Pantai Melasti, Bikin Liburan di Bali Makin Sempurna

LiburMulu.com Berbicara soal pantai yang ada di Bali selatan memang seolah tak ada habisnya. Rasanya, tiap kali datang ke Bali, pasti ada saja pantai yang baru. Memang ada upaya dilakukan oleh beberapa desa setempat guna menambah daya tarik yang dimilikinya dalam pariwisata. Salah satunya adalah Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali dengan suguhan pantai cantik dengan memadukan lereng curam penuh tanjakan dan juga turunan berkelok. Namanya Pantai Melasti.

Pantai Melasti ini tergolong baru, dan lokasinya terletak di Desa Ungasan (cek lokasinya disini). Karena semakin ramai dikunjungi, kini terus ditata rapi dengan harapan suguhan pantai cantik yang terlihat dari atas tebing curam ini bisa menarik hati wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Jurang tinggi yang memisahkan jalan beraspal menuju Pantai Melasti ini juga menjadi idola para pengunjung. Bahkan jalanan itu kerap menjadi latar belakang lokasi pengambilan foto, karena dari ketinggiannya 100–150 meter, Pantai Melasti terlihat cantik dari situ.

Untuk menuju pantai Melasti, harus melewati jalan seperti ini.
Untuk menuju pantai Melasti, harus melewati jalan seperti ini.

Baca juga: Liburan Ke Bali? Ini dia pantai di Bali yang bisa kalian kunjungi

Selain banyak dikunjungi oleh wisatawan, pantai ini sering dijadikan oleh masyarakat setempat sebagai pusat kegiatan Upacara Melasti pada hari tertentu. Kini pantai ini semakin ramai oleh wisatawan, jika dulunya terkesan susah dijangkau karena jalan yang cukup menantang, kini untuk pergi kesana akses jalanya sudah memadai. Jalan menuju Pantai Melasti bisa dilewati dengan berbagai moda transportasi baik mobil atau sepeda motor.

Pantai Melasti, Pantai Baru di Bali yang menarik hati.
Pantai Melasti, Pantai Baru di Bali yang menarik hati.

Penduduk lokal Desa Ungasan sendiri merasakan kalau jumlah kunjungan wisatawan ke pantai ini perlahan mengalami peningkatan akibat jalan yang sudah diperbaiki, dan juga penataan tebing kapur. Hal itu tentunya membuat senang para pedagang setempat yang berjualan di Pantai Melasti.

Pengunjung Pantai Melasti setiap harinya masih di dominasi warga setempat serta beberapa traveler lokal dari Indonesia, para wisatawan asing sepertinya masih banyak yang belum tahu dengan keberadaan Pantai Melasti ini.

Baca Juga : Destinasi anti-mainstream di Bali ini wajib dimasukkan ke itinerarymu!

Untuk kalian yang kebetulan berlibur ke Bali, datang saja ke Pantai Melasti di Sore hari. Habiskan waktu dengan duduk santai di atas butiran pasir putih halus sambil menunggu matahari terbenam. Itu tentu menyenangkan bukan?

Pemandangan sunset Pantai Melasti juga sangat menawan.
Pemandangan sunset Pantai Melasti juga sangat menawan.

Salah satu peristiwa unik bisa kamu lihat saat air laut surut. Rongga-rongga batu yang menyerupai kolam akan memberikan air jernih sebagai tempat yang segar untuk berendam. Cobalah berendam di kolam air alami tersebut atau kalian juga bisa mengamati ikan-ikan kecil yang nampak jelas terperangkap dalam kolam kecil tadi. Pantai ini cukup favorit bagi orang setempat. Bahkan pada hari Sabtu dan Minggu, pantai ini menjadi tempat favorit bercengkrama kaum muda-mudi setempat. Jaraknya yang hanya sekitar 3 kilometer dari Lapangan Desa Ungasan dulunya digunakan sebagai lokasi syuting film “Eat Pray Love” yang dibintangi oleh Julia Robert.

Jadi, kalau yang sudah bosan dengan pantai mainstream di Bali, mungkin kalian mulai mencoba berkunjung ke Pantai Melasti deh ya?

Baca Juga : Surga di Bali Tenggara yang wajib kamu kunjungi

Tebing karang menjulang tinggi dan air laut yang tenang membuat pantai ini makin elok saja.
Tebing karang menjulang tinggi dan air laut yang tenang membuat pantai ini makin elok saja.
Pantai Melasti biasa digunakan untuk upacara melasti penduduk setempat.
Pantai ini biasa digunakan untuk upacara melasti penduduk setempat.
Bermain - main di pasir Pantai Melasti pasti menyenangkan.
Bermain – main di pasir pasti menyenangkan.

Jadi, kalian yakin nggak mau liburan ke Pantai Melasti? Buat yang sudah pernah, coba comment dibawah gimana pendapat kamu, ya!

Peringatan!

Alam yang indah ini diciptakan bukan untuk didatangi, dan kemudian dikotori atau dirusak. Traveler yang baik pasti akan selalu ingat dengan ini : “Jangan ambil apapun kecuali foto, jangan bunuh apapun kecuali waktu, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak dan kenangan manis!” Say no to vandalisme, Buang sampah sembarangan, dan perusakaan tempat wisata dan alam!

Banyak Dicari

  • pantai melasti

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Entrepreneur, dan Travel Blogger di virustraveling.com

%d bloggers like this: