Itinerary Traveling Ke Bali : Satu Bulan

LiburMulu.com Traveling di Bali selama satu bulan!! What!!? Emang bisa ya? Gimana tuh caranya biar gak over budget? Jadi gini, sebenarnya ada sedikit trik untuk menyiasati biar bisa traveling di bali selama 30 hari penuh atau satu bulan. Yang jelas, dalam satu bulan itu gak tinggal di hotel bintang 5.

Soalnya nanti bisa bikin kanker itu nanti, alias kantong kering. Berdasarkan pengalaman saya tinggal di Bali, biaya untuk hidup satu bulan di Bali lebih murah daripada 1 bulan hidup di Jakarta. Paling ekstrim sih dengan hanya 2 juta bisa buat berlibur di bali selama  satu bulan penuh. Yah, meskipun harus dengan style yang sedikit ngirit yah hehe! Oke, oke kira – kira detailnya seperti ini.

The Itinerary Traveling Ke Bali Selama Satu Bulan

Pantai Balangan, Bali
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pantai Balangan, Bali

(Baca Juga : Membuat Banyak Kenangan Di Pantai Balangan)

Contoh itinerary ini cocok buat siapa sih? Hmm, sebenarnya cocok buat siapa saja, tapi itinerary ini lebih ditujukan untur referensi :

  1. Anak SMA atau kuliahan yang mempunyai waktu liburan panjang, berjiwa backpakcker dan telah berjibaku menabung demi mengeksplorasi Bali. pastinya dua kalangan ini mempunyai liburan yang paling banyak, jadi daripada bengong dirumah, mungkin bisa berpetualang di bali, mengenal Indonesia sambil berpetualang.
  2. Karyawan / pegawai  yang mungkin dalam masa career break. Meskipun istilah career breaktidak terlalu popular di Indonesia, mungkin bisa refreshing dulu dengan mengeksplore Bali, sebelum menapaki level karir yang selanjutnya Hehe!
  3. Mahasiswa yang baru lulus yang ingin berpetualang sebelum memasuki dunia kerja. Sekedar informasi saja, yang namanya dunia kerja itu cutinya paling 14 hari dalam setahun. Sambil nunggu ijazah keluar atau keterima kerja, berpetualang di Bali bisa menjadi pengalaman hidup yang menyenangkan lho.

Karena travelingnya satu bulan penuh, style nya pun juga dibikin sedikit santai, dan benar – benar menikmati bali sepenuhnya. Untuk lebih memudahkan dan efektifitas itinerary, area Bali akan saya bagi menjadi 5 Area dengan pembagian waktu yang disesuaikan, yaitu Bali Selatan (12 hari), Bali Timur (8 hari), Bali Utara (2 Hari), Bali Barat (3 Hari), dan Bali Tengah (5 Hari).

Bali Selatan

Area ini adalah pusat konsentrasi pariwisata pulau Bali, atau boleh dibilang sebagai tujuan utama setiap traveler yang berkunjunjung ke Bali. pintu masuk Bali lewat jalur udara juga berada di Bali Selatan.

Pantai yang cantik banyak bertebaran di bagian bali selatan, perlu dialokasikan waktu yang cukup banyak yaitu  12 hari untuk meng ekpslore setiap pantai yang ada di Bali bagian selatan ini. Untuk 2 hari pertama mungkin bisa digunakan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi Bali, dan mencari akomodasi. Sedangkan 10 hari sisanya digunakan untuk mengeksplore sebagian besar pantai yang sudah di daftar di buku ini.

Bali Timur

Untuk area Bali Timur, daya tarik yang ada juga hampir mirip dengan Bali bagian selatan. Bedanya Bali bagian timur menawarkan daya tarik yang berupa keindahan bawah lautnya. Memang hampir sebagian besar spot snorkeling dan diving ada di bali bagian timur. Sebut saja, Amed, Padang Bai, dan Tulamben tiga tempat yang populer di kalangan para penyuka kegiatan snorkeling dan diving. Alokasi waktu 8 Hari cukup untuk mencoba setiap snorkeling dan diving spot yang ada di Bali Timur.

Bali Utara

Bali bagian utara sangat cocok untuk siapa saja yang senang dengan ketenangan. Daya tarik utama yang menarik untuk dilihat di Bali bagian utara adalah Pantai Lovina dan melihat lumba – lumba di alam liar secara langsung, karena itu waktu 2 Hari cukup untuk menikmati bagian utara Bali.

(Baca Juga : Liburan Ke Bali? Ini Dia Pantai – Pantai Di Bali Yang Bisa Kalian Kunjungi!)

Bali Barat

Bali Barat memiliki kombinasi daya tarik yang unik, pemandangan bawah laut yang cantik di sekitar Pulau Menjangan dan pemandangan sejuk Taman Nasional Bali Barat. Waktu 3 Hari cukup untuk bersnorkling ria di pulau menjangan, kemudian dilanjutkan dengan menikmati area Taman Nasional Bali Barat.

Bali Tengah

Sebagian area Bali Tengah adalah berupa pegunungan, alokasi waktu 5 Hari cukup untuk mencoba naik ke Gunung Batur, menikmati air panas Toya Bungkah, dan menikmati kawasan puncaknya Bali, Bedugul.

Perkiraan Budget Itinerary Traveling Ke Bali Selama Satu Bulan

Untuk budget, saya mencoba memberikan gambaran pengeluaran yang pasti ada, untuk biaya yang lain – lain seperti tiket tempat wisata menyesuaikan tempat wisata apa saja yang ingin dikunjungi. Meskipun sebenarnya mayoritas tempat wisata di Bali adalah gratis, terutama untuk wisata pantai. Rincian pengeluaran yang pasti ada adalah seperti tabel di bawah ini

No Item Estimasi Biaya Bawah Estimasi Biaya Atas Jumlah Subtotal Biaya Bawah Subtotal Biaya Atas
1 Makan 25000/Hari 30000/Hari 30 Hari 750000 900000
2 Akomodasi Berupa Kost 500000/30 Hari 1000000/30 Hari 30 Hari 500000 1000000
3 Sewa Sepeda Motor 300000/30 Hari 400000/30 Hari 30 Hari 300000 400000
4 Bensin 10000/2 Hari 10000/2 Hari 30 Hari 300000 300000
5 Laundry 40000/30 Hari 80000/30 Hari 30 Hari 40000 80000
Total 1890000 2680000

Incoming search terms:

  • biaya hidup di BALI
  • biaya Hidup dibali

Comments

comments

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: