihak konsulat tidak menerima proses visa apabila dokumen dikirim melalui pos atau agent lainnya.

Maksimal dokumen harus dikirimkan 15 hari sebelum keberangkatan.

Persyaratan utama pembuatan Turis Visa Kuba untuk pemegang passport Indonesia:

  1. Paspor asli
  2. Isi Aplikasi online: disini (http://www.cubadiplomatica.cu/LinkClick.aspx?fileticket=c2oIuX4lOg4%3D&tabid=20504)
  3. Isi Aplikasi General (General Application Form). Aplikasi online dan general harus di isi secara online/print. Masing – masing dokumen harus disertai pasphoto. Dokumen wajib di tanda tangani. Dokumen tidak akan diterima bila disini secara manual atau tulis tangan.
  4. Membawa konfirmasi booking-an hotel atau guest house
  5. Dokumen identitas (KTP) dan bukti kerja dari Indonesia
  6. Dokumen asuransi travel yang mengcover Kuba.
  7. Membayar biasa visa: 25 Euro
  8. Pengambilan visa dilakukan oleh aplikan. Apabila diwakilkan maka ada biaya tambahan sebesar 25 Euro lagi.
Cara buat visa kuba itu susah? Gak juga sih! General application form visa kuba untuk diisi.
Cara buat visa kuba itu susah? Gak juga sih! General application form visa kuba untuk diisi.

Untuk asuransi, tanya langsung rekomendasi dari kedutaan. Bila kamu sudah punya asuransi dari Indonesia, tanya langsung ke agent asuransi kamu apakah mengcover Kuba di polisnya. Memiliki asuransi travel di Kuba sangat penting! Jangan sampai kamu lupa untuk membeli ini.

Bentuk Visa Kuba

Bentuk visa berupa secarik kertas! Ini tidak ditempel di passpor kamu, jadi pastikan tidak hilang. Berikan ini pada pihak imigrasi sesampainya di Kuba.

Contoh Visa Cuba/Visa Kuba yang sudah disetujui
Contoh Visa Cuba/Visa Kuba yang sudah disetujui

Selamat liburan di Kuba,Si!

Tulisan ini dikirim oleh Shabrina Koeswologito

Hello! Salam kenal ini Shabrina yang punya blog Slowtravelstory.com. Shabrina ialah traveler yang suka sangat tertarik industri tourism dan sustainaibility. Sangat suka berbagi cerita dan tips mengenai perjalanan dengan budget murah agar kamu bisa jalan lebih lama dan tentu saja ini lebih baik untuk lingkungan. Ikuti perjalananannya di Instagram @slowtravelstory jangan lupa pakai #slowtravelstories agar foto kamu bisa di feature aku! Atau baca juga tweet aku di @slowtravelstory.

Ikuti juga media sosialnya di

Instagram: https://www.instagram.com/slowtravelstory/
Twitter: https://twitter.com/slowtravelstory
Website: www.slowtravelstory.com

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: