The Sumida Hokusai Museum



Sumida merupakan kota yang terletak di Tokyo, jepang. Kota ini terkenal karena menjadi tempat tinggal dari salah satu seniman ukiyo-e yang paling terkenal, yaitu Katsushika Hokusai. Untuk menghormati dan mengabadikan karya-karya Hokusai, Sumida mendirikan sebuah museum modern yang didedikasikan untuk kehidupan dan karya-karya seniman tersebut. Museum ini dikenal dengan nama The Sumida Hokusai Museum.

Museum ini menawarkan pengunjungnya untuk menjelajahi kehidupan dan karya-karya Hokusai melalui replika berukuran hidup dengan resolusi tinggi. Salah satu karya terkenal Hokusai yang dipamerkan di museum ini adalah seri “Thirty-six Views of Mount Fuji” yang mencakup lukisan ikonik “Under the Wave off Kanagawa”. Dalam ruangan pameran permanen yang disebut AURORA, pengunjung dapat menemukan detail-detail menarik tentang kehidupan Hokusai dan karya-karyanya. Sebuah replika studio seni Hokusai juga dipajang di museum ini, lengkap dengan patung-patung Hokusai dan putrinya, memberikan gambaran yang menarik tentang dunia ikon seni ini.

Museum ini juga menyediakan panel-panel multibahasa yang memberikan informasi detail tentang karya-karya seni yang dipamerkan di ruang pameran permanen AURORA. Selain itu, karya-karya asli Hokusai juga dipamerkan dalam pameran khusus di museum ini.

Untuk mencapai museum ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan selama 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Ryogoku yang terletak di Jalur Toei Oedo, atau 9 menit berjalan kaki dari Stasiun Ryogoku yang terletak di Jalur JR Sobu. Lokasi museum ini cukup strategis dan mudah diakses oleh pengunjung.

Tak hanya karya-karya Hokusai yang menarik, bangunan museumnya sendiri juga patut mendapat perhatian. Dirancang oleh arsitek pemenang penghargaan, Sejima Kazuyo, bangunan ini memiliki tampilan yang futuristik dan bisa dijangkau dari setiap sisi dengan pintu masuk berada di tengah bangunan. Desainnya yang modern dan terbuat dari panel cermin yang memantulkan langit membuat bangunan museum ini menjadi menonjol di antara rumah-rumah tradisional di sekitarnya.

BACA JUGA :  Kurashiki Bikan Historical Quarter

Katsushika Hokusai adalah seorang seniman ukiyo-e yang sangat produktif. Lahir pada tahun 1760, ia tinggal di Sumida Ward sepanjang sekitar 90 tahun hidupnya dan menangkap keindahan Jepang era Edo melalui lukisan-lukisan berwarna-warni yang ia ciptakan. Banyak karya awalnya menampilkan pemandangan sekitar rumahnya, yang memberikan gambaran tentang Tokyo periode akhir Edo (akhir abad ke-18 hingga awal abad ke-19). Panel-panel interaktif, video, dan permainan seni yang menyenangkan dengan penjelasan dalam bahasa Inggris menyediakan hiburan yang cukup untuk beberapa jam atau sepanjang sore bagi para penggemar seni yang lebih serius.

The Sumida Hokusai Museum tidak hanya menawarkan pengalaman yang memukau dalam mengeksplorasi kehidupan dan karya-karya Hokusai, tetapi juga memberikan wawasan yang mendalam tentang seni dan budaya Jepang. Melalui karya-karya Hokusai, pengunjung dapat mempelajari tentang sejarah dan keindahan seni tradisional Jepang, serta menghargai kontribusi Hokusai dalam mengembangkan seni ukiyo-e.

Museum ini juga menjadi tempat yang ideal bagi para penggemar seni yang ingin memperluas pengetahuan mereka tentang seni modern dan arsitektur. Dengan desain bangunan yang futuristik dan inovatif, museum ini menggabungkan seni dan arsitektur secara harmonis, menciptakan pengalaman yang unik bagi pengunjung.

Selain itu, museum ini juga menyediakan informasi tentang karya-karya seni lainnya yang dapat dikunjungi di sekitar kota Sumida. Beberapa di antaranya termasuk Edo-Tokyo Museum dan Japan Ukiyoe Museum. Dengan mengunjungi museum-museum ini, pengunjung dapat melengkapi pengetahuan mereka tentang seni dan budaya Jepang.

Dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19, informasi yang tertera di halaman ini mungkin dapat berubah. Sebelum mengunjungi museum ini, disarankan untuk memeriksa informasi terbaru mengenai jam buka, pembatasan akses, dan protokol kesehatan yang berlaku.

BACA JUGA :  Kurume

Untuk lebih memperkaya pengalaman kunjungan Anda, museum ini juga menawarkan pilihan untuk berbagi informasi tentang museum ini melalui berbagai platform media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Twitter. Anda juga dapat berbagi informasi melalui pesan dengan menggunakan fitur Messenger atau melalui aplikasi Telegram, WeChat, Pinterest, atau Email.

Dengan begitu banyak hal menarik yang ditawarkan oleh The Sumida Hokusai Museum, tidak heran jika museum ini direkomendasikan bagi Anda yang tertarik dengan seni, arsitektur, dan budaya Jepang. Dengan mengunjungi museum ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang mendalam tentang kehidupan dan karya-karya Hokusai, serta menikmati keindahan seni tradisional dan modern yang ditawarkan oleh museum ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi The Sumida Hokusai Museum saat Anda berada di Sumida, Tokyo.

Alamat dan Peta Lokasi :

2-2-7-2 Kamezawa, Sumida-ku, Tokyo-to


Temukan Peta Lokasinya Di Google Maps Sekarang!

Subscribe, follow @liburmuluid and liburmulu.com