Manafo Tradisi Mengunyah Sirih Pinang Atau Menginang Ala Orang Nias

Tradisi mengunyah sirih pinang ini sebenarnya banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya di Pulau Nias, tradisi mengunyah sirih pinang atau menginang juga dilakukan di pulau lain seperti Jawa, Papua, Nusa Tenggara, dan Kalimantan.

Kegiatan mengunyah sirih pinang atau menginang ini dilakukan baik oleh perempuan maupun laki-laki. Orang Nias mengenalnya sebagai tradisi Manafo.

Manafo ini adalah tradisi bersirih atau menginang yang dilakukan dengan cara mengunyah bahan-bahan seperti tawuo (daun sirih), betua (kapur), gambe (daun gambir), bago (tembakau), dan fino (buah pinang). Racikan kelima bahan tersebut dikenal dengan nama Afo.

Manafo dianggap sebagai simbol budaya dan kadang menjadi bagian dari acara adat di Nias. Misalnya seperti acara penyambutan tamu kehormatan, pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, atau tamu lain dari luar daerah.

Penasaran seperti apa sih tradisi mengunyah siring pinang di Nias ini? Tonton sampai selesai travel vlognya, dan jangan lupa like, share, subscribe!

 

 

—--
My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com

BACA JUGA :  Tari Maena Nias Itu Ternyata Keren Ya!
About the author

Temukan inspirasi dan informasi seputar traveling dan perjalanan di LiburMulu.com. Secara rutin LiburMulu.com akan berbagi informasi tetang perjalanan liburan, cerita traveling, review hotel. review destinasi, contoh itinerary, dan tips - tips perjalanan dan traveling baik di Indonesia atau di Luar Negeri. Jadi… Kapan Kita Kemana Kawan?

Tinggalkan Komentar