Cara Menyeberang, Info Harga Tarif Jadwal Penyeberangan Dari Pelabuhan Lembar Terbaru!

Pelabuhan Lembar ini adalah sebuah pelabuhan di Lombok. Pelabuhan ini berada di daerah di Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Ini adalah salah satu pintu masuk ke Pulau Lombok lewat laut.

Posisinya berada di bagian barat pulau, yang terhubung dengan Pelabuhan Padang Bai di Bali. Pelabuhan yang berada di Lombok ini adalah pelabuhan yang melayani kapal penumpang dan kapal barang.

Selain terhubung dengan Bali, tersedia juga rute penyeberangan ke Tanjung Perak di Surabaya. Sampai sekarang ini, pelabuhan yang berada di Lombok bagian barat ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang.

Misalnya fasilitas pelabuhan seperti loket 24 jam, mushola dan ruang tunggu untuk kendaraan yang akan menyeberang sudah tersedia di pelabuhan yang merupakan pintu keluar masuk Pulau Lombok bagian barat ini.

Video Pengalaman Menyeberang 12 Jam! Dari Pelabuhan Lembar Lombok Menyeberang Ke Padang Bai Bali

Ini adalah video cara penyeberangan dari Lembar ke Padang Bai di Bali. Pada rute ini sering terjadi keterlambatan, mengingat hanya ada dua dermaga yang aktif di Pelabuhan Padang Bai.

Itupun kadang hanya satu yang aktif. Jadi kalau ternyata Dermaga Padang Bai hanya bisa digunakan 1 saja, bisa membuat terjadinya antrian panjang untuk berlabuh. Efeknya penyeberangan Lombok ke Bali sampai 12 jam seperti yang terjadi pada video blog dibawah ini.

BACA JUGA :  Road Trip, Solo Touring Ke Lombok Bagian 2 [ Singaraja - Amed - Lembar Lombok ]

 

12 Jam! Dari Lembar Lombok Menyeberang Ke Padang Bai Bali
Watch this video on YouTube.

 

Sejarah Pelabuhan Lembar

Sebelumnya, Pelabuhan Lembar ini lokasinya berada di Ampenan, Mataram. Lalu kemudian Pelabuhan Pantai Ampenan di pindah ke daerah Lembar pada tahun 1977. Yaitu Ketika industri pariwisata Nusa Tenggara Barat tengah berkembang.

Sehingga ada kegiatan angkutan kapal penyeberangan kapal cepat dari Pelabuhan Lembar menuju ke Benoa, Bali (PP) menggunakan kapal cepat Hydro Foil dengan jumlah penumpang perhari ratusan orang.

Pada tanggal 30 November 1994, pemerintah menetapkan pelabuhan yang berada di Lombok Barat ini sebagai daerah bebas visa. Hal inilah yang kemudian membuat pelabuhan ini banyak dikunjungi oleh wisatawan Mancanegara terutama pada musim-musim tertentu.

Harga Tarif Jadwal Penyeberangan Dari Pelabuhan Lembar Terbaru Tahun 2020

Berikut dibawah ini adalah informasi tarif penyeberangan dari pelabuhan ini.

Harga Tarif Jadwal Penyeberangan Dari Pelabuhan Lembar Terbaru Tahun 2020.
Harga Tarif Jadwal Penyeberangan Dari Lembar Terbaru Tahun 2020.
Tarif Kendaraan Roda Empat Menyeberang Ke Pelabuhan Padang Bai Bali

Untuk harga tarif kendaraan roda 4 atau lebih yang menyeberang dari Pelabuhan Lembar berbeda beda. Tarifnya dibagi menjadi beberapa jenis golongan kendaran seberti berikut dibawah :

  • Kendaraan Golongan IVA (Untuk kendaraan mpv/suv dan sejenisnya) : IDR 917.000.
  • Kendaraan Golongan IVB (Untuk tipe kendaraan pickup dan sejenisnya) : IDR 827.000.
  • Kendaraan Golongan VA (Untuk tipe kendaraan Minibus dan sejenisnya): IDR 1.780.000
  • Kendaraan Golongan VI (Untuk tipe kendaraan bus, mobil besar dan sejenisnya) : IDR 3.010.000
Tarif Sepeda Motor Menyeberang Dari Pelabuhan Lembar ke Bali

Sementara itu untu tarif menyeberang dengan sepeda motor dari Lombok ke Bali adalah sebagai berikut. Informasi ini penting untuk kamu yang mau touring ke Lombok.

  • Kendaraan Golongan II ( Kendaraan roda 2, sepeda motor kurang 250 cc) : IDR 129.000
  • Kendaraan Golongan II (Kendaraan roda 2, sepeda motor lebih besar dari 250 cc) : IDR 250.000
BACA JUGA :  #Sunmori keliling Kota #Bandung [Enduro Touring Go Out Adventure Day 23 ] [#Motovlog]
Tarif Penumpang Menyeberang Dari Lembar Ke Bali

Khusus penumpang yang tidak naik kendaraan, tarifnya adalah sebagai berikut. Informasi ini berguna buat kamu yang mau backpacker ke Lombok naik transportasi umum.

  • Penumpang Dewasa : IDR 57.000
  • Penumpang Bayi atau anak-anak kurang dari 2 tahun : IDR 5.800

Untuk catatan, penumpang yang membawa kendaraan tiketnya sudah termasuk dalam harga tiket kendaraan. Pembelian tiket dilayani di pelabuhan, dan jadwal penyeberangan bisa berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Terminal terdekat dengan Pelabuhan Lembar adalah Terminal Bertais.

Jadwal penyeberangan dari Lembar ke Bali adalah setiap 1-2 jam sekali, dan pelabuhan buka 24 jam. Waktu keberangkatan tergantung dari kondisi cuaca dan situasi. Jika ada pertanyaan bisa telepon ke ASDP Lembar pada no telp 0370-681313 ketika jam kerja.

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar