Langkah Mudah Buat Visa Amerika (US) Sendiri Untuk Traveler!

LiburMulu.Com Membuat Visa Amerika (US) mungkin adalah momok yang cukup menakutkan bagi sebagian besar traveler. Ada yang bilang juga kalau membuat Visa Amerika (US) ini adalah yang paling susah. Tetapi tentu saja tidak ada kata menyerah buat traveler. Meskipun agak susah kalau membaca Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) sendiri ini dengan detail, sebenarnya tidak susah – susah amat kok. Asal sesuai prosedur, pembuatan Visa Amerika pasti tidak susah dan kemungkinan granted pasti lebih besar.

Kota San Fransisco menjelang senja begitu indah.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kota San Fransisco menjelang senja begitu indah. Untuk pergi kesini, kalian perlu visa amerika!

Yang penting, saat membuat Visa Amerika Sendiri, jangan gugup. Karena teman – teman traveler kan kesana niatnya baik, mereka juga menyebutkan kalau sebenarnya 90% warga negara Indonesia bisa memenuhi persyaratan visa non-imigrant, termasuk salah satunya adalah visa turis. Pastikan ikuti saja lima langkah berikut mengenai pengajuan Visa Amerika secara mandiri :

  1. Membayar biaya pengajuan visa non-imigran, untuk visa turis adalah USD 160. Pastikan lihat kurs USD waktu mau membayar, karena sering berubah – ubah. Bingung kan kalau ternyata uangnya kurang gara – gara kurs?
  2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160) dengan lengkap.
  3. Membuat jadwal wawancara secara online, karena untuk wawancara harus membuat jadwal terlebih dahulu tidak asal datang begitu saja.
  4. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang akan dibawa pada saat wawancara, dan pastikan semua persyaratan sudah lengkap.
  5. Datang ke Kedutaan besesar Amerika (US) dengan membawa Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160), halaman konfirmasi jadwal wawancara, satu foto terbaru (Foto dibuat tidak lebih dari 6 bulan terakhir), paspor yang masih berlaku beserta semua paspor lama kalau ada, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan sesuai dengan kategori visa yang teman – teman traveler ajukan.

Lebih Detail Mengenai 5 langkah Utama Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri Dijabarkan Dibawah Ini :

1.  Membayar biaya visa Amerika non-imigran YANG TIDAK DAPAT DIKEMBALIKAN

Mulai 01 September 2012,  diperlukan membawa bukti deposit tercetak ke bank untuk pembayaran. Bank tidak akan memproses biaya visa teman – teman tanpa bukti deposit yg benar. Informasi mengenai bukti deposit dapat di lihat di pilihan Bank dan Pembayaran.

Pembayaran biaya visa Amerika non-imigran bisa dilakukan di Bank Standard Chartered atau Bank Permata.  Pembayaran dilakukan maksimal dua belas bulan sebelum jadwal wawancara anda.

  1. Prosedur cara pembayaran visa Amerika bisa diunduh dalam Bahasa Inggris disini atau dalam bahasa Indonesia disini.
  2. Pembayaran biaya visa Amerika dilakukan secara perorangan.  Tidak bisa menggabungkan pembayaran untuk keluarga atau kelompok dalam satu bukti pembayaran.
  3. Jangan membayar biaya tambahan lainnya di Bank Standard Chartered atau Bank Permata.
  4. Jangan melakukan pembayaran di bank lain, pembayaran hanya bisa dilakukan di Bank Standard Chartered atau Bank Permata.
  5. Pemegang paspor Diplomatik yang akan mengajukan permohonan visa jenis apapun, dan pemohon visa jenis A, G, C-3, NATO dan J (hanya untuk kantor-kantor yang resmi berpartisipasi pada program pertukaran yang disponsori oleh Pemerintah AS), tidak perlu membayar atau gratis.

Daftar Biaya Visa Amerika (US)

Naik cable car hukumnya wajib ketika berkunjung ke San Fransisco.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Naik cable car hukumnya wajib ketika berkunjung ke San Fransisco.

Harga Dan Jenis Visa Amerika Diurutkan Dari Terendah
Harga (USD) Harga (IDR) Tipe Visa Deskripsi
$160 2160000.00 B Business/Tourist
$160 2160000.00 C-1 Transit
$160 2160000.00 D Ship/Airline Crew
$160 2160000.00 F Student (academic)
$160 2160000.00 I Journalist and Media
$160 2160000.00 J Exchange Visitors
$160 2160000.00 M Student (vocational)
$160 2160000.00 T Victim of Human Trafficking
$160 2160000.00 TN/TD NAFTA Professionals
$160 2160000.00 U Victim of Criminal Activity
$190 2565000.00 H Temporary/Seasonal Workers and Employment, Trainees
$190 2565000.00 L Intracompany Transferees
$190 2565000.00 O Persons with Extraordinary Ability
$190 2565000.00 P Athletes. Artists & Entertainers
$190 2565000.00 Q International Cultural Exchange
$190 2565000.00 R Religious Worker
$265 3577500.00 K Fiancé(e) or Spouse of U.S. Citizen
$205 2767500.00 E Treaty Trader/Investor, Australian Professional Specialty

2. Mengisi Aplikasi Visa Amerika Non-Imigran (DS-160) Secara Online

Mengisi secara online Aplikasi Visa Elektronik (DS-160). Setelah selesai, cetak lembar halaman konfirmasi yang harus dibawa pada saat teman – teman wawancara. Halaman konfirmasi DS-160 harus dicetak di kertas ukuran surat atau A4 dengan format portrait di printer dengan resolusi tinggi, dengan demikian staf Kedutaan dapat memindai (men-scan) barcode pada jadwal wawancara anda.

 Aplikasi Visa Amerika Non-Imigran (DS-160) Secara Online.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Aplikasi Visa Amerika Non-Imigran (DS-160) Secara Online.

Selama pengisian aplikasi DS-160 secara online, harap selalu menyimpan data (save) ke dalam komputer teman – teman. Isi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan benar, termasuk dalam memilih jenis visa non-imigran yang sesuai.  Aplikasi DS-160 teman – teman akan diperiksa oleh staf Kedutaan pada waktu teman – teman datang untuk wawancara.

Apabila aplikasi DS-160 tidak lengkap, atau dalam pengisiannya ada kesalahan informasi lebih dari dua kesalahan, maka jadwal wawancara teman – teman akan ditunda sayang kan?  Teman – teman tidak dapat memperbaiki atau mengisi informasi tambahan pada aplikasi DS-160 di Kedubes AS.  Ikuti saran-saran berikut untuk menghindari kesalahan penulisan yang sering terjadi:

  • Pada penulisan nomor paspor, JANGAN memberi spasi atau jarak antara huruf dengan angka. Nomor paspor harus ditulis seperti R000000, JANGAN R 000000 (perhatikan kesalahan jarak pada huruf).
  • Gunakan menu dropdown untuk penulisan kota dimana paspor anda diterbitkan secara lengkap/benar, seperti yang tertulis di dalam paspor, contoh: Jakarta Pusat atau Soekarno Hatta, BUKAN Jakarta.
  • Pilih jenis visa yang sesuai/benar, contoh: apabila anda ingin mengajukan visa pelajar, maka teman – teman harus memilih F1. Lihat di halaman jenis visa non-imigran.
  • Teman – teman harus menulis apabila sebelumnya anda pernah ditolak untuk mendapatkan visa.
  • Apabila diminta, harap mengisi secara lengkap semua sejarah pendidikan teman – teman.  Tuliskan semua informasi mengenai pendidikan yang teman – teman hadiri, mulai dari SMA, sampai pendidikan terakhir.

3. Mengatur Jadwal Wawancara Pembuatan Visa Amerika

Jika Anda memperbarui visa Anda, Anda mungkin memenuhi syarat untuk program tanpa  wawancara  dan tidak perlu hadir langsung untuk wawancara. silahkan baca tentang Program Tanpa Wawancara  untuk menentukan apakah Anda memenuhi syarat. Waktu wawancara tersedia setiap hari kerja pada jam 07.00 dan 09:00 kecuali untuk beberapa hari libur nasional Amerika dan Indonesia.

Login ke sistem jadwal wawancara online kami di http://www.ustraveldocs.com/id/ untuk mengatur jadwal wawancara, dengan klik bagian “Go to Schedule Appointment” dan ikuti petunjuk-petunjuk yang ada di situs tersebut.

  • Membuat jadwal wawancara untuk setiap pemohon visa, termasuk anak anak.
  • Pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas, tidak perlu datang untuk wawancara.  Keluarga langsung (orang tua, suami/istri, atau anak) dapat mewakili penyerahan aplikasi dan paspor.  Orang lain yang tidak memohon dan tidak mewakili keluarga langsung akan ditolak masuk dengan alasan keterbatasan ruang dan keamanan.
  • Ajukan permohonan visa anda lebih awal. Kami berusaha untuk mempersingkat waktu tunggu wawancara, tetapi terkadang lebih lama apabila musim liburan. Kami menyarankan pemohon mengajukan setidaknya 30 hari sebelum jadwal keberangkatan ke Amerika, sehinggga pemohon dapat menerima visa mereka dengan baik sebelum rencana perjalanan ke Amerika.
  • Cetak lembar konfirmasi jadwal wawancara dan bawa pada saat wawancara.

4. Siapkan Semua  Dokumen Untuk Pengajuan Visa Amerika Yang Harus Dibawa Pada Saat Wawancara

Setiap pemohon visa Amerika non-imigran harus membawa semua dokumen berikut:

  • Halaman konfirmasi jadwal wawancara
  • Paspor dengan masa berlaku 6 bulan, di luar pada saat masuk ke Amerika.
  • Tanda bukti pembayaran dari Bank Standard Chartered atau Bank Permata untuk setiap pemohon visa.
  • Halaman konfirmasi DS-160 dicetak pada kertas ukuran surat atau A4 dalam format portrait.
  • Satu lembar foto terbaru,menghadap depan ukuran 5cm x 5cm, dengan latar belakang warna putih yang di buat tidak lebih dari 6 bulan terakhir.
  • Untuk pelajar atau pertukaran kunjungan (visa jenis F, M, J):
    • Formulir asli I-20, I-20M atau DS-2019
    • Bukti pembayaran SEVIS, dibayar di Student and Exchange Visitor Program: biaya SEVIS I-901.
    • Bukti kepemilikan dana untuk membiayai pendidikan, paling sedikit satu tahun pertama biaya pendidikan, dan biaya hidup.
  • Untuk visa pekerja sementara atau perpindahan (visa jenis H, L, O, P , Q):
    • Dokumen “Notice of Action” (I-797).
  • Apabila anda sebelumnya pernah tinggal di AS: perlihatkan dokumen yang dapat membuktikan status keimigrasian atau status visa anda, dokumen resmi dari Departemen Homeland Security (DHS).
  • Catatan kriminal/pengadilan atas setiap penangkapan atau hukuman dimanapun, walaupun anda telah dibebaskan atau telah diberi pengampunan di kemudian hari.
  • Suami/istri dan anak harus menyertakan akte kelahiran, akte nikah, dan fotokopi visa milik orangtua/suami/istri yang masih berlaku.

Dokumen-dokumen dibawah ini adalah dokumen tambahan saja, yang pada dasarnya tidak diperlukan dalam peraturan, tetapi dengan adanya dokumen-dokumen ini dapat membantu Pejabat Konsul untuk mengevaluasi aplikasi teman – teman menjadi lebih cepat. Harap membawa dokumen asli, jangan fotokopi :

  • Bukti terbaru atas pendapatan, pembayaran NPWP, kepemilikan properti atau badan usaha, atau aset; buku tabungan atau rekening koran; surat keterangan bank atau deposito;
  • Surat dari perusahaan yang menjelaskan mengenai jabatan, pendapatan perbulan, masa kerja, ijin masa cuti; dan apabila untuk tujuan bisnis, jelaskan apa tujuan teman – teman ke Amerika.
  • Rencana perjalanan selama di Amerika

Panduan Mengenai Ukuran Dan Ketentuan Foto Untuk Visa Amerika

Foto visa dan paspor untuk pengajuan Visa Amerika harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • BUKAN foto yang berupa digital scan, diubah dari bentuk aslinya
  • Hanya foto asli, bukan foto ulang dan foto yang telah berubah
  • Posisi harus di tengah, seluruh wajah dan menghadap ke depan
  • Dicetak diatas kertas foto yang glossy
  • Latar belakang foto warna putih, foto anda harus jelas dan berwarna, warna kulit terlihat natural, akurat dan proporsional tanpa bayangan
  • Harus kurang dari enam bulan terakhir
  • Ukuran 2 inci x 2 inci (5 cm x 5 cm) dengan posisi wajah berada di tengah, berjarak antara 1 inci sampai 1 3/8 inci (25mm sampai 35mm) dengan bagian mata antara 1 1/8 inci dan 1 3/8 inci (28mm dan 35mm) dari bagian bawah foto
  • Tampak bagian kepala dari pemohon visa, termasuk bagian wajah dari ujung kepala sampai dengan dagu dan bagian rambut di kedua sisi
  • Harus tampak seluruh wajah dari pemohon visa
  • Mohon TIDAK memakai kacamata hitam atau penutup wajah lainnya, kecuali kacamata atau penutup mata karena alasan medis
  • Mohon TIDAK memakai penutup wajah tradisional ataupun keagamaan/keyakinan, atau cadar, yang dapat menutupi identifikasi
  • Mohon TIDAK memakai topi militer, penerbangan atau seragam lainnya
  • Hanya memuat foto dari pemohon visa. Tidak boleh foto grup. Untuk foto anak kecil, hanya memuat foto anak kecil tersebut

Mohon diperhatikan untuk foto visa, teman – teman tidak diperbolehkan memakai topi, seragam atau penutup kepala, kecuali untuk penutup kepala dengan tujuan keagamaan. Untuk  teman – teman yang memakai hijab atau penutup kepala dengan tujuan keagamaan, wajah anda harus terlihat dengan jelas. Disarankan agar tidak ada sesuatu yang menutupi wajah teman – teman.

Foto harus terlihat santai dan alami. Pastikan untuk memiliki ekspresi wajah yang alami ketika anda mengambil foto. Foto tidak boleh di edit di photoshop dan batas rambut di kepala anda harus terlihat seperti contoh foto yang ditunjukkan berikut ini:

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Warnet dan foto studio yang umum untuk Foto Visa Amerika biasanya terdapat di beberapa lokasi di kawasan Jalan Sabang:

  • Multiplus Internet, telepon: 021 391 2785, jam kerja: 07:00-24:00.
  • Snappy Internet, telepon: 021 319 26132, jam kerja: 07:00-24:00.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Peta: Warnet dan foto studio untuk foto VISA Amerika.

5. Tahap Wawancara Untuk Pembuatan Visa Amerika

Teman harus melapor ke pintu gerbang Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan 5, tidak lebih dari 15 menit sebelum jadwal wawancara anda. Semua pemohon visa non-imigran harus datang sendiri untuk wawancara dan pengambilan sidik jari (kecuali pemohon visa A1, A2, G1, G2, G3, G4, NATO dan C3, dan bagi pemohon visa non-imigran yang berusia dibawah 14 tahun atau berusia 80 tahun ke atas). Tahap akhir dari proses jadwal wawancara anda adalah diwawancara oleh Petugas Konsular Amerika.

Pada akhir wawancara, anda akan menerima salah satu dari dokumen berwarna berikut ini:

  • Putih, berarti bahwa aplikasi disetujui dan menjelaskan bagaimana dapat mengambil paspor teman – teman yang sudah ada visa amerikanya.
  • Hijau, berarti bahwa teman – teman diminta datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan.
  • Kuning, berarti bahwa permohonan visa teman – teman dikenakan proses administrasi tambahan dan kami akan memberitahu anda apabila prosesnya telah selesai. Umumnya proses administrasi tambahan selesai dalam waktu 60 hari, meskipun jangka waktu proses berbeda disesuaikan dengan keadaan dari masing-masing permohonan visa.
  • Merah muda, berarti bahwa pada saat ini teman – teman belum memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
  • Biru, apabila pengisian aplikasi tidak lengkap, teman – teman diberi kesempatan untuk kembali dengan aplikasi yang sudah lengkap.

Tips Selama Wawancara Pembuatan Visa Amerika (US) Non-Imigran

  • Jangan gugup.  Tujuan kami adalah memberikan pelayanan visa non-imigran seramah dan seefisien mungkin. Harap diingat bahwa 90% warganegara Indonesia memenuhi syarat untuk mendapatkan visa non-imigran.
  • Ingat bahwa visa kunjungan jenis B adalah visa hanya untuk kunjungan singkat dan menetap sementara di AS.  Pemegang visa ini tidak memiliki hak untuk bekerja, belajar, menetap atau merubah ke status lain.  Ada visa-visa jenis tertentu untuk tujuan lain, dan Undang-Undang AS mengharuskan teman – teman memiliki jenis visa yang sesuai dengan tujuan anda masuk ke AS.
  • Datang sendiri.  Keluarga, teman-teman, rekan kerja atau majikan (termasuk warga negara AS) yang tidak memohon visa tidak diperbolehkan masuk Kedutaan dengan anda.
  • Teman – temantidak perlu surat jaminan.  Berdasarkan Undang-Undang AS, tidak seorangpun di Indonesia atau di AS atau di manapun juga, terlepas dari memiliki hubungan dengan pemohon visa atau apapun pangkat jabatan mereka, dapat menjamin teman – teman untuk mendapatkan visa.  Setiap pemohon visa dianggap bertanggung jawab atas dirinya sendiri.
  • Jangan bawa dokumen-dokumen atau surat keterangan palsu, atau menggunakan calo atau agen.  Setiap pemohon visa bertanggung jawab atas seluruh aplikasi visa non-imigran, dokumen-dokumen atau pernyataannya sendiri, walaupun orang lain membantu menyiapkan aplikasi teman – teman.  Membuat pernyataan palsu ke Pemerintah Amerika adalah suatu tindak kejahatan dan dapat mengakibatkan teman – teman tidak dapat memperoleh visa Amerika selamanya.  Setiap pemohon visa non-imigran yang membawa dokumen-dokumen palsu akan kami serahkan ke Polisi.

Tentang Keamanan di Kedutaan Amerika Serikat Selama Mengajukan Visa Amerika :

Pengawasan ketat akan dilakukan pada saat memasuki wilayah Pemerintah Amerika, sama seperti pada saat malakukan perjalanan ke luar negeri.  Harap tidak membawa barang-barang berikut ini karena tidak tersedia tempat penitipan baik di dalam maupun disekitar Kedubes Amerika:

  • Semua barang yang dioperasikan dengan baterai atau peralatan elektronik, seperti telepon genggam, agenda digital, jam tangan digital, pager, kamera, kaset/video, compact discs, MP3, floppies, laptop, palmtop atau berbagai jenis peralatan untuk mendengarkan music.
  • Semua tas berukuran besar, seperti tas travel, tas ransel, tas kulit, koper, tas rajutan/bahan dan tas dengan ristleting. Hanya diperbolehkan membawa folder plastik yang memuat aplikasi dan dokumen-dokumen pendukung.
  • Membawa berbagai jenis makanan. Air minum tersedia.  Makanan kecil dapat dibeli di Kedubes AS.
  • Amplop tertutup atau bingkisan.
  • Rokok/cerutu/korek api/semua yg mudah terbakar.
  • Semua jenis benda tajam, seperti gunting, pisau atau gunting kuku.
  • Senjata tajam atau segala jenis bahan peledak.

Daftar barang-barang di atas tidak bersifat final.  Semua pengunjung dan barang bawaannya akan melalui proses pemeriksaan.  Barang-barang jenis lainnya juga dapat dilarang masuk berdasarkan kebijakan pihak keamanan.  Kedubes AS tidak menyediakan tempat penitipan untuk barang- barang yang dilarang tersebut.

Nah, kira – kira seperti diatas prosedur pembuatan Visa Amerika untuk warga negara Indonesia. Memang ada banyak yang harus diperhatikan secara seksama, karena cara membuat visa Amerika memerlukan prosedur yang cukup panjang. Semoga tulisan “Panduan Cara Membuat Visa Amerika (US) Sendiri” ini bisa bermanfaat.

Referensi tulisan : http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/mengajukan_visa.html

Banyak Dicari

  • visa amerika
  • visa amerika mudah

Comments

comments

2 Responses

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: