Mendaki Tebing Karang Di Pantai Siung

LiburMulu.Com – Ada banyak tebing karang dengan dinding yang bisa dipanjat. Itulah salah satu faktor yang membuat Pantai Siung menjadi terkenal dikalangan para pemanjat. Pantai ini melengkapi jajaran pantai – pantai di daerah selatan Yogyakarta yang menawan. Pun untuk menuju ke Pantai Siung yang terletak di sebuah wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul ini cukup memakan waktu. Jaraknya sendiri sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan berkendara.

Mungkin banyak yang belum tahu keberadaan Pantai Siung. Namun Pantai Siung ini adalah salah satu objek wisata pantai di Gunung kidul yang terletak di Kecamatan Tepus, tepatnya berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kabupaten Gunungkidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Keunikan dari Pantai Siung ini adalah memiliki lokasi wisata petualangan berupa panjat tebing dengan 250 jalur panjat berstandar internasional.

Lansekap Pantai Siung dari ketinggian.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Lansekap Pantai Siung dari ketinggian.

Memang ada banyak batu karang adalah salah satu daya tarik yang menonjol dari Pantai Siung. Disini bertebaran berbagai macam batu karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai. Keberadaannya memiliki peran penting untuk Pantai Siung. Hal ini tidak cuma menjadi penambah keindahan atau sekedar pembatas dengan pantai yang lain. Namun disebutkan kalau keberadaan karang itu juga yang menjadi alasan penamaan Pantai Siung.

Dari bentuk batu karang yang unik menurut seorang penduduk setempat, nama Pantai Siung diambil. Disebutkan ada sebuah karang yang bentuknya menyerupai gigi kera atau Siung Wanara. Dan hingga sekarang kini, batu karang otu masih bisa dilihat keberadaannya. Bati karang yang menyerupai gigi kera atau Siung Wanara ini masih ada sembari menahan ombak besar yang sering menerpanya.

Tanjakan, tikungan tajam yang kadang disertai turunan tajam selalu menyertai perjalanan menuju Pantai Siung. Tidak ada pilihan lagi untuk menuku pantai ini. Jalur Yogyakarta – Wonosari yang berlanjut melewati Jalur Wonosari – Baron dan Baron – Tepus adalah jalur yang paling mudah untuk menuju Pantai Siung. Karena sebagian besar jalan sudah diaspal mulus dan sempurna.

Pantai Siung penuh dengan karang, tetapi cantik.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pantai Siung penuh dengan karang, tetapi cantik.

Jalur lain sendiri adalah menuju ke Pantai Siung melewati jalur Yogyakarta – Imogiri – Gunung Kidul. Namun jalur ini memiliki rute yang lebih susah, karena banyak jalanan yang cenderung berlubang, selain itu jalur Wonogiri – Gunung Kidul terlalu jauh bila ditempuh dari kota Yogyakarta. Memang, seperti Puncak Suroloyo, beberapa destinasi di Yogyakarta ini perlu sedikit perjuangan untuk mencapainya.

Nama Pantai Siung di kancah para pemanjat tebing bukan dengan secara instant. Ini semua dimulai dari tahun 90-an, yaitu ketika berlangsung sebuah Kompetisi Asian Climbing Gathering yang memanfaatkan tebing – tebing karang di Pantai Siung. Tebing – tebing karang itu dimanfaatkan sebagai arena perlombaan. Nah, sejak saat itulah, popularitas Pantai Siung mulai pulih bahkan menanjak hingga menjadi terkenal.

Selain panjat dinding, fasilitas lain yang mendukung kegiatan menarik di Pantai Siung adalah sebuah ground camp yang berada di sebelah timur pantai. Di ground camp ini, bisa didirikan tenda dan mengadakan acara api unggun. Syarat menggunakan camping groundnya hanya satu, tidak boleh merusak lingkungan dan mengganggu habitat penyun yang ada disekitar Pantai Siung. Namun, tidak disebutkan berapa biaya untuk menggunakan camping ground.

Di Pantai Siung, teman - teman traveler bisa juga berkemah.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Di Pantai Siung, teman – teman traveler bisa juga berkemah.

Bermalam sambil berkemah di Pantai Siung memang salah satu kegiatan menyenangkan yang disarankan untuk teman – teman traveler. Di pantai ini biasanya akan ada sekelompok kera ekor panjang akan turun menuju pantai. Ini adalah hal yang menarik untuk diamati, karena kera ekor panjang kini semakin langka dan susah ditemui. Namun ternyata masih banyak dijumpai di Pantai Siung ini. Jadi, tunggu apa lagi, liburan dan kemping ke Pantai Siung yuk!

Note : Yogyakarta adalah salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Siung yang ada di Yogyakarta ini. Sementara itu untuk menuju kota Yogyakarta bisa dicapai dengan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Atau bisa juga dilakukan dengan penerbangan murah ke Yogyakarta baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Incoming search terms:

  • pantai siung
  • dp bbm di ketinggian tebing

Comments

comments

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: