Kalisuci Dengan Daya Tarik Cave Tubing Yang Seru!

LiburMulu.Com Untuk yang belum tahu, Kalisuci ini adalah salah satu sungai yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Muara sungai Kalisuci sendiri berada di Pantai Baron. Nah, jika kalian mungkin kalian pernah liburan ke Pantai Baron, kalian pasti pernah melihat ada sebuah sungai kecil yang bermuara disana.

Yak, aliran sungai inilah yang berhulu di Kalisuci. Airnya yang begitu jernih ini karena sungai ini berasal dari mata air pegunungan yang masih terlindungi. Dari hulu sungai, alirannya akan terus menyusuri celah-celah batuan gua karst yang ada di sebagian besar Kabupaten Gunungkidul. Baru kemudian mata air akan keluar kembali hingga terus menggerus bebatuan yang dialiri untuk sampai ke lautan luas.

Gua Kalisuci Dengan Daya Tarik Cave Tubing Yang Seru!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gua Kalisuci Dengan Daya Tarik Cave Tubing Yang Seru!

(Baca Juga : 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta Untuk Referensi Liburanmu)

Lokasinya yang pas dan viewnya yang eksotik, membuat para penduduk setempat memanfaatkan Kalisuci untuk ecotourism berupa cave tubing. Untuk yang belum tahu, Cave tubing sendiri adalah sebua kegiatan wisata penyelusuran gua. Nggak menyusuri gua saja, namun juga sekaligus mengarungi sungai yang memiliki beberapa tingkat jeram rendah dengan menggunakan ban sebagai pelampung.

Kalisuci sendiri adalah berasal dari bahasa jawa yaitu “Kali” dan bahasa indonesia Suci. “Kali” itu berarti sungai dari Bahasa Jawa dan suci itu artinya adalah bersih dan jernih. Dinamai demikian karena memang airnya akan tetap jernih walaupun sedang musim hujan sekalipun. Padahal biasanya sungai-sungai lain akan keruh ketika musim penghujan sedang tiba.

Dulu, bisa dibilang kalau mata air ini adalah satu-satunya sumber air yang ada untuk keperluan masyarakat setempat. Karena itu biasanya Kalisuci ini digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari seperti untuk mandi, minum, hingga mencuci.

Makin rame makin seru cave tubing di Kalisuci ini
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Makin rame makin seru cave tubing di Kalisuci ini via https://www.instagram.com/p/9NneaRIIGu/

Meskipun ada cerita kalau air di Kalisuci bisa langsung diminum tanpa dimasak dan tidak perlu khawatir akan sakit nantinya. Namun sebaiknya tidak dilakukan, meski mungkin sumber airnya masih benar-benar terjaga dan belum ada pencemaran oleh limbah apapun. Lebih baik dimasak terlebih dahulu, baru diminum agar lebih sehat.

Melakukan kegiatan Cave Tubing di Kalisuci kalian akan bisa menyaksikan keindahan pegunungan karst yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Sensasi cave tubing sambil menikmati pemandangan kanan kiri Kalisuci, menyusuri gelapnya gua dengan ditemani sebuah headlamp akan menjadi kegiatan yang seru. Ditambah lagi, kalian juga bisa merasakan sensasi derasnya jeram sungai Kalisuci yang menantang.

(Baca Juga : Kulon Progo, Pesona Wisata Baru Di Yogyakarta Yang Bisa Membuat Kalian Terpaku!)

Pose wajib kalau cave tubing di Kalisuci!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pose wajib kalau cave tubing di Kalisuci! via https://www.instagram.com/p/__gTxTqNbv/

Kalisuci ini adalah salah satu tempat liburan di Yogyakarta yang banyak digemari oleh para penggiat dan pecinta alam. Karena di Kalisuci kalian bisa melakukan banyak hal dalam satu kesempatan sekaligus. Selain itu konon katanya cave tubing di Kalisuci ini merupakan satu dari sekian cave tubing terkenal di dunia. Iya, Kalisuci masuk ke 3 cave tubing terkeren yang ada di dunia disamping cave tubing yang ada di New Zealand dan Mexico.

Tempat wisata cave tubing Kalisuci lokasinya berada di Dusun Jetis Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Atau lokasinya berada di sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Kalisuci bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Akan lebih mudah lagi jika kalian menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil untuk menuju kesana. Karena itu cara yang paling mudah untuk berkunjung dan menikmati wisata cave tubing di Kalisuci.

Rasakan keseruannya, cave tubing bersama teman sejati
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Rasakan keseruannya, cave tubing bersama teman sejati via https://www.instagram.com/p/__khkhjN8r/

Didukung dengan infrastruktur jalan menuju ke Kalisuci cukup baik dan beraspal mulus, tentunya perjalanan dari Yogyakarta menuju Wonosari akan begitu menyenangkan. Namun kalian harus tetap waspada dengan kelokan, tanjakan dan turunan yang tajam di jalur menuju Kalisuci. Sehingga sangat diperlukan kondisi kendaraan yang prima agar perjalanan menuju lokasi cave tubing lancar dan tanpa gangguan.

Perlu diingat, setelah kalian sampai di derah Wonosari, kalian lanjutkan saja perjalanan menuju ke Kecamatan Semanu. Dari sini akan diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Gua Kalisuci. Karena jarak antara Wonosari dan Gua Kalisuci hanya sekitar 10 km saja. Lalu, sebelum tiba di basecamp utama Kalisuci, kalian akan sedikit berjalan melewati medan yang berbatu dengan jarak kurang lebih sekitar 500 meter saja. Setelah itu baru kalian akan menemui lokasi cave tubing. Disana akan terlihat sebuah sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras yang menuju ke sebuah gua karst.

(Baca Juga : Museum Ullen Sentalu, Museum Kebudayaan Jawa Di Yogyakarta)

Hammocking diatas Kalisuci juga bisa kok!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hammocking diatas Kalisuci juga bisa kok! via https://www.instagram.com/p/40-nliM2EP/

Untuk dapat merasakan keseruan cave tubing di Kalisuci, kalian harus membayar biaya sebesar IDR 65.000 per orang. Biasanya aktivitas ini dilakukan oleh 5 orang. Kalisuci sendiri bisa dibuka mulai pukul 09.00-16.00. Namun, biasanya aktivitas penyelusuran Kalisuci akan ditutup ketika curah hujan  sedang tinggi. Pastikan mendapatkan informasi terlebih dahulu jika kalian ingin cave tubing disana.

Untuk kalian yang berniat melakukan aktivitas cave tubing di Kalisuci, kalian bisa mendapatkan informasi dan melakukan reservasi ke pengelolanya. Untuk itu kalian bisa menghubungi kontak cave tubing di Kalisuci yaitu : Kendro (0878 3974 0730), Yanto (0817 412 2826), dan Winarto (0877 3879 4513). Mereka nanti juga akan menyediakan perlengkapan yang akan dibutuhkan. Ketika cave tubing di Kalisuci kalian akan mendapatkan fasilitas pelampung, headlamp, ban, sepatu boat, pemandu, juga satu kali makan setelah cave tubing di Kalisuci selesai.

Rasakan serunya cave tubing di Kalisuci Gunungkidul
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Rasakan serunya cave tubing di Kalisuci Gunungkidul via https://www.instagram.com/p/9pV49es2Oq/

Setelah semua peserta memakai perlengkapan cave tubing dengan sempurna, pemandu akan mengajak kalian untuk memulai penyelusuran Gua Kalisuci dengan menggunakan ban sebagai pelampung. Setelah ini, kalian akan bisa menyaksikan sendiri dengan jelas kecantikan alami dari Kalisuci.

Akan terdapat banyak pemandangan yang disuguhkan di gua selama dalam perjalanan. Airnya yang begitu tenang dan menyegarkan. Untuk menelusuri Kalisuci, kalian dapat mengayuh menggunakan tangan sambil terus melakukan penyelusuran diatas air yang berwarna biru kehijau-hijauan.

Yakin nggak mau liburan kesini
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Yakin nggak mau liburan kesini? via https://www.instagram.com/p/_3Z-tClbnK/

Sepanjang aktivitas cave tubing, karang dan tebing karst di kanan kiri sungai akan tampak terlihat bebatuan yang berwarna-warni. Duduk bersantai saja, sambil menyandarkan tubuh di atas ban pelampung sembil. Mendongak keatas kalian akan bisa melihat pemandangan alam di sekitar Kalisuci.

Selain itu, para pemandu di Kalisuci juga akan selalu berada disekitar kalian untuk memberikan penjelasan tentang daerah sekitar. Termasuk potensi alam yang dimiliki oleh alam indah dari Kabupaten Gunungkidul, khususnya di sekitar Gua Kalisuci. Ketika kalian melakukan cave tubing di Kalisuci, kalian akan melewati beberapa gua sekaligus yang ada di sepanjang Kalisuci. Gua-gua tersebut adalah Gua Suci, Gua Luweng Senglat, Gua Geleng, dan yang terakhir Gua Buri Omah.

Gelung cave, salah satu keindahan di Kalisuci
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gelung cave, salah satu keindahan di Kalisuci via https://www.instagram.com/p/_5w46Fm2it/

Perhatikan dengan seksama, dan nikamati selagi bisa. Kalian akan mempunyai kesempatan besar menyaksikan hiasan dan lukisan alam yang tergambar jelas pada tiap gua. Stalagtit dan stalagmit serta, suasana alami yang ada disana akan membuat aktivitas cave tubing kalian di Gunungkidul ini makin menyenangkan.

Sungai yang mengalir di tiap gua di sepanjang Sungai Kalisuci ini kira-kira mempunyai lebar antara 5-10 meter lengkap dengan airnya yang cukup jernih. Di jalur sungainya, mungkin kalian juga akan menemukan kelokan sungai tajam dengan jeram airnya yang deras.

(Baca Juga : Jogja Bay Dan Waterpark Di Jogja Lain Yang Asik Buat Liburan!)

Cavetubing bersama teman atau orang tersayang di Kalisuci akan lebih menyenangkan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cavetubing bersama teman atau orang tersayang di Kalisuci akan lebih menyenangkan via https://www.instagram.com/p/4bPu43M2Nz/

Kalian akan memerlukan sedikit perjuangan untuk menstabilkan ban pelampung. Karena mungkin ban pelampung kalian akan berputar-putar ketika melewati jeram tadi. Namun, kalian jangan khawatir kalau mungkin tidak bisa menstabilkan ban pelampung tadi. Karena dengan pemandu yang berpengalaman, mereka akan selalu siap membantu dan menjaga kalian selama kegiatan Cave Tubing.

Cave tubing di Kalisuci akan berlangsung sekitar 1,5-2 jam. Setelah itu baru acara cave tubing kalian di Kalisuci akan berakhir. Mungkin badan akan terasa lelah, namun jiwa akan merasa segar karena telah melakukan sebuah petualangan seru, cave tubing di Kalisuci. Jadi siapa selanjutnya yang mau bertualang di Kalisuci?

Incoming search terms:

  • tebing di kali suci

Comments

comments

11 Responses

  1. Udah pernah kesini
    Ga terlalu ekstrem, tp alamnya bagus bangett aslik!

  2. Baru aja kmrn ke siniii..
    Anak2 suka..
    Sayangnya fotografernya ga ada.
    Jd foto2 sndiri dn dibantu guide jd ga dpt angle2 yg bagus.

  3. Share ttg cave tubing Santirah donk Min..

  4. Teru says:

    Belom kesono,Udah rame banget belum ya???
    Kalo dah rame bgt kaya pindul mah g dapet seru’a,ricuh yg ada,apalagi pas liburan.. beeuuhh.. cuma berasa ngambang di kali doank kaya apan tau :D

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: