Bukit Asmara Di Banjarnegara Yang Begitu Menggoda! Kamu Nggak Mau Liburan Kesana?

Bukit Asmara Di Banjarnegara Yang Begitu Menggoda! Kamu Nggak Mau Liburan Kesana?
4.8 (95.29%) 17 votes

LiburMulu.Com – Pesatnya kemajuan pariwisata Indonesia membuat beragam destinasi baru banyak muncul diberbagai daerah, salah satunya Banjarnegara yang kini memiliki destinasi unik serta mempesona. Bernama Bukit Asmara Situk, terletak sekitar 30 menit dari pusat kota, tepatnya di Desa. Kalilunjar, Kec. Banjarmangu, Banjarnergara, Jawa Tengah.

Bukit yang dari namanya saja sudah menarik perhatian ini memiliki panorama alam yang begitu indah sehingga dapat memanjakan mata setiap pengunjungnya. Bukit Asmara Situk memiliki ketinggian kurang lebih 683 mdpl, membuat wisatawan yang berkunjung dapat menyaksikan keindahan alam disekitarnya.

Pemandangan di Bukit Asmara Situk di Banjarnegara ini keren juga yak via IG @ipongdjembe
Pemandangan di Bukit Asmara Situk di Banjarnegara ini keren juga yak via IG @ipongdjembe

Tidak hanya panorama alam, di bukit ini juga terdapat gua-gua cukup unik. Gua-gua tersebut menjadi sangat unik karena dihiasi oleh puluhan lampu yang berwarna-warni, sehingga jika kalian berkunjung pada malam hari, kalian akan mendapatkan suasana yang begitu indah dan romantis. Sepertinya memang ada banyak tempat wisata keren di Jawa Tengah deh!

Mungkin itulah alasan mengapa destinasi ini disebut sebagai Bukit Asmara Situk (a.k.a BAS). Waktu kunjungan terbaik tergantung pada kebutuhan pengunjung, kalian bisa datang pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan panorama alam yang serba hijau, atau malam hari jika kalian tertarik untuk mengabadikan milkyway.

Ada yang tahu kenapa dinamakan sebagai bukit asmara tempat wisata di Banjarnegara ini? via IG @kiky_fgp
Ada yang tahu kenapa dinamakan sebagai bukit asmara tempat wisata di Banjarnegara ini? via IG @kiky_fgp

Bukit Asmara Situk ini memiliki tinggi sekitar 683 mdpl, menariknya terdapat berbagai trek berbeda yang memiliki nama-nama yang unik seperti Tanjakan Cinta, Tanjakan Pengorbanan Cinta, dll. Terdapat pula beberapa wahana populer yang bisa kalian nikmati diantaranya Flying Fox, Rumah Pohon, dan jika kalian turun ke bawah dari Bukit Asmara Situk, kalian akan menemukan Gua Silundu namun jalan menuju Gua ini masih dalam perbaikan serta adanya Curug Kracak yang tidak jauh dari Gua Silundu.

Rute untuk naik ke puncak Bukit Asmara Situk sendiri berada di dekat jalan raya sehingga memudahkan kalian untuk menemukannya, tepatnya di samping SD Kalilunjar atau seberang jalan balai desa. Akses atau jalannya juga cukup mudah, namun tetap harus berhati-hati jika kalian berkunjung pada malam hari.

Sayangnya, tempat wisata Bukit Asmara di Banjarnegara ini kurang jomblo friendly via IG @agusz_bramasta
Sayangnya, tempat wisata Bukit Asmara di Banjarnegara ini kurang jomblo friendly via IG @agusz_bramasta

Untuk memasuki area BAS ini kalian nanti hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar IDR 5000 saja. Nggak terlalu mahal bukan? Lalu, setelahnya kalian cukup mengikuti baliho yang menunjukkan arah menuju puncak bukit ini.

Benar! Segampang itu, ketika tiba di loket pembayaran, kalian hanya perlu mengkuti petunjuk arah yang tersedia di sepanjang jalan menuju bukit. Namun jika masih takut tersesat, kalian tidak perlu khawatir karena ada jasa pemandu yang dapat mengantar kalian hingga ke bukit.

Karena harus sedikit trekking untuk tiba di bukit, kalian disarankan untuk menggunakan sepatu alas kaki yang nyaman. Menyediakan air mineral dan snack sebagai perbekalan, namun jika kalian lupa membawanya kalian dapat membelinya di penjual yang berada di sana. Serta yang paling penting membawa kamera yang nantinya akan digunakan untuk mengabadikan moment berharga kalian.

nekat ke Bukit Asmara sendirian? Resiko ditanggung penumpang via IG @sodiki_pandawa
Nekat ke Bukit Asmara sendirian? Resiko ditanggung penumpang via IG @sodiki_pandawa

Cara Menuju Bukit Asmara Banjarnegara (Cara Menuju Ke BAS)

Dari Bajarnegara, ikuti saja jalur Utara menuju Karangkobar. Jaraknya kira-kira sekitar 30-40 menit dari pusat kota Banjarnegara. Nantinya kalian akan menemukan pendopo balai Desa Kalilunjar yang berada di sisi kanan jalan. Ini menandakan bahwa kalian sudah sampai tujuan. Motor dan mobil bisa diparkir di halaman balai desa atau lapangan voli di dekat SD Kalilunjar.

Siapa yang ingin liburan ke salah satu tempat wisata keren di Banjarnegara ini hayo?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: