Meresapi Hari, Menikmati Sejuknya Udara Situ Cileunca

LiburMulu.Com Dari dulu Bandung enggak hanya dikenal sebagai kota yang menyenangkan dengan sajian kuliner dan surga para penyuka belanja dengan factory outletnya. Kota ini mempunyai banyak destinasi alam yang menyenangkan, yang juga banyak diincar para traveler yang ingin menghabiskan hari liburnya di Bandung dengan penuh kesegaran. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati di dekat Bandung adalah Situ Cileunca.

Destinasi yang berupa danau buatan ini berlokasi di Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung yang merupakan sebuah area yang berudara sejuk nan segar. Situ Cileunca ini sebagai salah satu destinasi wisata yang  mengandalkan panorama alam amboy nan aduhai dan bisa menjamin bisa memuaskan hasrat menyatu dengan alam. Setiap traveler yang sedang bosan dengan keramaian kota, dan ingin menyegarkan diri dengan alam pasti akan senang berlibur di Situ Cileunca.

Pagi hari Situ Cileunca itu begitu menyegarkan dan menenangkan.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pagi hari Situ Cileunca itu begitu menyegarkan dan menenangkan.

Memang Situ Cileunca ini adalah sebuah danau buatan yang fungsi utamanya adalah untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Namin danau dan area seluas hampir 1.400 hektar ini juga berada di daerah dingin dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan yang indah. Tidak heran kalau akhirnya juga terkenal sebagai destinasi liburan yang menyenangkan.

Tempat ini seakan juga menjadi magnet untuk para teman – teman traveler yang suka dengan fotografi. Dengan latar belakang lansekap yang indah, Situ Cileunca bisa menjadi tempat yang menarik untuk hunting foto yang sempurna. Di Situ Cileunca teman – teman juga bisa bermalam dengan tenda. Disini memang ada banyak camping ground yang bisa digunakan untuk camping.

O iya, dari beberapa destinasi danau di Bandung, Situ Cileunca ini termasuk unik. Dari sejarahnya, dahulu ada banyak Pohon Leunca di daerah ini, setelah dibuat menjadi danau, makanya sekarang ini dinamakan menjadi Situ Cileunca. Situ dalam bahas sunda artinya Danau, dan Cileunca adalah berasal dari kata Pohon Leunca.

Siapa yang nggak mau menikmati suasa tenang di Situ Cileunca seperti ini.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Siapa yang nggak mau menikmati suasa tenang di Situ Cileunca seperti ini?

Situ Cileunca ini sebenarnya dibangun di lahan milik pribadi seorang Belanda yang bernama “Kuhlan”. Diceritakan kalau Belanda membangun Situ Cileunca selama tujuh tahun mulai dari tahunn 1919-1926 dengan membendung sungai disana. Total luas Situ Cileunca sendiri sekitar 180 Ha. Letak Situ Cileunca sendiri tepatnya berada dan diapit oleh dua desa yaitu Desa Warnaan dan Pulosari.

Danau buatan Situ Cileunca yang berlokasi di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini bisa dicapai dengan kendaraaan pribadi atau kendaaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Situ Cileunca Rutenya adalah sebagai berikut.

Dari Kota Bandung ambil arah menuju Banjaran. Lalu setelah sampai di Banjaran, dan ada pertigaan ambil yang menuju ke arah Pangalengan. Dari Banjaran sendiri Situ Cileunca masih berjkarak sekitar 35 km lagi. Setelah teman -teman travelr berjalan melewati sejumlah tanjakan, maka akan sampai di Pangalengan. Di pertigaan Pangalengan, ambil jalur kanan menuju arah Cisewu Garut. Setelah itu kurang lebih 4 km teman – teman traveler akan melihat danau ada berada di sebelah kiri jalan. Danau itu dikelilingi oleh pepohonan yang sejuk dan segar. Itulah Situ Cileunca :)

Selamat Berlibur Di Situ Cileunca Teman – Teman Traveler!

Tips Dan Rute Menuju Situ Cileunca :

  • Untuk menuju Situ Cileunca, teman – teman traveler bisa naik bus umum dari Kota Bandung. Naiklah jurusan Pangalengan dengan waktu tempuh sekitar 2-2,5 jam.
  • Jika ingin menuju Situ Cileunca dengan kendaraan pribadi bisa membaca peta dan jalurnya disini.
  • Masuk ke kawasan Situ Cileunca harus membayar tiket IDR 2.500 per orang. Selain itu harus membayar parkir juga untuk Bus IDR 7.000, Sedan dan Mini Bus IDR 3.000 Sepeda Motor IDR 1.000.
  • Pengelola Situ Cileunca juga menyediakan paket outbond seperti Paintball, Flying Fox dan Rafting. Untuk rafting biayanya IDR 120.000 per orang, Paintball IDR 80.000 – Rp.100.000 per orang sementara Flying Fox IDR 10.000 per orang
  • Jika ingin menuju ke kebun Strawberry, teman – teman traveler harus menyeberangi Situ Cileunca dengan menggunakan perahu yang tarifnya IDR 5.000 per orang.

Note : Bandung adalah kota besar di Jawa barat, dan sudah mempunyai bandara internasional. Untuk mengunjungi Bandung bisa terbang langsung ke Bandung dengan pesawat, atau terbang ke Jakarta dahulu baru melanjutkan perjalanan darat dengan travel atau kereta api.

Comments

comments

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: