Daftar Air Terjun Di Malang Yang Keren Nan Indah Untuk Liburanmu Yang Seru!

LiburMulu.Com Liburan ke Malang itu nggak perlu bingung! Mau wisata alam? Ada banyak air terjun di Malang yang mempesona untuk kalian jelajahi. Misalnya daftar 16 air terjun di Malang yang bisa bikin liburan kalian makin seru ini. Iya, jadi kalau kalian liburan ke malang, selain nongkrong di cafe-cafe Malang yang tematik. Kalian juga bisa menikmati keindahan alamnya!

Nah, nggak perlu banyak pertimbangan lagi ya! Segera berkemas, dan jelajahi keindahan air terjun di Malang yang bisa bikin liburan kalian bersama teman makin seru. Omong-omong, air terjun favorit kalian di Malang yang mana aja sih? Coba kasih tau!

1. Air Terjun Coban Jahe Malang

Kalian pasti akan kagum dengan keindahannya via @bennignt_
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kalian pasti akan kagum dengan keindahannya via @bennignt_

(Baca Juga : Wisata Air Terjun Coban Jahe Malang Untuk Yang Suka Bertualang)

Air Terjun Coban jahe ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Begawan. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 m. Penampakannya terlihat makin menantang dengan keberadaan batu-batu cadas berukuran raksasa di tebing juga kolam kecil di bawahnya. Air terjun Coban Jahe ini sendiri masih berada dalam kawasan Perhutani Unit II RPH Sukopuro-Jabung.

Lokasi dari Air Terjun Coban Jahe ini berada pada sekitar 23 km dari Kota Malang. Untuk menuju salah satu air terjun di Malang ini, kalian dapat menempuhnya dengan kendaraan roda empat. Ambil saja arah ke Tumpang, dan sesampainya di Tumpang kalian belok ke kiri ke arah Desa Pandansari Lor, Dusun Begawan hingga menemukan pintu masuk ke Coban Jahe.

Nantinya akan ada tanda petunjuk arah menuju Air Terjun Coban Jahe tidak jauh dari gapura pintu masuk kota Tumpang. Dari petunjuk arah ini menuju lokasi air terjun kira-kira sekitar 7 km. Untuk peta lokasi air terjun Coban Jahe di google maps bisa ditemukan disini.

Sesampainya di pintu masuk Coban Jahe, perjalanan akan lebih menantang, karena sebagian jalan cukup rusak. Bahkan di beberapa saat terakhir, hanya ada berupa jalan setapak tanah melalui melalui pematang sawah serta kebun dan beberapa bagiannya berupa jalan berbatu.

Coban Jahe ini adalah air terjun dengan arus yang kuat dan sebuah sungai kecil di bawahnya. Suasananya menyenangkan karena dikepung oleh alam yang asri dan cerukan yang luas. Karena itu O iya, pengunjung dilarang mandi di bawah air terjun ini demi alasan keamanan. Disini tidak ada fasilitas seperti WC. Namun disini terdapat sebuah tanah kosong untuk berkemah.

2. Air Terjun Coban Pitu (Sumber Pitu)

Air Terjun Coban Sumber Pitu ini berada di Pujon Malang via @tyoperdana
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Air Terjun Coban Sumber Pitu ini berada di Pujon Malang via @tyoperdana

(Baca Juga : Cara Ke Air Terjun Sumber Pitu Di Pujon Malang)

Sebelumnya perlu kalian ketahui kalau di sekitar malang ini ada dua Air Terjun Coban Pitu. Namun yang dimaksud disini adalah Air Terjun Coban Pitu yang juga dikenal dengan Air Terjun Sumber Pitu.

Disekitar Malang ini memang ada Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Desa Duwet Krajan (Kecamatan Tumpang). Dan Air Terjun Sumber Pitu yang berada di Pujon. Lokasi keduanya terpisah jauh. Satunya di ujung timur, dan satunya lagi berada di ujung barat Kabupaten Malang. Air Terjun Sumber Pitu yang dimaksud pun bisa ditemukan lokasinya di google maps disini.

Cara menuju Coban Gerojokan Pitu atau nama lain Sumber Pitu ini adalah searah dengan jalur menuju menuju Coban Rondo. Yaitu melewati jalan utama Malang – Kediri. Ikuti saja jalur tadi hingga kalian melihat ada sebuah pertigaan jalan di sebelah utara Patung Sapi Pujon.

Persimpangan itu adalah jalur masuk menuju Dusun Tulungrejo (Desa Pujon Kidul), tempat dimana Coban Gerojokan Pitu berada. Fasilitas air wisata terjun di Malang ini sudah lumayan lengkap. Terdapat warung, toilet dan loket untuk membayar tiket masuk ke Air Terjun Coban Pitu seharga IDR 10.000.

3. Air Terjun Coban Supit Urang

Cuban Supit Urang Atau Air Terjun Supit Urang adalah salah satu wisata air terjun di Malang yang bisa kalian kunjungi ketika mampir ke Malang. Memang, mungkin ini tidak mengejutkan lagi, karena malang ini memiliki banyak wisata alam. Apalagi jika kalian berani menjelajah lebih jauh lagi alam Malang, disana kalian akan menemukan lebih banyak lagi air terjun. Salah satunya sih ya Cuban Supit Urang.

Menarikinya, air terjun dengan nama unik di Malang ini belum banyak tersentuh. Bahkan ada yang bilang untuk sampai ke Air Terjun Supit urang ini juga butuh perjuangan. Namun, air terjun yang juga dikenal dengan nama Coban Supit Urang ini merupakan salah satu tempat yang bisa kalian kunjungi untuk memuaskan bertualang di alam terbuka.

Untuk yang ingin pergi ke Cuban Supit Urang ini, catat ya lokasinya. Lokasi tepat Air Terjun Supit Urang ini berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Karena lokasinya berada cukup jauh dari area perumahan penduduk, jadi kalian harus trekking lumayan jauh demi mencapai Coban Supit Urang. Tetapi tenang saja, semua perjuangan kalian akan terbayar dengan keindahan air terjun ini kok.

4. Air Terjun Coban Tengah

Bergelantungan dengan hammock di dekat air terjun juga bisa loh! via @duinnar
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bergelantungan dengan hammock di dekat air terjun juga bisa loh! via @duinnar

Air terjun yang satu ini diberi nama Coban Tengah karena memang lokasinya berada di antara Coban Rondo dan Coban Manten. Memang, letak ketiga air terjun ini nggak terlalu jauh. Jarak antara Coban Tengah, Coban Rondo dan Coban Manten ini hanya berkisar 4 – 5 km. Jadi kalau menuju ke Coban Tengah, sekalian coba berkunjung ke air terjun lainnya ya!

Coban Tengah ini juga bisa bisa untuk mandi, karena airnya lumayan tenang. Ditambah lagi, lokasi air terjun ini berada hijau nan asri. Namun perlu diingat, sebaiknya ketika musim hujan kalian tidak berenang, karena kadang air bisa mengalir cukup deras sewaktu-waktu.

5. Air Terjun Coban Tundo

Coban Tundo, Hanya Untuk Kamu Yang Pemberani! via @thesweatypants
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Coban Tundo, Hanya Untuk Kamu Yang Pemberani! via @thesweatypants

Wisata air terjun Coban Tundo ini tepatnya berada di desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kalau dari kota Malang sih kalian perlu berkendara lagi sekitar 130-an Kilometer. Cukup jauh sih memang, tetapi kalau ke Malang, air terjun ini layak untuk kalian kunjungi!

Kenapa kalian harus berkunjung kesini? Selain wisata air terjun yang satu ini masih sepi pengunjung, air terjun ini bisa dibulang cukup unik. Soalnya ada tiga air terjun keren dalam satu lokasi yang tidak terlalu jauh. Sayang belum banyak informasi yang menjelaskan lebih lanjut tentang air terjun keren di Malang ini.

Selain itu, di air terjun ini kalian bisa mencoba melompat, hingga menceburkan diri disana. Tetapi ingat ya, harus ekstra hati-hati dan waspada! Karena kalau terjadi apa-apa, tidak banyak orang yang bisa membantu. Lebih baik sih, menikmati keelokan Air Terjun Coban Tundo dengan mata saja!

6. Air Terjun Coban Parang Tejo

Yakin kalian nggak mau liburan ke Parang Tejo, air terjun di Malang yang keren ini via @aryanidevi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Yakin kalian nggak mau liburan ke Parang Tejo, air terjun di Malang yang keren ini via @aryanidevi

Air Terjun Coban Parang Tejo ini lokasinya berada di dusun Princi, Desa Gadingkulon, kecamatan Dau Kabupaten Malang. Untuk menuju kesini, kalian harus menemph jarak sekitar kurang lebih 20 KM dari pusat Kota Malang. Agak jauh memang, tapi nggak rugi kalau kalian main kesini.

7. Air Terjun Coban Glotak

Lokasi Coban Glotak ini memang cukup tersembunyi, berada di lereng Gunung Kawi via @putrinorm
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Lokasi Coban Glotak ini memang cukup tersembunyi, berada di lereng Gunung Kawi via @putrinorm

Dari warga setempat, selain air terjun ini sebenarnya ada 7 air terjun lain. Namun, Air Terjun Coban Glotak ini merupakan coban yang berada di urutan terbawah dari 7 coban yang berada di atasnya. Karena itu, untuk menuju ke air terjun ini lumayan sulit. Pengunjung harus rela menyusuri sungai.

Secara administratif, air terjun Coban Glotak ini berada di di Desa Bedalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Air terjun ini juga masih dikelola oleh pihak perhutani, dan untuk masuk ke dalam Coban Glotak harga tiket yang harus dibayarkan adalah IDR 4000.

8. Air Terjun Grojokan Sewu

Air Terjun Coban Grojogan Sewu Malang Yang Mempesona via @ndaalip
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Air Terjun Coban Grojogan Sewu Malang Yang Mempesona via @ndaalip

Kalau kalian sedang melewati jalan raya Malang – Kediri lewat Pujon, air terjun ini akan berada di sebelah kiri kalian. Dari pusat kota Malang sendiri berjarak sekitar kurang lebih 37 km. Karena lokasinya nggak jauh dari jalan raya, menemukan air terjun Coban Grojogan Sewu bukanlah hal yang sulit. Selain itu, air terjun ini bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

9. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Dan Pantai Di Satu Tempat Hanya Ada Di Banyu Anjlok Malang!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Air Terjun Dan Pantai Di Satu Tempat Hanya Ada Di Banyu Anjlok Malang!

Mungkin belum banyak yang tau mengenai keberadaan Air Terjun Banyu Anjlok ini. Soalnya, Banyu Anjlok ini lebih dikenal sebagai nama pantai daripada sebuah air terjun. Wajar sih soalnya air terjun ini memang berada di pantai yang langsung menghadap ke Samudera Indonesia.

Tetapi yang jelas, Air Terjun Banyu Anjlok ini adalah salah satu tempat wisata air terjun di Malang yang kece. Dimana lagi coba kalian bisa menikmati air terjun sekaligus pantai di Malang kalau nggak disini? Jadi buruan, mending kalian segera liburan kesini deh!

10. Air Terjun Coban Trisula

Yuk liburan ke Air Terjun Coban Trisula Malang! via IG @bendottetapsemangat
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Yuk liburan ke Air Terjun Coban Trisula Malang! via IG @bendottetapsemangat

Air Terjun Coban Trisula ini biasanya populer di kalangan pendaki Gunung Semeru. Soalnya, air terjun di Malang ini merupakan salah satu tempat persinggahan pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bromo, setelah mereka mendaki Gunung Semeru.

Coban Trisula merupakan air terjun yang berada di blok Kali Lajing, Seksi Konservasi Wilayah III. Atau secara tepat lokasinya berada di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusume Kabupaten Malang, Jawa Timur. Ada yang tertarik untuk berkunjung ke air terjun di Malang yang terkenal indah ini?

11. Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi ini pasti sudah nggak asing lagi di telinga wisatawan lokal dan luar. Selain karena lokasinya berada sejalur dengan jalur pendakian Gunung Semeru, air terjun Coban Pelangi ini memang keren. Disebut dengan nama coban pelangi karena memang kadang air terjun ini sering membiaskan warna pelangi. Terutama kalau cuacanya pas,atau ketika pagi hari saat embun dan kabut masih ada.

Lokasi tepatnya sendiri berada di daerah Desa Gubuk Klakah, Poncokusumo. Kalau kalian memperhatikan ketika menuju Ranu Pane, kalian akan melihat pintu masuknya yang terpampang jelas di sebelah kanan. Tiket masuk ke Air Terjun Coban Pelangi ini rata-rata 5rb perorang.

Perlu dicatat, dari pintu air terjun kalian masih harus jalan dulu sekitar beberapa ratus meter. Namun gak perlu takut nyasar ya, soalnya cuma ada satu jalur yang sudah rapi menuju air terjun. Makanya Air Terjun Coban pelangi ini bakal ramai dengan pengunjung disaat musim liburan tiba. Karena itu kalian sebaiknya datang agak pagi agar supaya tidak berebutan dengan pengunjung lain kalau mau foto di dekat air terjunnya

12. Air Terjun Coban Talun

Air terjun Coban Talun ini letaknya berada di antara bebatuan yang juga dikelilingi oleh hutan dan pegunungan. Karena itu udara di sekitar air terjun di Malang ini begitu sejuk. Selain menikmati udaranya yang sejuk, kalian juga bisa menikmati suara gemuruh deburan air terjunnya yang berirama. Kalau lagi beruntung, kalian mungkin juga bisa menyaksikan banyak pelangi di setiap sudut coban.

Dalam kondisi cuaca yang sedang cerah, peluang muncul pelangi akan lebih besar. Berdoa saja ketika kalian berkunjung kesini cuaca sedang bersahabat. Karena perpaduan udara sejuk, suara gemuruh air yang berirama dan panorama pelangi yang tercipta dari buih air terjun akan menjadi sebuah perpaduan alam yang sangat eksotik dan menawan.

Disini nggak cuma air terjun saja loh! Tempatnya instagram able! via IG @cindydewati
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Disini nggak cuma air terjun saja loh! Tempatnya instagram able! via IG @cindydewati

Asik kan? Apalagi harga tiket masuk obyek wisata Air Terjun Coban Talun ini gak terlalu mahal. Tiketnya sebesar IDR 5.000 per orang ditambah tiket parkir seharga IDR 2.000 untuk roda dua dan IDR 4.000 untuk kendaraan roda empat. Plus, kalian juga menikmati keindahan alam sekitarnya!

13. Air Terjun Coban Rondo

Air terjun ini lebih terkenal dengan Wana Wisata Coban Rondo. Salah satu air terjun di Malang yang paling terkenal dan mungkin terawat. Di air terjun ini sudah lengkap fasilitas pariwisatanya. Seperti diantaranya fasilitas bumi perkemahan, taman, little zoo yang yang paling baru berupa wisata labirin. Karena itu kalau kalian liburan ke Coban Rondo, nggak cuma bisa menikmati air terjun saja.

Air Terjun Coban Rondo ini lokasinya berada di ketinggian 1.135 meter, di bagian utara lereng Gunung Kawi. Nama Coban Rondo ini konon diambil dari cerita awal terbentuknya air terjun ini. Dahuli diceritakan tentang kisah sepasang pengantin yang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusuma.

Mereka ini baru melangsungkan pernikahan. Namun sayangnya usia pernikahan mereka tidak terlalu lama. Diceritakan kalau Raden Baron Kusuma meninggal dalam perkelahian melawan Joko Lelono seorang lelaki yang ingin merebut Dewi Anjarwati.

Daya tarik lain selain Air Terjun Coban Rondo via IG @vergy_ak
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Daya tarik lain selain Air Terjun Coban Rondo via IG @vergy_ak

Akibatnya, sang Dewi Anjarwati menjadi janda atau ‘rondo’ dalam bahasa jawa. Sejak saat itu air terjun yang ditempati Dewi Anjarwati ini pun dikenal sebagai Coban Rondo. Makanya, kadang ada orang yang bilang kalau pasangan sebaiknya jangan berkunjung kesini, karena mungkin bisa berpisah. Namun, itu semua hanya mitos, terserah mau percaya atau tidak.

Harga tiket masuk Air Terjun Coban Rondo ini adalah IDR 10.000 untuk wisatawan lokal dan IDR 15.000 untuk wisatawan asing.  Meskipun fasilitasnya lengkap, dan air terjunnya yang indah, tempat ini punya salah satu kekurangan. Akibat populernya air terjun ini, otomatis setiap musim liburan air terjun ini akan penuh sesak. Jadi siap-siap saja untuk menghadapinya.

14. Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais Malang via IG @devifirdahandayani
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Air Terjun Coban Rais Malang via IG @devifirdahandayani

Sebenarnya air terjun ini berada di wilayah administrasi Kota Batu, namun masih bisa dijadikan tujuan kalau liburan ke malang. Dikenal dengan nama Air Terjun Coban Rais. Air terjun ini lokasinya berada di Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. Air terjun ini memiliki tinggi 20 meter dan terletak di ketinggian sekitar 1.025 mdpl di lereng Gunung Panderman.

Ada kayak gini juga di dekat Coban Rais loh! via IG @satriaalb
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ada kayak gini juga di dekat Coban Rais loh! via IG @satriaalb

Lokasi air terjun ini berada di tempat yang cukup tersembunyi. Untuk sampai ke lokasi air terjun kalian harus menyebrangi beberapa sungai kecil. Karena itu air terjun ini dulu juga sempat dikenal dengan nama Coban Sabrangan. Namun sekarang namanya jauh lebih dikenal dengan nama Air Terjun Coban Rais.

15. Air Terjun Coban Siuk

Kalau kalian berkunjung ke Coban Jahe, tidak ada salahnya kalau sekalian berkunjung ke Coban Siuk. Lokasinya gak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 30 menit berkendara dari Coban Jahe. Untuk yang suka berkendara di area pegunungan pasti akan senang.

Bahkan orang-orang menyebut jalan menuju Coban Siuk seperti jalan ke Bromo via Nongko Jajar. Karena jalurnya cukup menanjak dan berkelok-kelok. Namun, pemandangan yang ada begitu indah luar biasa indah. Pun begitu, bisa dibilang aksesnya lumayan mudah. Jadi air terjun di malang yang satu ini bisa dijadikan alternatif untuk menyegarkan diri rutinitas. Tentu saja, dengan bersantai menikmati keindahan Coban Siuk.

16. Air Terjun Coban Pancawarna

Mungkin belum banyak yang tahu tentang keberadaan salah satu air terjun tersembunyi di Malang ini. Wajar, soalnya ada banyak sekali air terjun di daerah Malang sih. Namanya adalah Coban Telaga Warna atau ada juga mengenal dengan nama Coban Pancawarna. Air Terjun Coban Pancawarna ini lokasinya berada di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Dampit, Malang, Jawa Timur.

Lokasi air terjun yang satu ini memang agak berada di luar Kota Malang dan perlu sedikit perjuangan untuk mencapainya. Namun jangan khawatir, keindahan dari salah satu wisata air terjun di Malang ini akan membius kalian. Kira-kira untuk menuju air terjun ini kalian memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Incoming search terms:

  • air terjun di malang
  • air terjun dimalang
  • pengalaman liburan ke malang
  • air terjun malang
  • air terjun malang terkenal sangat bagus
  • coban di malang#spf=1
  • nama nama coban dimalabg
  • wisata airterjun baru di batumalang

Comments

comments

1 Response

  1. Hendi Setiyanto says:

    beruntung dan bersyukur karena Indonesia dianugerahi begitu banyak air terjun nan cantik

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: