Shibuya Crossing, Penyeberangan Paling Ramai Di Jepang!

Shibuya Crossing

Shibuya Crossing, atau yang juga dikenal dengan sebutan \”scramble\”, merupakan salah satu tempat yang paling terkenal di Tokyo. Pemandangan ini sering muncul dalam berbagai film, majalah, dan blog. Pada saat-saat paling sibuknya, diperkirakan ada sekitar 1.000 hingga 2.500 orang yang melintasi persimpangan ini setiap dua menit, cukup untuk mengisi stadion sepak bola dengan cepat. Fenomena ini lah yang membuatnya dijuluki \”scramble\”, karena pejalan kaki melintasi dari semua arah. Shibuya Crossing berada di antara kekacauan yang kacau dan sinkronisasi yang sempurna. Saat Anda menjelajahi Tokyo, Anda pasti akan singgah di sini untuk melintas dan memanfaatkan berbagai pilihan belanja, makan, dan hiburan yang ditawarkan oleh Shibuya.

Jangan Lewatkan

Ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Shibuya. Pertama adalah mengunjungi Hachiko, patung anjing ikonik di stasiun ini. Hachiko adalah anjing Akita yang menjadi simbol kesetiaan dan ketekunan. Ceritanya sangat menyedihkan namun juga manis. Hachiko datang ke Tokyo bersama pemiliknya, Eizaburo Ueno, seorang profesor di Universitas Tokyo. Setiap pagi, Hachiko akan berjalan ke stasiun bersama Ueno, dan setiap sore, dia akan kembali ke stasiun untuk menemui majikannya yang turun dari kereta. Namun, suatu sore pada tahun 1925, Ueno tidak muncul, karena meninggal secara tiba-tiba akibat pendarahan. Hachiko kemudian diadopsi oleh keluarga lain, namun setiap pagi dan sore selama hampir 10 tahun, dia akan berjalan ke stasiun dan menunggu majikannya yang sudah tiada. Patung Hachiko sekarang menjadi tempat pertemuan yang populer bagi kekasih, teman, dan keluarga, yang berdiri di samping anjing itu dan menunggu bersama di pintu keluar stasiun.

BACA JUGA :  Ceramic Art Messe Mashiko

Selain itu, Anda juga dapat menikmati kegiatan people-watching di sini, karena ribuan pejalan kaki dari seluruh dunia bertemu di Shibuya Crossing. Anda juga dapat mengeksplorasi berbagai tempat belanja di sekitar area ini, seperti Shibuya 109, Center Gai, Tokyu, Marui, dan masih banyak lagi. Shibuya memang menjadi pusat perbelanjaan terbaik di Tokyo, dengan berbagai toko dan pusat bisnis yang tersebar di sekitar stasiun.

Bagaimana Cara Menuju ke Shibuya Crossing?

Shibuya Crossing terletak di luar pintu keluar Hachiko Stasiun Shibuya. Anda dapat mengambil jalur lingkar kota utama, JR Yamanote Line, dan turun di Stasiun Shibuya. Juga terdapat jalur JR Saikyo dan Shonan Shinjuku, Keio Inokashira, Tokyu Den-en-toshi, dan Tokyu Toyoko yang semuanya berhenti di Shibuya, serta jalur subway Tokyo Metro Ginza, Hanzomon, dan Fukutoshin.

Fakta Menarik

Stasiun Shibuya mulai beroperasi pada tahun 1885. Setiap harinya, hampir 3 juta penumpang melintasi stasiun ini. Shibuya Crossing juga telah menjadi latar belakang bagi banyak film selama bertahun-tahun.

Mengapa Shibuya Menarik Banyak Pengunjung?

Stasiun Shibuya dibuka pada tahun 1885, namun persimpangan terkenalnya baru mengambil bentuk seperti sekarang pada tahun 1932 ketika Jalur Tokyu Toyoko dibuka dan membuat Shibuya menjadi salah satu tempat transit utama antara kota pelabuhan Yokohama dan pusat bisnis Tokyo. Seiring dengan penambahan jalur kereta dan peningkatan jumlah penduduk yang tinggal dan bekerja di Tokyo, area ini berkembang dengan pesat. Sekarang, Shibuya melayani sembilan jalur utama, jaringan bus yang luas, dan menjadi rumah bagi berbagai pusat perbelanjaan dan bisnis.

Keunikan Shibuya Crossing

Salah satu hal yang membuat Shibuya Crossing begitu istimewa adalah kepadatan manusia yang melintas di persimpangan ini. Dalam waktu singkat, ribuan orang bergerak melintasi persimpangan ini dengan tertib dan teratur. Namun, di balik kekacauan itu, ada keindahan dan keunikan yang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Mungkin itu adalah simbol dari kehidupan perkotaan yang sibuk namun tetap teratur, di mana orang-orang dari berbagai latar belakang dan tujuan bertemu dan melintas satu sama lain dengan harmonis.

BACA JUGA :  Oharaimachi

Cara Terbaik untuk Melihat Shibuya Crossing

Untuk benar-benar menghargai kebesaran Shibuya Crossing dan menyaksikan tarian ritmisnya secara real time, Anda dapat melihat persimpangan ini dari ketinggian. Ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi, termasuk pusat-pusat perbelanjaan dan kafe yang menjulang di atas pintu masuk stasiun, seperti Starbucks di gedung QFRONT. Namun, jika Anda ingin melihat persimpangan ini dari tempat yang lebih sepi, Anda dapat mencoba melihatnya dari dalam stasiun, antara jalur kereta JR dan pintu masuk Keio Inokashira Line.

Shibuya sebagai Pusat Budaya Pop, Makanan, dan Hiburan

Selama bertahun-tahun, Shibuya Crossing yang mudah dikenali telah menjadi latar belakang bagi banyak film dan acara televisi, baik di Jepang maupun di luar negeri, berkat bangunan-bangunan yang diterangi neon dan campuran budaya serta tren yang ada di sini, seperti Times Square di New York. Area sekitar persimpangan ini juga menjadi rumah bagi sejumlah toko yang mendorong tren fashion, makanan, dan musik di Jepang. Anda dapat mengunjungi Shibuya 109, toko yang telah menjadi trensetter sejak lama, atau berjalan di sepanjang Center Gai untuk melihat ratusan toko yang bersaing untuk menjual hal-hal terbaru. Jika Anda mencari hiburan malam, area Dogenzaka di Shibuya adalah tempat yang tepat untuk menemukan klub malam terbaik di Tokyo, serta restoran dan bar yang menarik untuk semua selera.

Kesimpulan

Shibuya Crossing adalah salah satu tempat yang paling terkenal di Tokyo, dengan ribuan orang yang melintas di persimpangan ini setiap harinya. Fenomena ini menciptakan suasana yang unik dan menarik, di mana kekacauan dan keteraturan saling berpadu secara sempurna. Selain menjadi tempat yang populer bagi pejalan kaki, Shibuya juga menawarkan berbagai pilihan belanja, makanan, dan hiburan yang tidak akan membuat Anda bosan. Jadi, jika Anda berencana mengunjungi Tokyo, jangan lupa untuk singgah di Shibuya dan merasakan sendiri keunikan persimpangan yang paling sibuk di kota ini.

BACA JUGA :  Okera Mairi

Alamat dan Peta Lokasi :

Shibuya-ku, Tokyo-to


Temukan Peta Lokasinya Di Google Maps Sekarang!

Subscribe, follow @liburmuluid and liburmulu.com

Video Shibuya Crossing, Penyeberangan Paling Ramai Di Jepang!

Shibuya Crossing, The World Most busiest intersection in the world and definitely in Japan!

Iya, jadi Shibuya Cross atau Shibuya Crossing ini adalah penyeberangan paling ramai dan sibuk di dunia, dan tentunya adalah di Jepang!

Ada yang pernah menyeberang Shibuya Crossing ini? Coba share pengalamannya di kolom komentar dibawah.

Shibuya Crossing, Penyeberangan Paling Ramai Di Jepang! [ Travel Vlog Jalan Jalan Di Jepang ]

 

Leave a Reply