Liburan Makin Keren Sambil Selfie Di Umbul Ponggok Klaten!

Umbul Ponggok Klaten yang unik nan berbeda ini bisa kalian kunjungi di kala liburan. Terutama buat kalian yang mungkin kecewa karena Situ Cilembang di Hariang ternyata tidak bisa digunakan untuk berenang, atau merasa Labuan Cermin yang ada di Kalimantan terlalu jauh untuk kalian kunjungi.

Tentu saja, tempat wisata di Klaten yang satu ini tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan Labuan Cermin yang ada di Kalimantan. Untuk yang belum tahu, Umbul Ponggok Klaten ini dulu sebenarnya adalah sebuah sumber mata air alami yang berbentuk kolam.

Air di Umbul Ponggok Klaten ini begitu jernih dan bening
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Air di Umbul Ponggok Klaten ini begitu jernih dan bening via https://www.instagram.com/p/BAYqTGrF1ui/

Namun karena kian hari makin populer, sekarang ini wisata Umbul Ponggok yang ada di Klaten ini kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata yang keren dan nyaman. Sehingga akhirnya sekarang menjadi lumayan terkenal di Klaten dan sekitarnya.

Umbul Ponggok Klaten memang bukan kolam renang biasa. Karena disini kalian akan merasakan sensasi berenang bareng ikan air tawar yang berwarna-warni yang memang sudah ada sejak lama di Umbul Ponggok. Kalau berenang di tempat wisata Klaten yang satu ini, kalian akan bisa merasakan sensasi menyelam bareng ikan air tawar.

(Baca Juga : Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang! Untuk Para Petualang)

Nyok selfie kan.. ikan~~
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Nyok selfie kan.. ikan~~ via https://www.instagram.com/p/BAWSSmpQuBg/

Nggak cuma itu saja, biasanya Umbul Ponggok Klaten ini juga sering dijadikan sebagai tempat latihan diving. Untuk yang nggak berminat dengan kegiatan diving, kalian bisa menikmatinya hanya dengan snorkeling atau berenang lucu disini.

Snorkelling di tempat ini jauh lebih aman jika dibandingkan dengan snorkeling di lautan. Karena kolam renang alami di Klaten ini adalah sebuah sumber mata air alami yang begitu segar dan sangat jernih. Terlebih lagi, tidak ada arus atau ombak sama sekali di Kolam alami Umbul Ponggok ini. Konon kolam renang alami ini keberadaannya sudah ada sejak zaman Belanda.

Umbul Ponggok Klaten ini biasa dipakai untuk latihan scuba dive
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Umbul Ponggok Klaten ini biasa dipakai untuk latihan scuba dive. via https://www.instagram.com/p/62Gm0_oF8h/

Belakangan, keberadaan Umbul Ponggok Klaten ini nggak cuma dikenal sebagai tempat berenang, snorkeling atau diving saja. Karena keunikannya, kolam renang alami yang berukuran kira-kira 50 x 25 meter dan kedalaman antara 1,5 – 2++ meter ini sering dimanfaatkan untuk kegiatan underwater photograpy atau fotografi bawah air.

Memang, jika dilihat dari kedalamannya, kolam renang ini memang cocok untuk kegiatan ini. Baik mulai dari fotografi yang professional, atau hanya pengunjung yang ingin sekedar selfie dibawah air bersama ikan-ikan lucu. Kalian tentu ingin mencoba sensasi berfoto bawah air bareng ikan-ikan lucu kan?

(Baca Juga : Labuan Cermin, Danau Cermin Di Tengah Belantara Berau)

Mancing bareng ikan di dalam kolam ikan! Eh gimana!?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mancing bareng ikan di dalam kolam ikan! Eh gimana!? via https://www.instagram.com/p/BAQ5s1BIKjy/

Ditambah lagi kolam renang yang satu ini bagian dasarnya bukan berupa keramik seperti kolam renang pada umumnya. Namun, dasar Umbul Ponggok Klaten ini masih sangat alami berupa hamparan pasir halus yang memberikan sensasi tersendiri. Airnya pun selalu segar, karena air sealu mengalir terus dari sumber mata airnya.

Lokasi, Harga Tiket, Dan Daftar Harga Sewa Snorkeling Set Di Umbul Ponggok Klaten

Ayok sepedahan ke Umbul Ponggok teman-teman~
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ayok sepedahan ke Umbul Ponggok teman-teman~ via https://www.instagram.com/p/BAta_VqFGC7/

Umbul Ponggok ini berada tidak terlalu jauh dari kota Yogyakarta. Lokasi kolam renang alami ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Jika kalian datang dari arah Yogyakarta, untuk menuju ke tempat ini hanya akan memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Umbul Ponggok sendiri buka setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB.

Untuk masuk ke tempat wisata klaten yang satu ini, kalian hanya perlu membyar tiket sebesar IDR 5.000 per orang. Sebaiknya kalian membawa peralatan snorkeling sendiri jika ingin snorkeling di Umbul Ponggok. Namun jika kalian tidak membawa, kalian bisa menyewanya disini. Tarif penyewaan alat snorkeling di Umbul Ponggok Klaten adalah sebagai berikut : Snorkel IDR 10.000, Kaki katak IDR 5.000, Pelampung IDR 5.000, IDR Rp 5.000.

Daftar Harga Tiket Masuk Dan Sewa Perlengkapan Di Umbul Ponggok

  • Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok: IDR 5000
  • Sewa Masker Atau Snorkel Set: IDR 10000
  • Sewa Pelampung: IDR 5000
  • Harga Sewa Kaki Katak: IDR 5000
  • Harga Kamera Underwater Setengah Jam: IDR 60.000
  • Harga Kamera Underwater Satu Jam: IDR 100.000

(Baca Juga : Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!)

Rute Dan Cara Menuju Umbul Ponggok Klaten Dari Beberapa Kota Di Dekatnya

Brum-brum! Ayo kesini bareng-bareng!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Brum-brum! Ayo kesini bareng-bareng! via https://www.instagram.com/p/_auEvyR32v/

1. Dari Kota Solo Dan Sekitarnya

Kalian yang datang dari arah kota seperti Solo, Wonogiri, Magetan, Sukoharjo, Karanganyar, Atau ngawi, kalian bisa melalui jalan utama yaitu jalan raya Solo-Yogyakarta. Petunjuk paling gampang adalah, ketika sudah melewati Delanggau berhenti dulu di Terminal Penggung Klaten yang ada di di kiri jalan. Terminal ini terletak pada persimpangan lampu lalu lintas jalan menuju ke ke Desa Ponggok.

Dari lampu lalu lintas ini, ambilah arah ke kanan dan lurus terus ikuti jalan sampai bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

2. Dari Arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo, Dan Kebumen

Buat kalian yang dari dari arah Jogja, Sleman, Prambanan, Purworejo, dan Kebumen. Rutenya adalah melalui jalan raya Yogyakarta-Solo. Sampai di persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro lurus saja lewat tengah kota hinga menuju GOR Gelarsena Klaten.

Setelah sampai di GOR Gelarsena Klaten. Silakan ambil kiri ke arah Jatinom atau Polanharjo sampai ketemu persimpangan dekat Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan. Lurus saja, ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

3. Dari Arah Boyolali, Salatiga, Dan Semarang

Buat Kalian yang dari arah Boyolali, Salatiga, Dan Semarang langsung saja menuju klaten melalui jatinom. Setelah sampai pasar jatinom ambil arah menuju ke Terminal Penggung. Sesaat sebelum kalian sampai terminal, kalian akan melihat Markas Koramil di kanan jalan di dekat pertigaan. Dari pertigaan tersebut tinggal ambil arah ke kanan, lurus ikuti jalan sampai terlihat Umbul Ponggok.

Jika kalian masih bingung dengan petunjuk diatas, kalian bisa memanfaatkan panduang GPS. Untuk lokasi Umbul Ponggok Klaten di google maps, bisa kalian lihat disini.

Peta lokasi Umbul Ponggok Klaten Yogyakarta di Google maps klik disini
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Peta lokasi Umbul Ponggok Klaten Yogyakarta di Google maps klik disini

(Baca Juga : Liburan Ke Yogyakarta? Pantai Di Yogyakarta Ini Bisa Jadi Ide Liburanmu Selanjutnya!)

Review Umbul Ponggok Klaten Dari Beberapa Pengunjungnya

Balapan sama ikan yuk!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Balapan sama ikan yuk! via https://www.instagram.com/p/-s3LfkHKa8/

Kolam renang di kalau tampak dari atas air tak jauh bedanya dengan kolam renang lain pada umum nya akan tetapi bila anda menyelam kedalam kolamnya berasa di dalam lautan yang biru nan bersih dan di kelilingi ikan ikan – Muhamad Rusdiantoro

Jangan datang di hari libur dan hari besar. Bisa foto dengan banyak moment tanpa gangguan – The B Hermantoes

Kolam alam dengan air murni yang jernih. Bagus untuk tujuan liburan keluarga. Pastikan bawa kamera underwater kalau datang ke tempat ini untuk mengabadikan moment di bawah air berenang bersama ikan-ikan.

Namun, kebersihan kurang terjaga. Sampah yang dibawa oleh pengunjung banyak yang masuk ke air. – Urza Rumpoko

Nggam hanya sekali, sejak harga tiket 2.000 tahun 2012 sampe tiket 8.000 selalu jadi favorit untuk ngadem… Minimal 6 bulan sekali ke sini… Hahaha – Haydar Chaidir

Mungkin kebetulan ke Umbul Ponggok nya pas hari libur, jadi gak bisa nikmati suasana nya. Overall, tempat ini jadi salah satu destinasi yang oke buat liburan berbudget rendah. – Viar Agastya

Kemarin aku habis kesitu. Rame banget. Pokoknya seru deh!!kapan kapan kesitu lagi bareng keluarga!! : ) – Shafa Azzahra

Umbul Ponggok Klaten adalah tempat paling favorit saya dan tman2 saya, airnya bersih,tp sayang blm ada mushola didalem objek wisata – Muhammad Nuradi

Nah, jadi bagaimana? Menarik sekali bukan tempat wisata di Klaten yang dikenal dengan nama Umbul Ponggok ini! Yuk, rencanakan liburan kalian bersama teman atau keluarga dan mampir ke Umbul Ponggok Klaten! Rasakan sensasi berenang yang berbeda bersama ikan-ikan lucu disini!

Foto-Foto Instagram Umbul Ponggok Klaten Untuk Referensi Pose Selfie Kalian Nanti!

Foto keluarga anti-mainstream kesini aja! via @kintaaanwtys
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Foto keluarga anti-mainstream kesini aja! via @kintaaanwtys

Foto prewedding seru di umbul yang paling keren ini juga bisa! via @iamhael
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Foto prewedding seru di umbul yang paling keren ini juga bisa! via @iamhael

Main jetski underwater ya cuma disini! via @aldyakbarn
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Main jetski underwater ya cuma disini! via @aldyakbarn

Main sama ikan disini juga boleh via @adammirzaahmad
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Main sama ikan disini juga boleh via @adammirzaahmad

Pose keren yang bisa dilakukan di tempat wisata hits di Klaten ini! via @mirandahariyadi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pose keren yang bisa dilakukan di tempat wisata hits di Klaten ini! via @mirandahariyadi

Umbul ini tempat wisata paling nge hits di klaten deh! via @dio.bramasto
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Umbul ini tempat wisata paling nge hits di klaten deh! via @dio.bramasto

Psst, kalian juga bisa main ke Umbul Manten yang ada tak jauh dari Umbul Ponggok ya!

Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Byurr! Segarnya Umbul Manten, Sumber Air Segar Sebening Kaca Di Klaten!

Incoming search terms:

  • dari jakarta ke umbul ponggok
  • foto umbul ponggok klaten
  • gambar orang-orang ngehits di salatiga
  • kolam renang alami di klaten
  • lama perjalanan jogja umbul ponggok
  • transportasi ke umbul ponggok dari jakarta menggunakan kereta
  • transportasi umum ke umbul ponggok

Comments

comments

323 Responses

  1. Bude Yuliana Nirmalasari Ayik klo ke sini mauk gak ?

  2. mas Yudi Kiukiu ayo mrene sak nderso ajak kabeh.. hahaaa

  3. Nyemplungin motor ke dalem air bening. Was it consider as a wise thing to do? Kira2 aman untuk ekosistem disitu gak yah?

  4. Hanna Fatma says:

    Selalu jaga kebersihan ya mba dan mas ;)

  5. Alief Imanda says:

    harus dijaga dong, keren gini tempatnya~

  6. Luqman Hakim says:

    ntar juga kesana juga bakalan tahu aslinya :D

  7. Yg dipinggir jln iy klu gk salah

  8. dimana itu mas. aku di gondang

  9. Eko Hafiez says:

    Jajal q djak rono Jacky Sablenk

  10. Nyewa lagi semua yang di gambar

  11. Macem macem dari 20 sampe 100an kalo gasalah belum sewa camera underwater lagi

  12. Alief Imanda says:

    Aditya Aconk Alexander lumayan sih, tapi yang penting bisa foto di bawah air deh :)

  13. Sewa pelampung 7rb,snorkel13rb,vin 7rb kamera underwater kalo ga salah 60rb/30mnit sama 100rb/1jam kalo ga salah dan belum berubah.

  14. Mariah Ulfah says:

    Untung msk dan penggunaan fasilitasnya byr..kalo cuman masuknya aj byr 5 k bisa brubah warna tu kolam dr org2 alay

  15. Njirr atasku link video xxx. Hapus aja tuh.

  16. Tmpatnya enak. Kalo anak ‘alay’ saya rasa juga susah mau niruin gaya2 fto itu perjuanggannya ga semudah kaya tiduran di atas kembang… hahhaha ups

  17. Aziza Ezha says:

    Motore g rusak ta? G mogok ta?

  18. Kenapa ya org2 alay selalu ada….itu klo bener masukin motor ke air..otak ny teh dimana?..kreatif sih oke lah…tp msk in motor..berarti ada cairan oli..bbm..yg keluar..kotor atuh…ga
    kasian sm ikan nya? Ga pengen lestariin buat dinikmatin sampe anak cucu nanti..?

    Blm nyampah nya..bener da…kalakuan..

  19. Roji Doankz says:

    Dan soal motor2 yang di masukan kedalam air motor2 bkn asli motor msh hidup emang udh kusus buat foto udh ga ad oli bensin dan mesin.itu hanya kerangka.

  20. Pernah min.. dulu tiketnya 5 rb udah dapet stiker.. disana juga ada penyewaan macam2 alat renang, kamera dll

  21. Mas Roji Doankz aku juga penasaran tuh kalo soal motor, masa ia sih motor kerangka/sewaan segitu banyak..? setiap foto yg aku lihat motornya selalu berbeda kadang ninja,satria,vega dan bnyak lainnya lagi mesti selalu berbeda beda.

    Setauku yg di sewain tuh kaya motor tua yg warnanya merah itu loh. Ga tau deh kebenarannya.

  22. Kalo yg ini kayaknya yg sewaan

  23. Alief Imanda says:

    ini kolam kan? makanya ada motor dll gitu?

  24. Selo Cakep says:

    ayoooo….kapan diwacanakan ke sini?

  25. sekarang untuk motor sisa motor jadul 1 yg warna merah. sepeda onthel 1 yg warna hijau.
    ga ada lagi motor mewah pada saat saya keasana kemarin.
    HTM 8000 dan kalo paketan 20000 (pelampung+alat snorkle tidak dengan fin).
    banyak yg jorok sekarang bawa goreng2an dibejek2 buat kasih ikan. minyak nya ya kemana2 saya tegur malah bilang ini tempat umum kok pengelola aja ga marah kenapa koe seng sewot.
    ya udah gw bilang aja ke pengelola terus baru mereka ditegur.
    sayang banget ini tempat, tempat yg dulunya biasa aja sekarang jadi hits sebenernya antara menguntungkan atau merugikan.

  26. Pingin kesini tp jauh…

  27. Afandi Ys says:

    Huum uda pernah aku dulu,tp yg gak bisa renang hati2 gan,dalem bgt,sumpah.
    Ada sewa alat ma foto under water jg,mending d fotoin sana aja,hasilnya top markotop,dr pd foto sendiri,nanti jg d kasih tau spot yg bagus bwt foto2

  28. Afandi Ys says:

    Py ngene ju pengen snorkling mrene maneh kw??? Hadi Bianconeri, Handy Arjuna Satriawan hehe..

  29. beruntung udah pernah ke sini sebelum ngehits kaya sekarang

  30. Luqman Hakim says:

    Fanny Lay Bunga bener banget mbak kasih makan ikanya dengan cara yang salah malah jadinya disana sekarang terlihat kotor

  31. Btw tenda pasti mahal sewanya

  32. Rony Taufiq says:

    Fasilitas yg selain renang & menyelam, apa yaaa…

  33. TaQi Ajjah says:

    ada paket ga ksana dr jakarta

  34. Mohammad Teja Ajie Sepang

  35. Nih jangan ampe klewat nanti vek (y) Durrend Montonk Lebih Manice

  36. ga ngerusak terumbu karang itu ?

  37. Lestari says:

    saya ksana 2014 kalo ga salah.bawa tenda sndri dan blm ada sewaan tenda sama motor pas itu.yg ada cuma sewaan snorkel,kaki katak,kamera,pelampung dan kacamata.pas berdiriin tendanya ampunnn deh susahh.ikannya jg baru satu dua pas dulu.kalo skrg udah ngehitz jd fasilitasnya di upgrade

  38. Betul emang susah bgt diriin tendanya.. wkk

  39. Lestari says:

    haha…dalemnya di isi batu dulu

  40. Bener mba di empat sisinya,mau pasang patok juga susah … hhha

  41. Lestari says:

    lumayan sekalian numpang nyuci tenda dulu.hahaha

  42. Wkkaa smpe rumah tak cuci lagi punyaku. Ke isi pasir semua hha

  43. Lestari says:

    skrg dah kaya apa ya..

  44. Lestari says:

    masih sama kayaknya.emang bener skrg bnyak ikannya mas?

  45. Bnyak bgt mba,ribuan mungkin. gede2

  46. Lestari says:

    busetttt :v dulu ikannya blas ngga nongol

  47. Kesana lagi aja mbak, seru loh fto sma ikan2 hha

  48. Kalo dari jogja ikutin arah yg ke solo aja, nnti pas nyampe pertigaan apa perempatan lah lupa pokoknya terminal penggung lah, belok kiri, ikutin dah deket ko

  49. Kak ajiz ayop Muajiz Muallim

  50. Tempatmu kah ini Luclylucky Bedjo

  51. oke emang rencana tujuan gw kstu ruul

  52. Lestari says:

    ya itu sy kan dr solo, belok kanan nya lupa

  53. Ia sama kalo dari solo berarti beloknya kalo dari terminal penggung ke kanan mba

  54. Lestari says:

    terminal penggung tu yg kiri jalan y kalo dr solo?yg pinggir jln raya

  55. Mantap nii next bro AZis Cupuz WRntz IfunkbCsc RezPector Moelya Januarhadyanto Betet Faiz Putra Bahurekso

  56. Alamate pas dimana to iki Lur?? Tak njajal

  57. Saputra Alan says:

    Keren tempat e,udah pernah kesana,,,benar 2 sumber alami,,,aire segerr

  58. Saputra Alan says:

    Air e bener2 sumber alami,,,udah pernah kesana

  59. Alief Imanda says:

    nenda anti mainstream benget! ahaha, di dalam kolam nendanya XD

  60. Ahoy Kun says:

    waow~ :O bisa bening gini?

  61. Roji Doankz says:

    Numpang share jg hihi

  62. Subhan Azharullah says:

    Itu properti sepeda, sepeda motor tenda dan lain lain sudah ada memang yah di dalam kolam. Pengelolahnya yang sediakan.

  63. Aris Mdr says:

    Adiguna Setyawan. Ada anak Ayam

  64. Sekali dah cukup Afandi Ys,,tp y jd ketagihan ee malah..pgen mrono mneh
    bner2 EMEJING jare cah saiki…
    Luar binasaaaa
    G rugi pokoke..

  65. Itu property macam motor,laptop n tenda memang ada, bisa request atau bawa sendiiri min?

  66. Gowo pakan iwak nek meh foto… Cz nek ra di sebari pakan iwak’e ra glm nglumpuk

  67. Aq raiso renang
    Trs kudu pie

  68. Ada yg tw contact person river boarding klaten gk ya

  69. itu d kota ku tercinta klaten city the shane of java

  70. itu d kota ku tercinta klaten city the shine of java

  71. itu d kota ku tercinta klaten city the shine of java

  72. Denis says:

    Wah kalau uda masuk semua barang kesitu
    Bentar lagi keruh tu air hahah

  73. Bedjo Sudiro says:

    makanya, kalau mau kesini mandi dulu, biar nggak kotor airnya broh

  74. Anak alay dilarang datang… Ntr yg ada cuma ngrusak

  75. Kok bisa ada jupiter z burhan tuh di situ?

  76. Mudik lagsung kesana indonesiaku memang tiada duanya…

  77. cornel says:

    Keren keren fotonya…
    dimanih lokasinya…?

  78. Denis says:

    Hahaha
    Betul betul betul

  79. Pie Jarots Stars Yuzsuf Firmansyah Fadillah Sani

  80. Jarots Stars says:

    Yanuar Santosa Dwi Putra perlu di coba

  81. bawa angkot ke dalem haha

  82. Restutik Iriani Cecilia Irma Widyastutik

  83. aq prnh kestu tp kecewa… beda bngt m yg di internet

  84. apa disini aja? Grey Sadako , Lupz Lupz Azah, Zen Syarif Abidin dan Ahmad Rusdi

  85. Sreymom Mao says:

    Emmanuel Eghan-Acquah

  86. Satrio Mxs says:

    Airnya suwegerrr……….

  87. Renata Solo says:

    Kok kayak laut ya? Jadi pengin

  88. WulLandari says:

    jadi kepingin pulang klaten dan menikmati keindahan kota sendri yang gak kalah jauh sama kota lain :D

  89. mas broo tolong dong rute dari klaten kmana minggu ini ane liburan kesana ama bojo..

  90. Ada putri duyungnya gak ya :3 ☺

  91. EzBet says:

    YG ALAY JANGAN KESITU , NANTI TERUMBU KARANG DIRUSAK DAN IKAN”NYA PADA MATI !! KENAPAA ? KARNA ANAK ALAY SUKANNYA NGERUSAK!!

  92. Te Kat says:

    tu tempat 5 menit dari rumah ane…..:v

  93. Mbah Sulis Setyawan wes rene hurung koee….

  94. Klo kesana mampir ke pemandian cokro ya… gak jauh dari umbul ponggok

  95. Kesini mas Kristop Manurung Yohana Anggie Natalia diket magelang ini

  96. Yuk lah cusss Amrizal Baya’sud Kristop Manurung

  97. Keren nih tempat akan menjadi destinasi selanjutnya tim kita… Coba jg cek tempat tempat wisatabtersembunyi dan rahasia di mbloogers.com

  98. Yudi Haryono says:

    anak alay hanya akan merusak alam,

  99. Renangku mbiyen jaman SMA SMP neng ponggok

  100. apa enggak ngrusak karang ?

  101. Missing Link Subiyanto…

  102. Uniinkk Andechii pingin ngga

  103. Azka Aldric Orlando kpan mng ngneh

  104. Kevin Alvino says:

    keren, gua sering ksana :D

  105. Tolong kasihtau rute area ny. . .kalo dari solo gan.

  106. Isma Isma says:

    Riffai Riana Wahyu Utami Susii Ibnu Khoiri Aziz IKomang Putu Merta ayooo kesini kawan kawan.. mblebek :v :v

  107. Denger2 klaten ada pememuan umbul lagi yang baru dimana sih?katane sih umbul air mineral gitu

  108. penting jangan di Kotorin dan di rusak keindahan ny y,,

  109. Nur Ana says:

    Ida Jamil D. Luffy Joenie Arya ayok kesiniiii mbk

  110. Dedy Belonx says:

    Klatennya tepat e mana ??

  111. Noor Jannah says:

    pengen tp blom sempet sich..

  112. AL says:

    Ane sering om :D

  113. Ita Aflaha says:

    Aq udah pernah 2x
    Hem asik asik di tahun 2008pas manten baru
    dan di akhr tahun 2014 kesana lg,

  114. ponggok itu tempat mbolosQ waktu STM

  115. Kamera nya nyewa atau bawa sendirii yaa??? Mumpung tanggal tua ayokk maenn hehehe… boleh nyebar pin ga nie??

  116. Coe Dwi Novilia Suyono

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: