Taman Nasional Di Indonesia Memang Banyak, Tapi Selalu Seru Untuk Dikunjungi! Seperti Yang Ini Nih!

LiburMulu.com – Keberadaan Indonesia yang berada di kawasan tropis, membuat negeri ini selalu disinari matahari sepanjang tahun. Kalian semua tentu tahu, bahwa di Indonesia hanya terjadi dua kali pergantian musim dalam setahun yakni musim kemarau dan hujan.

Dikarenakan Indonesia memiliki iklim tropis tropis tersebut, membuatnya dilimpahi oleh kekayaan alam yang begitu melimpah. Tidak hanya itu, karena curah hujan yang tinggi pula, membuat tanah menjadi subur sehingga berbagai flora dan fauna hidup beraneka ragam di Ibu Pertiwi ini.

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia terbukti dari terdapat banyaknya taman nasional yang dilestarikan di seluruh penjuru tanah air. Bagi kalian yang belum memahami; Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi (pasal 1 butir 14 UU No. 5 Tahun 1990).

Keuntungan kalian berkunjung ke taman nasional, sudah tentu kalian akan mendapatkan sebuah pemandangan serta ekosistem asli, serta ilmu pengetahuan yang berharga dari tempat tersebut. Berikut ini merupakan beberapa taman nasional yang mungkin dapat menjadi inspirasi dan destinasi berlibur kalian selanjutnya:

1. Ingin Melihat “Paru-paru Dunia”?! Datanglah ke Taman Naional Gunung Leuser Yang Memiliki Hutan Gunung Yang Lebat

Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) merupakan taman nasional yang dikenal memiliki panorama alam dan “paru-paru” dunia. Tidak hanya Pemerintah Indonesia yang menetapkan TNGL sebagai cagar alam nasional, UNESCO juga menetapkannya sebagai warisan dunia (Cagar Biosfir). Kekayaan alam yang dimiliki taman nasional ini yakni berupa hutan Gunung Leuser yang lebat, hutan hujan tropika yang di dalamnya terdapat beberapa sungai, danau, sumber air panas, lembah, dan air terjun.

Ekosistem alam yang dimilikinya juga sangat indah dan beragam, meliputi dataran rendah (pantai) hingga pengunungan. Terdapat pula beragam satwa langka yang dilindungi, seperti kucing hutan, harimau Sumatera, rangkong, orang utan, siamang, ular, kupu-kupu, burung, gajah Sumatera, badak Sumatera, kambing hutan, dan rusa sambar. Selain itu, terdapat tumbuhan pencekik (ara) dan tumbuhan langka lainnya, seperti bunga raksasa “Rhizanthes zippelnii” yang berdiameter 1,5 meter, bunga raflesia, dan daun payung raksasa.

Cara Ke Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) : Taman Nasional Gunung Leuser dapat dicapai sekitar 3-4 berkendara dari kota Medan.
Kunjungan terbaik: Juni sampai Oktober
Kontak: Lembaga Pariwisata Tangkahan/ tangkahan_ecotourism@yahoo.com

2. Di Taman Nasional Kerinci Seblat Kalian Dapat Menemui Flora Dan Fauna Langka Yang Dilindungi

Taman Nasional Kerinci Seblat
Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan taman nasional terbesar yang berada di Sumatera. Memiliki seluas 1.368.000 Ha, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) juga merupakan area konservasi alam yang terletak di empat provinsi, yaitu: Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumtera Selatan.

Taman nasional ini merupakan penyatuan dari beberapa cagar alam, yaitu Inderapura dan Bukit Tapan, serta Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan-Bukit Kayu Embun dan Gedang Seblat. Kawasan tersebut berfungsi sebagai hidro-orologis yang sangat vital bagi wilayah sekitarnya.

Di taman nasional ini kalian dapat menjumpai flora yang dilindungi seperti Kantung Semar (Nephents Ampularia), Bunga Anggrek dan beragam tumbuhan-tumbuhan tropikal. Selain itu juga terdapat fauna yang dilindungi seperti Macan, Beruang, Rusa dan jenis-jenis primata serta burung.

Terdapat pula endemik primata yang langka dan dilindungi di TNKS yakni Simpai, Ungkou, Siamang (Symphanlangus Syndactylus), monyet dan bekantan. Bagi kalian yang tertarik untuk bermalam, TNKS menyediakan penginapan bagi wisatawan.

Cara Ke Taman Nasional Kerinci Seblat : Dari Padang menuju ke Sungai Penuh yang jaranya sekitar 7-8 jam atau 278 km.
Kunjungan terbaik : Januari sampai Oktober
Kontak : Taman Nasional Kerinci Seblat. Jl. Basuki Rahmat No. 11; Sungai Penuh 32112

3. Ingin Mengunjungi Rumah Gajah, Bisa Datang Ke Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera ini merupakan rumah sekaligus pusat pelatihan dan taman bermain gajah sumatera. Terdapat sekitar 200 gajah sumatera yang menjadikan hutan ini sebagai rumah mereka. Lokasinya terletak 9 km dari pintu masuk taman Plang Ijo.

Di Pusat Pelatihan Gajah Way Kambas, kalian dapat menyaksikan secara langsung gajah yang melakukan berbagai tugas dan aktifitas unik lainnya. Kegiatannya bermain sepak bola menjadi salah satu pertunjukan paling menghibur yang dapat kalian nikmati.

Tidak hanya gajah, di TNWK terdapat pula badak sumatera yang dilindungo di habidat aslinya. Mamalia lainnya yang hidup di taman nasional ini antara lain: harimau sumatera, tapir, anjng hutan, siamang, berbagai jenis burung serta reptilia.

Jika kalian tertarik untuk menikmati suasana malam, kalian dapat mendirikan tenda di daerah Pos Jaga Plang Hijau. namun untuk menginap, kalian dapat meminta surat SIMAKSI di Kantor penjagaan.

Cara Ke Taman Nasional Way Kambas: dari Bandar Lampung maka mengambil rute Kota Bumi utara dan ikuti rute yang ditunjukan marka gambar gajah untuk sampai di TNWK.
Kunjungan terbaik: Juli hingga September
Kontak : Satwa Satwa Elephant Eco Lodge Way Kambas Tlp. +62 361 701098; +62 725 7645290

4. Menikmati Keindahan Alam Mulai Dari Hutan, Gunung dan Pantai Dapat Kalian Lakukan Di Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan suaka margasatwa terakhir bagi badak Jawa sekaligus obyek wisata alam menarik yang memiliki keindahan berbagai bentuk gejala dan keunikannya. Jika berkunjung ke taman nasional ini klaian akan menemukan sungai-sungai jeram, air terjun, pantai pasir putih, sumber air panas, taman laut, hingga peninggalan sejarah Arca Ganesha, di Gunung Raksa Pulau Panaitan. Semuanya merupakan pesona alam yang sangat menarik yang dapat menjadi alasan kalian mengunjungi taman nasional ini.

Kawasan taman nasional ini terletak di semenanjung segitiga paling ujung selatan Pulau Jawa. Perlu kalian ketauhi bahwa, Ujung Kulon adalah Taman Nasional pertama dan utama di Indonesia, yang dirancang sebagai cagar alam sejak tahun 1921. Ujung Kulon merupakan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah terbesar di Jawa bagian barat.

Cara Ke Taman Nasional Ujung Kulon : Dari Jakarta kalian dapat menuju Labuan melalui Serang; Banten. Ujung Kulon dapat dijangkau dengan speedboat dari Labuan ke Pulau Peucang yang memakan waktu 5 jam. Atau kalian dapat juga menggunakan mobil selama 3.5 jam dari Labuan ke Tamanjaya.
Kontak : Taman Nasional Ujung Kulon; Jl. Perintis Kemerdekaan No. 51; Labuan; Pandeglang; Jawa Barat (0253)801731

5. Menjadi Saksi Sebuah Mahakarya Tuhan, Artinya Kalian Harus Datang Ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memiliki area seluas 800 km persegi ini merupakan kawasan gunung berapi terbesar di provinsi Jawa Timur. Taman nasional ini juga telah menjadi destinasi favorit yang wajib untuk kalian kunjungi, pemandangan indah yang diberikan taman nasional ini membuatnya menjadi salah satu Indonesia Top Bucket List bagi para wisatawan mancanegara.

Kaldera di taman nasional ini merupakan yang terluas di pulau Jawa, dengan padang pasir tandus seluas 10 km. Di lautan pasir ini ditemukan tujuh buah pusat letusan dalam dua jalur yang silang-menyilang yaitu dari timur-barat dan timur laut-barat daya. Dari timur laut-barat daya inilah muncul Gunung Bromo yang termasuk gunung api yang masih aktif nan memukau.

Cara Ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru : Bromo Tengger Semeru dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dan umum dari Surabaya atau Malang; Jawa Timur. Pesawat Sriwijaya Air terbang dua kali sehari ke Malang dari Jakarta.
Kunjungan terbaik: April hingga Oktober
Kontak : Kantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Jl. Panda No. 8 Malang; Jawa Timur

6. Ingin Merasakan Sensasi Berada di Afrika. Datanglah Ke Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran

Terdiri dari hamparan savana terluas di Pulau Jawa, membuat kunjungan kalian di Taman Nasional Baluran seakan berada di tanah Afrika. Baluran menyajikan keindahan alam menakjubkan ketika kalian dapat menyaksikan secara langsung ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, puluhan kerbau besar yang gagah, belasan elang mencari makan, hingga lutung dan makaka yang bergelantungan.

Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 % tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.

Cara Ke Kawasan Taman Nasional Baluran : Perjalanan menuju Taman Nasional Baluran memakan waktu kurang lebih 6 jam dari Surabaya
Kunjungan terbaik : Juni hingga Nopember
Kontak : Kantor Taman Nasional Baluran. Jl. K.H Agus Salim No. 132; Banyuwangi; Jawa Timur

7. Melihat Secara Langsung Hewan Purba Langka Dan Kehidupan Liarnya, Dapat Kalian Lakukan Di Taman nasional Komodo

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo

Bagi kalian yang ingin menikmati kekayaan alam di wilayah Nusa Tenggara Timur, datanglah ke Taman Nasional Komodo yang memiliki keindahan serta kekayaan fauna dan biota bawah airnya. Dikawasan taman nasional ini juga terpampang pulau-pulau indah berpasir putih hingga yang berpasir merah muda indahnya saat disapa matahari. Taman ini mencakup 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Pulau Padar, banyak juga pulau-pulau kecil lainnya yang jika dijumlahkan memiliki luas tanah 603 km².

Hewan Komodo merupakan spesies langka yang sudah hampir punah, hewan ini hanya dapat kalian temukan di Taman Nasional Komodo. Karena keunikan dan kelangkaannya, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Tidak hanya kehidupan liar, Taman Nasional Komodo juga memiliki biota bawah laut yang menakjubkan. Bahkan para penyelam mengatakan bahwa perairan Komodo merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Cara Ke Taman Nasional Komodo : Tersedia penerbangan setiap hari dan untuk tujuan Bali-Labuan Bajo atau Bandara Pulau Komodo-Bali yang masing-masing menghabiskan waktu 1.5 jam. Kalian dapat menyebrang ke Pulau Komodo melalui pelabuhan Labuan Bajo
Kunjungan terbaik : Maret sampai Juni dan Oktober sampai Desember
Kontak : Kantor Taman Nasional Kommodo. Jl. Kasimo; Labuan Bajo; NTT

8. Menjelajahi Sungai Di Belantara Kalimantan Untuk Bertemu Dengan Orangutan, Taman Nasional Tanjung Puting Tempatnya

Taman Nasional Tanjung Puting
Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting menjadi tujuan yang sangat istimewa karena taman nasional ini merupakan ibukota orangutan di muka Bumi, sekaligus pusat rehabilitasi orangutan pertama di Indonesia. Luasnya yang mencapai seukuran Pulau Bali yakni sekira 415.040 ha, berada di Kecamatan Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Kecamatan Hanau serta Kecamatan Seruyan Hilir di Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Jika kalian berkunjung ke taman nasional yang satu ini, kalian akan menyusuri sungai di belantara Kalimantan yang membelah hutan-hutan lebat selama beberapa hari. Penjelajahan akan semakin menarik karena kalian akan hidup selama beberapa hari diatas kapal kayu yang disebut dengan Klotok.

Ketika menyusuri sungai, terdengar nyanyian burung-burung, suara monyet yang bergelantungan, hingga beragam bunyian unik dari serangga yang tidak pernah berhenti. Udara segar dan cakrawala terbuka luas akan merekahkan indahnya Matahari, saat malam tiba, giliran keindahan bintang-bintang bertebaran terpancar.

Cara Ke Taman Nasional Tanjung Puting : Dari pusat kota Pangkalan Bun butuh sekira 30-45 menit menuju Kumai tempat dimana Taman Nasional Tanjung Puting berada.
Kunjungan terbaik : Juni hingga September
Kontak : Kantor Taman nasional Tanjung Puting Jl. H.M Rifa'I Km 2; Pangkalan Bun; Kalteng

9. Berenang Dengan Beragam Biota Laut Yang Menakjubkan Adalah Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken
Taman Nasional Bunaken (sumber)

Bagi kalian pecinta olahraga diving, Taman Nasional Bunaken yang merupakan taman laut pertama di Indonesia ini dapat menjadi tempat yang menakjubkan untuk kalian jelajahi. Karena di taman nasional ini kalian dapat menemukan berbagai kehidupan laut yang menakjubkan penuh warna-warni. Terdapat sekitar 20 titik penyelaman, dimana kalian akan mendapat kesempatan berenang di bawah laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan.

Terletak di Teluk Manado, tepatnya di utara Pulau Sulawesi dan secara administratif bagian dari Kota Manado, Taman Nasional Bunaken memiliki hampir 390 spesies terumbu karang yang didominasi oleh bebatuan laut. Juga bermacam spesies alga seperti Caulaerpa, Halimeda, Padina, serta rumput laut. Pemandangan yang paling menarik yakni terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

Cara Ke Taman Nasional Bunaken : Dari Pelabuhan Manado dengan kapal Marina Blue Banter dan Marina Nusantara Diving Centre (NDC). Dari pelabuhan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Apabila ingin langsung menuju titik selam maka membutuhkan waktu 20 menit.
Kunjungan terbaik : April hingga Oktober
Kontak : Kantor Taman Nasional Bunaken dan Manado tua. Jl. Raya Molas Manado; Sulawesi Utara

10. Taman Nasional Wakatobi Yang Menjadi Tujuan Wisata Menyelam Dunia Juga Tidak Boleh Kalian Lewatkan Loh!

Taman Nasional Wakatobi
Taman Nasional Wakatobi

Tidak hanya Bunaken di Sulawesi Utara, Taman Nasional Wakatobi yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara juga telah menjadi tujuan wisata menyelam yang amat memukau dan menjadi impian dari banyak pencinta bawah laut di dunia.

Taman Nasional yang memiliki total area 1,39 juta hektar ini memiliki keanekaragaman hayati laut dan karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Tentunya akan menjadi surga bagi kalian yang mencintai kehidupan bawah laut bukan?!

Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan diantaranya (Cephalopholus argus), takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus biguttatus), baronang (Siganus guttatus), Amphiprion melanopus, Chaetodon specullum, Chelmon rostratus, Heniochus acuminatus, Lutjanus monostigma, Caesio caerularea, dan masih banyak lagi.

Cara Ke Taman Nasional Wakatobi : Dari Wangi-Wangi perjalanan ke pulau-pulau lain bisa ditempuh dengan perahu-perahu sewaan atau perahu reguler yang sederhana tetapi cukup aman.
Kunjungan terbaik : April hingga Juni dan Oktober hingga Desember
Kontak : Kantor Taman Nasional Laut Wakatobi. Jl. Dayanu Iksanudin; Bau Bau; Buton; Sulawesi Tenggara

***

Sudahkah kalian menentukan taman nasional mana yang ingin kalian kunjungi?! Tanpa kalian sadari, mengunjungi taman nasional memiliki manfaat yang begitu berarti. Dengan mengunjunginya, akan dapat menumbuhkan rasa kecintaan kita pada kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Dengan begitu, kalianpun akan ikut menjaga kelestarian alam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagi itu menyenangkan!

About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar

%d bloggers like this: