Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang! Untuk Para Petualang

LiburMulu.Com Satu lagi yang terbaru dari wisata Sumedang yang sedang ngehits di social media. Itu berbarti kalian punya makin banyak tempat wisata yang bisa kalian kunjungi ketika musim liburan tiba. Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang! Begitu nama tempat wisata terbaru dari Sumedang ini.

Sebenarnya ada juga yang mengenal tempat wisata di Sumedang ini dengan nama Sirah Cilembang. Namun sebenarnya Sirah itu berarti “mata air”, mirip dengan nama yang lainnya. Yang jelas, Situ Cilembang ini adalah wisata danau biru yang memiliki keunikan.

Iya, Situ Cilembang yang berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Sumedang, Jawa Barat ini memiliki danau yang berwarna kebiru-biruan cerah mirip dengan tempat wisata Labuan Cermin yang ada di Kalimantan.

Ini juga berarti kabar gembira buat kalian yang nggak punya kesempatan untuk liburan ke Labuan Cermin yang ada di Kalimantan. Karena kalian tetap bisa menikmati jernih dan birunya air danau di Situ Cilembang. Iya, danau yang belakangan ngehits di Instagram lewat hastag #cilembang ini memang mirip banget sih dengan Labuan Cermin.

Belakangan nama Situ Cilembang ini mulai dikenal masyarakat lewat internet dan social media. Wajar, kareran Situ Biru Cilembang ini sangat menarik karena air danaunya yang sangat jernih dan memiliki warna biru bak lautan. Padahal, Situ Biru ini lokasinya nggak berada di dekat laut bukan?

Situ Cilembang adalah wisata terbaru dari Sumedang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Situ Cilembang adalah wisata terbaru dari Sumedang via https://www.instagram.com/p/_3mFRfGa4j/

Situ Cilembang sebenarnya nggak bisa dibilang sebuah danau seperti Labuan Cermin yang ada di Kalimantan, namun ini sebenarnya adlaah sebuah mata air alami yang terkumpul dalam jumlah banyak hingga akhirny membentuk sebuah kolam. Namun begitu, tetap ada banyak orang yang mengunjungi Cilembang hanya karena ingin menyaksikan sendiri warna biru air danau Cilembang yang begitu unik ini.

Nah untuk menjaga kejernihan air tersebut, pengunjung Situ Biru hanya boleh menikmati dengan melihatnya saja. Nanti, jika kalian datang ke Situ Biru, kalian akan dilarang berenang di sana karena bisa mengotori kejernihan air Situ Cilembang tersebut.

Jaga kebersihan dan dilarang berenang disini!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jaga kebersihan dan dilarang berenang disini! via https://www.instagram.com/p/_5_QxIDUHU/

Jadi sebaiknya kalian mengikuti peraturan yang ada, daripada nanti mengotori Situ Cilembang, dan membuat tempat ini tidak menarik lagi dipandang. Pun disebutkan meski pihak pengurus Cilembang sudah melarang pengunjung untuk berenang, tetap ada saja ada yang nakal berenang di sana. INI JANGAN KALIAN TIRU!

Untuk kalian yang ingin datang ke wisata alam Situ Cilembang, sebaiknya jangan datang kesana ketika hari Selasa dan Jumat. Selain kedua hari itu, kalian boleh berkunjung ket Situ Cilembang ini. Entah kenapa, namun ada yang bilang kalau warna biru air Situ Biru Cilembang ini akan berubah warna pada kedua hari tersebut.

(Baca Juga : Situ Biru Hariang Cilembang VS Labuan Cermin? Lebih Keren Mana?)

Selain itu mitos lain juga menyebutkan kalau air di Situ Biru Cilembang ini bisa membuat orang yang membasuh wajahnya dengan air yang ad ada disana menjadi awet muda. Namun kebenaran dari mitos di Situ Biru tadi masih belum dikonfirmasi kebenarannya. Kalau tertarik, kalian bisa datang ke tempat wisata keren di Sumedang ini sendiri.

Mencuci muka di Situ Biru atau Situ Cilemban ini dipercaya bikin awet muda
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mencuci muka di Situ Biru atau Situ Cilemban ini dipercaya bikin awet muda via https://www.instagram.com/p/_yGhTrnQ_E/

Meskipun Situ Cilembang ini terlihat sangat biru, namun sebenarnya kalau airnya tidak berwarna biru. Karena ketika diambil dengan gelas yang bening, warna airnya tetap berwarna jernih seperti air pada umumnya. Tidak tampak berwarna biru sedikitpun! Lantas, apa sih yang membuat air disini terlihat seperti berwarna biru?

Konsepnya sih mirip seperti warna biru air laut, yaitu jika terkena sinar matahari pada sudut yang tepat maka air akan terlihat begitu biru. Ditambah lagi dasarnya yang berpasir bersih, dengan air yang jernih dan kedalaman yang hanya berkisar sekitar 3-4 meter, membuat Situ Cilembang tampak apik dengan warna kebiru-biruannya.

Jernih sekali bukan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jernih sekali bukan Situ Biru di Sumedang ini? via https://www.instagram.com/p/_tq6OSwFbp/

Danau ini sangat bersih sehingga juga terdapat beberapa hewan seperti ikan yang biasa hidup disungai hidup di Situ Cilembang. Selain itu, disebutkan juga kalau air di danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber mata air untuk penduduk yang tinggal di sekitar sini. Wajar saja kalau tidak diperbolehkan ada yang berenang disini. Karena air pasti tercemar nantinya. Jadi sebaiknya memang hanya melihat saja ya kalau liburan ke Situ Cilembang?

Tidak ada tiket masuk untuk memasuki tempat wisata Sumedang terbaru dan mulai ngehits ini. Namun, untuk yang membawa kendaraan terdapat biaya parkir yang tidak terlalu mahal. Setiap kendaraan yang berkunjung ke Situ Biru hanya akan dikenakan sebesar IDR 2000 per kendaraan.

Lihat sendiri keindahan dari wisata Sumedang yang satu ini
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Lihat sendiri keindahan dari wisata Sumedang yang satu ini via https://www.instagram.com/p/_wkyC1xnQH/

Semoga dengan adanya retribusi parkir itu bisa dimanfaatkan untuk pengembangan tempat wisata ini. Khususnya sih tempat wisata Situ Cilembang yang ada di Desa Hariang ini. Melihat perkembangannya, tempat wisata ini pasti akan ramai dikunjungi di kemudian hari.

Rute, Jalur Dan Cara Menuju Situ Cilembang!

Situ Biru Cilembang yang berada di Desa hariang Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat ini bisa dicapai dengan jalur darat. Untuk rute perjalanan sendiri kalian bisa melewati Jalan Kota Sumedang menuju Desa Buahdua.

Dari Kota Sumedang menuju Desa Buah Dua perjalanan kira-kira akan memakan waktu 90 menit perjalanan dengan kendaraan roda empat atau dua. Perlu diingat, akses jalan menuju Desa Buahdua kurang bagus, jadi perlu berhati-hati.

Menikmati hari di Situ Biru pasti seru
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Menikmati hari di Situ Biru pasti seru via https://www.instagram.com/p/BAO_cN_w74y/

Disarankan juga bagi kalian yang akan mengunjungi tempat ini sebaiknya menggunakan alas kaki yang bagus. Seperti misalnya sendal gunung, sepatu olahraga atau bahkan sepatu gunung. Karena kalian akan memerlukan sedikit trekking melewati jalan setapak sejauh 50 meter dengan kondisi cukup licin ketika basah.

Kalian nanti juga akan melewati jalan aspal 100 meter dan menyebrang batu yang aliran airnya berasal dari Situ Biru tersebut. Memang lokasinya berada sedikit kedalam hutan. Namun ini juga menjadikannya sebuah tantangan tersendiri bagi kalian yang suka bertualang. Karena bisa dibilang, perjalanan menuju Situ Cilembang ini untuk para petualang.

Selain berwarna kebiruan, danau ini bisa dipakai bercermin saking kinclongnya!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selain berwarna kebiruan, danau ini bisa dipakai bercermin saking kinclongnya! via https://www.instagram.com/p/_t4q4Yyqk6/

Tips Liburan Ke Situ Cilembang A.K.A Situ Biru

  1. Sebaiknya kalian berkunjung pada waktu yang tepat ketika liburan kesini. Seperti misalnya datang pada hari biasa untuk menghindari kepadatan pengunjung. Atau jangan datang ketika musim hujan karena pasti sering hujan dan rawan basah.
  2. Kalaupun kalian terpaksa hanya bisa datang ketika musim hujan, sebaiknya ekstra waspada. Karena sepanjang perjalanan pasti akan cukup becek dan licin saat dilalui. Ketika kalian datang pada saat musim penghujan usahakan juga menggunakan sepatu gunung dan celana panjang. Ini untuk menghindari gigitan pacet atau lintah yang bisa ditemui.
  3. JANGAN BERENANG! Nikmati saja keindahan dari Situ Cilembang dari darat. Karena selain kalian akan merusak kejernihannya ketika berenang, tempat ini adalah sumber air minum masyarakat sekitar.
  4. Bawa bekal makanan, karena mungkin akan susah menemukan penjual makanan disini. Tetapi ingat, bawa sampah kalian pulang jangan dibuang disana. Jangan buang sampah sembarangan, jangan vandalisme, jangan merusak tempat wisata keren di Sumedang ini!
Jaga kebersihan dan jangan berenang disini yak! Karena masih banyak teman lain yang ingin datang berkunjung dan menikmati keindahannya!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jaga kebersihan dan jangan berenang disini yak! Karena masih banyak teman lain yang ingin datang berkunjung dan menikmati keindahannya! via https://www.instagram.com/p/_y19MeMrAN/

Foto-Foto Keren Dari Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang

Wisata baru di Sumedang ini dikenal dengan Situ Biru Hariang Cilembang yang jadi terkenal karena cuitan di Social media
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Wisata baru di Sumedang ini dikenal dengan Situ Biru Hariang Cilembang yang jadi terkenal karena cuitan di Social media via https://www.instagram.com/p/BAMrfMErJay/

Wisata baru di Sumedang ini dikenal dengan Situ Biru Hariang Cilembang memang cantik dipandanga mata. Namun karena sumber mata air ini juga dipakai untuk keperluan minum warga sekitar, tidak diperbolehkan untuk berenang disini!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Wisata baru di Sumedang ini dikenal dengan Situ Biru Hariang Cilembang memang cantik dipandanga mata. Namun karena sumber mata air ini juga dipakai untuk keperluan minum warga sekitar, tidak diperbolehkan untuk berenang disini! Via https://www.instagram.com/p/_5-wJaDUGr/

Wisata baru di Sumedang ini dikenal dengan Situ Biru Hariang Cilembang, cepat terkenal di social media dan internet karena keelokan warna air yang berwarna kebiru-biruan.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Wisata baru di Sumedang ini dikenal dengan Situ Biru Hariang Cilembang, cepat terkenal di social media dan internet karena keelokan warna air yang berwarna kebiru-biruan. via https://www.instagram.com/p/BAEhBWAK3ZR/

Banyak orang datang ke wisata terbaru di Sumedang, yaitu Situ Biru Hariang Cilembang untuk sekedar menikmati keindahan alamnnya, atau berpose selfie seperti ini.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Banyak orang datang ke wisata terbaru di Sumedang, yaitu Situ Biru Hariang Cilembang untuk sekedar menikmati keindahan alamnnya, atau berpose selfie seperti ini. via https://www.instagram.com/p/_5tDloTUsX/

Memang, Wisata Baru Situ Biru Hariang Cilembang ini sungguh menarik perhatian orang. Kabarnya, sudah ada stasiun televisi yang menayangkan video Wisata Baru Situ Biru Hariang Cilembang ini. Dan sudah ada tarikan berupa sumbangan dan biaya parkir untuk pengelolaan wisata terbaru Sumedang ini!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Memang, Wisata Baru Situ Biru Hariang Cilembang ini sungguh menarik perhatian orang. Kabarnya, sudah ada stasiun televisi yang menayangkan video Wisata Baru Situ Biru Hariang Cilembang ini. Dan sudah ada tarikan berupa sumbangan dan biaya parkir untuk pengelolaan wisata terbaru Sumedang ini! via https://www.instagram.com/p/_2x2A4E3dn/

Lokasi Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang Di Google Maps

Untuk kalian yang bingung, bisa memanfaatkan Google Maps. Lokasi Situ Hariang atau Situ Cilembang di google maps bisa dilihat dengan klik disini.

Peta Lokasi Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Peta Lokasi Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang!

Nah, bagaimana? Sekarang sudah tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Sumedang terbaru ini belum? Kalau sudah, sebaiknya mengajak teman atau saudara untuk menikmati keindahan Alam Sumedang! Selamat berlibur ke Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang!

Cara Menuju Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang Dari Kota Sumedang

Dari arah Kota Sumedang, kalian cari saja arah ke Hariang. Lewati dulu jalur Cimalaka-Tjkerta-Hariang. Setelah sampai di Jembatan Pasar Hariang, belok kiri. Lalu Jembatan pertama kalau dari arah conggeang, buah dua ambil belok kanan yang ke dua, pas jembatan pasar hariang. dari situ tingga lurus aja ngikutin jalan nanti pasti ketemu tempatnya. Kalau bingung silahkan tanya ke masyarakat setempat ya!

Incoming search terms:

  • lokasi situ cilembang
  • Sumedang
  • tempat wisata di sumedang
  • wisata kota sumedang

Comments

comments

7 Responses

  1. Noni Indah says:

    ternyata indonesia kaya tempat tempat eksotis surga nya dunia emmm lawan nya labuan cermin nieh

  2. ingat juga kalo surga Indonesia slalu dibanjiri kaum alay, kotor dah……..

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: