Liburan yang Asik di Pantai Nungguran

Pantai Nungguran adalah salah satu pantai lain di daerah Gunungkidul, yang termasuk pantai dengan ombak yang tenang. Suasananya juga sepi, cocok buat camping. Pantai dengan tepian berupa tebing ini nggak cocok untuk kegiatan berenang atau main basah-basahan. Lalu, apa saja yang cocok untuk kamu lakukan di pantai dengan karakter seperti pantai ini?

Rock Fishing.

Di pantai dengan tepian yang curam ini, tentu saja kamu harus lebih berhati-hati. Duduk di sisi pantai dan melempar kail ke laut, lalu menunggu ikan atau lobster menghampiri umpan, mungkin akan timbul rasa bosan bagi yang nggak hobi memancing. Anggap saja kamu sedang menguji kesabaran. Jangan lupa, selain membawa alat pancing ke pantai bawa pula berbagai perlengkapan dan bumbu secukupnya, untuk mengolah hasil tangkapan jadi menu pantai yang lezat.

Pantai Nungguran ini terkenal di kalangan penyuka kegiatan memancing! via @adammsudrajad
Pantai Nungguran ini terkenal di kalangan penyuka kegiatan memancing! via @adammsudrajad

Ngumpul Bareng Teman atau Komunitas Di Pantai Nungguran

Memang, sebaiknya jangan datang ke pantai ini sendirian. Suasana pantai ini cukup sepi, dan untuk mencapai fasilitas yang penting, seperti MCK atau warung makan cukup jauh. Ya, pantai ini belum berfasilitas, karena masih benar-benar alam yang belum dikelola oleh Pemda setempat. Untuk menggunakan toilet wisatawan yang berkunjung masih harus pergi ke pantai lain, atau kalau benar-benar terpaksa menumpang di toilet milik penduduk.

Tapi dengan mengkondisikan sedemikian rupa, supaya kamu nggak harus bolak-balik berkali-kali ke toilet yang jauh, kamu dan teman-teman rombongan bisa mengerjakan hal-hal yang menghibur di sini, misalnya selfie, memasak bareng, makan sambil ngobrol-ngobrol santai, yang berpotensi membuka komunikasi untuk memecahkan masalah. Tipe komunikasi yang cocok untuk mempererat persahabatan, atau tim kerja, yang butuh brainstorming atau memperkuat tim untuk meningkatkan kinerja.

Jangan lupa ajak teman untuk memancing bersama di Pantai Nungguran via @rifqidab
Jangan lupa ajak teman untuk memancing bersama di Pantai Nungguran via @rifqidab

Camping Di Pantai Nungguran

Untuk komunitas pecinta alam, kegiatan camping di lokasi yang benar-benar sepi sangat bagus, lho! Dibanding pantai yang mulai ramai seperti Pantai Baron, Pantai Nungguran yang sepi justru membuatmu merasa bersahabat dengan alam. Tentunya, kamu jangan terpaku pada layar ponsel. Upload dan sharing-sharing foto yang bikin iri nanti dulu!

Menikmati Sunset dan Sunrise Di Pantai Nungguran

Pastinya pemandangan pantai yang unik ini akan membuat penasaran. Karena cukup jarang pantai dengan tepian berupa tebing seperti di sini. Sementara, horizon pantainya membuat siapa saja menebarkan pandangan sejauh mungkin. Jangan lupa, sunset di pantai ini sangat romantis dan dramatis, nggak peduli berapa usiamu.

Pantai ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Gesing adalah pantai yang paling dekat dengan pantai ini. Dari Kota Jogja, kamu bisa mencapai lokasi pantai ini sekitar 1 jam dengan kendaraan pribadi.

Rute yang bisa kamu lalui adalah Jl. Imogiri ke arah Panggang. Dari sana ke arah Desar Girikarto. Pada pertigaan Bolang belok ke kanan menuju Pantai Gesing, dan dari sana kamu bisa menanyakan kepada penduduk setempat karena belum ada papan penunjuk yang mengarahkan wisatawan ke pantai ini. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Nungguran di Google Maps disini.

Siapa yang tidak suka memancing di Pantai Nungguran sambil menikmati pemandangan indah seperti ini! @desyartian
Siapa yang tidak suka memancing di Pantai Nungguran sambil menikmati pemandangan indah seperti ini! @desyartian

Harga Tiket Masuk Pantai Nungguran

Pantai ini seperti pantai-pantai lainnya di Gunungkidul, diberlakukan retribusi sekitar Rp3.000 per orang, dan Rp5.000 per motor untuk biaya parkir.

Tips Wisata Ke Pantai Nungguran

  • Menggunakan kendaraan berupa motor lebih fleksibel daripada mobil. Kecuali kamu mau memarkirkan kendaraanmu agak jauh, di area parkir pantai sebelah.
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan membasuh seperti tisu, sabun bahkan antiseptik.
  • Sebelum berangkat, sebaiknya isi penuh daya baterai dan kamera, juga powerbank. Meskipun pantai ini termasuk lokasi susah sinyal, tapi fungsi ponsel yang utama sangat penting ketika kamu keluar dari rumah.
  • Untuk beach camping, kalau kebanyakan peserta rombongan perempuan sebaiknya ajak juga beberapa teman lelaki. Namun tetap dalam tenda terpisah. Selain bisa mengundang hal yang tabu, penduduk desa kebanyakan tidak menyukai pengunjung desa mereka berbuat tidak semestinya.
  • Saat meninggalkan pantai, bawa juga semua sisa-sisa sampah untuk dibuang dalam tong sampah.
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: