Coban Tundo Malang, Tiga Air Terjun Di Satu Lokasi

LiburMulu.Com Wisata air terjun Coban Tundo ini tepatnya berada di desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kalau dari kota Malang sih kalian perlu berkendara lagi sekitar 130-an Kilometer. Cukup jauh sih memang, tetapi kalau ke Malang, air terjun ini layak untuk kalian kunjungi!

Kenapa kalian harus berkunjung kesini? Selain wisata air terjun yang satu ini masih sepi pengunjung, air terjun ini bisa dibulang cukup unik. Soalnya ada tiga air terjun keren dalam satu lokasi yang tidak terlalu jauh. Sayang belum banyak informasi yang menjelaskan lebih lanjut tentang air terjun keren di Malang ini.

Selain itu, di air terjun ini kalian bisa mencoba melompat, hingga menceburkan diri disana. Tetapi ingat ya, harus ekstra hati-hati dan waspada! Karena kalau terjadi apa-apa, tidak banyak orang yang bisa membantu. Lebih baik sih, menikmati keelokan Air Terjun Coban Tundo dengan mata saja!

Yakin nggak mau main ke Coban Tundo? via @fikririmosan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Yakin nggak mau main ke Coban Tundo? via @fikririmosan

Sudah – sudah, terus cara ke Air Terjun Coban Tundo ini gimana dong?

Ada tiga rute, dengan sebagian jalanan beraspal bagus yang bisa kalian pakai untuk sampai ke air terjun ini. Rute pertama menuju Coban Tundo adalah rute yang melewati Kecamatan Bululawang – Turen, lalu melewati Sumbermanjing Wetan dan mengikuti arah ke Sendang Biru. Sementara dua jalur alternatif lainnya adalah melewati Desa Kendung Banteng, dan Desa Klepu Juga Desa Sukodono, Kecamatan Dampit.

Jalan menuju Coban Tundo sebenarnya nggak terlalu susah dicari. Petunjuk pertama adalah Kantor Kelurahan Sukodono. Karena di dekat kelurahan ini terdapat petunjuk arah jalur menuju Coban Tundo yang dibuat oleh warga sekitar. Dan kalau kalian masih bingung, nanya ke penduduk pasti dikasih tahu deh.

(Baca Juga : Wisata Air Terjun Coban Jahe Malang Untuk Yang Suka Bertualang)

Lanjut~ Setelah kalian menemukan Kantor Kelurahan Sukodono, kalian pasti akan melewati jalan berupa beton yang berakhir pada jalan setapak. Terus saja hingga kalian menemukan tulisan “Tundo 3”. Kalau kalian berhasil menemukan tulisan itu, berarti lokasi air terjun tidak jauh lagi.

Kendaraan roda 4 dan sepeda motor bisa digunakan untuk berlibur ke Coban Tundo. Namun perlu dicatat kendaran roda 4 hanya bisa sampai ke bagian jalan setapak saja. Dari jalan setapak, kalian bisa jalan kaki atau naik ojek hingga sampai ke air terjun (IDR 30.000-50.000). Sementara sepeda motor bisa parkir hingga dekat air terjun.

Kalian bisa berenang di air terjun keren di Malang ini, tapi hati-hati ya! via @dennisdiharjaya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kalian bisa berenang di air terjun keren di Malang ini, tapi hati-hati ya! via @dennisdiharjaya

(Baca Juga : Air Terjun Sumber Pitu Di Pujon Malang Ini Ternyata Nama Lain Dari Coban Pitu Loh!)

Jalur setapak menuju Coban Tundo ini memang agak ekstrim, kalian harus berhati-hati jika berkendara dengan sepeda motor disini. Kalau kurang berpengalaman, lebih baik naik ojek saja, tinggal duduk santai. Kira-kira setelah satu jam berkendara melewati jalur setapak, ditambah sedikit jalan kaki, kalian akan sampai di Air Terjun Coban Tundo 1.

Coban Tundo 1 ini adalah air terjun yang lokasinya berada paling atas. Air terjun ini juga yang memiliki cekungan sedalam beberapa meter, yang membuat air terjun ini bisa juga untuk berenang. Sekali lagi, sebaiknya kalian benar-benar bisa berenang kalau mau mencoba berenang disini. Selain itu, jangan sampai terlalu dekat dengan air terjun. Disini juga disewakan ban pelampung untuk kalian yang nggak terlalu bisa berenang.

Coban Tundo, Hanya Untuk Kamu Yang Pemberani! via @thesweatypants
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Coban Tundo, Hanya Untuk Kamu Yang Pemberani! via @thesweatypants

Selanjutnya adalah Coban Tundo 2 yang juga berada tak jauh dari air terjun yang pertama. Untuk menuju ke air terjun kedua, kalian masih perlu berjallan sekitar beberapa menit, dan melewati tangga yang tingginya sekitar beberapa meter. Nggak jauh kok, sekalian olahraga gitu. Nanti di ujung, kalian akan dihibur dengan indahnya air terjun Coban Tundo 2 deh.

Diantara ketiga air terjun yang ada disini, kolam di Coban Tundo 2 adalah yang paling dalam. Katanya sih sekitar 7 meter, lebih baik nggak usah berenang disini, apalagi untuk yang kemampuan berenangnya pas-pas-an.

Namun demikian, Coban Tundo 2 ini adalah air terjun yang bisa memacu adrenalin. Karena ada tempat untuk loncat dari atas bebatuan setinggi paling tidak 4-5 meter. Biasanya para penyuka tantangan pasti pengen cobain tuh.

(Baca Juga : Cuban Supit Urang, Air Terjun Di Malang Tempat Uji Nyali!)

Kalau nggak berenang, bersantai saja disini! via @wildan.rawk
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kalau nggak berenang, bersantai saja disini! via @wildan.rawk

Buat yang nggak berani, mending sih sewa ban pelampung saja, atau duduk di tepi sambil menikmati makanan. Biasanya sih ada yang jual makanan di sekitar air terjun Coban Tundo ini. Toh kalau main ke air terjun kan nggak selalu harus berenang.

Nah, sementara itu yang terakhir adalah Coban Tundo 3. Air terjun ini kurang begitu diminati, karena lokasinya berada paling jauh. Paling enggak perlu sekitar 15 menit untuk sampai disana. Cekungan air terjun juga paling kecil dan paling dalam, jadi sebaiknya kalian benar-benar tidak berenang disini. Berbahaya dan tidak ada yang mengawasi!

Kalian juga bisa cobain ini! via @furqon_bahtiar
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kalian juga bisa cobain ini! via @furqon_bahtiar

Tips Berlibur Ke Air Terjun Coban Tundo Malang

1. Meski kalian bisa menggunakan kendaran roda 4, yang paling fleksibel adalah kedaraan roda dua yang akan bisa mengantarkan kalian hingga sampai dekat air terjun. Pastikan kendaraan roda dua kalian dalam kondisi prima. Jangan lupa cek kondisi ban, rem hingga BBM. Kalau kehabisan BBM di tengah jalan kan bisa bikin repot.

2. Mengingat jarak Kota Malang ke Coban Tundo ini cukup jauh, sebaiknya kalian berangkat sepagi mungkin. Selain udara lebih segar, dan bisa menghindari macet di perjalanan, kalian bisa sampai di lokasi air terjun lebih awal. Waktu berkunjung di air terjun pun bisa lebih lama.

Loncatan yang dicari para pemacu adrenalin! via @tantonie_griezmann
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Loncatan yang dicari para pemacu adrenalin! via @tantonie_griezmann

3. Selalu waspada dan berhati-hati! Terutama untuk kalian yang ingin berenang dan main loncat-loncatan di air terjun. Ingat, lokasi air terjun berada cukup jauh dari kota. Kalau terjadi apa-apa, menyelamatkan kalian pasti akan perlu waktu bukan? Singkatnya, rumah sakit jauh rek!

4. Buat kalian yang mau basah-basahan, jangan lupa bawa handuk dan baju ganti ya.

5. Sebaiknya membawa bekal makan siang sendiri, daripada nanti kalian kelaparan setelah berenang di air terjun.

Ekspresikan gaya bertualangmu disini! via @silaendaniell
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ekspresikan gaya bertualangmu disini! via @silaendaniell

Sudah, itu saja deh, selamat berlibur ke Air Terjun Coban Tundo!

Incoming search terms:

  • coban tundo malang
  • Coban tundo
  • wisata air terjun sumber manjing wetan malang
  • cuban tundo
  • coban tundo 3
  • coban tond
  • Akses jalan yang bagus untuk menuju cuban tundo
  • air terjun sumbermanjing
  • rute coban tundo 2
  • Tundo

Comments

comments

Leave a Reply

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: