Tari Gandrung Banyuwangi Di Taman Gandrung Terakota

Gandrung awalnya merupakan tarian yang digunakan untuk ritual persembahan kepada Dewi Sri, sebagai bentuk rasa syukur ketika panen.

Penari Gandrung yang dianggap sudah mampu dalam menyanyi dan menari akan menjalani ritual Meras Gandrung, sebelum menjadi Penari Gandrung professional.

Tari Meras Gandrung yang dipentaskan di Taman Gandrung Terakota ini merupakan sisi lain dari Tarian Gandrung yang ada di Banyuwangi.

Tari akan diawali dengan suasana Banyuwangi pra kemerdekaan dimana Tari Gandrung dimainkan oleh laki-laki yang juga merangkap sebagai mata-mata.

Setelah Indonesia merdeka, penari Gandrung akan dipilih oleh yang lebih seior untuk menjadi penari gandrung professional.

Penari akan melewati penataran, dan penari Gandrung Muda akan dipupuh dalam proses yang menyakitkan karena perang batin antara energi positif dan negatif dalam diri penari.

Setelah dipupuh, penari akan diwisuda (meras), dan akan menjadi penari gandrung professional, hingga bisa bergabung dengan penari Gandrung Lainnya untuk menarikan Tarian Jejer Gandrung.

 

Tari Gandrung Banyuwangi Di Taman Gandrung Terakota
Watch this video on YouTube.

 

—--

My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com

BACA JUGA :  Riding Ke Pantai Baron, Kena Macet Di Jalan [ Jelajah Wisata Pantai Gunung Kidul Part 1 ]
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar