Menengok Pantai Depok Yogyakarta

LiburMulu.com Bersantai di pantai sambil berwisata kuliner?! Dua kegiatan super menyenangkan tersebut ternyata bisa dilakukan sekaligus loh! Bernama Pantai Depok, yang letaknya berada di antara pantai-pantai lain di wilayah Bantul, Yokyakarta. Merupakan pantai yang tidak hanya menawarkan keindahan panorama lautnya saja, melainkan juga memiliki pusat wisata kuliner untuk menikmati berbagai macam olahan seafood.

Terdapat sejumlah warung makan tradisional di Pantai Depok yang menjual bebargai macam jenis ikan laut yang dijual dengan harga terjangkau seperti ikan kakap, cakalang, bawal, bandeng, tongkol, layur, kepiting, udang, pari, kerapu, cucut, hingga cumi-cumi.

Ikan segar yang bisa di beli di dekat Pantai Depok Yogyakarta
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ikan segar yang bisa di beli di dekat Pantai Depok Yogyakarta

 

Semua dijamin segar karena merupakan hasil dari tangkapan nelayan setempat. Yang membuat pantai ini menyenangkan, terdapat beberapa warung makan yang sengaja dirancang menghadap ke selatan, agar pengunjung dapat menikmati hidangan laut sekaligus pemandangan pantai serta laut lepas yang berombak besar.

Bagi kalian yang ingin berburu foto berbeda, di pantai ini juga terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan) jadi kalian yang belum pernah menyaksikan bagaimana aktivitas pelelangan ikan terjadi, tentunya akan sangat menarik bila dapat menyaksikannya langsung di sini bukan?! Kalian juga dapat menemukan berbagai macam jenis ikan dengan ukuran yang juga beragam dari yang kecil hingga yang besar.

Menemukan perahu-perahu motor milik para nelayan di tepian Pantai Depok ini bukanlah hal yang sulit, karena itulah perahu yang digunakan para nelayan melaut ketika malam hari tiba. Maka dari itu, jika kalian berniat untuk mendapatkan ikan yang segar, kalian dapat bertransaksi di tempat nelayan tersebut secara langsung dengan harga yang tak kalah bersaing dengan harga pasaran.

Jika kalian sudah cukup puas berwisata kuliner, kalian dapat keluar pantai lalu berbelok ke kanan menuju arah Parangkusumo dan Parangtritis. Di tempat ini kalian akan menjumpai pemandangan alam yang sangat langka dan menakjubkan, yang biasa disebut sebagai Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk pasir yang ada di pantai ini merupakan satu-satunya gurun kecil yang berada di kawasan Asia Tenggara. Di sini, kalian dapat menikmati hamparan pasir yang luas atau mungkin mencoba untuk sandboarding.

Ombak pantai ini cukup besar karena berbatasan dengan laut selatan Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ombak pantai ini cukup besar karena berbatasan dengan laut selatan Indonesia (sumber)

Terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik, dahulu di Gumuk Pasir Parangkusumo ini terdapat beragam tipe yang terbentuk, yaitu barchan dune, comb dune, parabolic dune dan longitudinal dune. Saat ini hanya beberapa saja yang tedapat, yaitu barchan dan longitudinal. Tertarik untuk datang?! Untuk menikmati hidangan laut sekaligus pemandangan gumuk pasir ini, kalian dapat melalui rute yang sama dengan Parangtritis dari pusat kota Yogyakarta. Selamat berlibur-mulu ya!

Tips Berwisata Kuliner di Pantai Depok

1. Datanglah ketika pagi hari jika tidak ingin menganti panjang ketika membeli ikan.

2. Pilihlah ikan atau tangkapan laut yang segar dengan cara melihat mata dan bau dari ikan tersebut.

3. Setelah memilih ikan, segera bawalah ikan tersebut ke warung yang berada di sebelahnya agar dimasak sesuai menu yang kalian minta.

4. Hindari berkunjung ke Pantai Depok ini pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon karena para nelayan pada hari itu libur melaut (sebab kepercayaan masyarakat setempat).

Lokasi Pantai Depok Yogyakarta

Pantai Depok secara administratif berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Cara untuk menuju Pantai Depok yakni dari Yogyakarta kalian hanya perlu menuju jalur pantai Parangtritis, namun sebelum kalian masuk ke tempat retribusi pantai Parangtritis, kalian harus berbelok kekanan mengikuti petunjuk ke pantai Depok, karena retribusi pantai Depok ini berlainan dengan pantai Parangtritis.

Harga Tiket Pantai Depok

Satu motor + 2 penumpang : Rp.4.000,- (2013)
Mobil Rp.5.000 + tiket perorangan

Incoming search terms:

  • pantai depok
  • pantai depok jogja
  • gambar pantai depok
  • tiket pantai depok

Comments

comments

2 Responses

  1. Kereeennnnn sekali fotonya..

  2. wisata kuliner pantai depok jorok banyak lalatnya. saya pernah makan sana beli ikan dan lainnya terus dimakan disana, banyak lalatnya. pulang2 diare. KAPOKKKK..

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: