Panduan Traveling Keliling Indonesia

LiburMulu.com – Indonesia adalah sebuah negara yang melintasi Equator di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia memiliki perbatasan darat dengan Malaysia di utara serta Timor Leste dan Papua Nugini di timur, juga tetangga Australia di selatan, dan Palau, Filipina, Vietnam, Singapura, dan Thailand di sebelah utara, India di barat laut.

Informasi di bawah ini akan secara rutin diupdate dengan informasi terbaru dan link yang relevan. Tulisan ini ditujukan sebagai Panduan Traveling Keliling Indonesia dalam satu tulisan.

Fakta Tentang Indonesia

Bendera Indonesia, Merah Putih
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bendera Indonesia, Merah Putih

Ibukota : Jakarta
Pemerintahan : Republik
Mata Uang : Indonesia Rupiah
Luas Area : Total: 1.904.569km²; Air : 93.000km²; Tanah: 1.811.569km²
Populasi : 245.452.739 (Perkiraan July 2006)
Bahasa : Indonesian (official) and countless regional languages.
Agama : Islam 88%; Protestan 5%; Katolik 3%; Hindu 2%; Buddha 1%; Lain – Lain 1% (1998)
Listrik : 220V/50Hz (Schuko Euro plug)
Country Code : +62
Internet TLD : .id
Zona Waktu : GMT+7 sampai GMT+9

Mengerti Indonesia

Dengan total 18.110 pulau, 6.000 dari pulau tersebut dihuni. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Ada sekitar 240 juta orang tinggal di negara yang paling padat penduduknya ini. Nomor empat di dunia – setelah China, India dan Amerika Serikat – dan sejauh ini adalah negara terbesar di Asia Tenggara. Indonesia juga memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia. Penduduk Indonesia diprediksi akan menyalip AS dan menjadi yang terbesar ketiga sebelum tahun 2044. Pada dekade yang berakhir pada tahun 2010, pertumbuhan penduduk tetap tinggi pada 1,49% setiap tahun tetapi ada oposisi Muslim yang cukup besar untuk meningkatkan keluarga berencana.

Indonesia memasarkan pariwisatanya dengan tagline Wonderful Indonesia, dan slogan yang cukup baik, meskipun dalam pelaksanaanya tidak selalu dilaksanakan dengan cara yang baik. Hutan tropis Indonesia adalah yang terbesar kedua di dunia setelah Brazil, dan sedang ditebang dan dikurangi pada kecepatan yang mengkhawatirkan. Sementara surga belanja ada di Jakarta dan surga wisata ada di Bali. Setelah puluhan tahun salah dalam menguurus ekonomi 50,6% dari populasi masih mendapatkan penghasilan kurang dari USD 2/hari menurut angka yang dikumpulkan oleh bank Dunia pada tahun 2009. Hal ini telah turun sebesar 6% dalam 2 tahun antara 2007 dan 2009. Infrastruktur di beberapa bagian negara tetap belum sempurna, dan traveler yang mengunjungi tempat terpencil akan memerlukan banyak kesabaran dan fleksibilitas.

Menurut “Energi Access” Kelompok Kerja Global Network Energi untuk Pembangunan Berkelanjutan, pada tahun 2001, 53,4% dari penduduk Indonesia memiliki akses listrik dan mereka mengkonsumsi 345kWh untuk setiap orang dalam setahun. Pada tahun yang sama penduduk terdekat Singapura memiliki akses 100% dan mereka konsumsi 6.641 kWh. Sebagian besar dari penduduk Indonesia masih tetap bergantung pada kayu untuk bahan bakar memasak. Pemerintah pusat telah dalam beberapa tahun terakhir melembagakan program akses gas LPG untuk digunakan sebagai pengganti bahan bakar untuk memasak.

Sejarah Indonesia

Awal, sejarah modern Indonesia dimulai pada periode dari 2500 SM ke 1500 SM dengan gelombang imigran Austronesia berkulit coklat terang, yang diperkirakan berasal di Taiwan. Kelompok Neolitik ini orang, terampil dalam perjalanan maritim di laut terbuka dan juga pertanian. Mereka diyakini Cepat menggantikan yang sudah ada, sebuah populasi kurang berkembang.

Dari titik ini dan seterusnya, puluhan kerajaan dan peradaban berkembang dan memudar di berbagai belahan nusantara. Beberapa kerajaan penting termasuk Sriwijaya (abad ke-7-14) dari Sumatera dan Majapahit (1293- 1500), yang berbasis di Jawa Timur tapi pertama untuk menyatukan pulau-pulau utama Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan (sekarang Kalimantan) serta bagian dari Semenanjung Malaysia.

Orang Eropa pertama yang tiba (setelah Marco Polo yang melewati di 1200-an) adalah Portugis, yang diberi izin untuk mendirikan sebuah gudang di sebuah tempat yang kini dikenal sebagi jakarta Jakarta pada 1522. Namun pada akhir abad, Belanda mulai banyak mengambil alih, bersaing dengan Inggris pada tahun 1619. yang kemudian menguatkan posisinya di Jawa, dan berlanjut hinga 350 tahun penjajahan. Pun Inggris pernah menduduki Jawa pada tahun 1811-1816. Pada tahun 1824, Belanda dan Inggris menandatangani Perjanjian Anglo-Belanda yang membagi Melayu ke dalam wilayah kekuasaan Belanda dan Inggris. Belanda menyerahkan Malaka ke Inggris, dan Inggris menyerahkan semua koloni mereka di Sumatera kepada Belanda. Garis divisi kira-kira sesuai dengan apa yang sekarang perbatasan antara Malaysia dan Indonesia, dengan segmen kecil menjadi perbatasan antara Singapura dan Indonesia.

Berbagai kelompok nasionalis mulai berkembang pada awal abad ke-20, dan ada beberapa gangguan, namun cepat diatasi oleh Belanda. Pemimpinnya ditangkap dan diasingkan. Kemudian selama Perang Dunia II, Jepang menaklukkan sebagian besar pulau-pulau. Pada bulan Agustus 1945 di vakum pasca perang setelah Jepang menyerah kepada pasukan sekutu tentara dan angkatan laut Jepang masih menguasai mayoritas kepulauan Indonesia. Jepang setuju untuk mengembalikan Indonesia ke Belanda, tapi terus mengelolanya untuk sementara. Karena Belanda tidak dapat segera kembali akibat ketidak stabilan besar-besaran dari dampak perang di Eropa.

Kemerdekaan Indonesia

Pada 17 Agustus 1945 Sukarno membaca Proklamasi atau Deklarasi Kemerdekaan dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) membentuk pemerintah sementara. Sebuah konstitusi, yang disusun oleh komite persiapan PPKI diumumkan pada tanggal 18 Agustus dan Sukarno dinyatakan Presiden dengan Hatta sebagai Wakil Presiden. PPKI kemudian dibuat ulang ke dalam (Komite Nasional Indonesia Pusat) KNIP dan KNIP menjadi badan sementara. Pemerintah baru dipasang pada tanggal 31 Agustus 1945. pendiri Indonesia Soekarno (Soekarno) dan Hatta mendeklarasikan kemerdekaan Republik Indonesia.

Belanda melancarkan kampanye diplomatik dan militer untuk merebut kembali bekas koloni mereka dari kaum nasionalis. Perdebatan, negosiasi, partisi dan konflik bersenjata menang antara Indonesia baru merdeka dan Belanda. Beberapa negara termasuk Amerika Serikat yang sangat kritis terhadap Belanda di periode pasca perang ini segera dan pada satu tahap pada akhir 1949 pemerintah AS menghentikan bantuan yang diberikan kepada Belanda di bawah rencana Marshal. Masalah ini juga diangkat oleh PBB yang baru dibentuk. Setelah empat tahun pertempuran, Belanda menerima kekalahan dan tanggal 27 Desember 1949 mereka secara resmi ditransfer kedaulatan “Republik Indonesia Serikat” (Republik Indonesia Serikat). Pada Agustus 1950 sebuah konstitusi baru diproklamasikan dan baru Republik Indonesia dibentuk dari aslinya tetapi sekarang diperluas Republik untuk menyertakan Sumatera Timur dan Indonesia Timur / Negara Indonesia Timur. Jakarta dibuat ibukota Republik Indonesia namun Belanda dan Indonesia tetap dalam serikat konstitusional teoritis dengan Indonesia memegang status negara merdeka sepenuhnya.

Pada September 1950 Natsir dan partai Masyumi memimpin pemerintah pertama sepenuhnya Indonesia yang independen. Sukarno kembali lagi ke peran Presiden dan dari waktu ke waktu datang untuk menegaskan kekuatan yang lebih besar dalam peran tersebut. Untuk sementara waktu Indonesia menggunakan konstitusi sementara dimodelkan pada itu dari AS yang juga mengambil banyak dari PBB Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia 1948. Pada 26 September 1950 Indonesia dibawa ke PBB yang baru dibentuk. The 1950 Konstitusi tampaknya telah upaya untuk membuat sebuah sistem democractic liberal dengan dua kamar parlemen. Kemudian pada tahun 1955, masih dalam konstitusi sementara ini, Indonesia mengadakan pemilu bebas pertama.

Pemerintah baru ditugasi menyelesaikan versi permanen dan terakhir dari konstitusi tapi setelah banyak perdebatan konsensus tidak tercapai menuju mengorganisir demonstrasi publik pada tahun 1958. Pada tahun 1959 Presiden Soekarno mengeluarkan dekrit membubarkan konstitusi maka saat ini dan dikembalikan UUD 1945. Indonesia kemudian memasuki era Demokrasi Terpimpin dengan Kepala Negara asumsi kekuasaan presiden lebih kuat dan juga menyerap peran sebelumnya yaitu Perdana Menteri.

Dari deklarasi awal mereka kemerdekaan Indonesia mengklaim Papua Barat sebagai bagian dari bangsa mereka, tetapi Belanda memegang ke tahun 1960-an, dan pada awal tahun enam puluhan ada konflik bersenjata lebih lanjut atas wilayah itu. Setelah kesepakatan damai yang ditengahi PBB, dan referendum, Papua Barat menjadi bagian dari Indonesia dan berganti nama sebagai Irian Jaya, yang artinya Ikut (bagian dari) Republik Indonesia, Anti Belanda. Tetapi sekarang ini hanya disebut Papua.

Selama sesudah perang dan periode perang dingin Sukarno membuat kemajuan ramah ke Amerika Serikat, Uni Soviet dan kemudian, Cina. Dia juga mencoba untuk memutar salah satu terhadap yang lain ketika ia berusaha untuk membangun bangsa sebagai negara non-blok. Banyak yang cemas pasca perang dingin, Sukarno mau terlibat dalam dialog yang intim dengan Soviet, juga diterimanya bantuan sipil dan militer, peralatan, dan bantuan teknis dari Uni Soviet. Sukarno secara terbuka menyatakan bahwa pertunangannya dengan Soviet adalah untuk membantu dalam mempromosikan baru Republik Indonesia sebagai negara pasca perang Nonblok dan untuk membantu dalam membangun kembali bangsa setelah perang Pasifik. Pada saat ini AS berusaha untuk mengkonsolidasikan kontrol mereka atas kepentingan daerah dan strategis di Asia Tenggara dan Indo-Cina.

AS, berhadapan dengan negara kepulauan tampaknya tangguh dalam nasionalisme. Indonesia berusaha untuk mendapatkan dan mempertahankan kontrol atas sumber daya penting dan rute pengiriman wilayah tersebut. Mereka melihat Indonesia sebagai negara yang berpotensi tidak stabil dan dalam kekosongan kekuasaan yang tersisa di bangun dari kekalahan Jepang di Indonesia. Belanda, bangsa mereka dilanda perang Eropa tidak dapat sepenuhnya merebut kembali koloni mereka dan mempertahankan kontrol atas pasang naik nasionalisme Indonesia.

Belanda juga menjadi sasaran tekanan dari AS dan pemerintah barat lainnya selain masalah besar mereka sendiri di rumah. AS diam-diam mendukung kegiatan Sukarno anti dan operasi untuk mengacaukan gerakan nasionalis. Pada 1957-1958, CIA menyusup senjata dan personil untuk mendukung pemberontakan daerah melawan Sukarno. Tindakan rahasia pada saat ini menyebabkan penangkapan seorang pilot Amerika dan sebuah pesawat. Kegiatan melibatkan penggunaan kekuatan tentara bayaran serta dukungan materi dan keuangan dari pemberontak. Pendanaan, lengan, dukungan logistik dan pelatihan disediakan secara terselubung oleh AS karena perpecahan faksi, elemen sayap kanan, dan kelompok-kelompok Islam radikal termasuk Darul Islam dalam upaya untuk mendapatkan AS dan kontrol barat nasionalisme Indonesia. Tindakan didukung dari kedutaan besar AS di Singapura, berdasarkan unsur-unsur armada ke-7 AS yang ditempatkan Sulawesi dan Sumatra dan dengan kerjasama dan dukungan dari pemerintah Inggris dan badan-badan intelijen Barat.

Kekuasaan Baru

Pada tahun 1965, dalam keadaan sangat kontroversial dan membingungkan yang melibatkan sebuah kudeta militer, Sukarno, yang dikenal karena dukungannya terhadap nasionalisme dan kemerdekaan Indonesia yang terlantar akibat Suharto, seorang jenderal militer dengan pandangan anti komunis yang kuat. Suharto awalnya bertugas di angkatan pendudukan Jepang mendukung kepolisian, kemudian ia memasuki PETA (Pembela Tanah Air) dan melanjutkan untuk melatih di Jepang yang dipimpin angkatan bersenjata Indonesia dari masa pendudukan. Dalam periode pasca perang diyakini ia jatuh di bawah pengaruh AS dan patronase dan dengan dukungan mereka ia dan pendukungnya naik dalam sosok dan pengaruh.

Kudeta

Pada September 1965 enam jenderal dibunuh dalam upaya kudeta jelas. Penculikan dan pembunuhan berikutnya terjadi dalam situasi yang sangat mencurigakan dan rekening resmi agak membingungkan telah ditemukan sangat tersangka. Sekelompok perwira senior termasuk komandan militer Letnan Jenderal Ahmad Yani tampaknya telah semakin bertentangan dengan aliansi petugas sayap kanan termasuk Suharto. Petugas yang dibunuh adalah mendukung Sukarno dan menampung hubungan Presiden dengan PKI (Partai Komunis Indonesia). Subandrio, Menteri Luar Negeri Sukarno, wakil perdana menteri kedua dan kepala intelijen, 1960-1966 telah menyusup ke agen pertemuan rahasia jenderal sayap kanan merencanakan penggulingan Sukarno.

Hal ini diyakini ia mungkin telah diendapkan pemberontakan dengan merilis informasi tentang hal ini tetapi rincian masih belum pasti. Pemberontakan dilaporkan antara unit di Jawa Tengah, unit angkatan udara di Halim pangkalan angkatan udara dan angkatan bersenjata unit yang menduduki Lapangan Merdeka, bagian strategis dari ibukota. Apa yang disebut “kelompok 30 September” pemimpin mengklaim pasukan hadir di Lapangan Merdeka adalah untuk melindungi Presidensi dari pemberontakan yang direncanakan akan segera diatur oleh sekelompok jenderal yang didukung oleh CIA.

Jenderal Suharto kemudian dilaporkan memadamkan tindakan ini dalam angkatan bersenjata dalam satu hari. Para petugas sayap kanan yang kemudian naik ke tampuk kekuasaan mengutuk pembunuhan perwira tentara senior dan mengklaim pemberontakan yang melibatkan unit militer karya komunis. Karena semakin dokumentasi muncul dari arsip Barat tampaknya semakin jelas bahwa acara ini panggung berhasil memungkinkan Suharto kesempatan untuk kemudian mengklaim kepemimpinan. Pada tahap awal Suharto menyalahkan pembunuhan pada sekelompok pemuda PKI yang menghasut anak mudah, perempuan dan “unsur-unsur dari Angkatan Udara”.

Pembersihan

Pembunuhan itu kemudian harus disalahkan pada PKI, komunis dan gerakan 30 September, ironisnya kelompok yang sama yang telah mengaku datang bersama-sama dalam upaya untuk menggagalkan sayap kanan kudeta. Suharto awalnya mengaku mendukung Presiden Sukarno tapi kemudian merebut kekuasaan sendiri, meminggirkan Sukarno, menyatakan Orde Baru (Orde Baru). Serangkaian pembersihan anti-komunis berdarah kemudian memprakarsai menyebabkan kematian 500,000-2,000,000 orang (perkiraan bervariasi). Pemerintah Barat menutup mata terhadap pembantaian dan mereka tetap substansial dilaporkan di Barat untuk waktu yang cukup. Banyak sejarawan telah sejak gudang cahaya pada keterlibatan badan intelijen AS dan tingkat yang lebih rendah kontak bersama mereka di Inggris, intelijen Jerman dan Jepang dalam keadaan menjelang perebutan kekuasaan oleh Suharto dan pembersihan pembunuh berikutnya.

Suharto dan Reformasi berikutnya

Ketika informasi mengenai pembunuhan yang meluas akhirnya dibebaskan, semuanya hanya diselimuti misteri. Badan-badan intelijen AS dan CIA kemudian ditemukan terlibat dalam memasok nama dan alamat anggota PKI kepada tentara Indonesia, Suharto koperasi dan CIA yang didanai regu kematian Muslim, yang diburu kaum kiri bawah dan membunuh mereka. Diklasifikasikan file AS sejak menunjukkan bahwa pemerintah AS memberikan bantuan rahasia untuk Suharto dan regu kematian untuk melakukan pembersihan luas di seluruh Indonesia. Menyusul kenaikan Suharto berkuasa, kepentingan AS di wilayah itu aman dan pengaruh mereka atas RI dan sumber daya bangsa terus ke dalam abad baru.

Di bawah Suharto 1966-1997, Indonesia menikmati stabilitas dan pertumbuhan ekonomi, tetapi sebagian besar kekayaan terkonsentrasi di tangan kecil, korup, elit dan perbedaan pendapat secara brutal dihancurkan. Selama krisis ekonomi Asia pada tahun 1997 nilai rupiah Indonesia anjlok, mengurangi separuh daya beli masyarakat Indonesia. Dalam pergolakan kekerasan berikutnya, yang sekarang dikenal sebagai Reformasi, Soeharto dijatuhkan dan rezim yang lebih demokratis.

Setelah Reformasi 1998

Bekas koloni Portugis di Timor Timur dianeksasi oleh Indonesia pada tahun 1975, tapi ada perlawanan bersenjata. Setelah beberapa dekade pemerintahan Indonesia, pada tanggal 30 Agustus 1999, referendum provinsi kemerdekaan disetujui oleh rakyat Timor Timur. Indonesia enggan melepas, herannya menerima hasilnya (meskipun milisi tentara protes dengan menjarah ibukota Dili), dan Timor Timur merdeka pada tahun 2002.

Satu gerakan separatis yang lebih keras terjadi di negara taat Islam Aceh di ujung utara Sumatera. Setelah puluhan tahun pemberontakan dan pembicaraan gagal, kebuntuan itu dipecahkan oleh tsunami tahun 2004, yang menewaskan lebih dari 200.000 orang di Aceh. Pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka (Gerakan Aceh Merdeka, GAM) menandatangani perjanjian perdamaian tahun depan, dengan Aceh menyerah berjuang untuk kemerdekaan dalam pertukaran untuk yang diberikan otonomi khusus termasuk hak untuk memberlakukan Syariah (hukum Islam), dan sampai saat ini perdamaian telah digelar.

Pada tahun 2004 Indonesia mengadakan pemilu pertama di mana orang-orang secara langsung memilih presiden dan wakil presiden. Presiden Indonesia mungkin saat ini melayani maksimal dua kali berturut-turut lima tahun. Saat ini Indonesia merupakan salah satu dunia demokrasi terbesar dan akan melalui periode reformasi sulit dan penemuan kembali mengikuti Reformasi dan lembaga pemerintah yang terpilih secara demokratis. Untuk membantu dalam transformasi dari tahun kontrol terpusat dibawah rejim Soeharto peran pemerintah daerah dan provinsi telah diperkuat dan ditingkatkan. Proses pemilu di Indonesia memiliki tingkat partisipasi yang tinggi dan sifat dan pemerintahan buatan juga administrasi secara perlahan berubah di seluruh Indonesia. Perubahan bangsa sejak jatuhnya Suharto juga telah ditandai dengan kebebasan yang lebih besar berbicara dan pengurangan besar-besaran dalam sensor politik yang menjadi ciri dari era Orde Baru Soeharto. Ada debat politik yang lebih terbuka di media berita serta dalam wacana umum, politik dan debat sosial.

Masyarakat Indonesia

Meskipun 50 tahun mempromosikan Bhinneka Tunggal Ika (“Bhinneka Tunggal Ika”) sebagai moto resmi negara, konsep sebuah “Indonesia” masih buatan dan warga negara membagi diri sepanjang membunuh besar etnis, suku, suku dan bahkan kasta. Jika ini tidak cukup, perbedaan agama menambahkan bahan yang mudah menguap ke dalam campuran dan kesenjangan besar dalam kekayaan menciptakan masyarakat kelas juga. Pada skala numerik murni, kelompok etnis terbesar adalah Jawa (45%) dari Jawa tengah dan timur, Sunda (14%) dari Jawa Barat, Madura (7,5%) dari pulau Madura, dan Pantai Melayu (7,5 %), sebagian besar dari Sumatera. Hal ini membuat 26% untuk Aceh dan Minangkabau Sumatera, Bali, Iban dan Dayak dari Kalimantan, dan tambal sulam membingungkan kelompok di Nusa Tenggara dan Papua – total resmi tidak kurang dari 3000!

Untuk sebagian besar, banyak orang di Indonesia hidup berdampingan dengan gembira, namun konflik etnis yang terus bercokol di beberapa daerah terpencil di negeri ini. Kebijakan transmigrasi (transmigrasi), diprakarsai oleh Belanda tapi diteruskan oleh Suharto, dipindahkannya orang Jawa, Bali dan pendatang Madura ke bagian terpencil Nusantara. Para pemukim baru, dipandang sebagai hak istimewa dan sensitif, sering dibenci oleh rakyat pribumi dan, terutama pada Kalimantan dan Papua, menyebabkan konflik, bahkan kadang-kadang kekerasan.

Satu kelompok etnis terutama terkenal ditemukan di seluruh negeri adalah Cina Indonesia, yang dikenal sebagai Tionghoa atau agak menghina cina. Pada sekitar 6-7 juta dari mereka membuat 3% dari populasi dan mungkin merupakan kelompok etnis Cina terbesar di negara manapun di luar China. Tionghoa Indonesia memegang pengaruh yang tidak proporsional dalam perekonomian, dengan satu yang terkenal – jika sebagian besar didiskreditkan – Studi perusahaan di Bursa Efek Jakarta menyimpulkan bahwa sebanyak 70% dari perusahaan-perusahaan (dan, dengan ekstensi, negara) yang dikendalikan oleh etnis Cina.

Mereka dengan demikian tunduk pada penganiayaan, dengan Cina dipaksa pindah ke daerah perkotaan pada tahun 1960, dipaksa untuk mengadopsi nama dan larangan Indonesia yang dikenakan pada pengajaran bahasa Cina dan menampilkan karakter Cina. Pogram anti-Cina juga terjadi, terutama di 1965-1966 pembersihan anti-komunis setelah kudeta Soeharto dan lagi pada 1998 setelah kejatuhannya, ketika lebih dari 1.100 orang tewas dalam kerusuhan di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Namun, pemerintah pasca-Reformasi telah terbalik sebagian besar undang-undang yang diskriminatif, dan tulisan Cina dan festival Cina telah membuat munculnya kembali, dengan Tahun Baru Cina yang telah dinyatakan sebagai hari libur umum nasional sejak 2003. Sementara sebagian besar Jawa Cina monolingual di Indonesia, banyak orang Cina di Sumatra dan Kalimantan terus berbicara berbagai dialek Cina.

Kebudayaan Indonesia

Tidak ada namanya satu kesatuan budaya Indonesia, tapi budaya Hindu dari bekas kerajaan Majapahit tidak menyediakan kerangka kerja untuk banyak tradisi budaya yang ditemukan di pulau-pulau utama seperti Sumatera, Jawa, Bali dan Lombok. Mungkin yang paling khas seni “Indonesia” adalah wayang kulit, di mana menceritakan potongan rumit dan rinci adegan dari Mahabharata dan Ramayana dan cerita rakyat populer lainnya. Wayang didampingi dengan orkestra gamelan, biasanya diadakan dalam rangka upacara keagamaan dan hiburan tradisional. Kebudayaan Indonesia adalah terkait dengan orang Melayu, termasuk barang-barang penting seperti kain batik dan keris belati, dan budaya Arab juga telah diadopsi berkat perkembangan Islam.

Budaya modern populer Indonesia sebagian besar didominasi oleh kelompok etnis terbesar, orang Jawa. Larangan Suharto impor Barat seperti rock’n’roll, sudah lama dicabut, menyebabkan perkembangan dari bentuk-bentuk asli dari musik seperti dangdut, bentuk gerah pop dikembangkan pada 1970-an, dan menyodorkan panggul televisi dari bintang muda Inul Daratista pada tahun 2003 yang hampir sama kontroversial seperti Elvis dulu. Anggun Cipta Sasmi adalah penyanyi Indonesia berbakat yang menjadi seorang penyanyi terkenal di Prancis. Single “La neige au Sahara” menjadi hit teratas di tangga lagu Eropa pada musim panas 1997.

Kebanyakan film Indonesia adalah film anggaran B rendah. “Daun di Atas Bantal” (1998) adalah pengecualian; memenangkan “film terbaik” penghargaan di Festival Film Asia Pasifik di Taipei, Taiwan (1998). The Raid, Redemption (Indonesia: Serbuan Maut), dan juga dikenal sebagai The Raid dirilis pada tahun 2011 di Toronto International Film Festival dan memiliki distribusi internasional. Film action Indonesia ini memiliki anggaran produksi 1.100.000 £ Itu ditulis dan disutradarai oleh Gareth Evans (UK) dan dibintangi Iko Uwais. Evans dan Uwais merilis film aksi pertama mereka, Merantau pada tahun 2009.

Kedua film menampilkan seni bela diri tradisional Indonesia Pencak Silat. Sastra Indonesia belum membuat banyak kemajuan di panggung dunia, dengan karya-karya obor pembawa Pramoedya Ananta Toer lama dilarang di tanah airnya sendiri, tetapi era pasca-Soeharto telah melihat ledakan kecil dengan Saman Ayu Utami melanggar kedua tabu dan catatan penjualan.

Agama Di Indonesia

80-88% dari penduduk Indonesia menyatakan agama mereka sebagai Islam (Sunni) membuatnya menjadi secara angka menjadikannya agam terbesar dan Indonesia adalah negara mayoritas Muslim terbesar di dunia. Namun demikian, Indonesia secara resmi tetap menjadi negara sekuler. Meskipun ortodoksi agama yang berbeda-beda di kepulauan Indonesia ketaatan yang ketat dari kode pakaian Islam jelas di beberapa negara umumnya tidak ada. Di kota-kota besar jilbab dan manifestasi yang jelas dari iman pengecualian daripada aturan. Di beberapa wilayah regional dan negara yang taat hal Aceh dapat jauh lebih ketat. Bahkan, meskipun secara nominal Muslim, banyak cerita dan adat istiadat yang Hindu, Budha atau animisme berasal lokal dijaga dengan baik oleh sebagian besar penduduk.

Empat agama yang diakui di Indonesia lainnya adalah Protestan (5%), Katolik Roma (3%), Hindu (2%) dan Budha (1%). Hindu terkonsentrasi pada Bali, sementara orang-orang Kristen kebanyakan ditemukan di sebagian Sumatera Utara, Papua, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Buddhisme, di sisi lain, terutama dilakukan oleh etnis Cina di kota-kota besar. Ada juga animisme di seluruh negeri.

Hukum nasional Indonesia menetapkan bahwa semua warga negara Republik harus menyatakan agama mereka dan bahwa agama dinyatakan harus menjadi salah satu dari lima yang resmi disetujui oleh negara, tapi setelah reformasi, Konfusianisme sekarang diakui (sebelumnya itu disamakan dengan Buddhisme, Protestan dan Katolik Roma), sayangnya tidak untuk Ahmadiyah Islam dan Syiah. Hal ini menyebabkan distorsi jelas. Sebagai contoh, banyak praktisi animisme menyebut diri mereka Muslim atau Kristen untuk kepentingan birokrasi negara dan banyak umat Islam di daerah pedesaan juga memiliki cara hidup tradisional mereka yang sangat mempengaruhi praktek mereka dari Islam.

Hari Libur Di Indonesia

Indonesia yang Multikultural merayakan berbagai macam raya keagamaan dan festival, tetapi banyak yang terbatas pada daerah kecil (misalnya, festival Hindu Bali). Berikut ini meliputi hari libur nasional diterapkan terlepas dari keyakinan mereka.

Musim yang paling signifikan dari tahun adalah bulan puasa Ramadhan. Selama 30 hari yang, Muslim yang taat menahan diri dari lapar dan dahaga (makanan, minuman, asap) mulai matahari terbit hingga terbenam. Orang bangun pagi untuk hal-hal diri sebelum matahari terbit (sahur), pergi bekerja terlambat, dan lepas landas awal untuk kembali pulang pada waktunya untuk berbuka puasa (buka puasa) saat matahari terbenam. Non-Muslim, serta Muslim bepergian (musafir), dibebaskan dari puasa tetapi sopan untuk menahan diri dari makan atau minum di depan umum. Banyak restoran tutup pada siang hari dan orang-orang yang tetap terbuka (misalnya, restoran hotel),hanya saja dengan tirai yang menutupi jendela. Selama Ramadan, semua bentuk kehidupan malam termasuk bar, klub malam, karaoke dan panti pijat dekat tengah malam, dan (terutama di daerah lebih saleh) beberapa memilih untuk tetap tertutup seluruhnya. Pelancong bisnis akan melihat bahwa benda bergerak dengan kecepatan yang lebih dari biasanya glasial dan, terutama menjelang akhir bulan, banyak orang akan mengambil cuti.

Puncaknya pada akhir bulan atau hari Idul Fitri (juga dikenal sebagai Lebaran), ketika hampir seluruh negara mengambil satu atau dua minggu cuti untuk kembali ke rumah untuk mengunjungi keluarga. Di Indonesia ritual ini dikenal sebagai mudik, yang berarti pulang. Ini adalah salah satu waktu dalam 1 tahun ketika Jakarta tidak memiliki kemacetan lalu lintas. Tetapi seluruh negara tidak, dengan semua bentuk transportasi yang selalu penuh sesak. Semua kantor pemerintah (termasuk kedutaan) dan banyak bisnis tutup selama seminggu atau bahkan dua, dan berkeliling Indonesia sebaiknya dihindari jika mungkin.

Hari libur Muslim lainnya termasuk Idul Adha (hari kurban), Isra Mi’raj Muhammad SAW, Hijrah (tahun baru Islam) dan Maulid Muhammad SAW. Libur Kristen termasuk Natal, Hari Kenaikan, Jumat Agung, sedangkan Tahun Baru Hindu Nyepi (Maret-April) dan Buddha mendapatkan hari libur untuk Imlek (Tahun Baru Cina) Januari-Februari dan Waisak (ulang tahun Buddha), dirayakan dengan prosesi di sekitar Borobudur. Liburan ke non-agama termasuk Tahun Baru (1 Januari) dan Hari Kemerdekaan (17 Agustus).

Tanggal dari banyak liburan yang ditetapkan menurut berbagai kalender lunar dan tanggal sehingga berubah dari tahun ke tahun. Departemen Tenaga Kerja dapat mengubah tanggal resmi hari libur jika mereka dekat dengan akhir pekan. Ada hari resmi lain cuti untuk pekerja, yang disebut cuti bersama (mengambil hari libur bersama-sama), yang kadang-kadang dekat dengan hari raya Idul Fitri.

Iklim Di Indonesia

Iklim di Indonesia sebagian besar hangat, dan udara basah. Iya, Indonesia adalah tempat yang hangat. Tidak memiliki musim semi, musim panas, musim gugur, atau musim dingin, hanya dua musim: hujan dan kering, yang keduanya relatif (masih hujan selama musim kemarau, itu hanya hujan kurang). Meskipun ada variasi regional yang signifikan, di sebagian besar negara (termasuk Jawa dan Bali) musim kemarau adalah April sampai Oktober, sementara musim hujan adalah November sampai Maret.

Di dataran tinggi suhu secara alami akan lebih dingin, dan ada puncak bahkan tertutup salju di Papua, di atas gunung pada ketinggian 5000m. Membawa jaket tebal sangat direkomendasikan jika berencana untuk mengunjungi dataran tinggi, misalnya, Gunung Bromo di Jawa atau Tana Toraja di Sulawesi.

Zona Waktu Indonesia

Karena negara ini sangat besar, Indonesia dibagi menjadi tiga zona waktu:

GMT +7: Waktu Indonesia Barat (WIB)

  • Sumatra, Java, Kalimantan Tengah Dan Barat

GMT +8: Waktu Indonesia Tengah (WITA)

  • Bali, Kalimantan Selatan Dan Timur, Sulawesi, Nusa Tenggara

GMT +9: Waktu Indonesia Timur (WIT)

  • Maluku, Papua

Area Di Indonesia

Bangsa Indonesia hampir tak terbayangkan luasnya: Lebih dari 17.000 pulau menyediakan 108.000 kilometer garis pantai. Jarak antara Aceh di Barat dan Papua di Timur lebih dari 4.000 km (2.500 mil), sebanding dengan jarak antara New York City dan San Francisco. Berbaring di tepi barat Cincin Api Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi, yang 130 dianggap aktif, serta banyak gunung berapi bawah laut. Pulau New Guinea (di mana provinsi Papua, Indonesia terletak) adalah pulau terbesar kedua di dunia.

  • Sumatra (Termasuk Kepulauan Riau Dan Bangka-Belitung); Liar dan kasar, pulau terbesar ke-6 di dunia memiliki kekayaan alam dan budaya yang besar dengan lebih dari 40 juta jiwa. Habitat bagi banyak spesies yang terancam punah.
  • Kalimantan (Borneo); Sebagian besar dari pulau ini, pulau terbesar ketiga di dunia, ditutupi oleh provinsi Indonesia. Hutan yang belum dipetakan, sungai besar, rumah orangutan, surga bagi petualang.
  • Jawa Dan Madura; Jantung negara Indonesia, kota-kota besar termasuk ibukota Jakarta, dan banyak orang terkonsentrasi di sebuah pulau yang tidak terlalu besar. Di Jawa banyak khasanah budaya seperti di kota Yogyakarta, Borobudur dan Prambanan.
  • Bali; Sejauh ini, Bali adalah tujuan yang paling populer di Indonesia, Budaya Bali yang unik, pantai legendaris, daerah dataran tinggi yang spektakuler dan kehidupan bawah laut yang unik membuatnya menjadi favorit diantara wisatawan global.
  • Sulawesi (Celebes); Berbentuk aneh, pulau ini memiliki banyak keragaman masyarakat dan beberapa pemandangan spektakuler, budaya Toraja, flora dan fauna yang kaya, salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.
  • Nusa Tenggara; Juga dikenal sebagai Kepulauan Sunda Kecil, yang “Kepulauan Tenggara”, mengandung sejumlah kelompok etnis, bahasa dan agama, serta Komodo juga tempat menyelam yang spektakuler.
  • Maluku; Kepulauan Rempah-Rempah yang bersejarah, diperebutkan sampai hari ini, sebagian besar belum diselidiki dan hampir tidak diketahui oleh dunia luar.
  • Papua; Bagian barat pulau New Guinea, dengan pegunungan, hutan, rawa-rawa, sebuah padang gurun yang hampir tak tertembus di salah satu tempat terpencil di bumi.

Kota Besar Di Indonesia

  • Jakarta — Kota paling padat di Indonesia, juga ibukota negara.
  • Bandung — Kota pelajar yang ada di dataran tinggi dingin Jawa
  • Banjarmasin — Kota terbesar di Kalimantan dengan warisan arsitekturnya yang kaya
  • Manado — Kota Kristen di ujung timur laut Sulawesi, yang terkenal untuk menyelam
  • Medan — Kota utama di Sumatra.
  • Semarang — Ibukota Jawa Tengah, dengan paduan Jawa, Cina, dan pengaruh Belanda
  • Makassar (Ujung Pandang) — Pintu gerbang ke Sulawesi
  • Yogyakarta — Pusat budaya Jawa dan titik akses ke candi Prambanan dan Borobudur
  • Jayapura — Ibukota Papua dan pintu gerbang ke dataran tingginya

Destinasi Populer Di Indonesia

  • Lembah Baliem – Jalur trekking yang luar biasa ke area suku Lani, Dani dan Yali, suku – suku di daerah terpencil Papua.
  • Borobudur – Salah satu candi Budha terbesar di dunia yang terletak di provinsi Jawa Tengah; sering dikombinasikan dengan kunjungan ke reruntuhan Hindu yang sama mengesankannya di dekat Prambanan.
  • Bromo-Tengger-Semeru National Park – Beberapa pemandangan gunung berapi paling menakutkan di planet ini dan salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat matahari terbit.
  • Bunaken – Salah satu yang terbaik scuba diving tujuan di Indonesia, bahkan dunia.
  • Kerinci Seblat National Park – Harimau, gajah, bunga rafflesia mengerikan dan banyak lagi di hamparan besar hutan ini di Sumatera.
  • Komodo National Park – Rumah komodo dan ekosistem lautnya yang sangat penting.
  • Danau Toba – Danau vulkanik terbesar di dunia.
  • Lombok – Pulau yang populer di sebelah timur Bali dengan dengan pulau kecilnya Gili, juga Gunung Rinjani dan masih banyak lagi.
  • Tana Toraja – Wilayah dataran tinggi Sulawesi Selatan terkenal karena upacara pemakaman yang luar biasa.

Comments

comments

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: