Kulon Progo, Pesona Wisata Baru Di Yogyakarta Yang Bisa Membuat Kalian Terpaku!

LiburMulu.Com Kulon Progo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Yogyakarta yang menarik. Ada banyak pesona wisata baru Di Kulon Progo selain Kalibiru. Hal ini juga yang membuat siapapun selalu kangen dengan atmosfer wisata Yogyakarta. Tentu selain wisata alamnya yang keren, wisata budaya dan sejarah Yogyakarta yang menarik, orang-orangnya yang ramah juga membuat betah berlama-lama di Yogyakarta.

Dulu mungkin Kulon Progo, belum menjadi daya tarik utama wisata Yogyakarta. Namun sekarang Kulon Progo telah menjelma menjadi sebuah primadona pariwisata baru di Yogyakarta. Tempat wisata Kulon Progo, salah satu kabupaten di Yogyakarta yang satu ini emang sedang naik daun.

Jelas, pesonanya gak kalah keren dari daerah yang ada di sekitarnya. Apalagi, kondisinya masih segar, belum banyak dikunjungi para traveler. Tak heran kalau banyak bermunculan wisata baru di Kulon Progo. Nah, bersiaplah kalian karena sejumlah destinasi baru di Kulon Progo ini siap bikin kalian ngiler pengen ke sana!

1. Puncak Gunung Kukusan Di Kulon Menanti Kalian Untuk Didaki!

Puncak Gunung Kukusan Di Kulon Menanti Kalian Untuk Didaki!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Puncak Gunung Kukusan Di Kulon Menanti Kalian Untuk Didaki! via instagram https://www.instagram.com/p/89vOs5nZCB/

Melihat keelokan lansekap gugusan Pegunungan Menoreh, rasanya terlalu sayang kalau kalian gak menyentuh salah satu puncaknya. Iya, selain Puncak Suroloyo, ada juga beberapa puncak gunung yang bisa kalian daki demi menyambut pagi disini. Salah satunya yang asik adalah Gunung Kukusan yang terletak di Dusun Nglinggo, Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo.

Untuk bisa mendaki puncaknya, kalian memerlukan kendaraan yang kuat naik gunung. Setelah itu, kalian tinggal mendaki sekitar 200 meter dari parkiran. Cukup gampang, kan? Tapi, panorama lansekapnya jangan ditanya lagi. Gunung Sindoro-Sumbing serta Merapi-Merbabu tampak begitu dekatdari Puncak Gunung Kukusan Ini.

2. Waduk Sermo Adalah Wisata Kulon Progo Yang Menawan Dan Tak Bisa Kalian Lewatkan

Waduk Sermo Adalah Wisata Kulon Progo Yang Menawan Dan Tak Bisa Kalian Lewatkan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Waduk Sermo Adalah Wisata Kulon Progo Yang Menawan Dan Tak Bisa Kalian Lewatkan via instagram https://www.instagram.com/p/-wFFHhpTir/

Kalau kalian mendambakan suasana yang tenang dari hiruk pikuk kota yang menyebalkan, pergilah ke Kulon Progo. Di sini ada Waduk Sermo adalah yang merupakan tujuan liburan sempurna. Kalian bisa menikmati heningnya danau buatan yang dikepung oleh pegunungan Menoreh. Kalian bisa berkeliling dengan perahu, atau berjalan-jalan di tepiannya saja.

Tertarik dengan pandangan lain dari Waduk Sermo? Coba kalian blusukan ke pintu airnya saja, di sana kalian akan mendapati panorama hijau yang mengagumkan. Iya, menjelang sore, pemandangan senja dari sini sungguh bikin kalian betah dan malas pulang ke rumah.

3. Pesona Curug Sidoharjo Bikin Pengalaman Liburan Kalian Di Kulon Progo Makin Kaya!

Pesona Curug Sidoharjo Pengalaman Liburan Kalian Di Kulon Progo Makin Kaya!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pesona Curug Sidoharjo Pengalaman Liburan Kalian Di Kulon Progo Makin Kaya! via instagram https://www.instagram.com/p/8w7bCWMWVx/

Masih belum percaya kalau Kulon Progo banyak menyimpan pesona yang istimewa? Coba deh kunjungi Curug Sidoharjo yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Ketinggian Curug Sidoharjo ini mencapai 75 meter dengan kemiringan 90 derajat. Tentu hal itu pasti bakal membuat kalian tercengang. Kalian mesti mendongak sampai pegal kalau mau melihat puncaknya.

Yang menarik, air terjun yang satu ini juga dimanfaatkan untuk melakukan olahraga rappling dan canyoning. Rapling ini adalah olahraga ekstrim, menuruni dinding air terjun yang tinggi dan akan memacu adrenalin. Kalian boleh mencoba untuk yang ingin, namun tentu hanya boleh dilakukan dengan pengawasan para profesional!

(Baca Juga : Tujuh Tempat Epik Menikmati Cahaya Di Sekitar Yogyakarta)

4. Ada Lagi Air Terjun Kedung Pedut Yang Membuat Wisata Kulon Progo Makin Mempesona

Ada lagi Air Terjun Kedung Pedut Yang Membuat Wisata Kulon Progo Makin Mempesona
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ada lagi Air Terjun Kedung Pedut Yang Membuat Wisata Kulon Progo Makin Mempesona via instagram https://www.instagram.com/p/67qfv2PAQx/

Untuk kalian yang ingin berendam di air yang sejuk sekalian menikmati panorama air terjun dua warna? Pergi aja ke air terjun Kedung Pedut yang terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Di sini, kalian akan menemukan kesegaran yang mempesona.

Namun perlu diingat, jangan lupa membawa pakaian ganti. Karena kalian gak bakal bisa menolak godaan untuk tidak nyebur dan berenang di kolam alaminya. Selain itu, pemandangan air terjun dua warna, putih jernih dan toska, juga akan bikin kalian merasa rileks, lupa dari segala kepenatan.

5. Kulon Progo Juga Punya Pantai Glagah Dengan Pemecah Ombaknya Yang keren!

Kulon Progo Juga Punya Pantai Glagah Dengan Pemecah Ombaknya Yang keren!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kulon Progo Juga Punya Pantai Glagah Dengan Pemecah Ombaknya Yang keren! via instagram https://www.instagram.com/p/-pkMrgA-12/

Selain berbagai keelokan di sekitar Pegunungan Menoreh yang ada di Kulon Progo. Kabupaten ini juga punya pantai-pantai yang menarik, lho. Salah satunya adalah Pantai Glagah yang terletak di Kecamatan Temon. Pantai ini terasa spesial karena memiliki laguna serta beton-beton pemecah ombak yang unik.

Saat ombak sedang tinggi, siap-siap aja basah jika kalian terlalu dekat dengan tepian. Karena, gelombang yang menghantam penghalang akan terhempas ke angkasa sebelum akhirnya jatuh kembali ke bumi. Selain befoto di pemecah ombaknya, kalian juga bisa berjalan-jalan di pasir pantainya sembari menyaksikan perahu-perahu nelayan yang pulang ke daratan.

6. Tidak Ketinggalan Embung Kleco, Sebuah Waduk Di Kulon Progo Dengan Pemandangan Yang Kece Di Pegunungan Menoreh

Tidak Ketinggalan Embung Kleco, Sebuah Waduk Di Kulon Progo Dengan Pemandangan Yang Kece Di Pegunungan Menoreh
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tidak Ketinggalan Embung Kleco, Sebuah Waduk Di Kulon Progo Dengan Pemandangan Yang Kece Di Pegunungan Menoreh via instagram https://www.instagram.com/p/9x-XxdErn1/

Pegunungan Menoreh memang asyik untuk dijelajahi. Di salah satu sudutnya, kalian bisa menemukan sebuah waduk mini bernama Embung Kleco. Embung ini berada di dusun Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo. Di sore hari, embung ini menjadi tempat nongkrong favorit bagi warga sekitar. Panorama yang indah plus permukaan embung yang tenang pasti bikin kalian gatal buat mengambil gambar.

(Baca Juga : Candi Prambanan Dan 6 Candi Lain Di Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi)

7. Desa Wisata Kalibiru Dengan View Pointnya Yang Membuat Dama Hati Tentu Harus Kalian Kunjungi Dong!

Desa Wisata Kalibiru Dengan View Pointnya Yang Membuat Dama Hati Tentu Harus Kalian Kunjungi Dong!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Desa Wisata Kalibiru Dengan View Pointnya Yang Membuat Dama Hati Tentu Harus Kalian Kunjungi Dong! via instagram https://www.instagram.com/p/-yW9kgJQXm/

Kalibiru adalah sebuah desa wisata yang sedang naik daun ketika liburan ke Kulon Progo, Yogyakarta. Desa wisata ini terletak di Hagrowilis, Kokap. Tak ada yang asyik selain menanti senja datang di antara punggung pegunungan Menoreh dengan awan yang mempesona.

Bila kemari, jelas kalian gak boleh sampai melewatkan kesempatan berfoto di papan kayu yang berada di atas pohon. Inilah salah satu spot foto ikonik incaran wisatawan yang bertandang kemari. Ya, berfoto di tempat ini memang seru dan menyenangkan!

Sebagai tempat wisata alternatif, Kalibiru udah cukup ramai didatangi wisatawan. Kalau kalian ogah antre untuk berfoto di atas pohon yang ikonik ini, sebaiknya kalian datang sejak pagi sembari menikmati udara dingin serta kabut yang masih menyelimuti Pegunungan Menoreh.

8. Puncak Gunung Lanang, Wisata Baru Kulon Progo Yang Menawan

Jangan bingung, memang benar ada dua tempat di Kulon Progo yang bernama Gunung Lanang. Gunung Lanang pertama berada di dekat Pantai Glagah yang juga disebut Astana Jingga atau Badraloka Mandira. Sementara yang sedang dibicarakan ini berada di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Atau lokasi tepatnya adalah di tepi Jalan Goa Kiskendo.

Gunung Lanang Jatimulyo merupakan salah satu puncak di Perbukitan Menoreh yang menjadi tempat untuk melihat hijaunya bagian paling barat Jogja. Dari puncak ini pula, samar-samar terlihat deburan ombak Samudra Hindia di sebelah selatan. Untuk dapat menikmati pemandangan tersebut, kalian memang harus meniti banyak anak tangga. Tapi jangan takut, ada dua titik pandang sebelum sampai puncak. Keduanya sama-sama memiliki pemandangan menawan.

Cara menuju ke Puncak Gunung Lanang, Kulon Progo : Pertama, dari Tugu Jogja pergilah ke arah barat – Lewat Jl. Kyai Mojo – Sesampainya di perempatan Demak Ijo Ringroad Barat. lurus saja – Lewat Jl. Godean – Ketemu Pasar Godean, lurus – Ketemu perempatan Nanggulan, lurus – Lewat Pasar Kenteng – Lewat Kecamatan Girimulyo – Lewat Jalan Goa Kiskendo – Sampai di Puncak Gunung Lanang.

(Baca Juga : 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu)

9. Gua Kidang Kencana, Gua Keren Di Kawasan Kulon Progo!

Gua Kidang Kencana, Gua Keren Di Kawasan Kulon Progo!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gua Kidang Kencana, Gua Keren Di Kawasan Kulon Progo!

Serunya berpetualang menyusuri perut bumi dapat kalian rasakan di Goa Kidang Kencana, Kulon Progo. Sebuah Gua dengan lubang berdiameter sekitar dua meter akan mengantar kita masuk ke dalamnya. Di sana kalian akan bertemu dengan Langkit Kuntoro, Ringin Kurung, Bulus, Pancoran Manik dan Candi Sewu.

Beberapa stalagmit dan stalaktit lainnya juga bisa kalian nikmati. Meskipun masih baru, pihak pengelola telah menyediakan perlengkapan keamanan yang memadai untuk melakukan penelusuran singkat sedalam 350 meter di goa eksotis ini.

Cara menuju ke Gua Kidang Kencono : dari Kota Jogja – perempatan Ring Road Demak Ijo – Jl. Godean – Pasar Godean – jembatan Sungai Progo – Pasar Kenteng – Nanggulan – Pasar Jonggrangan – pertigaan Gua Kiskendo ambil kanan – ikuti papan petunjuk jalan menuju Gua Kidang Kencono – Gua Kidang Kencono (Peta Lokasi Gua Kidang Kencono)

10. Taman Sungai Mudal, Camping Zone Dengan Kesegaran Memang Ada Di Kulon Progo

Taman Sungai Mudal, Camping Zone Dengan Kesegaran Memang Ada Di Kulon Progo
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Taman Sungai Mudal, Camping Zone Dengan Kesegaran Memang Ada Di Kulon Progo via instagram https://www.instagram.com/p/2gCYCkS62p/

Berada tak jauh dari Wisata Kulon Progo Kedung Pedut, terdapat sebuah taman sungai yang asri, Taman Sungai Mudal. Dipenuhi dengan berbagai macam tanaman segar termasuk bunga anggrek endemik yang langka. Jelas saja taman sungai ini tampak begitu mempesona.

Selain dapat bersantai di gazebo-gazebo kecil yang ada, kalian juga dapat berenang di kedung-kedungnya dan mencoba canyoning dengan membawa peralatan sendiri)di air terjunnya yang bertingkat-tingkat. Jika kalian ingin menikmati suasana taman sungai ini lebih lama lagi, dirikanlah tenda dan bermalamlah di sana. Ada camping area yang aman dengan fasilitas yang memadai.

Cara menuju ke Taman Sungai Mudal : Mulau dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, lurus – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – pertigaan Goa Kiskendo, belok kiri – Dusun Banyunganti – Dusun Gunung Kelir – Taman Sungai Mudal (Peta lokasinya di Taman Sungai Mudal)

11. Wisata Kulon Progo Kedung Pendut Dengan Airnya Yang Mengharu Biru!

Wisata Kulon Progo Kedung Pendut Dengan Airnya Yang Mengharu Biru!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Wisata Kulon Progo Kedung Pendut Dengan Airnya Yang Mengharu Biru! via instagram https://www.instagram.com/p/54iCyWrLre/

Tiga buah kedung tampak bertingkat-tingkat. Airnya jernih membiru. Jembatan-jembatan bambu tertancap, sebagai pemanis tempat itu. Kedung Pedut, sesuai namanya, ia menyimpan keceriaan di balik balutan kabut. Di tempat ini kalian dapat puas bermain air dan melakukan kegiatan menantang nyali, canyoning. Menjadi waterpark alami, kedung ini tentu akan membuat kalian jadi lupa diri.

Cara menuju ke Kedung Pedut : Mulai dari Tugu Jogja ke arah barat – Lewat Jalan Kyai Mojo – Sampai di perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Lewat Jl. Godean – Ketemu Pasar Godean, lurus – Ketemu perempatan Nanggulan, lurus – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – pertigaan Goa Kiskendo, belok kiri – Dusun Banyunganti – Dusun Gunung Kelir – Air Terjun Kembang Soka – ambil kiri di pertigaan setelah Air Terjun Kembang Soka – Dusun Kembang – Air Terjun Kedung Pedut

12. Gardu Pandang Gunung Gajah, Alternatif Desa Wisata Kalibiru

Gardu Pandang Gunung Gajah, Alternatif Desa Wisata Kalibiru
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gardu Pandang Gunung Gajah, Alternatif Desa Wisata Kalibiru via instagram https://www.instagram.com/p/6o02lIhUhn/

Liukan Waduk Sermo yang cantik di tengah-tengah Perbukitan Menoreh tak cuma dapat dilihat dari Desa Wisata Kalibiru saja. Cobalah pergi ke arah Hargotirto, menuju gardu pandang Gunung Gajah. Di puncak itu terdapat dua gardu pandang yang menyajikan pemandangan di telaga buatan yang indah itu. Kalian nggak tertarik berkunjung kesini?

Cara menuju ke Gardu Pandang Gunung Gajah : Dari Kota Jogja – perempatan Ring Road Demak Ijo – Jl. Godean – Pasar Godean – jembatan Sungai Progo – Pasar Kenteng – Nanggulan – Pasar Jonggrangan – pertigaan Gua Kiskendo – pertigaan Segathol, ambil kiri – pertigaan Gardu Pandang Tamanan, ambil kanan – Gardu Pandang Gunung Gajah (Peta Lokasi Gardu Pandang Gunung Gajah)

(Baca Juga : Panduan Liburan Ke Yogyakarta)

13. Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo, Untuk Kalian Yang Mau Menyegarkan Diri!

Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo, Untuk Kalian Yang Mau Menyegarkan Diri!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo, Untuk Kalian Yang Mau Menyegarkan Diri!  via instagram https://www.instagram.com/p/8DtydQs5DP/

Menyusuri Daerah Samigaluh, kalian akan menemui hamparan tanaman perdu dari genus Camellia atau yang dikenal dengan tanaman teh menghampar luas di ketinggian 900-1000 mdpl. Itulah Kebun Teh Nglinggo yang berada di Desa Wisata Nglinggo.

Di kebun teh ini, kita dapat berjalan-jalan mengelilingi kebun teh (tea walking), camping dan menikmati uniknya teh sangit (teh dengan bau asap karena disangrai dengan cara tradisional) yang menjadi minuman khas desa ini.

Cara menuju ke Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo : Mulai dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Desa Wisata Nglinggo – Desa Wisata Nglinggo

14. Puncak Widosari Samigaluh Dengan Pemandangan Lansekapnya Yang Memukau!

Puncak Widosari Samigaluh Dengan Pemandangan Lansekapnya Yang Memukau!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Puncak Widosari Samigaluh Dengan Pemandangan Lansekapnya Yang Memukau!  via instagram https://www.instagram.com/p/4SEinLMYAa/

Puncak Widosari ini berada di Padukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo, hanya sekitar 10 menit berkendara dari kebun teh mungil, Tritis. Pemandangan berupa formasi puncak unik yang dikelilingi oleh hijaunya perkebunan di sekitarnya menjadikan tempat ini hits di kalangan anak muda.

Cara menuju ke Puncak Widosari : Mulai dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat,lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Kebun Teh Tritis – Puncak Widosari (Peta Lokasi Puncak Widosari)

(Baca Juga : Gumuk Pasir Parangkusumo, Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Mirip Gurun Sahara)

15. Puncak Kukusan dan Puncak Kendeng Untuk Kalian Yang Suka Alam Bebas!

Puncak Kukusan dan Puncak Kendeng Untuk Kalian Yang Suka Alam Bebas!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Puncak Kukusan dan Puncak Kendeng Untuk Kalian Yang Suka Alam Bebas! via instagram https://www.instagram.com/p/-rzsfmgAZr/

Di awal tahun 2015, ada satu lagi puncak yang jadi idola para anak muda di Kulon Progo, Yogyakarta. Terletak dekat dengan kawasan Nglinggo, Puncak Kukusan menyuguhkan pemandangan alam Kulon Progo yang mempesona, menyegarkan pikiran.

Deretan kebun teh dan hutan pinus menghampar di depan mata, mengantar kita merasakan indahnya zamrud di barat Jogja. Selangkah saja dari Puncak Kukusan terdapat Puncak Kendeng yang tak mau kalah pamor. Puncak Kendeng pun menyajikan pemandangan alam Kulon Progo yang hijau dan sejuk. Dari sini jika cuaca cerah, Gunung Sindoro dan Sumbing akan tampak seperti si kembar yang gagah dari kejauhan.

Cara menuju ke Puncak Kukusan dan Puncak Kendeng : Mulai dari Tugu Jogja ke arah barat – Jl. Kyai Mojo – perempatan Demak Ijo Ringroad Barat, lurus – Jl. Godean – Pasar Godean, lurus – perempatan Nanggulan, belok kanan – perempatan Dekso, belok kiri – Pasar Plono, belok kanan – ikuti petunjuk ke arah Desa Wisata Nglinggo – Desa Wisata Nglinggo – Puncak Kukusan, Puncak Kendeng (Peta Lokasi Puncak Kukusan Dan Puncak Kendeng)

***

Melihat berbagai tempat liburan baru di Kulon Progo di atas, menurut kalian? Pastinya banyak yang bilang kalau tempat wisata baru di Kulon Progo ini sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Tunggu apa lagi! Kemasi ranselmu, dan kunjungi Kulon Progo!

Incoming search terms:

  • Tempat wisata kulonprogo
  • wisata kulon progo

Comments

comments

7 Responses

  1. Pantos says:

    Indonesia memang asik asiik joss

  2. Tirta Wahyu says:

    wow ternyata masih banyak yang belum saya kunjungi :D

  3. Oten siap buat ngebolang hahahahahaha

  4. angkisland says:

    masih banyak lagi… keren lanjutkan….

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: