Labuan Cermin, Danau Cermin Di Tengah Belantara Berau

LiburMulu.Com Labuan Cermin, kalian tahu dengan keberadaan danau ini? Belakangan danau ini digaungkan mirip dengan sebuah danau yang dikenal dengan Situ Cilembang, wisata terbaru yang ada di Sumedang. Namun sepertinya Labuan Cermin yang ada di Kalimantan ini jauh lebih keren.

Danau ini berada di sebuah teluk di Kecamatan Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Labuan cermin juga terkenal dengan sebuat danau dua rasa, karena kondisi air danau yang memang unik. Air di danau yang indahnya bak cermin ini segar di permukaan namun asin di bagian bawah. Unik dan menarik kan?

Di danau ini juga terdatap berbagai jenis ikan yang hidup bersama berdampingan satu sama lain. Otomatis disini pasti juga terdapat air ikan tawar dan ikan air asin! Keren bukan? Konon, yang berada di Biduk-Biduk ini diyakini pernah menjadi tempat pemandian bagi raja-raja Berau.

Ke Labuan Cermin nggak perlu bayar tiket, bayar perahu saja
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ke Labuan Cermin nggak perlu bayar tiket, bayar perahu saja

Perlu Perjuangan Yang Lumayan Untuk Menuju Danau Labuan Cermin Yang Ada Di Kalimantan Timur Ini

Untuk menuju Labuan Cermin, kalian bisa langsung terbang ke Bandara Kalimarau yang ada di Tanjung Redeb, Berau lalu melanjutkan perjalanan darat selama 6-8 jam ke Biduk-biduk. Atau kalian juga bisa memilih untuk melakukan perjalanan darat dari kota transit terdekatnya Balokikpapan. Mungkin akan capek, tapi pemandangan sepanjang perjalanan akan cukup aduhai indahnya.

Ditambah lagi, pemandangan sepanjang Berau-menuju Biduk-Biduk nantinya. Perjalanan yang berat, akan terbayarkan ketika kalian sampai ke danau yang keindahannya bak kristal dan memiliki air dua rasa ini. Selain itu, pemandangan indah dari Danau Cermin di Biduk-Biduk ini disebutkan tak kalah indah dengan beberapa Pantai Thailand yang sudah terkenal di dalam layar lebar.

Sebut saja pulau Koh Phi Phi, atau pulau di mana Leonardo DiCaprio membintangi film The Beach, masih kalah indah dengan Danau Labuan Cermin yang ada di Kalimantan Timur ini. Memang sih, keindahan alam Indonesia itu nggak kalah dengan tempat lain. Jadi sudah sepatutnya kalau dijaga dengan baik

(Baca Juga : Situ Cilembang A.K.A Situ Biru Sumedang, Danau Berwarna Biru Dari Sumedang! Untuk Para Petualang)

Labuan Cermin di Kalimantan Timur Yang mempesona
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Labuan Cermin di Kalimantan Timur Yang mempesona

Berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi, lokasi Labuan Cermin ini dikelilingi oleh hutan bakau dan bukit-bukit tinggi sebagai salah satu sumber air tawar di danau dengan jenis air ini. Air tawar disini, sebelum mengalir ke air laut, terperangkap dahulu di danau Labuan Cermin.

Oleh karena itu, danau keren ini kemudian memiliki dua jenis air dalam satu tempat. Yaitu memiliki air segar dan air garam, salah satu jenis air memenuhi bagian atas dan yang satunya berada di bagian bawah danau sedalam kira-kira 13 meter ini.

Labuan Cermin ini terletak sekitar 250 kilometer berada sebelah di sebelah selatan dari Tanjung Redeb Secara administrasi masih berada di wilayah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Bisa dibilang ini adalah wisata paling keren yang ada di Kalimantan Timur. Kalian setuju?

Bebas berenang di danau yang memiliki dua jenis air ini. Air tawar dan air asin ada di danau ini sekaligus. Aneh kan?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bebas berenang di danau yang memiliki dua jenis air ini. Air tawar dan air asin ada di danau ini sekaligus. Aneh kan?

Cara menuju ke Labuan Cermin Dari Jakarta, kalian bisa melakukan perjalanan melalui udara dengan biaya IDR 500.000-Rp 900.000 ke Bandara Sepinggan, Balikpapan, dan selanjutnya kalian baru terbang ke Bandara Kalimarau, Tanjung Redep, Berau. Harganya berkisar antara IDR 900.000-Rp 1 juta per orang.

Untuk mencapai Labuan Cermin dari Berau, kalian bisa menggunakan layanan travel. Travel yang di Berau ini biasanya berupa kendaraan multi-purpose vehicle (MPV) menawarkan tarif Rp 150.000-Rp 500.000 per hari tidak termasuk bahan bakar.

Sebagian jalanan menuju Biduk-Biduk mungkin sebagian kurang baik, namun katanya Jalan dari Tanjung Redep ke Biduk-Biduk sudah banyak diperbaiki. Jauh lebih baik daripada beberapa tahun yang lalu. Apakah mungkin ini karena keberadaan Danau Labuan Cermin yang mulai terkenal?

Perlu usaha lebih keras untuk menuju danau super keren di Kalimantan Timur ini!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Perlu usaha lebih keras untuk menuju danau super keren di Kalimantan Timur ini!

(Baca Juga : Danau Kakaban Di Pulau Kakaban, Sang Primadona Kepulauan Derawan!)

Perlu diketahu bahwa sebagian besar orang yang tinggal di Biduk Biduk adalah nelayan. Kabupaten ini juga memiliki populasi 6.018 orang yang tinggal di empat desa. Yaitu desa Tanjung Perepat, Pantai Harapan, Giring-Giring dan Biduk Biduk-. Danau Labuan Cermin sendiri berada di Labuan Cermin, desa Biduk Biduk-.

Terlepas dari aktivitas nelayan di sekitar daerah tersebut, dusun ini juga dikenal sebagai daerah kerajinan perahu dari warga setempat. Namun, karena pasokan kayu terbatas telah mengurangi jumlah pengrajin. Selain itu pada jaman sekarang ini banyak dari generasi muda di desa lebih memilih untuk bekerja di sektor industri di Samarinda atau Balikpapan.

Jika kalian berencana untuk berlibur cukup lama di Labuan Cermin, kalian bisa menginap di beberapa penginapan yang ada tak jauh dari lokasi danau ini, atau di Desa Labuan Kelambu. Di sini kalian nanti bisa tinggal di rumah atau penginapan penduduk lokal. Tarif menginap permalam di dekat Labuan Cermin bervariasi, mulai dari IDR 50.000 sampai IDR 300.000 per malam.

Labuan Cermin berada tidak jauh dari penginapan tadi. Kalian hanya perlu menuju sebuah dermaga dengan perahu yang akan mengantarkan ke lokasi danau berada. Tidak ada tiket masuk juga untuk menuju Labuan Cermin, namun untuk menuju lokasi keberadaan Labuan Cermin kalian akan perlu untuk menyewa perahu yang mengantarkan kalian hingga ke tempat keberadaan danau. Tarif untuk naik perahu untuk PP adalah IDR 100.000 nggak terlalu mahal.

Sekarang mungkin danau yang satu ini terkenal sebagai tempat libuan yang menarik. Konon pada 1990-an, Labuan Cermin ini adalah tempat favorit para nelayan untuk mencari ikan. Karena terdapat banyak ikan disini. Misalnya dari berbagai jenis ikan air asin seperti kakap merah dan ikan air tawar seperti kampuleng (semacam ikan bandeng). Namun, ikan semakin habis dan sekarang ini lebih dikenal sebagai tempat wisata yang keren di Kalimantan Timur.

Iya, bisa dibilang danau Labuan Cermin adalah salah satu danau terindah di Kalimantan yang sayang sekali kalau nggak kalian kunjungi ketika musim liburan tiba. Jernihnya air danau akan menggoda siapapun untuk berenang dan menceburkan diri didalamnya. Jadi, pastikan kalian membawa baju renang jika berkunjung ke yang airnya sangat jernih, yang berada di Kalimantan timur ini ya!

Cara Dan Panduan Menuju Labuan Cermin Di Kalimantan

Cara menuju ke Labuan Cermin ini sangat mudah kok, cuma ya perlu sedikit perjuangan saja!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cara menuju ke Labuan Cermin ini sangat mudah kok, cuma ya perlu sedikit perjuangan saja!

Untuk menuju ke danau keren di Kalimantan Timur ini, cara paling gampang adalah kalian harus terbang ke Tanjung Redeb, yang merupakan bandara terdekat dari danau paling keren di Kalimantan Timur ini. Dari manapun asal kalian, biasanya pesawat menuju Tanjung Redeb akan trasit di Balikpapan sebelum akhirnya mendarat di Bandara Tanjung Redeb.

Dari Tanjung Redeb menuju Biduk-biduk kalian harus menggunakan mobil travel yang akan menghabiskan waktu tempuh sekitar 6-8 jam perjalanan. Sesampainya di Biduk Biduk kalian bisa menginap atau langsung menuju ke Labuan Cermin.

Dari Desa Biduk-biduk untuk menuju danau cermin ini harus menuju desa Labuan Kelambu terlebih dahulu, dimana terdapat sebuah dermaga tempat kapal yang akan mengantarkan kalian ke danau yang indah bak cermin kaca ini. Lokasi danau kristal di kalimantan ini tak terlalu jauh dari dermaga tadi.

(Baca Juga : Gua Haji Mangku, Gua Berwarna Biru Di Pulau Maratua)

Review Labuan Cermin Dari Pengalaman Pengunjungnya

Berikut review dari pengalaman orang yang telah berkunjung ke Labuan Cermin. Review diambil dari tripadvisor. Kalian bisa mempertimbangkan akan berkunjung atau tidak ke Labuan Cermin setelah membaca review ini.

Sangat memikat dengan kebeningan airnya sehingga seolah – olah kita melayang di udara saat menyelam di bawah air – Innal Rahman, Tenggarong, Indonesia

Kalau lagi ada di Berau jangan lupa maen kemari…, danau labuan cermin di kecamatan biduk-biduk. Bisa ditempuh dengan mobil sekitar 3 jam an dari Berau. Danau ini punya dua lapisan air.., di bagian atas air tawar, di bagian bawahnya air laut. Klo mau kesini, menurut saya bagusnya pagi sekitar jam 6 sd jam 8 ato jam 12 sd jam 13…, airnya baguus…, pantulan sinar matahari di airnya keren beuud. Yang pasti jangan lupa bawa kamera yaa….., jangan sd nyesel yaa.. ga foto-foto disini….:) – dee2ok, Samarinda, Indonesia

Perjalanan yang ditempuh untuk mencapai lokasi ini memang tergolong sangat sulit. tidak adanya transportasi umum yang pasti untuk bisa mencapai Danau Dua rasa ini. perjalanan panjang yang melelahkan serta biaya yang bisa dikatakan tidak murah meriah semua terbayarkan ketika tiba di danau yang dikelilingi oleh hutan semak belukar ini.

Danau Labuan Cermin dengan 2 rasa dimana 5 meter dibagian bawahnya adalah air asin yang berwarna hijau toska, sementara 7 meter bagian atas adalah air tawar yang berwarna biru sangat bening. Karena kejernihannya itu, sehingga kita seakan dapat bercermin di danau tersebut. ditengah-tengah danau terdapat semacam lapisan awan garis putih yang membatasi antara asin dan tawar. selain itu ikan-ikan juga banyak di danau ini baik ikan air asin maupun ikan air tawar. – Mira Ichi P, Jakarta, Indonesia

Danau 2 rasa, air tawar bersatu dengan air asin, Air tawar dibagian atas, dan air laut di bagian bawah. airnya super jernih sampai-sampai lo bisa liat ikan-ikan yang berenang disana dan batang-batang pohon yang ada di bawah danau itu. dan danau ini serasa cermin karna bener-bener merefleksikan benda-benda disini. kapal aja terlihat melayang men! – Putri M

Walaupun perjalannan yang melelahkan selama 5 jam dari Sangatta namun dengan mencentuh dan berenang di danua dua rasa labuan cermin, kec. biduk-biduk, kabupaten berau semua capek hilang seketika dimana di dalam danau tersebut terasa asin namun dia permukaannya tawar oleh karena itu dinamakan danau dua rasa belum lagi pemandangan pantai sepanjang kec, biduk-biduk dan di tambah keindahan pulau kainungan yang masih didalam satu kec.biduk-biduk yang masih arsi , alami sehingga tidak bosan-bosannya mata dan hati ini takjub dengan keindahan panorama pantai,pulau dan semua tersaji dengan rapi dan alami. – IqbalRamadhan, Sengata, Indonesia

Perjalanan darat ke objek wisata Danau air tawar Labuan Cermin ini lebih kurang 4 jam ke arah selatan dari Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Air danau ini begitu jernihnya sehingga kita bisa bercermin di atas permukaannya. Pantulan pepohonan yang masih alami di sekeliling danau juga memperindah pemandangan di danau ini. Berenang di danau ini terasa sangat menyegarkan karena sangat bersih dan jernih.

Sayangnya untuk menuju danau ini masih menggunakan perahu motor bermesin diesel yang suaranya merusak suasana. Akan lebih nyaman bila tersedia perahu sampan dengan dayung atau mesin tempel 4 tak yang bersuara halus. Pasti akan lebih sempurna bila kita mendengar suara burung dan desir dedaunan tanpa terganggu suara mesin perahu motor. – Veda S

Biduk-Biduk terletak 5 jam berkendara dari berau, kalimantan timur. Jalan tidak benar-benar baik. Labuan cermin adalah sebuah danau dengan air segar yang di atas dan air asin di bawah ini. Ini disebut 2 rasa danau. Saya pergi di sini di 4 pm, ini bukan waktu yang tepat untuk pergi ke sana. Lihat kecantikan murni, anda sebaiknya pergi ke sana di siang hari. jadi air akan menjadi sangat jelas.

Ada beberapa penginapan di daerah ini. Tapi anda tidak dapat memesan lodge. Anda harus pergi ke sana langsung dan kemudian bertanya apakah ada kamar. Pengalaman saya. Saya memesan oleh telepon selvia lodge 3 kali dan mereka memberikannya ke orang lain. sangat kecewa. Untungnya, sopirnya membantu kami untuk cari homestay di keluarganya. – cunay1405, Jakarta, Indonesia

The perfect time to visit the lake is from 10 am to 2 pm. The crystal water is breathtaking, the lake consist of two layer, the upper layer is fresh water meanwhile the bottom layer is salty water. Local villager said that it used to have a very beautiful reef but it was destroyed. The village it self is perfect place to peace our soul. The surrounding island (Kaniungan besar, kaniungan kecil) is also attractive, we can do some sport activity like snorkeling and diving – Vika R

Perkiraan Biaya Transportasi Yang Dikeluarkan Untuk Menuju Labuan Cermin

Mungkin agak mahal, tapi yakin nggak mau coba berenang di danau super kece ini!?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mungkin agak mahal, tapi yakin nggak mau coba berenang di danau super kece ini!?

  1. Tiket Pesawat Jakarta – Balikpapan – Tanjung Redeb : IDR 1.000.000 – 2000.000++
  2. Tarif Travel Tanjung Redeb-Biduk-biduk : IDR 140.000++
  3. Tarif Perahu Dari Desa Labuan Kelambu Ke Labuan Cermin : IDR 100.000 (PP)

Nah, sekarang siapa yang pengen liburan ke Danau Labuan Cermin? Kalian boleh berkunjung ke danau kristal ini, berenang juga boleh, asal kalian harus menjaga kebersihan ya! Jangan buang sampah sembarangan agar danau ini kemudian nggak menjadi kotor! Oke!

Incoming search terms:

  • labuan cermin
  • cara ke labuan cermin
  • akses jalan dari sangatta ke labuan cermin
  • biduk biduk ditanjungredeb
  • labuan cermin berau
  • pengalaman liburan ke danau
  • perjalanan ke biduk biduk

Comments

comments

106 Responses

  1. Ajak gw kesini dong tuan rumah Iyank Kuzman Al-Fatih Anna Badriahh

  2. tauuu ga a sur ,, baruuu bangett tadii mauu berangkat kerjaa kaka gw nanya tmpat ini

  3. Ayo lah kita kesana Anna Badriahh sekalian ngaliwet di rmh badri

  4. Ini mah desa tempat kelahiran ku waktu masih SD kelas 4-6 ada ritual mandi di labuan cermin ketika lebaran idul fitri

  5. Waw…..keren banget tidak kalah sama luar negeri.tempat wisata kita pun bagus-bagus ngapain jauh-jauh keluar negri,buang-buang duit.

  6. Kwin ap jngn pacar.n mlu mg buat kwin qx pnya duit tah

  7. Dany Prayogo says:

    Kasih rute jalur daratnyadong, dari bandar udara kalimarau.

  8. Ini lho Indonesia. Masih kah ada yg mau bilang Indonesia tidak indah…..

  9. Sayang kita ngga kesini waktu itu Kukun Zamzami

  10. Mau donk kesana.. tempatnya woww bingiitt. Hehe

  11. Cahya Cayy says:

    mamaaaaassssss mauuuuu Rofiq Hindarwan Putranto

  12. Yudistira Krisdianto Oko Wa Ode Nartin kesini??? Ahhaha

  13. Kereeen. No editkan..?
    Indonesia memang indah

  14. Mas Effil says:

    Sandi Cena Gpnk Heryadi kita ambil GoPro atuh lah

  15. bentar lagi kayaknya rusak iti

  16. modelnya kece Ahsan Lo Ad
    potograpernya jago Putu Indrawan Astika

  17. Ga nyesel dulu kesana tiap 2minggu sekali selama 6 bln …. rugi kl g kesana

  18. Rifaldi says:

    semoga anak” alay gak merusak danau ini y min :v

  19. Bukan di belantara tapi daerah pesisir.

  20. Sembunyikan ke indahan pada anak anak alay #save_indahnya_indonesia

  21. Hati2 ada anak selfie wkwkwk surut ntar air di danau

  22. Agus Ryan says:

    Mantapz, kyknya hrs ada agenda maen kesana!!

  23. Saya sdh pernah ke labuan cermin 3 bln yg lalu indah bgt airnya bening sperti kaca…danaunya jg dua rasa tawar sama asin….pokoknya g bakalan nyesel klo ke labuan cermin pasti pngen rendaman trus airnya dingin tapi nggak bikin menggigil….klo mau ke labuan cermin mending nginep dulu di talisayan jadi pas pagi harinya baru ke labuan cermin trus ke pantai teluk sulaiman jg indah bgt pantainya di sebrang pantai teluk sulaiman ada air terjun jg.

  24. #kamitidaktakut
    #indonesiaunited
    #wonderfulindonesia

  25. Bentar lagi juga rusak penuh sampah n coretan……Indonesia gitu loh……..

  26. David Rahmat says:

    Berau chubee… Bianca lagi disini toh?

  27. May Potter says:

    Ferizal Erlanggaerlangga

  28. SiLva Betziane Atalia Kondoy, Tita Paramani, Bebi, Yuliani Sunarto Njo:D

  29. Njrid bagus nya offside

  30. Budi Yu says:

    soon this place will be full of Indonesian Selfiers Army…

  31. Labuan cermin N teluk sulaiman emnk indah tp warga sekitar blm bs memanfaatkan tu bwt wanawisata

  32. pengen bgt ke situ. budget brp yak?

  33. Tanah Borneo nan indah mengagumkan dgn pemandangan eksotis dan airnya yang bening sprt cermin dan 2 jenis air yg unik.(asin dan tawar)
    Silahkan berwisata disini, dijamin asik dan seru☺

  34. Rudex Telex says:

    Dari samarinda bisa jua lewat darat…tp jlnnya ngeri..

  35. Dapur Arwana says:

    kalo dari bandara berau msh jauh kah lokasinya?

  36. Mending tempat2 bagus seperti ini ga perlu banyak org yang tau ,,kan sayang banget kalo rusak karna ulah segelintir ssok yg tak berranggung jawab

  37. Myta Myta Udah pernah ksni?:-)

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: