Manafo Tradisi Mengunyah Sirih Pinang Atau Menginang Ala Orang Nias

Tradisi mengunyah sirih pinang ini sebenarnya banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya di Pulau Nias, tradisi mengunyah sirih pinang atau menginang juga dilakukan di pulau lain seperti Jawa, Papua, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

Kegiatan mengunyah sirih pinang atau menginang ini dilakukan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Orang Nias mengenalnya sebagai tradisi Manafo.

Manafo ini adalah tradisi bersirih atau menginang yang dilakukan dengan cara mengunyah bahan-bahan seperti tawuo (daun sirih), betua (kapur), gambe (daun gambir), bago (tembakau), dan fino (buah pinang). Racikan kelima bahan tersebut dikenal dengan nama Afo.

Manafo dianggap sebagai simbol budaya dan kadang menjadi bagian dari acara adat di Nias. Misalnya seperti acara penyambutan tamu kehormatan, pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, atau tamu lain dari luar daerah.

Penasaran seperti apa sih tradisi mengunyah siring pinang di Nias ini? Tonton sampai selesai travel vlognya, dan jangan lupa like, share, subscribe!

 

Watch this video on YouTube.

 

—--
My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com

BACA JUGA :  Review Scoot Airlines Buat Liburan Ke Berlin Jerman [ Transit Di Bandara Changi Singapura ]

Tinggalkan Komentar