10 Destinasi Wisata Yang Sedang Hits Dan Instagramable Di Blitar

LiburMulu.Com – Meskipun Blitar merupakan kabupaten terkecil kedua di provinsi Jawa Timur, siapa sangka jika ternyata memiliki banyak destinasi wisata alam yang begitu mempesona. Bahkan belakangan ini banyak para traveler serta instagramer yang menghabiskan waktu di kota ini.

Nyatanya Blitar dapat memberikan pengalaman serta paket liburan yang komplit. Tidak seperti prinsipnya yakni “Kridho Hangudi Jaya” (bekerja keras untuk mencapai yang mulia), kalian tidak perlu bekerja keras untuk mendapatkan hasil foto alamnya yang indah dan instagramable.

Belum percaya kalau Blitar gak kalah cakep dengan kota lainnya di Jawa Timur?! Berikut 10 destinasi wisata yang sedang hits di Blitar dan juga sangat instagramable!

1. Kedung Entong

Kedung Entong Blitar via @melindapriskila
Kedung Entong Blitar via @melindapriskila

Yang pertama ini merupakan destinasi wisata alam yang baru dikenal di Blitar. Tidak heran kalau destinasi yang satu ini masih sangat sepi dari wisatawan lokal. Hal itu disebabkan oleh letaknya yang cukup tersembunyi sehingga membuat Kedung Entong menjadi tempat yang sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Lokasinya berada di Desa Pulerejo, Kecamata Bakung, Blitar. Destinasi wisata yang instagramable satu ini dapat dicapai dengan melewati rute Blitar – Kademangan – Suruhwadang – Maron dan Pulerejo. Setelah kalian sampai di Desa Pulerejo, kalian dapat bertanya kepada warga setempat tentang keberadaan Kedung Entong yang begitu mempesona ini.

2. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng via ig @nanangfendi666
Air Terjun Grenjeng via ig @nanangfendi666

Seperti yang mimin jelaskan sebelumnya, bahwa Blitar juga memiliki destinasi wisata beruoa air terjun. Dikenal dengan Air Terjun Grenjeng, tempat berlibur yang instagramable ini terletak di Desa Balerejo, Kecamatan Panggungrejo, Blitar.

Karena keberadaannya yang cukup tersembunyi, membuat air terjun Granjeng ini masih sangat jarang dikunjungi oleh para pelancong. Di tempat ini juga kalian akan disuguhan pemandangan alam khas Blitar yang sangat mempesona. Berenang dan mandi di bawah grujugan air terjun menjadi kegiatan yang begitu menyenangkan.

Untuk mencapai air terjun ini, jika dari Pasar Binangun kalian dapat langsung ke arah Panggung Rejo. Setelah itu, ikuti jalan hingga bertemu dengan pertigaan, kemudian belok kanan ke arah Panggung Rejo. Ikuti jalan sampai kalian menemukan Desa Balerejo. Dari sina kalian terus lurus sampai bertemu perempatan. Belok kanan maka disanalah kalian akan menemukan petunjuk jalan ke Air Terjun Grenjeng ini.

(Baca juga : 7 Destinasi Nostalgic, Historic, Dan Fotogenik Di Pulau Jawa!)

3. Candi Penataran

Candi Penataran Blitar via IG @satriaaditya_
Candi Penataran Blitar via IG @satriaaditya_

Berburu foto sambil mencari tahu jejak masa lampau kota ini?! Keduanya dapat kalian lakukan di Candi Penataran. Candi yang satu ini merupakan kompleks candi berlatar belakang Hindu yang sudah ada sejak kerajaan Kediri. Sesuai dengan namanya, candi ini berada di Desa Panataran, Kecamatan Nglegok, Blitar.

Di destinasi inilah kalian bisa melihat jejak-jejak sejarah masa lampau Kota Blitar yang begitu ikonik. Letaknya yang berada di lereng barat daya Gunung Kelud akan memberikan sensasi tersendiri ketika kalian mengujungi Candi Panataran.

Oleh sebab itu, semakin hari semakin banyak para traveler serta instagramer yang mengujungi tempat ini. Tentunya kalian juga tertarik untuk berburu foto dan sejarah di sinikan ?!

4. Gua Luweng

Gua Luweng Blitar via IG @mohandriprasetyo
Gua Luweng Blitar via IG @mohandriprasetyo

Bicara tentang wisata gua?! Blitar ternyata juga punya loh. Bernama Gua luweng, destinasi yang belakangan ini sangat hits di medsos ini berada di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Kecamatan Kademangan, Blitar. Untuk mencapainya kalian membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam dari Kota Blitar.

Namun lamanya waktu perjalanan akan langsung terbayarkan dengan pesona gua yang memiliki keunikan ini. Iya, gua ini ternyata memiliki air terjun kecil di dalamnya. Bahkan jumlahnya sekitar 10 air terjun kecil yang menjadikan gua luweng semakin unik serta ajaib.

(Baca Juga : Candi Prambanan Dan 6 Candi Lain Di Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi)

5. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru Blitar via IG @wahyumantra
Pantai Umbul Waru Blitar via IG @wahyumantra

Siapa bilang Bitar gak punya pantai dan air terjun?! Nyatanya Blitar memiliki beberapa pantai yang keindahannya gak kalah dengan daerah lainnya. Berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Pantai Umbul Waru merupakan salah satu pantai indah di Blitar.

Meskipun cukup sempit dibandingkan pantai lainnya, di pantai ini kalian bisa bersantai dengan melihat keindahan ombak serta burung-burung yang saling berkejaran. Namun perlu diingat, karena arus ombaknya yang cukup besar, pengunjung tidak diijinkan untuk berenang.

Tapi jangan khawatir, hanya dengan menikmatinya di tepian pantai, kalian akan tetap nyaman karena disuguhkan oleh keindahan tebing-tebing cantik yang berada disekitar Pantai Umbul Waru.

6. Curug Moncar

Curug Moncar by IG @didittpras
Curug Moncar by IG @didittpras

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Bakung, Kecamatan Bakung, Blitar. Curug Moncar memang masih belum begitu terkenal di Jawa Timur, namun keindahannya akan mampu membuat kalian terpesona. Meski termasuk dalam hidden paradise, untuk mencapainya terbilang mudah karena jalannya yang sudah beraspal.

Di sini kalian dapat bersantai dan merileks kan fikiran sambil berburu foto bersama kerabat atau teman dekat. Yang spesial dari tempat ini adalah; di Curug Moncar kalian dapat menemukan hewan endemik Dekapoda (kepiting kecil) serta kumpulan ikan pemanjat yang bersembunyi di bawah bebatuan. Ikan ini terbilang unik, karena dapat hidup di daratan untuk beberapa saat.

(Baca Juga : Jodipan, Kampung Warna-warni Di Malang, Tempat Asik Untuk Hunting Foto Instagram!)

7. Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh Blitar via IG @mohandriprasetyo
Air Terjun Tirto Galuh Blitar via IG @mohandriprasetyo

Berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Blitar. Destinasi yang juga berupa air terjun yang satu ini berada tidak terlalu jauh dari Monumen Trisula Blitar. Air Terjun Tirto Galuh memiliki pesona yang begitu menawan sehingga kalian akan merasa sangat rugi juka tidak mampir serta berburu foto di sini.

Tidak hanya mendapatkan hasil foto yang insyagramable, kalian juga dapat menikmati panorama alam yang masih sangat alami. Udaranya yang sejuk, dengan diiringi kicauan burung yang merdu tentunya akan membuat kalian betah untuk berlama-lama di sini. Karena keindahannya itulah, kini Air Terjun Tirto Galuh telah ramai dikunjungi banyak wisatawan.

8. Curug Badrun

Curug Badrun Blitar by IG @deaatmaji
Curug Badrun Blitar by IG @deaatmaji

Masih mengenai sumber air, namun destinasi wisata di Blitar yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata mengenai keindahannya, Curug Badrun berada di sungai perbatasan antara Desa Bululawang dan Desa Tumpakoyot, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

Meskipun belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, kalian tetap harus mampir dan menikmati keindahannya yang mampu memberikan ketenangan batin serta merilekskan pikiran.

9. Pantai Serang

Pantai Serang Blitar via IG @rianfaw
Pantai Serang Blitar via IG @rianfaw

Pantai Serang merupakan salah satu pantai yang menjadi kebanggaan bagi warga Jawa Timur, khususnya Blitar. Karena pantai yang satu ini memiliki pesona sunset yang begitu indah serta mempesona. Letaknya berada di pesisir Samudra Hindia, atau lebih tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Keindahan sunset pantai ini membuatnya menjadi destinasi wisata favorit di Blitar.

Selain pesona sunset-nya yang menawan, Pantai Serang juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melaksanakan ritual tradisional larung saji. Untuk mencapainya, kalian membutuhkan waktu tempuh sekitar ½ jam dari Kota Blitar. Selain menikmati sunset, kalian juga dapat bermain dengan pasirnya yang berwarna putih. Tentu akan menghasilkan foto yang sangat indah bukan?!

10. Rambut Monte

Rambut Monte Blitar via IG @christophorusk
Rambut Monte Blitar via IG @christophorusk

Ingin dapat pemandangan yang bening-bening?! Blitar juga punya loh. Destinasi wisata alam yang satu ini terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari. Bernama Rambut Monte berupa sebuah telaga yang memiliki permukaan air yang begitu bening, konon terdapat ikan dewa yang hidup di dalam telaga ini. Tidak hanya telaga, namun juga terdapat candi, serta petilasan.

Destinasi wisata yang cukup komplit ini berjarak kurang lebih 30 km dari kota Blitar. Di sini kalian dapat menikmati pemandangan hijau dari perkebunan teh serta ladang persawahan milik warga setemmpat. Karena warga setempat menghormati para ikan dewa yang hidup di telaga ini, membuat para pengunjung dilarang untuk berenang atau menyelam, jadi kalian harus mematuhinya ya!

Berbagi itu menyenangkan!

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: